Kenapa Tidak Haid Setelah Melahirkan?

Sudah hampir dua bulan adik Ashika MPasi, sibuk bikin MPasi rumahan? biasa. . alhamdulillah makannya lancar jaya hehe. Paling ya agak riweh sama si kakaknya nih. Oh ya, waktu jaman Kaina bayi saya juga MPasi homemade, rumahan banget sampai kini haha. Tapi Mpasi anak-anak, saya prefer no blender, entah kenapa malas aja gitu bikin pakai blender. Pernah sesekali MPasi pakai blender sih. Males nyucinya, gedaiii aka gedeee. Ng, kali ini bukan mau cerita MPasi hehe. Ada beberapa menu klasik MPasi, nanti lah habis postingan yang ini, ada gitu yang nungguin? :))

                          
   

Sehabis melahirkan saya sempat haid, itu terjadi 1x setelah nifas dan beberapa bulan nggak dapat haid karena katanya memang ada yang seperti itu. Kalau menyusui bisa bikin nggak datang bulan alias no menstruasi, nggak haid. Jadilah googling tentang kenapa nggak haid ketika menyusui. Meski pernah denger dari ibu, teteup rada deg-degan sih, saya kira hamil lagi. Hehe. Semacam KB alami sifatnya, mikir keras ?! Memangnya bisa gitu ya dengan kita menyusui eksklusif, bisa jadi KB alami. Nggak nyoba sih hehe, kamu penasaran nggak? Aku tatut nyobanya sih, takut sundulersdotcom.

Beberapa hari ini rada kzl zbl, minggu lalu juga meriang bellina :)) ternyata welcome deh palang merah, resmi haid kembali setelah menyusui eksklusif, sekarang kan terbantu MPasi jadi mungkin ngga serutin dulu menyusuinya. Tapi ada juga yang sampai benar-benar selesai menyusui baru dapat haid kembali. Ya beda orang kali ya, beda hormon. Ketika melahirkan anak pertama, tetap haid saat menyusui. Wondering why. . Berikut informasi yang saya dapatkan hasil browsing sih, kalau kamu mau lebih lanjut ya, check up dokter obsgyn ya ^^

Normal kah tidak haid setelah melahirkan masa nifas?
Setelah masa nifas, mengalami tidak haid boleh dibilang sesuatu yang normal dengan syarat ibu menyusui eksklusif. Ada juga yang sampai selesai menyapih anaknya, sampai 2 tahun baru haid

Jadi bisa nggak hamil kalau menyusui ekslusif? Kan katanya bisa sebagai kontrasepsi alami. .
Yaengga gitu juga, ada kejadian tetap menyusui dan ya tetap bisa hamil. Kan orang pake KB aja masih bisa hamil, ini gimana nggak pakai KB sama sekali.

Tapi itu ada hal yang menyebabkan nggak haid ketika menyusui? Kenapa gitu. .
Ketika ibu menyusui, hormon prolaktin meningkat. Hormon ini menghambat pelepasan hormon-hormon indung telur. Si hormon estrogen dan progesteron yang berkontribusi dalam pematangan sel telur hingga terjadinya ovulasi/pengeluaran sel telur tiap bulan. 

Kalau hormon-hormon tersebut ditekan, maka tidak akan terjadi ovulasi dan tidak pula menstruasi. Bisa jadi ASI berperan sebagai kontrasepsi alami. Efektifitasnya sebagai kontrasepsi tergantung dari frekuensi dan intensitas bayi menyusu. (alodokter.com) 

Hmmm, dengan kata lain menyusui ngga bisa sepenuhnya jadi kontrasepsi alami ya berarti, yap. Hampir 8 bulan usia Ashika, saya sudah haid kembali. Ini berarti karena frekuensi dan intensitas menyusui berkurang ya. Kalau para mamah gimana? Normalkah siklus haidnya setelah lahiran? Share yuuuk. .

Foto adik yang nggak bolehin kakaknya tampil hahaha

                           

Oh iyah, jum'at lalu saya dapat hampersnya Pampers, cobain ikutan giveaway di FD forum deh. Thank you Pampers, Female Daily & Mommies Daily. .

                            
 

26 comments:

  1. Temen aku ngga haid 2thn setelah melahirkan, katanya sih emang ada yg kayak gitu karena masalah hormonal. Kalau aku kapan ya haid setelah melahirkan hahaha lupa euuy.. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Sandra lupa ? :P
      Iyah hormon yg beda2 mba ...

      Delete
  2. Aku sebulan kelar nifas udah haid lagi. Teratur pula. Jadilah hamil lagi pas anak masih 6 bulan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang yaa hihii.. sehat terus ya mba

      Delete
  3. Waktu menyusui dua anakku, sama-sama nggak dapet haid setelah nifas sampai dengan 6 bulan. Deg-degan awalnya, tapi tau itu bisa jadi KB alami jadi agak tenang. Tapi pengalaman anak pertama, begitu bulan ke 7 haid sekali dan gak pake kontrasepsi jadinya pas nggak ngeh ttg masa subur dan jadinya hamil anak ke 2 deh. Jadi pas anak kedua, bulan ke 7 haid langsung pasang kontrasepsi. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa hoo jadi gitu kisah zi yg kedua ^^

      Delete

  4. Aku haid pas Aqla usia 6 bulan,itupun sebelumnya takut2 gimana gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah deg2 yaa mba han..Hehee Aqla udah ada adik blum

      Delete
  5. Aku baru haid setelah 6 bulan. Emang bikin deg2an sih tapi lama2 malah keenakan trus lupa. Pas dapat lagi malah kaget sendiri hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba,brasa ribet pas dpt tapi Ada bayi jg yaaa, kataku mah

      Delete
  6. Aku langsung had setelah nifas. Waaah senengnya dapat Pampers

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah mba, beda2 yaaa. alhamdulillah ^^

      Delete
  7. Setelah nifas, berbulan2 gak dapet. Aku malah mikir, jangan2 aku hamil lagi. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah aku tadinya jg kaya gitu mba nis :D

      Delete
  8. aku uda dapet lagi setelah selesai nifas mba hohoho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaya aku pas lahiran anak pertama Han..

      Delete
  9. Mba Suciii, aku pun deg2an kok gak dapet2 lama bgt.. Ini baruuu aja haid lg setelah 1,5 tahun lahiran.. :D Pdahal waktu anak pertama 8 bln udah dapet.. Disitulah aku ngerasa deg2an, ternyata gakpapa yah.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga.. Anak pertama langsung haid. Jadi pas yg kdua rada ngeri hehe

      Delete
  10. Dulu waktu jaman iyas aku gak haid sampai iyas umur satu tahun lebih :D dan aku jg salah satu penganut selama ASI berarti KB alami hihi sesatnya pemahamanku :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha mba Riaaa, sesat ituh :)) bisa sundulers tapi gpp rejeki ngga boleh ditolak yes

      Delete
  11. Saya juga dua kali lahiran lama gak haid, ada mungin setahun lebih, gpp hemat pembalut, tapi deg2an kalau kesundulan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii iyah mba, jadi bisa hemat.. Seninya deg2an yaa

      Delete
  12. Dulu jaman y anak 1, 2, dan k 3, pas 1 thn udah dpt haid, sekarang anak k 4 udah setahun blum dpt haid, inyaAllah gpp, tpi kko ksundulan.com sih ngarepnya dpt cewe kembar 2, secara ygbudah ada 4 cowo semua hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mamah aa yaa haha... Ih mamah aa mah :D

      Delete
  13. Saya haid umur Faraz hampir 17bln Ci, mgkn krna menyusu double gtu. Was2 jg sih jangan2 tekdung, apalagi klo ketemu orang seringnya bilang gtu, ada katanya yg nyusu itu tp tetap hamil, gak sadar gtu klo tinggal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah nggak was was kan bumil :D

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena