Yuk Hidup Sehat Untuk Cegah Kanker Payudara

Kanker Payudara. . Sudah mengenal namanya sejak saya duduk di bangku SD. Qadr Allah, ibunya teman saya seorang survivor . Beliau ibu yang kuat dan dengan keluarga yang hebat pula. Saat itu penyakit kanker payudara terbilang masih jarang. Semakin kesini perkembangannya luar biasa, tentang pengenalan dan pencegahan penyakit kanker payudara. Dulu pernah ikut seminarnya ya tapi kalau ngga diingetin lagi, sudah lupa ajaa gitu.

                                       

Jadi sebetulnya kenapa sih bisa ada kanker payudara. .

Apa sih kanker payudara?
Penyakit pada payudara yang kebanyakan menyerang wanita tapi juga bisa dialami oleh seorang pria.


Kenapa bisa ada kanker payudara?
ada beberapa sel yang tidak berkembang dengan baik dan abnormal.


Usia berapa sih biasanya rentan kanker payudara? 
50 tahun ke atas tapi meski begitu harus tetap aware ya karena ada juga yang terkena di usia 22 tahun.


Gimana cara tahu itu kanker payudara?
Biasanya terdapat benjolan namun ngga semua benjolan itu adalah kanker lho. Kita harus peduli terhadap perubahan yang terjadi pada payudara. Pada awalnya tidak terasa sakit. Kulit kemerahan yang terus menerus disekitar puting susu. Puting susu berdarah atau mengeluarkan cairan yang tak wajar. Kulit payudara menjadi bengkak dan berkerut, terdapat lekukan-lekukan dan berkerut. Serta puting susu tertarik kedalam payudara


Mencegah Kanker payudara:

1. Jangan bosan ya hidup sehat dengan no alcohol/rokok, istirahat cukup dan berolahraga

2. Makan sayur dan buah guna mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh sehingga metabolisme lancar.

3. Menjadi ibu menyusui bisa memberi perlindungan dari kanker payudara

4. Jangan terlalu sering konsumsi makanan yang diolah secara dibakar, makanan kaleng

5. Bebaskan diri dari stres. Kalau bisa sih jangan stres deh ^^

Baiknya kita peduli dan perhatikan selalu kondisinya, apakah ada benjolan pada payudara, apa ada perubahan yang abnormal pada payudara. Deteksi dini kanker payudara secara berkala supaya cepat penanganannya. Nah ada beberapa kasus, sudah stadium tinggi baru tahu kalau sakit kanker payudara. Hidup sehat dituntut makan sayur dan buah. Buat yg ngga suka makan sayur dan buah nih, inget keluarga, anak, istri atau suami membutuhkan kamu supaya selalu sehat ^^ 
Teruntuk teman-teman cancer survivor, semangat ya, moga Allah angkat penyakit teman-teman semua. Tetap tersenyum untuk orang-orang tersayang...Rencana Allah sungguh indah.
Tadi sempat mantengin TL KEBBotm dengan mak Tri Wahyuni, beliau keren ya. Jadi klo sakit aja bisa luar biasa, gimana klo sehat, bukunya bisa lebih banyak :)
Meski sudah lewat momentnya, ingin meramaikan giveaway mba Indah Nuria :) di detik terakhir. Sepertinya mak InSav pecinta ungu, nyari poster bunga ungu malam ini, semoga berkenan ^^ met rehat. Emak mau masak nasi habis ini hehe. Daaa. Sleeptight

                                        
  



                                    

14 comments:

  1. tulisannya mudah dipahami, terima kasih literasinya :)

    ReplyDelete
  2. Kmrn mantengin TL KEBBotm dengan mak Tri Wahyuni juga, subhanallah perjuangan & semangatnya! Jadi malu, padahal aku sehat & sering ngeluh. SADARI emang penting banget bagi wanita, harus aware sama kesehatan diri sendiri, biar tetap bisa meluangkan waktu bersama keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mbaa..
      Aku jg kagum, bisa punya buku. Gimana mak tri sehat ^^
      Moga kita sehat2 terus yaa mba San

      Delete
  3. Aku termasuk yg kudu ati2 nih, sbab langganan stress tingkat dewi :D
    Harus ingat untuk bahagia ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jgn stres mba :) rileks yaa, senyum ^^

      Delete
  4. Hidup sehat selelau memang kuncinya.. Makasiiih sudah turut membantu kampanye #breastcancerawareness yaaa mbaaa :)

    ReplyDelete
  5. Hebat ya para survivor. Btw bener ya cil kok sekarang makin sering dan banyak yang terkena kanker payudara, beda sama dulu2 banget, kayanya masih asing dengan istilah kanker payudara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, mknn salah satu faktor tong yaaa...

      Delete
  6. Walaupun baru tahap ngecek uda bikin parno, tapi dg bgitu kita jadi tau sejak dini ya klo ada apa2

    ReplyDelete
  7. Aku jugaaaa pencinta unguuuu :))))
    Stay helathy ya mbak. Btw, salam kenal. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam knal jugaaa mbaaa. Wah ungu lovers yaaa kalian ^^

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena