Review Qurban online di Global Qurban

Lebaran kurban atau Idul Adha sebentar lagi, alhamdulillah dan selamat untuk kawan-kawan yang tahun ini dapat berkurban ya. Menurut kalender nasional kita, Idul Adha 1437 H jatuh pada tanggal 12 September nanti. Kita tinggal menghitung hari saja nih untuk momen lebaran kurban. Momen di mana sangat bersejarah bagi kaum muslim. Aha, saya mau berbagi cerita kisah nabi Ibrahim kepada Kaina nanti malam, yang memang belum pernah saya dongengkan sebelumnya. Ada yang lupa dengan kisah nabi Ibrahim ini? Jangan dong yaa. Betapa kisah nabi Ibrahim dengan berbagai ujian hidup yang berat dari Allah SWT, harus dijadikan teladan. Saya resume ya cerita tentang kurban ini. Nabi Ibrahim memang baru dikaruniai anak saat usianya sudah tua. Anak beliau bernama Ismail. Pastilah Nabi Ibrahim sangat lembut dan penyayang terhadap Ismail, suatu ketika beliau bermimpi bahwa Allah memerintahkan untuk menyembelih anak yang beliau cintai. Seperti yang tertuang dalam Al-Qur'an, 
Nabi Ibrahim berkata: "Wahai anakku sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku menyembelihmu, maka pikirkanlah pendapatmu. " (QS. ash-Shaffat: 102)
Nabi Ismail dengan jawabannya:
"Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan Allah kepadamu. Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar." (QS. ash-Shaffat: 102)
Masya Allah, letak keikhlasan dan kesabaran yang sulit dijangkau untuk manusia biasa. Bukan berarti tidak bisa meraih kesabaran. Pada saat itulah, Allah ganti dengan hewan kurban. Ketakwaan yang luar biasa kepada Allah SWT.  Sampai hari ini kita bisa memperingati dan meneladani keikhlasan pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail pada hari raya Idul Adha.
Kawans, hukum dari kurban itu sendiri menurut jumhur ulama adalah sunnah muaqqadah sedang menurut mazhab Abu Hanifah adalah wajib. Bagi seorang muslim atau keluarga muslim yang mampu dan memiliki kemudahan, dia sangat dianjurkan untuk berqurban. Nah, coba kita poskan pengeluaran setiap bulannya untuk berkurban. Menabung untuk niat berkurban, misalnya sebulan 150rb. Insya Allah bisa.
Berqurban (udhiyah) adalah salah satu bentuk pendekatan diri kepada Allah dengan mengorbankan sebagian kecil hartanya, untuk dibelikan binatang ternak. Menyembelih binatang tersebut dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Sedangkan berkorban (tadhiyah) mempunyai arti yang lebih luas yaitu berkorban dengan harta, jiwa, pikiran dan apa saja untuk tegaknya Islam. Dalam suasana dimana umat Islam di Indonesia sedang terkena musibah banjir, dan mereka banyak yang menjadi korban. Maka musibah ini harus menjadi pelajaran berarti bagi umat Islam. Apakah musibah ini disebabkan karena mereka menjauhi Allah SWT dan menjauhi ajaran-Nya? Yang pasti, musibah ini harus lebih mendekatkan umat Islam kepada Allah (taqqarub ilallah). Melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Dan yang tidak tertimpa musibah banjir ini dituntut untuk memberikan kepeduliannya dengan cara berkorban dan memberikan bantuan kepada mereka yang terkena musibah. Dan di antara bentuk pendekatan diri kepada Allah dan bentuk pengorbanan kita dengan melakukan qurban penyembelihan sapi dan kambing pada hari Raya ‘Idul Adha dan Hari Tasyrik. Semoga Allah menerima qurban kita dan meringankan musibah ini, dan yang lebih penting lagi menyelamatkan kita dari api neraka. (Sumber: situs Global Qurban)
Global Qurban
Apa itu Global Qurban (GQ) ? Jadi saya baru tahu GQ ini adalah program dari ACT (Aksi Cepat Tanggap) yaitu program pembelian hewan qurban yang bisa dibeli secara online dan hasil qurban berupa serifikat. Setiap tahunnya Global Qurban di audit, di bawah naungan ACT.  Makin canggih ya, semua bisa online. Saya senang sekali ketika tahu ada program ini. Karena mencakup daerah-daerah pelosok negeri kita dan hampir di seluruh provinsi. Berdasar hasil baca webnya ya, ternyata Global Qurban telah mengantar amanah kurban ke lokasi-lokasi bencana, wilayah miskin serta rawan pangan di pelosok nusantara hingga masyarakat yang terancam kelaparan dan korban konflik kemanusiaan di mancanegara (Palestina, Suriah, Somalia, Afrika Tengah, Yordania, Afrika Tengah, Myanmar, Filipina, Laos, Vietnam, Bangladesh, Kamerun, Srilanka, Thailand, Kamboja, Timor Leste, Tiongkok, dll).

Mudah, Murah dan Memberdayakan
Coba cek di beberapa web lain, Global Qurban harga hewannya kenapa bisa lebih murah? Bisa karena dengan program yang mereka punya yaitu Lumbung Ternak Masyarakat.

Ini perbandingan harganya ya.

 
  

Jadi apa itu Lumbung Ternak Masyarakat.
Lumbung Ternak Masyarakat 
Sukses kurban didukung salah satunya dengan manajemen stok. Dengan manajemen stok, menjamin pengadaan hewan kurban tak mengikuti fluktuasi harga pasar, yang kerap lebih banyak naiknya di setiap kali momen kurban setiap tahunnya. Maka, di titik ini, terjadi perjumpaan kepentingan mutualistis antara Global Qurban dengan peternak. Bentuk program berupa pembibitan atau penggemukan ternak, dengan seluruh prosesnya melibatkan masyarakat. Disamping itu masyarakat peternak juga diedukasi, diberikan pelatihan serta didampingi tenaga ahli dalam menjalankan aktivitas pengelolaan ternak hingga pengolahan dan pengembangan pakan ternak khusus yang lebih sehat bagi ternak dan lebih menguntungkan bagi peternak.
(Sumber : situs Global Qurban)

Distribusi Qurban (Pembagian Hewan Qurban)
Pembagian hewan kurban juga penting kita perhatikan ya. Saya juga membandingkan pendistribusian hewan kurban dari Global Qurban, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan PKPU.

Untuk Global Qurban kita bisa lihat gambar di bawah ini ya. Ada 27 Negara dan di Indonesia sendiri meluas ke 34 Provinsi, 139 kabupaten.

 

Lainnya..

Distribusi Qurban Dompet Dhuafa
Mencakup 5 Negara, 22 Propinsi, 90 kabupaten, dan 417 Kecamatan.

Distribusi Qurban Rumah Zakat
Mereka mendistribusikan dengan Metode pengkornetan daging qurban untuk wilayah Indonesia.

Distribusi Qurban PKPU
Mencakup 22 propinsi dan Luar Negeri yang wilayah/masyarakat muslimnya tergolong sangat miskin 
dan memprihatinkan yaitu di Somalia, Suriah, Myanmar dan Palestina.

Jadi distribusi paling luas titiknya bisa kita lihat pada pembagian hewan qurban oleh Global Qurban. Saya juga membayangkan, kalau hewan ternak dirawat dari kecil dengan pakan yang baik, pasti kualitasnya oke dong ya. Semua mau berkurban dengan kualitas hewan yang terbaik kan? Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di Global Qurban ya, menurut saya pribadi programnya bagus dan jelas. Mendukung ekonomi rakyat dan meningkatkan taraf hidup peternak Indonesia. Kita juga bisa berkurban untuk saudara-saudara kita di Palestina dan Suriah. Oh ya, Global Qurban juga menyediakan program tabungan qurban yang telah bekerja sama dengan bank syariah di Indonesia. Wah tahun depan kalau mau qurban, juga bisa nabung dari sekarang ya kawan ^^. Semoga bermanfaat yah informasi ini. Yuk kawans, kita berkurban! 

32 comments:

  1. Programnya bagus ya mbak... Terlebih ternak memang dirawat memang untuk dijadikan hewan qurban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba, lumbung ternak masyarakat...dirawat dari kecil klo mereka bilang. Insya Allah terjaga kualitasnya noni :)

      Delete
  2. Baru denger global qurban, program lumbung ternak nya bagus banget, dan distribusinya hebat jangkauan nya meluas banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah tong, ini naungan ACT, titik distribusinya oke :)

      Delete
  3. ooow Global Qurban itu bagian dari program ACT ya, pantesan bagus.. keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba Zata, program ACT, aku juga baru tau :)

      Delete
  4. aku juga baru denger dan skrg makin mudah mau kurban ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba echa, mudah sekali. Allah udah mudahkan banget yaa mba

      Delete
  5. Qurban online bagus banget inovasinya ya mba. Tak ada lagi alasan untuk tak berbagi kepada sesama ya mba ;)
    Terima kasih tulisannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba.. Inovasinya bikin umat mudah ya mba :)

      Delete
  6. sekarang qurban jadi lebih mudah ya.mba., kalo musolah deket rumah kadang sudah kehabisan kelompok gitu..coz satu sapi untuk 7 orang.. kurban online jadi solusi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup mba nova, cuzzz pesan mbaa ^^

      Delete
  7. kalau qurban lewat sistem ini, apakah orang yang berqurban masih bisa menikmati bagiannya atau tidak ya Mbak?
    salam kenal dan terima kasih Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga pak, jadi setelah disembelih akan diberi laporan dan sertifikat. Seperti itu Pak, sama2 Pak :)

      Delete
  8. aku ditelepon mulu buat ini padahal udah sering kasihtau kalo ikutan korban di sekitar rumah aja :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiiii, siapa tau kamu berubah pikiran nind :D

      Delete
  9. Wah ini keren ya mba..sekarang banyak bgt kemudahannya kalo mau berbuat baik, macam berkurban ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba Gena, tinggal pilih yaaa ^^

      Delete
  10. seiring berkembangnya tekhnologi, berkurban pun semakin mudah yah Mba Uci :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah makin canggih yaa, manfaat tknologi utk umat :)

      Delete
  11. Wah ini bagus ya bisa merata distribusi kurbannya, soalnya pas idul adha ada juga loh daerah terpencil plus miskin yang warganya sama sekali nggak ada yang mampu berkurban..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba, sasarannya meluas jadi option untuk qurban online...

      Delete
  12. buat yang sibuk dan males repot, qurban online bisa jadi solusi berqurban

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ngga juga kok pak...:) rajin jg bisa ^^

      Delete
  13. hai mbak chy haha jadi maluuu sudah bertamu ke peternakan blogku :p haha iya mayan fiuh lah updatenya tapi berusaha untuk tetep update :D

    ReplyDelete
  14. Semakin memudahkan warga yang ingin berQurban ya mba, salam kenal

    ReplyDelete
  15. Kurban aja sekarang tinggal klik klik, beres ya

    ReplyDelete
  16. Using this apps user able to know all about history and Qurbani Rules.dcitltd

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena