Pilih Masak Sendiri dan Rasakan Manfaatnya

Pilih Masak Sendiri dan Rasakan Manfaatnya ~ Kata bapak, jadi perempuan harus bisa masak. Dulu, saya sering diberondong dengan kata-kata seperti itu. Kalau cemberut saat disuruh bikin sambel, bapak langsung khotbah. Ingat banget, tiap mau bikin sambel buat blio, saya bingung berapa takaran bawang putih dan bawang merah? Nggak ngertilah. Sampai akhirnya menikah. Terus masak sendiri. Trial error. Hufft, nyambel ajaa 😄
Source : pixabay
                        
Sesungguhnya mama nggak pernah bawel tentang masak 😹 cuma kalau bagian beberes rumah. Ampun. Tapiii..ngomongin masak sendiri atau beli ya ada plus minusnya masing-masing. Alhamdulillah kalau saya nggak masak, nggak disetrap sama pak suami. Menyesuaikan saja dengan kondisi saya yang kadang pengin beli makanan hihi. Kecuali buat anak-anak, jarang sekali beli masakan. Saya pasti masak. Walaupun cuma sayur, tempe, ayam, dan ikan bergantian. 

Intinya, masak itu dilewati dengan santai terus nggak usah puyeng atau khawatir dapur acakadut. Dijalanin deh tuh ngupas bawang, ngiris, mengulek alias menghaluskan bumbu termasuk bumbu kehidupan kita. Insya Allah capek. Haha. Tapi bahagia.

Misalnya bingung, sowan langsung ke cookpad or intip IG food blogger, bisa juga nyontek menu catering. Kadang boring, masak itu lagi, itu lagi. Yang masak aja bosen, gimana yang makan?

Sesekali beli boleh ya yaaa. Ini yang saya lakukan juga di weekend. Kalau kami sekeluarga nggak kemana-mana, GOFood. Kalau tanggal tua, GOFood pakai point :D. Sudah cukup indah weekend daku #cukupsederhana ^^

Masalah lebih hemat masak sendiri atau beli? Ini balik lagi ke masing-masing orang nya. Kalau masak heboh gitu juga ujungnya bakalan lebih boros. Iyaa kalau makannya banyak *nunduk

Nah, berikut manfaat masak sendiri yang saya rasakan #timMasak:

Bisa Hemat
Semua balik lagi ke pengendalian diri hehe. Based on true story, saya rasa bisa lebih hemat dengan memasak sendiri. Misalnya, beli sarapan bubur ayam 5ribu rupiah, sudah merogoh kocek 20 ribu cuma untuk 1x makan. Sedangkan kalau masak? 20 ribu cukup buat beli ikan sama sayur mayur. Sayur biasanya saya bagi, bisa untuk 2x masak. Maklum keluarga kecil yang makannya sedikit tapi sering 😁. 

Bersih dan Sehat
Sama juga halnya dengan pertanyaan lebih sehat masak sendiri atau beli? Tergantung yang masak. Kita mungkin bisa mengontrol kebersihannya kalau memilih masak sendiri. Seperti apa minyak untuk menggorengnya. Sebelum masak tuh cuci tangan dulu apa nggak. Dan segala macamnya kita yang atur. Jadi puas!

Bisa Sesuai Selera
Mau pakai msg atau nggak? terserah. Kalau saya kaldu bubuk masih cukup sering dipakai untuk masak. Masak sendiri tuh bisa berkreasi sesuka hati kita. Menu masakan rumah sendiri bisa ganti-ganti. Teruuus, nggak cuma baju yang perlu padu padan, masakan rumahan juga ternyata perlu mix and match. 


Sebagai Bounding
Kadang memasak untuk keluarga itu cuma karena ingin membuat ikatan batin dengan suami dan anak-anak. Meski rasanya nggak selalu seenak beli di luar tapi selalu yakin kalau mereka bakal habiskaan #lhaaaa.

Kalau kamu sendiri, dari lubuk hati terdalam mending masak atau beli? Mau tahu kelebihan dan kekurangan dari masak atau beli, bisa baca tulisan dari Mak Dyah Prameshwari Beli Jadi atau Masak Sendiri atau kenalan lebih lanjut di blog Dyah Prameswari

Tulisan ini merupakan Collaborative Blogging Emak2Blogger dari kelompok Siti Nurbaya dengan tema Masak atau Beli?







21 comments:

  1. Kalau masak sendiri, lebih bisa dipercaya kehigienisannya. :'D

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya yang kita anggap hemat memasak sendiri itu karena kita tidak menghitung harga dari waktu dan tenaga kita sebagai pemasak. Kalau dihitung, bukan nggak mungkin lebih mahal ya.

    Tapi sebenarnya selama kita bahagia melakukannya, itu sudah lebih dari cukup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyasih mbaa, bener.. klo masak berlebihan juga bisa lebih mahal jadinya :D

      Delete
  3. kalau saya sih lebih enak masak sendiri klo gak terpaksa ya beli tapi yg udah lengganan..
    higenis mak higenis

    ReplyDelete
  4. Kalo masak sendiri jadi banyak,bisa nambah sepuasnya dan g bayar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya kamu pinter masak, Mak! Wkwkwk

      Delete
  5. iya ya masak itu sejatinya membahagiakan diri sendiri, apalagi kalau anak udah pada bisa diatur giliran mamanya masak mbokya main bola dulu sana di depan rumah LOL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa. 😹😹 Nggak masak nggak makan maak

      Delete
  6. aku pilih masak sendiri mbak disamping higienis murah juga praktek resep masakan dri blog aku he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyatuh bnyk resepnyaa kan 😁

      Delete
  7. Aku juga lebih sering masak sendiri mba karena memang lebih sehat dan hemat. Tapi memang terkadang binggung mau masak apa aja. Hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka bosen kadang ya mbaaa, harus bervariasi masaknya :D

      Delete
  8. Sesungguhnya yang malesin dari masak sendiri cucian wadahnya. Argh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, masaknya enak. Udahannya nyupir ya maaak Dy

      Delete
  9. Aku diantara keduanya mak, kalau lagi mood dan punya waktu banyak ya masak. Tapi buat anak sih ngusahain masak sendiri walau menunya itu - itu aja hahha *pukpuk io

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah 😹😹 klo anak prefer bikin sendiri ya maak

      Delete
  10. Eeh.. Saya nyerah klo ditugasi masak... Klo mau saya masakin yg sederhana aja.

    Masak aer.. He he..

    Trs masak nasi goreng, andalan wis..

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena