Masak Soto Lamongan dengan ayam biasa. Takut bau? Nggak kok. Ini ya resepnya..

Tanggal 19 April lalu tepat setahun usia adik Ashika. Sedang menikmati banget memiliki balita yang satu ini. Perkembangan Ashika makin hari ya makin seru. Dia sudah bisa jalan sebelum setahun, ya namanya anak-anak pasti beda. Ada yang sebelum satu tahun, ada yang setelahnya baru bisa jalan seperti Kaina. Yang penting jangan berantem hehe. Bosen banget nggak sih, di beberapa socmed nyampe pada ribut. Masalahnya...ah sudahlah kak hihi. Gimana? Mendingan kita masak yuk. Sudah lama nih nggak posting resep. Sebagai perempuan yang suka makanan berkuah dan pas banget di rumah lagi pada bermasalah dengan tenggorokan jadi kita masak soto lamongan. Resep soto lamongan dari bund nina. Ih kenal gitu sama beliau? Belum kenal heheh. Dari mbah google sadja kok^^ resep modifikasi. Jadilah resep Soto Lamongan dengan ayam biasa tanpa bau lho. 
                             
                                  

Oke...resep Soto Lamongan ini saya nggak pakai kemiri dan nggak pakai ayam kampung. Saya mau beningan gitu kuahnya tanpa msg atau kaldu sachet. Kalau masalah ayam, karena ya pakai yg ada di kulkas hasil belanja mbak :) hasilnya nggak bau kok.

Today..
Kayak marathon, rekor banget hari ini, bisa masak dan nulis. Happy banget ih. Terus anak-anak tidur siang, saya coba foto terus bikin postingan ^^ sebenernya mau share resep kerang bumbu Thai. Ya tapi sudah habis dan nggak ada fotonya sama sekali. Teteup bahagia karena paping doyan. Eh lanjut masaknya yuk

                       

Bahan:
1/2 ekor ayam (beri perasan air jeruk nipis dan garam selama 15 menit lalu cuci bersih)
Air
Lengkuas
Jahe 2 ruas (geprek)
3 lembar daun salam
2 batang serai (geprek)
4 lembar daun jeruk
Gula
Garam

Bumbu dihaluskan:
7 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 ruas kunyit
1/2 ruas jahe
1 sendok makan minyak untuk menumis
1/4 sendok makan lada kasar

Pelengkap:
2 buah telur rebus, belah dua
Tomat
Soun secukupnya, rebus hingga lunak dan tiriskan
Sambal rawit (15 buah cabai rawit rebus hingga matang, tiriskan. Haluskan dan beri 1 sendok sayur kuah soto)
Koya
daun bawang, seledri cincang untuk taburan
Bawang goreng (saya skip)

Cara Membuat :
1. Rebus ayam dalam air mendidih, masukan jahe, masak hingga ayam empuk.
2. Saring air kaldu dan sisihkan ayam.
3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai hingga harum dan matang.
4. Masukan bumbu tumis ke dalam air kaldu, bisa ditambahkan air matang lagi ya, sesuai keinginan.
5. Bumbui kuah dengan garam dan gula pasir. Koreksi rasa sesuai selera
6. Siapkan bersama bahan pelengkap ya, kalau ada kerupuk udang, hmm nikmatnya.

Pas banget juga lagi ada kerupuk udang, jadi mau nyobain bikin koya. Hua, gampang banget caranya bikin koya buat pelengkap soto lamongan. Bikin tambah sedap.

Cara membuat koya : 
iris tipis bawang putih lalu goreng,
tumbuk dengan krupuk udang goreng hingga halus

Ini dia koya nya ya...yang berwarna putih

 

                            
   

Nah, mudah kan resep Soto Lamongan dengan ayam biasa, enak, dan tanpa bau. Kamu masak apa hari ini...? Share yuk...

21 comments:

  1. soto lamongan kesukaan saya banget, saya dulu pernah pesen porsi jumbo,kirain mangkuk biasa eh ternyata buat tiga orang bisa..hhehe terpaksa harus habisin sendiri, kebetulan deket rumah..nah klo mak yang masak kayaknya kuahnya memang di buat kurang kentel ya...tambahin soya dong mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyanih saya tambahin koya yaaa :D
      Sengaja agak bening gitu..😹
      Makasih udah mampir yaaa

      Delete
  2. Soto Lamongan bening, seger. Tapi selama ini aku selalu pakai ayam kampung. Takut ayam lainnya nggak bisa ngolah. Padahal ada juga bakul soto Lamongan yang nggak pakai ayam kampung karena mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah aku juga takut nggak bisa ngolahnya pas kmaren mbaa...:D

      Delete
  3. Oh bikin koyany dr bawang putih sm kerupuk ya, baru tau mba.
    Senang ya kalo keluarga dirumah suka sm masakan kita, ampe ludes kerang thai- nya.. Hhii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii, iyah mba... nanti mau masak lagi buat skalian di share hihii

      Delete
  4. wah mba rajin baru tau tnyata gampil aku biasa beli bumbu jadi hahaha ternyata klo bikin malah gampang. dan sama kek mba siti baru tau koya dr bawang putih sama udang 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang teh :) cobain deh... ^^

      Delete
  5. Ayam kalau rebusnya pakai bawang putih memang nggak amis. Wah nanti kalau saya mau bikin soto, bisa dicontek resepnya Mba Uci ini. So far kalau bikin makanan berkuah suka nggak pas rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah blm pernah pake bawang putih mbaa... nnti aku coba deh :)

      Delete
  6. Aku suka banget makan soto. Pengennya masak pakai ayam kampung kayak yang lain, tapi aku juga pakai ayam kampung biasa dan enak euy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba, lumayan klo lagi mau banget makan soto tapi nggak ada ayam kampungnyaaa

      Delete
  7. soto lamongan itu aku baru suka kalo koyanya aku taburin banyak :D.. tanpa koya, soto ini jd kayak hambar ya mba :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koyanya itu jg bikin sedap yaa mba fan

      Delete
  8. Noted mbak..langsung dicatat, soalnya ini salah satu menu kesukaan suami hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik masakin langsung yaa :D

      Delete
  9. presentasinya mbak chy emang keren banget jadi keliatan sih nuansa etnicnya :D sukaa
    kalo rasanya blm tau soalnya belum nyicipin hihi :p

    ReplyDelete
  10. pinter banget sih masak mba Suci :-D
    aku pernah makan soto kroya di sini, enak :-D nggak bau

    ReplyDelete
  11. jd pengen nyoto :D si iyas doyan bgt klo lauknya soto

    ReplyDelete
  12. Aih... jadi ngiley uy.
    Jadi laper.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena