Jangan asal diskon

Siapa di situ yang ngga suka diskon? Kalau saya sih suka sebagai ibu-ibu sejati ^^ Pernah suatu waktu ya saya mau beli shampo, pastinya saya pilih-pilih tempat. Lumayan bedanya meski cuma seribu lima ratus pun, saya belain, asal syarat dan ketentuan berlaku, hehe, setelah ini saya bahas syarat-syaratnya yaa. Selain lebih murah, ada kepuasan tersendiri, beda deh. Jadi teringat jaman kerja dulu, ada diskonan dan kita datang ke tempat itu. Oh no, isinya cewek semua yang berburu tas, sepatu dan baju. Hingar bingar, sangar, seperti macan belum makan gitu :)) 

Ada beberapa tempat memang kan memiliki harga yang beda jauh, mereka suka tuh menurunkan harga barang lain untuk mengambil perhatian konsumen. Tapiii..mereka menaikkan harga di barang yang lainnya. Ini menurut pengamatan saya sebagai buyer alias pembeli. Sebetulnya, ngga selamanya diskon itu asik mah. Kadang malah jatuhnya ya sama saja. Diskon kadang bikin meringis, padahal cita-cita awal mau melakukan penghematan demi negara yang bernama rumah tangga, hiaaa. Berdasarkan pengalaman ya, pasti mamah-mamah udah kemamah-mamahan dalam berbelanja :)) cerdas semua. Tapi saya mau bikinkan catatan ya, supaya beli diskonan ngga asal-asalan, ngga terjebak.

                            

Yuk, ini dia yang harus kita lakukan sebelum beli barang diskonan: 

Pertimbangkan
Sebelum membeli , kita pastikan barang yang di diskon adalah barang yang kita butuhkan. Ya kalau semua diskonan dibeli tapi ngga butuh, buat apa. Belum lagi kalau beli barang diskonan terkait barang yang ngga awet, yang ada masa expired nya. Nah, sebagai pengelola keuangan rumah tangga, baiknya kita lihat list kebutuhan barang sebelum beli barang diskonan. It's a must.

Baca secara teliti
Supaya ngga kena jebakan batman dengan sesuatu hal yang sifatnya diskon dan promo-promo seru itu, kita baca secara teliti. Apakah ada syaratnya, seringkali syaratnya harus beli beberapa item barulah dapat diskon. Sekali lagi memang harus jeli. Ada lho yang tulisan syaratnya kecil bangets. Bisa juga tanya masnya atau mbaknya, biar meyakinkan. Kalau belanja online kita bisa hubungi call centernya untuk bertanya. Noted ya, syarat dan ketentuan berlaku.

Bandingkan harga
Cek and ricek lagi harga yang dapat potongan alias diskon itu. Bandingkan deh dengan toko sebelah atau toko sejenis. Biasanya saya suka beli ketika ada promo minyak goreng, beras atau shampo. Dan saya juga suka bandingin Alfamart dengan toko sebelah. Untuk tahu promo yang ada di Alfamart kita bisa gunakan katalog promo alfamart. Ternyata bisa jadi mudah dengan ini. Kita bisa tahu barang yang sedang promo lewat katalog promo alfamart

                                 
                           Sumber: Web katalog Alfamart
Cek kualitas barang atau expired date
Ini jangan sampai kelupaan deh, cek kualitas barang. Untuk barang seperti baju, sepatu dan tas, kita bisa periksa materialnya, apakah masih bagus atau ngga. Periksa sampai detail yaa supaya kita ngga kecewa. Misalnya beli online, begitu barang sampai, harus cepat cek. Kalau barangnya berupa makanan dan minuman, kita harus periksa tanggal kadaluarsanya. Ya buat jaga-jaga kan, teliti sebelum membeli :) jangan asal beli barang diskon tapi ternyata sudah lewat expired datenya. Sayang kan

Semoga kita selalu dilimpahkan rezeki ya, jangan kalap kalau beli barang diskonan hihi. Yang penting harus ingat, keuangan keluarga ngga boleh bocor ^^ eh tapi apa ada tips tambahan? Share yuk, leave comment yaaa.. Semoga bermanfaat

22 comments:

  1. Yup jangan asal diskon... haha
    Ga cek n ricek ternyata barangnya kadaluarsa 1 hari lagi, kan ga lucu ya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa hihii makanan yg Ngeri yaa luk

      Delete
  2. Iya banget. Biasanya ada yang naikin harga pd barang lainnya, huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya jd sama aj yaa mbaa hihi

      Delete
  3. ini bener banget, biasanya kalo sale gede-gedean suka ada 1-2 barang yang dimarkup.
    tapi kalo saya mau masak saat itu juga, saya suka cari ingredients yang diskon karena sudah dekat exp date di supermarket, meskipun masih pilih-pilih juga. syaratnya ya hrs dimasak saat itu juga hehehe. murahnya kebangetan ngalahin pasar tradisional.

    ReplyDelete
  4. Kadang yang naikan harga itu ada juga toko-toko ternama. Sebagai pembeli harus sering blanja mata juga biar ndak tertipu...#modusmakpengenngemoll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba, yg gede atau kecil pokonya kadang suka gitu heuw

      Delete
  5. Hati-hati dengan iming-iming diskon besar dengan tulisan up to di atasnya yang ditulis dengan font super kecil. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba anisaa.. biar ngga kejebak hihii

      Delete
  6. saya juga suka banget sama diskon Mba Uci, tapi biasanya kertas atau papan yang ada tulisan diskonnya itu saya baca secara teliti, soalnya kadang kita hanya terpaku pada tulisan diskon gede-nya itu tanpa memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku yang ditulis dengan huruf yang kecil banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah suka ada syarat dan ketentuan berlakuu yaa mba

      Delete
  7. eh aku pernah gitu lho, mentang2 di diskon gede langsung beli, padahal harganya tetep aja mahal

    ReplyDelete
  8. cewek kalau udah kena diskon tuh emang jadi suka beli yg nggak perlu ya mbak chy hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyanih, tau2 numpuk drmh yaa nind

      Delete
  9. walaupun ada diskon beli sesuai kebutuhan juga ya

    ReplyDelete
  10. Nah bener, kalau udah liat diskon, mata tuh suka kayak kelaperan, jadinya milih ini dan itu, padahal belum tentu benar2 butuh. Ini nih yang masih harus ditahan2 kalau lihat diskonan

    ReplyDelete
  11. emang penting chi periksa expired :D kadang diskonan eh expired tinggal sebentar lagi

    ReplyDelete
  12. Iya bener, apalagi makanan di diskon, kadang malah hampir mendekati kadaluarsa ;)

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena