Bebas batuk pilek tanpa obat

source: google.com
Bebas batuk pilek tanpa obat ~ Bingung ketika saya menghadapi keadaan Kaina kegerahan tetapi lagi pilek. Saat menjelang tidur biasanya anak bocil apalagi batita/balita seperti Kaina ingin selalu di tempat yang sejuk anti gerah, nyaman aman dari keringat. Bagaimana yah caranya tetap bisa tidur dalam keadaan pilek?
Cara ini sangat klasik tetapi bisa dicoba lho siapa tahu ada yang terlupa dengan hal klasik seperti menggendong. Menggendong dapat mengatasi kegerahan yang ampuh dan pasti favorit si bocil selain nenen adalah digendong, kalau anak kecil bisa jawab, pasti dia teriaak 'yessss'.

Sebenarnya batuk dan pilek obatnya adalah istirahat sama seperti orang dewasa. (bener ngga yaaay? :P)
Saya lebih memilih untuk tidak menggunakan obat buat Kaina kalau batuk pilek tanpa gejala lainnya, karena melihat umur yang masih sangat kecil supaya anti body nya bagus. Saya pernah juga memberi Kaina obat dari dokter di saat batuk pilek.

Bila lebih dari 1 minggu Kaina tidak sembuh batuk pileknya, saya akan bawa ke dokter. Namun saya pun tidak membiarkan begitu saja si kecil menderita tanpa pengobatan saat flu batuk. Dari hasil yang saya gugling, berikut ini yang diterapkan saat Kaina batuk pilek beberapa minggu lalu:

1. Sesering mungkin untuk memberikan asi
2. Ketika ingin tidur, perhatikan posisi anak. Letakkan kepala lebih tinggi untuk membantu pernafasannya.
3. Terapi uap kayu putih
   Didihkan air dan taruh pada baskom, tambah beberapa tetesan kayu putih, taruh di kamar agar terhirup uapnya untuk membantu pernafasan.
4. Terapi Handuk
    Setrika handuk, panasnya jangan lupa kita rasakan terlebih dahulu, jangan sampai terlalu panas. Taruh pada kulit punggung dan dada anak (buka pakaian anak saat menempelkan handuk) sambil menepuk nepuk pelan pungggungnya. Hal ini akan membantu terbukanya jalan untuk bernafas lebih lega. Terapi handuk juga sebagai pengganti sinar matahari ketika cuaca hujan, lakukan beberapa menit dan beberapa kali dalam sehari.

Sepanjang hampir 7 bulan, Kaina flu sebanyak 3x. Dari 3x flu, hanya 1x Kaina menggunakan obat. Alhamdulillah sehat tanpa obat. Waktu Kaina batuk flu dengan obat ataupun tanpa obat, efektif waktu sembuh total 5-6 hari. Pilihan jatuh pada para mommy :) Untuk dengan obat atau tanpa obat?

6 comments:

  1. Aku juga kalo anak-anak batpil, cara pertama terbukti sukses, Chi. Tapi dengan catetan emaknya yang dijejelin asupan makanan bergizi, hihihi..
    Trus seluruh badannya dibalurin minyak telon yang dicampur beberapa tetes minyak kayu putih. Cara tiga dan empat blom pernah coba, tuh. TFS ;)

    ReplyDelete
  2. wah tips nya berguna bgt tuh mbak. aku dulu pernah pake tips terapi uap minyak kayu putih, eh si riski malah kepedesan matanya, padahal naronya di pojokan kamar, hihii

    ReplyDelete
  3. Catet! RUM banget ya bund :*

    ReplyDelete
  4. Ketika digendong anak merasa lebih di sayang

    ReplyDelete
  5. kalau masih bayi duulu kasih asi aja ya, tai sekarnag aku banyakin makan aja kalau untuk anak-anak :)

    ReplyDelete
  6. waah dapet ilmu lagi nih tentang dunia anak. sering-sering nulis yang beginian ya chie :)

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena