Proteksi rumah dari bahaya listrik bersama Schneider

Proteksi Rumah Dari Bahaya Listrik ~ Event
Teknologi dan listrik, itu sudah pasti bergandengan tangan yaa. Gimana rasanya kalau listrik mati? Ngga enak, seperti tinggal di dalam goa kan ya kalau hidup tanpa listrik. Kalau saya memanfaatkan listrik biasanya untuk keperluan rumah tangga sederhana seperti memasak nasi, pompa air, lampu, nonton tv bareng anak-anak, kipas angin, AC, charger, dan kulkas. Lagi-lagi semua perlu yang namanya listrik. Selain bermanfaat, listrik juga punya sisi bahayanya kalau kita salah dalam penggunaannya. Oh ya saya juga pernah kesetrum. Alhamdulillah masih hidup huhu. Ada yang belum pernah kesetrum? Jangan ya, jangan sampai terjadi. Sebagai seorang ibu, kita perlu tahu dan peduli akan bahaya listrik di rumah. Selain suami, siapa lagi kalau bukan kita, ya juga karena kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah kan mak. Jadi, penting untuk proteksi rumah dari bahaya listrik.

                                               Foto milik Mak Noe, trims mak ^^

Sabtu, 01/10 Saya menghadiri event ketje yaitu talkshownya Kumpulan Emak-Emak Blogger yang mengusung tema "Cara Jitu Lindungi Rumah dari Bahaya Listrik" bersama Schneider Electric. Bertempat di Hongkong Cafe. Acaranya asik banget, saya bisa silaturahim dan kenal mak blogger lainnya, opening dari mak Icoel (Sumarti Saelan) dan dipandu oleh mak Mira Sahid. Pembicara dari pihak Schneider yaitu bapak Rino. Selain talkshow, acara ini juga diisi oleh games seru makkk. Jadi para emak dibagi menjadi beberapa kelompok supaya lebih ngelotok yaa tentang perangkat listriknya hihii. Saya ngga bisa ikutan karena lagi gendongin Ashika. 




Senang banget bisa hadir di talkshow ini, ya soalnya meski sedikit paham listrik tapi pernah kesetrum, kembali saya diingatkan untuk semakin peduli bahaya listrik di rumah. Hmm, terkadang kita sudah tahu tapi kita ngga peduli dan pada akhirnya lupa aja gitu. Saya jadi mikirin colokan yang suka bertumpuk di rumah. Dari talkshow kemarin, saya baru ngeh kenapa colokan setrikaan meleleh, ya memang di rumah menggunakan rol kabel, lalu dari rol itu saya colok lagi terminal cabang 4. Satu sambungan listrik untuk beban yang banyak, ternyata dampaknya bisa buruk banget. Hmmm. . Ada beberapa oleh-oleh dari talkshow nih mak supaya proteksi rumah dari bahaya listrik, kita perlu lakukan hal ini ya:

1. Keringkan tangan ketika akan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan listrik seperti menghubungkan colokan atau mematikan dan menghidupkan lampu.
2. Perhatikan instalasi/pemasangan listrik di rumah. Jauhkan sumber listrik dari jangkauan anak-anak ya. Lebih baik menggunakan standar pengamanan pemasangan.
3. Tidak menumpuk stop kontak pada satu sambungan listrik. Karena bisa menyebabkan sambungan listrik mengalami pemanasan yang berlebihan. Kalau bahan yang di gunakan tidak tahan terhadap panas tersebut, akan menyebabkan lelehan dan menjadi percikan api. 
4. Pengecekan terhadap kabel yang akan digunakan, apakah ada yang terkelupas. Perangkat listrik itu ternyata harus diganti dalam jangka waktu 10 tahun atau ketika kondisinya sudah tidak baik.
5. Gunakan produk listrik yang memiliki sertifikat SNI. Produk listrik yang bagus dan tentunya berkualitas. Produk listrik saja bisa palsu dan ngga memenuhi standar ya ternyata.

Ngomongin produk listrik yang aman dan memiliki sertifikat SNI, produk Schneider memang salah satunya nih mak. Apa sih Schneider itu? Schneider ini dibacanya (sneider) jangan keder yaaa hihii. Merupakan Perusahaan listrik dari Perancis. 

Produknya membantu kita tuk melindungi rumah dari bahaya listrik. Salah satu produk inovasinya adalah kombinasi antara MCB dan ELCB yaitu RCBO. Nah.. Apaan tuh cigggg (jadi ingat, sempat ketemu mak Injul, manggil saya uciggg :))) 

Gini nih, jadi Ideal perangkat listrik yang aman itu ada MCB dan ELCB. Yuk kita kenalan singkat, supaya nice to meet you. 

                         
  

MCB (Miniature Circuit Breaker) dipasang pihak PLN untuk membatasi arus sekaligus sebagai pengaman dalam suatu instalasi listrik. MCB juga berfungsi sebagai pengaman hubungan singkat (konsleting). Tapi tidak bisa melindungi manusia dari sengatan listrik. Biasanya MCB dicari untuk menyalakan kembali listrik PLN saat anjlok atau jatuh. Nah ini yang kalau listrik kita kelebihan beban, terus bunyi jetrekkk, mati lampu. Ini si MCB namanya.

Sedangkan ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) bentuknya mirip dengan MCB pada umumnya. Pada ELCB memiliki fitur yaitu mendeteksi kebocoran listrik ke ground. Jadi selain membatasi arus, dia bisa melindungi manusia dari sengatan listrik karena bekerja dalam waktu 0.1 detik untuk memutus arus.

Inovasi Schneider
RCBO yaitu Residual Currrent Circuit Breaker with Over Current Protection (RCBO), perangkat listrik yang menggabungkan fungsi MCB dan ELCB. Singkatnya kombinasi antara si MCB dan ELCB. Harganya mulai dari 250 ribuan. Keunggulannya selain melindungi rumah dari bahaya listrik, lebih slim dan fungsi ganda (MCB dan ELCB). Bentuknya seperti gambar di bawah ini. Kiri (RCBO) kanan (ELCB)

                            

                                     
                                Minta tolong mak Edwina untuk take photo, trims mak ^^

Kenang-kenangan dari KEB oleh Mak Mira untuk Schneider. 

                                             Foto milik Mak Noe lagi ^^ 

Terima kasih KEB dan Schneider Electric atas undangannya yaaa. Meski sekarang kita sudah cukup mengerti mak, untuk instalasi listrik perlu dilakukan oleh seorang yang ahli, supaya lebih aman dan pastinya mereka lebih paham. Gimana? Deal ya, untuk informasi lebih lanjut tentang Schneider Electric terkait pemasangan dan lainnya emak bisa hubungi kontak di bawah ini. Semoga bermanfaat ^^

Schneider Electric
www.schneider-electric.com
Telepon 1500055 
Email: customercare.id@schneider-electric.com

53 comments:

  1. Hai mak salam kenal yaa, iya ya urusan listrik jgn cuma diserahin ke bapak2 ya, emak2 juga kudu pahamm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alo makkk neng anin.. Iya betuls :)

      Delete
  2. wah lengkap banget artikelnya, penting pula, apalagi buat aku yang masih punya balita di rumah, suka deg2an soal listrik ini. Makasih yaa infonyaa...

    ReplyDelete
  3. Sama cil, pernah kesetrum juga, makanya suka angkat tangan kalo masalah listrik dirumah. Untungnya instalasi kayanya udah bener, tinggal emaknya aja terapin 5 hal ini ya, makasih ucilkuh. Semoga rumah aman dari bahaya listrik dan bahayalain2nya aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesetrum juga yaa, kapan itu tong
      Iyah supaya labib sama laud aman yaaa :D

      Delete
  4. saya juga pernah kestrum kecil Ci, kaget gitu :D
    harus lebih aware yaahh ttg listrik ini, apalagi kita punya anak kecil duuh harus super hati2 banget yah. jadiii udah mulai pasang yg spt gambar itu Ci? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jgn kesetrum lagi yaaq.
      Blm nih diii, blm ngobrol lagi ttg ini sama paping

      Delete
  5. letteringnya lucu banget ih mbakk, pengen bisa nulis bagus kayak gituu *salfoks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa, hahaha... Mau blajar ngga kjadian mlulu nih nind..

      Delete
  6. nah itu mbakkk, aku suka lupa ngeringin kaki dulu kalo mau berurusan sama listrik huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah air penghantar listrik soalnya yaaa, hrs kering ring

      Delete
  7. Wah ini mak yg gendong ade bayi ya, hehe... Seneng deh lihat emak2 yg walau sibuk bawa anak tapi pada serius belajar ttg listrik :D

    ReplyDelete
  8. Aku termasuk yg dodol urusan listrik hiihi. Untungnya sekarang ada alat dari Schneider yg bisa bantu utk melindungi rumah dari bahaya listrik yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah mba san, alhamdulillah ada inovasi iniiii yaa

      Delete
  9. Jujur mba kalau saya paling takut dah kalau masalah listrik..takut menggigit..nyutttttt..hii

    ReplyDelete
  10. Bagus kalau perempuan juga mempelajari soal listrik. Biar kalau listrik eror pas suami kerja bisa dibetulin sendiri. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii iyah mba anisa, moga aman2 aja yaaa listriknyaa

      Delete
  11. Sama2 mak, eh. Haha. Acaranya seru ya kemaren, moga kapan2 kita bisa ketemuan lg ya maak. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaah maaak noe.. Blum ngobrol, ngga enak mak noe lagi jepret2 ^^

      Delete
  12. Foto nya bening mak, sekarang jadi sedikit ngerti tentang listrik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mak Ria, pake dokumentasi punya mak noe yg pertama dan akhir^^

      Delete
  13. Cocok ne untuk calon suami yang membahagiakan istri, hehe

    ReplyDelete
  14. Serem banget colokan meleleh. Huhu. Semoga setelah acara ini, nggak kejadian lagi, ya, Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyanih stop kontak bertumpuk neng :/

      Delete
  15. Halo, salam kenal mba. Hahah, aku sering kena setrum listrik, semoga setelah pakai alat ini enggak lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alo mba fatriii :) amiiin aku jg berharap jgn ada lg emak kena serum yaaa

      Delete
  16. hai mba..salam kenal yaaa, semoga next event bs ketemu lagi ya kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba Ayu :) salam kenal mba

      Delete
  17. Berhubungan dengan listrik itu ngeri2 butuh
    Ngeri kesetrum tapi tiap hari butuh. Makanya kita memang kudu paham ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeri2 butuh yaaa. Betul banget ^^

      Delete
  18. Akhirnyaa... aku mampir ke blog ini. Nama kita sama ya ternayata xixixix. Soal listrik, bukan cuma urusan bapak ya. Ternyata emak juga perlu banget tahu soal listrik. Ya minimal tahu cara mengatasi listrik yang tiba-tiba turun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah mba sama, panggil ucig aja mak.jadi tau lebih banyak yaa mak ^^

      Delete
  19. Penting banget tau secara sekarang aku LDRan, jadi ga ada suami di rumah, jadi emang emak2 juga perlu paham ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semangat ya mak gesii, moga selalu aman yaa listriknya meski ditinggal pak suami

      Delete
  20. Hai kak uciggg g nya 3. Yeay akhirnya mampir juga ke sini:p
    Btw makasihHyah udh fotoin aku sama ka irma senja. Fotonya cucook seneng liatnya:D

    Pulang dari acara ini rasanya pengen ngadoin RCBO buat mamake bapake di rumah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay ifaa :) iyah sama2 faaa, cucok yee hihii alhamdulillah
      Yaudah beliin bapake sama mamake drmh yaaa

      Delete
  21. listrik oh listrik rupanya ada sentruman dan bisa membuat kematian ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba uliii, jadi aware yaa

      Delete
  22. Bagusnya saya jadi tau soal mcb dan rcbo

    ReplyDelete
  23. Kebiasaan saya masih sering menumpuk stop kontak๐Ÿ˜€๐Ÿ˜๐Ÿ˜ padahal berbahaya

    ReplyDelete
  24. Wah harus segera pasang nih RCBO Slimnya biar rumah aman.

    ReplyDelete
  25. Baru ninggalin jejak nih di rumah mba Uci. Semoga bisa ketemu lagi ya dengan mba dan dua anaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp wiiin :) iyaah moga cpt mnyusul yaaa

      Delete
  26. yo pasang pasang semuanya,, biar aman hihi.. nanti kalau udah kejadian baru nyesel

    ReplyDelete
  27. apalagi punya anak kecil ya wah harus hati2 banget sama yang namanya listrik. tapi skr sih enak semuanya bisa diprotek

    ReplyDelete
  28. bener banget, kebanyakan orang lupa untuk proteksi kayak gini, padahal pentingnya mnta ampun dehhh, trims infonya yah

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena