Membuat foto produk yang instagrammable

Membuat foto produk yang instagramable  ~ "itu poto2 uci pke mirrorles fuji Xa ya?" Membaca pertanyaan itu saya #terharu hihi. Jadi beberapa hari lalu ada message dari kawan lama saya dengan pertanyaan tadi via instagram. Selama hampir 2 tahun terakhir ini saya foto menggunakan Ipad. Saya upload untuk instagram pribadi saya dan juga untuk posting blog. Awalnya ngga punya properti foto sama sekali dan hasil fotonya juga ngga sebaik sekarang. Ditambah lagi harus banyak belajar, butuh kursus nih hihi. Sepanjang motret, saya cuma ngulik-ngulik. Ikutan workshop baru satu kali, itu pun tentang food photography. Masih miskin banget ilmunya. Sisanya ya jepret saat anak-anak tidur. Entah kenapa, menjadi ibu di rumah, malahan saya ngga tidur siang. Haha. Kebiasaan ngantor yang ngga tidur siang kali ya?! (Memang ada kantor yang pegawainya bisa tidur siang cig? Haha)

                       
  

Sebelum posting lebih lanjut, mau cerita nih kalau mba di rumah lagi sakit. Alhasil saya megang kerjaannya mba tapi sih jadi ngga masak. Saya cuma buat Mpasi Ashika. Doain ya mudah-mudahan mba lekas sehat. Amin.

Baca Juga : Mudahnya Membuat Foto Flat Lay di rumah

Oh iyah mau sharing gimana cara foto produk yang instagramable, saya pakai Ipad. Nah tapi juga bisa di coba pakai gadget atau smartphone lainnya ya. Postingan ini hanya sharing sebagai pemula (beginner) bukan pro yah ^^. Saya cuma emak-emak yang suka foto dan menulis hehe. Jadi yuk baca terus. .

Semua pasti bisa foto yang cakep, foto yang instagrammable. Fungsinya bisa berbagai macam sih. Tapi saya ngga mendukung yang buat riya aka pamer lho ya hehe. Murni hobi dan lagi-lagi ngga butuh banyak alasan untuk sesuatu yang kita sukai kan? Yang paling saya suka, bisa untuk mengasah kreativitas, selang seling dengan menulis hehe. Kurang lebih ya untuk membuat foto produk yang instagrammable kita perlu 8 hal ini:

1. Pelajari Produknya
        Ini terkesan kaya mau ujian deh cig, hihi. Kok belajar segala? Langsung ke contoh ya, misal mau foto produk selai. Ada berapa varian selai tersebut. Misal ada 2 varian, kita perlu foto masing-masing, per varian gitu. Bahan dari selai itu apa aja, misal kacang almond, bisa kita set cari properti berupa kacang almond atau yang menyerupainya. Intermezzo nih, waktu itu saya sempat foto selai tapi ngga foto setiap varian, owner produknya minta foto lagi haha. Yasudahlah dijepret lagi deh :)

2. Tema
         Kita perlu tema buat apa? Biar ada tujuannya, nemu latar atau background. Beberapa properti sudah bisa kita list di point ini, baiknya disesuaikan dengan produk yang akan difoto. Misalnya foto produk cemilan, bisa dengan tema santai. Paling saya temenin cemilan dengan buku atau minuman. Bisa jalan-jalan dulu ke pinterest buat refresh ide atau bisa juga ke instagram, temukan hal-hal yang lagi kekinian dan kenapa foto tersebut banyak yang suka. Nah. . Jelas ngga nih? Hehe





3. Prepare Properti
        Sampai di poin ini, asik ya? Udah ketemu serunya belum? Hihi. Properti bisa kita pakai yang ada di rumah sih ya. Kalau background putih, saya pernah coba pakai karton putih. Hasilnya seperti ini

                         
   
Biasanya kain putih gitu doang buat background. Terus propertinya buku-buku dan segelas susu. Waktu foto selai ya beli roti deh :) Selai, roti dan susu.

4. Atur Komposisi
        Bagian ini perlu jam terbang katanya mah. Jangan mudah menyerah. Coba deh ubah-ubah posisi, ngga perlu takut. Nanti bisa luwes sendiri. Kadang ngga semua properti masuk di frame juga. Yang penting si produknya jelas terlihat. Ini contoh sedikit ya, aslinya lumayan menguras perasaan hehe
                             

5. Natural Lighting
        Cek cahaya dulu, kalau pas moto terus mendung ya wassalam. Sangat butuh sinar matahari untuk foto pakai gadget or smartphone. Lokasi saya foto di belakang rumah tapi ada celah cahaya. Mirip teras modelnya. Usahakan foto pada pagi hari mulai jam 8-10 dan jam 2-4 sore. Seringnya saya foto di kloter kedua yaitu 2-4 sore, jam tidur krucil. 

6. Memotret lebih dari satu kali
        Ini yang ngga boleh dilewatin. Supaya menghindari blur. Berkali-kali take deh hihi. Pernah saya motret, klik klik melulu dan ngga sadar keasikan sampai 50 foto, soalnya berasa belum sreg gitu. Dan betul kata mba @poeticpicture sih, beri jeda sebentar buat netralin mata. Lalu bisa mulai foto lagi dan ketemu yang pas, better.

7. Ambil gambar dari angle yang berbeda-beda
       Jangan ragu mainkan gadgetnya. Bisa foto dari atas atau depan. Jenis produk juga nentuin angle yang sesuai. Untuk minuman dalam gelas misalnya kita coba dari angle seperti ini.

8. Pilih Foto & Editing
        Terakhir sih pilih foto deh dan edit sedikit. Pastinya jangan pilih yang blur ya. Misalnya bingung, lagi-lagi jeda sejenak deh. Netralin mata kita. Habis itu cus pilih foto yang paling oke. Kalau kata mba @poeticpicture lagi, masalah editing itu kaya dapur pribadi, ngga enak kalau diomongin hehe. Terserah, kalau saya mah, pendapat apa pun yang penting jangan berantem. Saya biasa pakai snapseed mainin tune image nya si brightness dan saturation. Usahakan jangan over edit ya, apalagi untuk produk, baiknya hasil foto sesuai dengan warna aslinya yakan.

Haduh, ngos-ngosan nih hehe. Kelar juga akhirnya tulisan ini. Teman-teman yang punya produk online, moga bisa praktekin ya langkah-langkah di atas. Pasti bisa. Mungkin ada tambahan? Yuk share di komen ya atau mau cerita juga tentang pepotoan atau apalah boleh mangga silahkan :) atau mampir ke instagram saya hehe @uciggg 


52 comments:

  1. Nomor 6 itu penting banget ya, Ci. Tfs. Bermanfaat banget. (y)

    ReplyDelete
  2. Nah, aku musti nyediain karton putih nih dirumah hihihi, biasanya pake kain putih tapi kadang kisut2 & harus diedit. Yang agak susah niat nyari properti, kadang si pemalas ini cuman poto apa adanya aja XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prop dulu jg aku punya gara2 ngerjain foto buah :D karton putih aj mba..

      Delete
  3. Kece nih mbak uciggg keren:D
    Aku juga mantengin foto fotonya mbak ucig. Makin kece dari hari ke hari :D


    Uuuu enaknya bisa foto foto syantik. Aku cuma bisa weekend nih foto fotonya kalo nggak pergi. Hiks

    Makasih tips tipsnya mbak uchi. Bermanfaat banhet:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya fah.. aku pas lagi sempet drmh terus kan hehe
      Sama2 :)

      Delete
  4. Masalah komposisi ini nih yang masih minim banget buat saya. Meski udah ngelirik pinterest kadang memang masih belum ;ngeh'. hehehe maklum saya rada lola, tapi memang bener sih, kudu dilatih tiap hari ya, biar luwes.

    Artikelnya bermanfaat, terima kasih ya Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah katanya gitu mba Ipeh :) ntar nemu sndiri insya Allah
      Sama yaa ^^

      Delete
  5. Thaaanks tipsnya Mba Uci.. :) Lighting itu emng ngaruh bgt ya mba.. Pingin kan hasil foto kya foto studio gitu yg lightingnya macem2.. hehe.. ternyata tanpa itu pun bisa kece yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lighting penting apalagi yg pake gadget hihi sama2 mba ^^

      Delete
  6. Mantap mbak,kalo masalah edit,kalo hasilnya udah bagus saya g edit,tp kalo kurang nendang paling2 nambah kontras g sampe 10 hehe..
    makasih mbak tipsnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba han, aku seringnya edit krna kurang nendang hehe.. sama2 mbaa :)

      Delete
  7. Mba uci, terima kasih buat sharing-nya! Ini informatif banget buat kita-kita yg belum ada modal beli kamera mirrorless, hehehe. Blogger modal kamera smartphone :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah winaa..sama2.
      Cus praktek :)

      Delete
  8. Yang susah nyari cahaya mataharinya nih. Harus keluar rumah karena ga punya teras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dpn pintu rmh mba Leyla hehe

      Delete
  9. aku gak bisa2 ci bikin foto2 yg instagrammable :P klo moto buru2 jd selalu seadanya, properti yg bagus2 jg gak ada. Jauh banget sama foto uci yg keren2 banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku klo ada anak2 bangun jg konsentrasi buyar mba. Pernah sih. Klo pas udah tau mau kaya gmn baru foto pas bocah melek hehe

      Delete
  10. Kalau saya cahaya matahari nya yg rada susah 😀 memang mesti ber-kali2 juga biar banyak pilihannya untuk di-upload 😁

    ReplyDelete
  11. Fotonya Uci keren2, propertinya juga pas banget dengan tema. Iihh klo udah bakat mah tinggal terus diasah ya Ci.

    Thanks ilmunya ya Ci ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin diii... Sama2 ya :)
      Prop karena ada yg dikerjain aja jd dikit2 punya hehe

      Delete
  12. Harus berapa kali foto? RATUSAN *ups kapslok jebol wkkwkwkwk
    Fotonya berkali-kali sampe pegal huhuuuh
    Untuk styling aku masih suka sontek Pinterest atau para food blogger terkenal :D dan memang natural light is the best :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaa mba ran.. Lumayanlah bikin olah raga yes :))

      Delete
  13. menguras tenaga sih ya, foto berkali - kali tapi yang diupload cuma satu, hauahaha.. tapi seru, banyak ilmu, tambah seru lagi kalau dapat job motret produk atau model :))

    ReplyDelete
  14. Tipsnya oke bangeeet.. Yang penting selalu coba sampai dapat komposisi yang paaas ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mbaaa klo blum capee hihii

      Delete
  15. wah aku bakalan bolak balik buka postingan ini! Thanks ya Ci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah boleh.. Postingan laen jg gpp hihiii

      Delete
  16. Iyaaa, setuju banget, properti itu penting utk menghasilkan foto yang istagramable ya maaak.. Makasi tipsnya maaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mak :) saling mndukung.. Sama2 mak Dian

      Delete
  17. Gue bisanya cuma baca dan liat2in hasil jepretan di ig ucil, tapi ga pernah praktek gimana mau bisa ya foto beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi seneng diy yaa, rajiiin tongg

      Delete
  18. Aku blum pernah niat moto pake properti lain selain objek utama ci...hihi
    Tp bole jg ni klo pas kedapetan moto barang dari atas
    #keep duluk tips n triknya

    ReplyDelete
  19. nyimak yang potohnya keren biar skill nambah :D

    ReplyDelete
  20. yang bikin males tuh foto di luarnya sih mbak secara aku nggak punya teras belakang rumah. jadi kudu di depan bawa2 printilan
    pengennya dalem kamar aja gitu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaaa... Bobo atuh di kamar mah :p

      Delete
  21. Kalau waktunya banyak paling suka emang motret produk yang instagramable ehehhe
    Tipsnya oke banget teh, makasih udah sharing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku waktunya banyak mba hehe klo mba sinta kan udah padat merayap jadwalnya :)

      Delete
  22. Sepakat sama Mbak Uci,, Pelajari Produknya, Produk apa yang kita jual, Target pasarnya siapa, Maping Zona promosi,,,,

    ReplyDelete
  23. Mantap! Bisa ditiru. :D

    ReplyDelete
  24. wah ini bener nih jam nunggu krucil tidur kalo nggak ya wassalam belum kejepret barangnya udah pindah tempat. Mau jepret lagi eh nongol tangan mungil...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bubar mba klo pas mereka bangun mah yaaa

      Delete
  25. Masih belajar komposisinya juga Mbak. Heeeu, masih bingung. Mudah-mudahan kalau sering praktek nanti alah bisa karena biasa ya Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba, insya Allah bisa :)

      Delete
  26. dari angel angel yang berbeda juga penting tu mbak ......:)

    ReplyDelete
  27. Oh jd itu cuma pakai karton ya mba wkwk.. Saya pikir pakai apaan. Saya klo foto semasa bodo dah yg pnting jd, besok kudu instagramable kli dah

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena