Asi dan booster

Asi dan Booster ~ ASI, siapa yang tak kenal dia? Asupan makanan yang sangat diperlukan oleh bayi. Seberapa pentingkah pemberian ASI untuk anak, saya pernah membahas ini juga. Well, pastinya terdapat perbedaan antara air susu ibu dengan air susu lainnya.

                               

Menurut buku Super Baby Directory, selama masa kehamilan, payudara membesar 2 sampai 3 kali dari ukuran normal atau biasanya. Dan saluran-saluran air susu serta alveolli (tempat produksi air susu) dipersiapkan untuk masa laktasi. Ya Allah, keren.

Jadi setelah melahirkan, produksi air susu dikontrol oleh beberapa faktor yaitu refleks produksi air susu. Nah, kapan kah ini? Saat bayi disusui langsung ke puting ibu, akan diproduksi hormon prolaktin yang akan mengatur agar sel-sel dalam alveolli memproduksi air susu. Selanjutnya refleks mengeluarkan, di mana isapan bayi merangsang produksi oksitosin. Yang membuat sel-sel otot di sekitar alveolli berkontraksi dan terdorongnya air susu menuju puting.

Selain itu, oksitosin juga beraksi pada otot-otot dalam rahim yang dapat membantu menghentikan pendarahan setelah melahirkan.

Okay, sebetulnya penyebab payudara tidak mengeluarkan air karena berbagai macam faktor diantaranya ibu mengalami kelelahan, stres atau tekanan, rasa sakit pada puting yang luka. Perlu diingat nih, ibu yang habis melahirkan dan ingin menyusui memerlukan ketenangan dan rasa percaya diri pada diri sendiri. Saya dan suami pernah ngobrol tentang hal ini. Bukankah Allah sudah mendesain secanggih mungkin si dispenser ASI untuk bayi tersebut. Masa sih bisa kurang ASI nya? Wallahu a’lam. Dan bukan berarti Ibu yang memberikan anaknya sufor adalah Ibu gagal. Bukan.

Salah seorang sahabat saya memiliki anak lelaki. Beliau bekerja dan nggak pakai bantuan sufor. Insya Allah bisa.

Selain itu, ibu menyusui harus banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi. Karena kalau gizinya si ibu nggak terpenuhi, akan berdampak pada kualitas ASI. Jumlah air susu yang diproduksi pun akan berpengaruh. 

Alhamdulillah sampai saat ini masih bisa memberikan ASI untuk putri kedua saya. Hampir satu tahun berlalu dan rasanya nggak nyangka bisa melewati masa menyusui yang indah dan tentu penuh perjuangan. Nggak ada kata bosan sayuran atau diet. Malah lebih bagus pakai booster ya? Saya belum pernah menggunakan booster khusus. Tapi ada rekomendasi dari beberapa teman yang pernah pakai ASI booster tea, katanya bagus? Saya lihat testimoninya juga positif bagus-bagus. Cuma ya, balik lagi ke gimana asupan gizi ibu itu sendiri dan efek booster tea ke tubuh masing-masing orang pasti berbeda ya. Anyway. . Yuk lanjutin bahasan ASI boosternya.

Apa sih ASI booster tea itu?
Jadi ASI booster Tea (tanpa kandungan daun teh) adalah sebuah suplemen penambah ASI yang terbuat dari bahan alami (herbal) dengan komposisi Fenugreek seed, fenugreek powder,  Fennel seeds, Fennel powder, Anise, Malunggay, dan habbatussauda. 

Komposisinya luar biasa ya, saya hanya tahu beberapa saja. Terus saya coba gugling.
Sejujurnya saya nggak tahu apa itu Fenugreek hehe. Ternyata Fenugreek adalah salah satu jenis tanaman herbal. Khasiat Fenugreek itu sendiri adalah menstimulasi produksi air susu pada ibu menyusui. Nah untuk komposisi lainnya bisa cek sendiri hehe. Yang jelas sih ini bukan teh lho ya. Sama sekali nggak ada bahan kafein di dalamnya.

Seputar ASI booster tea
- Ampuh meningkatkan ASI
- Bisa diminum siapa saja, rasa tidak pahit seperti jamu, bisa ditambah pemanis seperti teh biasa
- Minuman herbal, 100% halal, aman untuk ibu dan bayinya.

Gimana Sih Pemakaian ASI booster Tea
- Seduh 1 sendok makan penuh dengan 500 ml air.
- Minuman bisa disajikan panas maupun dingin serta bisa ditambahkan gula batu sesuai selera.
- Untuk Hasil yang maksimal, minumlah 3 kali sehari sampai produksi ASI kita meningkat. Setelah itu kita dianjurkan untuk menguranginya secara bertahap menjadi 2 cangkir perhari, sampai secangkir perhari.
- Banyak minum air ketika mengonsumsi teh ini (minimal 1.5 liter air perhari).
- Kosongkan payudara dg pompa atau hisapan bayi 2 jam sekali




Semoga informasi ini bermanfaat ya untuk yang membutuhkan :) semangat ya ibu menyusui. Btw, kalau kamu pakai booster apa? Share yuk. .

20 comments:

  1. Dulu saya juga pake suplemen penambah ASI, tapi belum kenalan sama ASI Booster Tea

    ReplyDelete
  2. Keren ya dari bahan teh bisa untuk perlancar ASI.

    ReplyDelete
  3. Dulu belum ada Asi booster. ^_^ Sekarang semua makin mudah, ya?

    ReplyDelete
  4. Skarang ada ASI booster agar ASI selalu lancar ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba benerr :) asyik yaaa

      Delete
  5. nt kalo udah lahiran jd pengen coba jg asi booster tea ini :D

    ReplyDelete
  6. Seneng banget ya sekarang ada ASI Booster kaya gini. Bekel buat nanti pas udah lahiran, jadi ga takut kurang ASI kalau udah ada booster gini :D

    ReplyDelete
  7. pas hamil kedua aku minum ini mba... memang banyak sih asi jadinya.. tapiiii sama kyak kehamilan pertama, aku sempet babyblues... Di situ ga pgn samasekali megang si bayi ampe berapa minggu.. akhirnya asi stop.. jadi aku cuma nyusuin 1.5 bulan doang...

    tapi aku akuin si asi booster tea ini bgs kok... dan rasanya lumayan, ga pahit.. awalnya aku kira pahit krn ini herbal kan :)..aku sempet nyisa beberpa botol waktu itu krn udh stop asinya sjk babyblues... akhirnya ku kasih semua ke adekku

    ReplyDelete
  8. Booster saya duluuuu belanja mbak muahahaha... apalagi kalo pas apa yang dipengen acc nya cepet dari suami... wuiiih booster banget dah itu hahaha pokok makan teratur tanpa pantang sih dulu kata bidanku... insyaAllah lancar, skr enak emang ada booster juga biar makin meruah ya...

    ReplyDelete
  9. Keinginan untuk memberikan ASI kadang terkendala dengan kurang lancarnya atau tidak banyak keluar, tentunya minuman ini sangat bermanfaat ya, Mbak. Semoga para ibu lancar semua dalam memberikan ASI.

    ReplyDelete
  10. dengan booster asi, para ibu yang lagi menyusui terbantu banget ya

    ReplyDelete
  11. semangaaat Ci, nanti InsyaAllah pengen coba ini juga aahh :)

    ReplyDelete
  12. Hmmmmmmmm bisa deh aku rekomendasikan ke sepupu ku yang habis lahiran :3

    ReplyDelete
  13. Seneng ya sekarang serba praktis :)

    ReplyDelete
  14. Nah info bagus nih,,
    Istri saya lagi hamil nih, harus siapa2 dari skarang,,
    nais inpoh..

    ReplyDelete
  15. jadi inget zaman ajdi oejuang ASI dulu, makanan yg kita asup memang penting banget buat menjaga suplly ASI nih

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena