Mengobati bekas luka jahitan

Masih seputar pasca melahirkan, sejujurnya ya proses lahiran apapun pasti terasa sakitnya mah menurut saya, udah fitrahnya wanita jadi dinikmatilah yaa. Normal atau cesar yang saya alami, keduanya saya merasa sakit. Sama ngga sih mah? Hari minggu kemarin tepat 40 hari, alhamdulillah terlewati dengan baik. Mulai dari ngga boleh ini, harus begitu, dan sekarang harus melewati masa ibu menyusui yang juga banyak mitos ini itunya (meringis). Mengalami beberapa jahitan setelah persalinan normal yang panjang itu, entah berapa jahitan, dokter pun ngga menghitung karena saking banyaknya kali yaa. Bekas jahitan ini yang mau saya ceritakan mah.

Ada beberapa orang yang ngga perlu sobekan saat melahirkan normal, seperti kakak saya. Jadi si mbak saya ini ngga ada jahitan, free deh, asik banget yaaa. Karena saya digunting oleh dokter, jadi ya perlu diobras lagi, tak lama beberapa menit setelah si bayi keluar dari rahim. Rasa proses jahit menjahit saya rasakan betul, kadang sakit kadang ngga. Prosesnya agak lama, hampir setengah jam. Bekas jahitannya terasa bengkak ketika diraba. Tapi pemulihannya alhamdulillah cepet, sudah menyatu jadi daging kembali, saya udah naik ojek pasca lahiran seminggu huhuu.

Di rumah sakit, saya di kompres dengan betadin biasa, kompres di area jahitannya menggunakan kasa steril. Dokter memberi saran untuk mencari betadin cina, itu nama bekennya mah. Kata pasien-pasiennya dokter Hasta, betadin cina ini ampuh banget, bisa nyembuhin luka secara cepaaaat. Ini untuk pemakaian luar, jangan dibikin minuman yaaa. Ada juga yang menyebutnya dengan arak cina. Entahlah. . Saya langsung memakainya di hari ke -3 dan rasanya kaya koyo cabe pemirsa. Panas, huhah. Tapi hanya beberapa menit koq, 2 menitan panasnya, setelah itu enak, bisa cepat pulih katanya. Dan jangan lupa konsumsi makanan yang mendukung untuk proses penyembuhan luka. Semua makanan dari rumah sakit, dilahap aja, hap hap. .

Ini bisa dibeli di toko obat kesayangan, kalau di Century harganya 24rb atau 25rb gitu, saya lupa. Berikut ya penampakan obatnya. Di balut kardus kaya gini dan dalemnya berupa botol. Die da yao jing, ngga ngerti apa artinyaaa ini.

                  

                   


Pemakaian kompres 2x sehari di area jahitan, setelah mandi. Perih dan panasnya cuma sebentar banget, jadi sabar yaaa. Semoga bermanfaat dan bisa sembuh luka jahitan secepatnyaa ^^


7 comments:

  1. Oh bisa dipake buat bekas luka jahitan juga ya?
    Taunya kalo jatuh dan luka, dikasih ini cepet kering lukanya, tapi katanya sih perih. Jadi aku nggak pernah pake, tatuuuttt *emak2 penakut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba, pake ini waktu abis lahiran, kata dokter cpt sembuh, info dr pasiennya bnyk pake iniih. Periiih panas :))

      Delete
  2. Waktu kecil kalo luka pake itu. Periiih, tapi cepet sembuh. Jadi aku sukarela make sendiri kalo pas ada luka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru nyobain utk luka jahitan ini mba, bpkku yg sering pake. Makasih mba uda mampir :D

      Delete
  3. Dulu anakku lahir 4,5 kilo, normal, jadi diguntingnya guedeeee dan lebar. hahahahaha Kalo inget soal ngompres-ngompres luka jahitan, jadi ngilu sendiri. Apalagi ini ada panas-panasnya, duh, kayaknya aku mah jiper duluan xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. woaa, 4.5 kilo pung, guedee nyaa jiwo ^^ alhamdulillah sehat selamat yaaa.. Persis koyo rasanyaa

      Delete
  4. serem negbayanginnya :) aku gak dipakein apa2 bekas jahitan waktu itu. makasih infonya ya

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena