4 Alasan Kenapa Berkomunitas

4 alasan kenapa berkomunitas? ~ Hai, gimana kabarnya? Ah sapaan basi banget deh cig :| Alhamdulillah batuk tak kunjung sembuh dan Mpasi Ashika yang mulai berlangsung sejak 3 minggu lalu cukup menyedot waktu. Ng. . Lumayan ya. Update blog seadanya gini. Ngeblog dan foto-foto ini dijalani dengan termehek-mehek :)) karena beberapa belahan hati sedang tidak bagus. Blogwalking rada padam, maafkan karena itu tadi. Pernah ngalamin gitu juga ngga? Hehe. Ngomongin apa ya enaknya. 


                            
  

Mau yang santai-santai sejenak ah :)  kita ngomongin tentang komunitas yuk. Dan pas banget mau nulis tentang komunitas eh si cicifera juga support gift buat giveaway bertema komunitas di satu minggu satu cerita. Jadi baca terus ya.

Komunitas itu apa, makanan atau cemilan sih cig? Menurut wikipedia, komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Sederhananya ya sekumpulan orang dengan kesukaan yang sama. Seperti itu mungkin ya. 

Saat ini saya mengikuti beberapa komunitas diantaranya komunitas blogger, foto dan tadabbur. Banyak banget yang dirasakan setelah nyemplung di komunitas. Terus menyelam dan berharap ngga tenggelam karena memang ketemu banyak orang-orang hebat dan baik hatinya.

Komunitas blogger seperti KEB atau kumpulan emak blogger dan blogger perempuan yang saya ikuti sangat bermanfaat. Selain menambah pengetahuan kita juga bisa mendapat teman-teman baru. Beberapa komunitas yang saya berenang di dalamnya:

Emak Blogger
Pasti sudah familiar ya dengan komunitas yang satu ini. Ikutan KEB setahun yang lalu. Saya juga mikirnya dulu KEB khusus emak-emak, jadi ya ngga pernah daftar sebelumnya. Duh uciggg. Kalau ngga salah, KEB akan mengulang tahun yang ke 5 ya di tahun ini. Yeay. Baru satu kali ikut event KEB dan bisa ketemu beberapa makmin seperti mak Icoel, mak Mira, mak Injul, mak Tanti, mak Irma, mak Orin, mak Isti, mak Lianda, mak Isti serta emak blogger lain yang pada rame dan tentunya seru. Di KEB juga sering mengajak member untuk menghadiri event yang bermacam-macam dan pastinya bermanfaat untuk member dan juga pembaca blog. 




Blogger Perempuan
Beberapa member KEB bisa dijumpai juga disini hehe, kurang lebih mirif alias mirip. Tapi lebih perempuan, lha emang KEB ngga perempuan? Bukan gitu, maksudnya kalau event lebih lepas, kadang bisa bawa keluarga sering juga ngga. Kalau saya belum pernah ikut eventnya nih, karena belum jodoh melulu. Sekalinya bisa bawa keluarga, jadwalnya bentrok >.< Mba Shintaries adalah salah satu foundernya yang tinggal di Tangerang (pake disebutin Tangerangnya lagi cig) ngga apa kan ya? :) tapi belum pernah ketemu. Oh ya, di Blogger Perempuan ada closed group lagi untuk beberapa job dengan syarat-syarat tertentu seperti minimal follower untuk instagram dan twitter. Penasaran? Yaudah ayuk nyemplung bareng.


UploadKompakan-Kompakers Tangerang
Saya pernah cerita tentang uploadkompakan di sini. Member uploadkompakan yang merupakan pecinta fotografi ini kebanyakan perempuan. Dan gabung 2 tahun yang lalu di Kompakers Tangerang, sekarang makin nyemplung deh jadi suka foto. Belajar banyak dari teman-teman uploadkompakan khususnya teman di komtang alias kompakers Tangerang yang lumayan banget selebgramnya hihi, keren fotonya. Beberapa diantaranya ada mba Ari alias Ariana yang hits banget, mba Eliza Setiawan dan banyak lagi deh, semua cakep-cakep fotonya.Coba cek dengan hestek #kompakerstangerang ^^

Foto kiriman Suciati Cristina (@uciggg) pada
Komunitas Tadabbur Al-Qur'an
Kalau yang ini komunitas untuk mentadabburi Al-Qur'an digrouping lewat whatsapp tapi beberapa juga ada via telegram. Ada materi tadabbur dan quiznya. Waktu itu saya diperkenalkan untuk daftar komunitas ini oleh ka Reina, senior saya di kampus. Sama seperti komunitas lainnya yang saya ikuti, awalnya belum mengenal satu sama lain. Nah, tapi grup ini belum pernah kopdar karena jarak yang cukup berjauhan.

Dari semua komunitas yang diikuti, saya rasa banyak banget manfaatnya. Menurut saya ada 4 Alasan kenapa berkomunitas, lanjut baca ya : 

1. Menambah Teman dan Saudara
Ngga usah diperjelas lagi sih kalau ini hehe. Iyah banget deh nambah teman dan bisa jadi seperti saudara. Bisa di support oleh grup, menyenangkan. Kalau cuma minta like dan komen buat sebuah lomba mah itu biasa banget ya? Hihi. Saling mendoakan dalam kebaikan, seru. Saling memotivasi juga peduli.

2. Menambah Pengetahuan dan Networking
Dengan gabung di komunitas biasanya makin tahu dan berkembang. Kita juga bisa tanya-tanya ke teman yang sudah tahu lebih dulu atau lebih berpengalaman. Bertukar pikiran dan meminta pendapat juga oke. Bisa juga untuk berbisnis hehe, ya kenapa ngga? 

3. Saling Berbagi
Saling berbagi info yang bermanfaat seperti info lomba, info yang lebih general lagi misalnya info sekolah anak atau tukeran kado, sekedar curhat-curhatan, melepas jenuh juga bisa. Asiknya karena kesukaan dan hobi yang sama bisa langsung nyambung.

4. Bermanfaat Buat Lingkungan 
Komunitas bisa menggerakan sesuatu untuk kegiatan yang bermanfaat seperti bantuan bencana alam. Biasanya kita suka ada donasi untuk kegiatan sosial kan ya. Alhamdulillah bisa bermanfaat untuk orang yang membutuhkan, bareng-bareng ngga cuma kumpul-kumpul, ketawa dan makan. Tapi bisa saling bermanfaat dan menebarkan kebaikan. Amin.

Kurang lebih ya seperti itu berkomunitasnya saya sambil menikmati masa-masa perbayian dulu nih hihi. Itu beberapa alasan kenapa berkomunitas ya, bukan harus berkomunitas. hehe. Kalau kamu ikut komunitas apa? Ceritain ya :)

26 comments:

  1. aku juga suka berkomunitas ^^
    lagi kepo sama kompakan nih, pengen gabungg.. tapi aku blm bisa dapet feel foto eagle view kayak kak ucig gt . eh bener gasi sebutannya gitu?

    oh yaaa kak ucig punya telegram?
    gabung grup nya BP little rooms giiih ... yang di telegram. Seru disana haha.
    tp sebenernya sama aja kayak fb, cuma karna aku jarang buka fb jadi lebih enak nimbrung di grup telegramnya BP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bird eye view ya luk maksudnya? Hehe punya telegram.. Buat komunikasi sama si dia hahaaa.. Gimana daftarnya dek?

      Delete
    2. oiya itu deh maksudku huahaha *sok tau sih

      Tinggal minta add ke kak alaika abdullah aku dulu

      Delete
  2. Senangnya berkomunitas ya mba...sepakat sama semua alasannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba seru... Tambah sodara

      Delete
  3. Aku suka berkomunitas, karena memang jadi banyak teman, ilmu, networking luas dan bisa dapat job juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, dapat job :D asik mba raaan^^

      Delete
  4. komunitas apapun yang jelas bermanfaat dan tetep positif ya mbak chy :D

    ReplyDelete
  5. kompakers emang selalu keren2 mbak fotonya, mbak chy jugaaa
    aku mah skill abal abal :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kamu mah gitu, aku punyanya sikil nind bukan skill :p kamu kan gambarnya cakep nind :)

      Delete
  6. bener bangte, berkomunitas menambah teman, nambah saudara dan nambah pengetahuan dan juga ilmu.

    Aaach aku di Tangerang juga, tapi belum pernah ikut ukkompakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mba Astin di tangerang yaa. Ikutan mba hehe
      Dmn tangerang nya mba?

      Delete
  7. Setuju mbak...punya komunitas kita jadi gaul dan banyak teman...pastinya seru.mau ah ntar mo daftar blogger perempuan atau KEB hehehe

    ReplyDelete
  8. Wah, Mbak Suci banyak juga ya komunitasnya... Emang seru sih, gabung sama komunitas2 keren. Selain nambah temen, jadi lebih semangat juga buat berkarya...

    Btw upload kompakan dulu mah rame di FB, sekarang ko kayanya menghilang ya? Dulu sempet mau gabung, tapi lupa terus...

    Salam kenal dari anissanurhidayati.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam knal mba.. wah aku baru tau upload kompakan di fb dulu :D aku taunya yg di ig mba

      Delete
  9. Berkomunitas menjadikan kita banyak belajar dan pengetahuan yang luas ya mba.

    ReplyDelete
  10. Waddduuh, ternyata komunitasnya banyak juga

    ReplyDelete
  11. Komunitas emang nambah teman & nambah info, yang penting ketika berkomunitas tetap netral & positif, biar tetap happy & enjoy berkomunitas :D

    ReplyDelete
  12. Bagus tuch komunitas tadabur quran. Komunitas emang bikin emak emak diam dirumah kaya saya nech jadi punya teman dengan hoby yang sama. Sekaran enak banyak komunitas online, klo dulu komunitas offline zaman saya sekolah. Jadi kalau ga kluar rumah ya ga punya komunitas.

    ReplyDelete
  13. 1, 2 udah jelas pasti ya Ci.
    Emang enak banget ya punya komunitas yg satu kesukaaan ma kita, bisa saling berbagi segala hal. Saling mendoakan utk kebaikan.
    ODOJ jg komunitas kan ya? Saya jg ikut itu, tp sekarang udah jarang banget laporan, huhuhuh, sok sibuk banget urus ini itu :(

    ReplyDelete
  14. Aku selalu kagum sama para kompakers, kok bisa ya rutin foto ikutin temanyaaa. Aku tak bisaaaa serajin ituuu. Eheheheheeee. Dan iyes, aku jga suka banget gabung komunitas, sejak gabung KEB, alhamdulillah jadi dapet beberapa rejiki dari blog dan berkah ngeblog. Eheheheheee

    ReplyDelete
  15. hidup komunitas <3
    karena memang manfaat berkomunitas itu banyak banget banget banget.

    cuma kadang saking banyaknya bergabung sama komunitas, grup whatsapp jadi di silent. hahaha kalo gak gitu bisa bisa gak bakal beres masak keasikan ngikutin obrolan sana sini :D

    ReplyDelete
  16. Aku juga sukaaaa bergabung dengan komunitas. Seruuuu dan banyak belajar

    ReplyDelete
  17. Banyak banget manfaatnya ikutan komunitas kaya gini ya cil pengen tauuuu

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena