Gangguan Kesehatan Anak Usia Pra Sekolah

Gangguan Kesehatan Anak Usia Pra Sekolah
Apa kabar mamah di sana? Moga selalu sehat yaa.
Kesehatan anak salah satu yang penting ya mah. Usia prasekolah seperti Kaina, di rentang usia 3-5 Tahun ada saja keluhannya. Karena mereka sudah mulai senang bermain dengan teman sebaya, ngga jarang juga tertular penyakit. Faktor lain yang menyebabkan gangguan kesehatan anak usia prasekolah ialah daya tahan tubuh masih belum begitu baik. Diperlukan kepekaan kita nih mah dalam mengamati kesehatan anak secara berkala. 

Memang ya, menjadi ibu itu bisa menyandang semua profesi. 

Pastinya harus dibekali oleh pengetahuan supaya kita tahu tindakan yang tepat untuk meringankan sakit si anak. Dari buku seri AyahBunda, berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang sering menyerang anak-anak usia prasekolah:




Batuk, pilek dan influenza
Batuk, pilek dan flu adalah serangkaian penyakit yang paling sering diderita anak usia pra sekolah. Ketiga penyakit ini memang mudah sekali menular mah. Dan juga menyerang anak secara bersamaan karena telinga, hidung dan tenggorokan adalah organ tubuh yang saling berhubungan. 

Meski flu dan pilek memiliki gejala yang sama namun sebenarnya disebabkan oleh virus yang berbeda. Flu biasanya menyerang anak pada saat tertentu seperti berganti musim. Pilek tidak bergantung musim dan banyak menyerang anak bila kondisi badannya melemah akibat terlalu lelah atau kurang gizi. 

Nah... Jadi kelihatan ya beda pilek dan flu
Saat anak terserang batuk, pilek dan flu, perbanyak minum air putih, beri makanan bergizi dan berkuah dalam porsi kecil namun sering. Bila demam, beri obat penurun panas. Tapi kalau suhu belum turun setelah 3 hari, dan batuk tidak kunjung sembuh sampai dua minggu atau berulang setiap bulannya, segera periksakan ke dokter. 

Biang Keringat
Anak prasekolah seperti Kaina juga sedang aktif banget. Senang main, berlari, bolak balik. Aktivitas yang memacu keluar keringat ini bisa menyebabkan biang keringat.
Ngga berbahaya sih tapi kan ganggu banget ya karena gatal dan kegiatan anak bisa terhambat.
Sebenarnya biang keringat muncul karena ada sumbatan pada saluran keluar kelenjar keringat.
Untuk menghilangkan biang keringat, perhatikan kebersihan kulit anak dan pilih bahan pakaian untuk anak. Mandikan anak dengan air dingin, bila peradangan cukup banyak beri bedak yang mengandung zinc oksida dan vaselin putih yang melindungi kulit. 
Bawa anak ke dokter untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi.


Cacar Air
Cacar air ialah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varisela zoster. Virus ini memasuki tubuh anak melalui udara. Anak terserang demam, lemas dan sakit kepala. Bila virus menyerang mata, maka mata anak akan menjadi merah, berair dan timbul gelembung kecil. Anak juga merasa sakit saat menelan. Cacar air tidak timbul serentak. Mulanya bercak kemerahan yang gatal dan gelembung berair. Biasanya cacar air berlangsung 7-14 hari. 

Untuk mencegah infeksi, mandikan anak dengan air yang dicampur obat antiseptik PK (permanganas kalikus) atau cairan detol.
Beri makanan tinggi kalori dan protein untuk membantu proses penyembuhan.


Campak
Campak (measles) disebabkan oleh virus morbili, biasanya timbul pada masa pancaroba. Gejala awal mirip influensa yaitu panas tinggi, batuk dan pilek lalu timbul sariawan, mata memerah dan berair, juga diare selama 3-5 hari. Setelah itu baru muncul bercak-bercak merah di belakang telinga, yang akan menjalar ke leher, dada, perut dan punggung.

Ashika juga sudah kena campak, mukanya pun bercak merah. Kasihan banget.

Bercak akan berubah menjadi kehitaman lalu akan hilang dengan sendirinya. Ada juga campak Jerman (rubela). Wah kalau ini, Kaina yang pernah kena.
Campak juga menular melalui kontak kulit, langsung, bisa terkena juga dengan tidur atau main bersama.
Bila panas tinggi, kompres saja dan jangan selimuti si kecil karena panas tubuh akan semakin tinggi lalu bisa menimbulkan kejang demam.
Gatal pada kulit anak bisa dikurangi dengan pemberian bedak.

Demam
Jangan sepelekan demam tapi tidak perlu khawatir. Demam sering terjadi akibat infeksi saluran napas atas dan influenza atau radang tenggorokan. Atasi demam dengan kompres anak, beri penurun panas dan perbanyak minum air putih. Beri baju tidur yang nyaman, tidak usah tebal agar suhu tubuh tidak tambah tinggi.

Diare
Diare bentuk penolakan tubuh terhadap kuman. Beri banyak cairan kecuali susu dan sari buah pada anak yang terkena diare.

Kerusakan Gigi
Ini Kaina banget. Beberapa hari lalu gigi depan Kaina patah, grepes gitu. Anak yang sakit gigi harus segera mendapat perawatan dokter. Batasi anak dalam konsumsi makanan yang kadar gulanya tinggi. 

Kutu Rambut
Siapa yang pernah kutuan? Saya pernah hihii jaman kecil. Telur kutu berwarna putih keabu-abuan.
Mencegah kutu rambut dengan jaga kebersihan rambut. Hindari kebiasaan saling pinjam sisir. 

Mimisan
Mimisan (epistaksis) adalah keluar darah dari hidung. Faktor penyebab mimisan biasanya karena bermain di bawah terik matahari. Atasi mimisan bisa dengan cara mengompres batang hidung anak dengan batang es, karena es dapat menciutkan pembuluh darah. Secara tradisional mimisan dapat dihentikan dengan memasukkan pucuk daun sirih yang bersih ke dalam lubang hidung karena daun sirih mengandung astringen (zat pengerut jaringan)

Tifus 
Tifus (demam tifoid) berasal dari kuman salmonella typhi, masuk ke dalam lambung melalui makanan atau minuman yang tercemar. Setelah kuman masuk, terjadi masa inkubasi 7-14 hari. Timbul gejala tidak enak badan, lesu, sakit kepala, tidak nafsu makan. Terjadi demam dengan suhu naik turun. Harus mendapat perawatan yang maksimal jika terkena tifus ini. Beri makanan yang lunak, tidak terlalu pedas atau asam)

Sebetulnya masih ada beberapa gangguan kesehatan yang lain lagi seperti sakit perut, sembelit, kejang, difteri dan disentri. Meski begitu banyak, penyakit kadang tidak bisa kita hindari ya. Hanya saja orang tua ngga perlu panik. 

Perlengkapan ringan seperti termometer, sebaiknya mamah sediakan di rumah. Termometer memudahkan dalam memantau perkembangan kesehatan si kecil. 

Ketenangan orang tua pada dasarnya merupakan modal pertolongan pertama bagi anak. Selain itu modal yang dapat dijadikan pegangan adalah pengetahuan dasar tentang beberapa penyakit anak yang sudah saya ulas tadi ma. Oh ya untuk informasi tambahan ma, sekarang bisa bayar BPJS Kesehatan Online. Mama sudah tahu belum kalau bisa Bayar BPJS Kesehatan seperti ini ? Praktis ya maa.

Semoga bermanfaat ya.

So, keep healthy maa.

9 comments:

  1. duh penyakit langganan banget ya ini batuk pilek flu demam diare, labib juga pernah mimisan. semoga yang lainnya jangan sampe yah. makasih infonya ya mami ucil, muah muah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sehat terus yaa labib laud..umi baba jg.. main panas yaa labib jd mimisan

      Delete
  2. Yang paling sering batuk pilek, demam. Si adek sembuh, ganti kakaknya, terus balik lagi adiknya...huhuhu..emak rempong banget.

    Trus anakku yang paling kecil ini sering banget sakit gigi. Mulai dari gigi hitam, keropos sampai berlubang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyayah mba,gonta ganti klo udah sakit, emak jadi rempong bgt
      Kaina jg ada Gigi grepes nih mba

      Delete
  3. Kalau anakku, mimisan sampe skarang usia 7 tahun mba

    ReplyDelete
  4. Cacar air itu katanya bakalan menyerang setiap orang. Saya dulu cacar air waktu kls 6 SD, tp ini Faraz baru umur 1thn lbh udh cacar. Duuh kasyan banget deh waktu dia cacar, hiks.

    Blm urus BPJS nih. Katanya kantor bakalan ngurusin, tp katanya blm berhasil. Sekarang msh ngandelin asuransi kesehatan yg rekanan ma kantor jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaina belum kena cacar diii
      Faraz sehat terus yaaa..

      Delete
  5. Ponakanku kutuan mba hahaha segitu diapik2 malah kutuan :p

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena