Cerita Tentang Menulis Kreatif dengan ASUS

Mungkin kalau waktu itu notebook saya tidak mengalami kerusakan di bagian LCD, saya tidak pernah bersentuhan akrab dengan notebook ASUS yang sekarang ini. Sedikit cerita, dulu saya bisa melakukan perakitan komputer lho haha. Ah kangen. Tapi teknologi berkembang sangat pesat. Siapa yang nggak kreatif dan inovatif, bersiaplah untuk ditelan yang lainnya. Hmm, keras memang! But this is real. Kali ini saya akan cerita tentang menulis kreatif dengan ASUS.

Beralihnya komputer ke notebook sangat membantu saya sebagai blogger. Prosesor dengan teknologi Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 dapat membantu pekerja kreatif multimedia dengan performa tinggi. Kebutuhan seperti editing foto dan video untuk konten blog pun akan maksimal dengan notebook yang berteknologi i3, i5 dan i7. Bye-bye lag dong ya^^

            


Ada beberapa kegiatan ngeblog yang memang mengharuskan saya membuka laptop dibanding ngeblog dengan smartphone atau tab. 


                      


Pekerjaan kreatif seperti melakukan pembuatan header blog, perubahan template dan design. Termasuk membuat infografis yang berupa image atau video. Proses penulisan kreatif yang saya lalui untuk menulis satu buah postingan melalui beberapa tahap sederhana seperti ini:

- Catch The Idea
Bisa dilakukan dengan banyak membaca atau melakukan kegiatan yang menyenangkan. Kadang sesederhana bersepeda sebentar ke pasar, ya dalam rangka mencari ide. Gitu aja. . Kalau dibilang kok rasanya ide nggak habis-habis. Ya, karena itu tadi, selalu berusaha melakukan kegiatan positif yang saya senangi. Dan perlu lebih peka terhadap lingkungan. Ini bisa menjadi bahan ide penulisan kreatif juga. Contohnya, waktu itu saya sedang ulang tahun pernikahan, saya nggak ada ide untuk memberi kado. Alhasil saya beri tulisan aja, dengan tema pernikahan seumuran ^^

- Theme
Menentukan tema sekaligus judul juga bikin galau. Terlebih lagi judul ya, harus menarik, SEO friendly namun tetap berkaitan dengan tema penulisan. Saya masih perlu belajar banyak tentang ini :)

- Writing
Setelah dapat tema, langsung nyemplung untuk nulis. Apalagi data sudah terkumpul tinggal eksekusi deh. Kadang supaya nggak keteteran, proses pengumpulan data paralel untuk artikel selanjutnya. Pokoknya ada ide dikit, saya coba tulis. Terus biasanya bikin kerangka lalu kembangin deh. Nggak lupa self editing di akhir. Untuk yang sifatnya review, ya diusahakan sejujurnya ya :)

- Some Image & Video
Membuat gambar dan video pendukung. Biar nggak melulu teks semua. Sejauh ini gambar atau foto menggunakan aplikasi Canva. Beberapa kali juga hasil foto sendiri. Kalau saya suka tricky sedikit gambar di Canva biar nggak muncul watermark. Karena ada beberapa watermark Canva di image nya. Lagi-lagi pada tahap pembuatan image atau video saya perlu buka notebook.

- Exercise & Never Give Up
Berlatih dan nggak pernah menyerah. Sebagai pekerja kreatif, latihan juga perlu. Saya percaya nggak ada yang nggak bisa kalau semuanya dilakukan dengan kesungguhan ^^

Beberapa hari lalu saya buat video di notebook saya, ASUS K40IJ yang spesifikasi processornya di bawah i7. Alhamdulillah sukses untuk pertama kalinya trying with powtoon.com dengan notebook ASUS kesayangan. Seperti ini video yang saya buat minggu lalu dengan notebook ASUS.



Tapi pasti bakalan lebih smooth lagi prosesnya kalau ngeblog dengan processor i7. Dan juga notebook saya ini sudah bocor baterenya, jadi kalau mau digunakan harus colok ke listrik. Maklum ya, usianya hampir 7 tahun. Sebetulnya saya juga punya ASUS satu lagi yaitu netbook tipis, ringan nggak panas. Cuma ya kalau netbook nggak ada cd roomnya. Sekarang lagi dipakai adik untuk skripsi.

Untuk mulai menyajikan konten kreatif memang tidak mudah tapi bukan berarti tidak bisa, tentunya harus didukung perangkat yang mumpuni. 

Nah, saya jadi pengin punya ASUSPRO P2430U dengan harapan supaya ngeblog makin PRO.
Pertimbangan pertama selain processornya, saya cari notebook yang ringan. Terus nggak panas kalau dipakai. Poin ini sepertinya juga ada di ASUSPRO P2430U.

Jadi semakin penasaran seperti apa sih spesifikasinya ASUSPRO P2430U?


                         


Saya coba bold beberapa poin penting ya

Prosesor
Prosesor mutakhir dari Intel yakni Intel Core generasi ke-6, mulai dari Core i3 sampai i7.


  



Dukungan Grafis yang Pro
Untuk mendukung grafis, ASUS menyediakan dukungan grafis yang mumpuni yakni discrete graphics berbasis Nvidia GeForce 920M. Grafis ini tentu akan sangat membantu para profesional yang juga banyak bekerja dengan multimedia. Blogger termasuk di dalamnya juga ya. Karena bekerja dengan membuat infografis.


      


Support Multitasking
Seringkali kita multitasking, butuh banyak buka tab di chrome ya sambil dengerin musik terus juga edit gambar dan membuat video. Memori utama DDR4 sebesar 4GB yang terpasang juga bisa ditambah kapasitasnya. Sebanyak 2 slot memori yang tersedia bisa menampung RAM hingga sebesar 16GB. Kemampuan ini memastikan ASUSPRO Essential P2430U dapat mendukung produktivitas mobile penggunanya, termasuk saat hendak menyelesaikan pekerjaan secara multitasking.

Desain
Tipis tapi tetap cantik. Notebook yang didesain secara ergonomis ini juga dilengkapi sebuah one-piece Chiclet keyboard dengan penempatan tombol yang presisi untuk menghadirkan kenyamanan saat bekerja. Travel distance sekitar 2,3mm, ia akan terasa lebih mantap saat digunakan. Adapun ketebalan yang hanya 2,3 sampai 2,6cm dan bobot yang relatif ringan. Well, travel friendly ya!            



Body & LCD
Dengan tekstur brushed-hairline aluminum pada body notebook, ASUS masih menambahkan lapisan scratch-resistant coating pada panel LCD-nya. Layar 14 inch tersebut pun telah dilengkapi dengan fitur anti glare agar layarnya semakin nyaman dipandang mata dan tidak memantulkan bayangan khususnya dari belakang pengguna, serta tidak cepat membuat mata lelah. Got it! Asyik nih.


Input/Output AntiMainstream
ASUSPRO Essential P2430U menyediakan 4 buah port USB. Di atas jumlah rata-rata port notebook mainstream yang punya 3 atau kadang hanya 2 buah. Tiga port di antaranya adalah USB 3.0 yang menawarkan kecepatan transfer data 10 kali lipat lebih cepat dibanding USB 2.0.




Security
Sebagai notebook untuk segmentasi korporat, ASUS telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang terpasang pada hardware dan sistemnya. Sistem keamanan ini dapat diatur melalui aplikasi ASUS Business Manager, dengan menyetel fitur Security. Kita dapat mengunci fungsi USB dengan password, sehingga orang lain tidak bisa mentransfer maupun mengambil data pribadi dari notebook ASUS P2430. Harddisk-nya dapat di-lock menggunakan password dengan cara mengaktifkan fitur HDD user password protection.





Dan ternyata ASUS ini ramah lingkungan, meminimalkan dampak lingkungan sehingga mendapat julukan Green ASUS yang mencakup empat bidang: desain hijau, manufaktur hijau, pengadaan hijau, dan jasa hijau. Dengan kata lain berarti kita berperan serta save the earth, go green! Jika menggunakan notebook ASUS.

Hal ini sepenuhnya terlihat dari sertifikat EPEAT, Energy Star, dan RoHS.







Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.




41 comments:

  1. Fitur laptop ASUS emang mantap. Cocok buat blogger.

    ReplyDelete
  2. aku juga ikut ini mbakkkk asik :D semoga menang bareng yaa

    ReplyDelete
  3. keren ih mbak chy bisa ngerakit pc :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah dulu nin,sukaa soalnyaaa haha

      Delete
  4. bener mba sepakat exercise never give up :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba, aku selalu inget ini, insya Allah smangat

      Delete
  5. mudah2an tercapai chi punya notebook asus barunya, biar makin semangat ngeblognya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mbaas, makasih ya doanya

      Delete
  6. Jadi pengen buat video ala2 gitu....
    good luck mbk

    ReplyDelete
  7. Wah cakep ni laptopnya, cocok untuk blogger yang multi tasking..

    ReplyDelete
  8. Makin sini ASUS makin kece aja. :D

    ReplyDelete
  9. Wah, cocok buat dimiliki para blogger.

    ReplyDelete
  10. Desainnya keren. Aku pengen punya juga. :)

    ReplyDelete
  11. waa~ ternyata dirimu ikut ini juga xD
    asus bagus nih, cocok untuk blogger yang kadang mobile kerjanya, processor dan graphic nya juga oke ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut soalnya udah jadi Asus lover fer 😅 suka sama Asus

      Delete
  12. ASUSPRO emang teman sejati untuk ngeblog. Andal, dan fiturnya lengkap

    ReplyDelete
  13. Ayo tuker, mba, laptop-nya dengan ASUS yang lebih canggih, biar ngeblognya makin cihuy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an dpt gratis yaa mba 😹

      Delete
  14. Aku juga mau pake banget punya ASUS ini jugaaaaa. Huhuhuhuu, Kece berat sih soalnya. Good luck blog competitionnya ya maaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak makasih yaaah, moga punyaa segeraa

      Delete
  15. Wahahaha... cek blog sebelah bahas ini lepi, ke sebelahnya lagi sama juga.. next next sampe ke blog yang ini bahasnya sama jugaaaa...


    malama bikin tambah mupeng

    ReplyDelete
  16. Makin kepikiran upgrade laptop, walo tetep masih mikir jg buat beli komputer.

    ReplyDelete
  17. Spec notebook ASUS boleh juga, nih :)

    ReplyDelete
  18. Aku pengen punya ASUS.. tapi gratisan hahahahah #glegh Semoga kita dapet ya Ciii XD AMIIN!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, kynya mba sandraaa bisa nih dpt gratisaaaan 😻😻

      Delete
  19. ASUS memang OK sudah lama saya kepingin punya laptop ASUS, sayangnya belum kesampaian.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena