Resep Ayam dan Tempe Bacem

Sebetulnya ngga begitu suka masakan manis tapi akhir-akhir ini koq rasanya bosen ya masak itu aja berulang-ulang. Pernah ngerasa hal yang sama ngga mah? Dan pada akhirnya saya memutuskan untuk membuat bacem, yaa bacem sama pecel cocok kan yah mah ^^ pas banget ada bumbu pecel dari bulik sadah, beliau dari Jember. Saya membuat bacem tempe dan ayam. Ceritanya sih masak baceman percobaan, resep ayam dan tempe bacem ini, jadi skip si tahu.

Ternyata masak bacem lumayan lama yah, saya udah ngga tahan mau nyobain bacem bikinan sendiri. Nah, berhubung weekend nih dan mungkin ada yang bingung masak apa, yuk kita ngebacem, saya nyoba porsi keluarga mini :) dan resepnya adaptasi dari Mba Endang JTT.

Bahan : 6 potong ayam
              7 iris tempe
              Air 500ml, biar lebih sedap bisa pakai air kelapa

Bumbu yang dihaluskan:
              1 1/2 sendok ketumbar sangrai
              Jinten
              6 siung bawang merah
              3 siung bawang putih
  
Bumbu lainnya: 
              2 sendok Asem Jawa (seduh dengan air hangat, ambil airnya)
              3 buah Gula Merah kecil, iris
              4 sendok kecap
              5 lembar daun salam
              1 Lengkuas besar, geprek

Supaya ayam tidak berbau, gosok pakai garam. Cara ini didapat dari mba Endang juga ^^.  Jadi si ayam seperti kita beri scrub atau lulur garam hehe, sampai kesat dan cuci hingga bersih. Lanjut yuk masaknya..

1. Masukkan air pada panci dan bumbu yang dihaluskan
2. Masukkan ayam dan tempe, beserta bumbu lainnya
3. Tutup panci, rebus hingga kering airnya
4. Jangan lupa untuk dibolak balik ya ayam dan tempenya
5. Masak dengan api kecil hingga sedang, kalau api besar bisa cepat hancur mah.
6. Oke, kalau sudah mengering airnya, matikan kompor yah.
7. Optional, bisa di panggang dengan teflon atau langsung nyendok nasi juga oke ^^

Maaf yah mah step by step lupa di foto. Ini hasil baceman for the first time, kalau soal rasa alhamdulillah ini enak, tapi hoax yah soalnya ngga ngebagi, hihii. Yaudah masak aja yukk..

                 


19 comments:

  1. Ini kayak semur, tapi ditunggu sampai airnya kering gitu ya mba uci.. Dan baru tau kalau bikin bace, pake air kelapa. Pantesan rasa bacem dan semur itu manis ya.. Eehh samakah dengan semur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep beda di bumbu tiii, bener masaknya sampe air kering, asat. Bacem katanya lebih sedep pake air kelapa, iyah emang sama manis, tapi beda hehe beda banget sama semur tii. Ini klo ayam bacem, kita bakar gitu jg enak

      Delete
  2. Whaa aku pengen banget bisa bikin beginian. Bookmark dulu deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu mu pasti jago yaa bikin inih :)

      Delete
  3. mau banget dibagi ih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo dekeuut mah aku bagi :))

      Delete
  4. Jarang bikin baceman... Seringnya kalau pas masak semur ayam aku tambahin tempe tahu dengan ayam yang agak banyak, pokok lebih lah untuk satu hari. Esok harinya ayam, tempe, dan tahu sisa semur itu aku goreng... Jadi sedikit mirip baceman hahahaha... ;)

    Tapi kapan-kapan nyoba baceman dari resep ini ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk coba bacem trus nyambel deh hihiii, tp hati2 bisa nambah nasiiii klo ktmu sambel

      Delete
  5. mirip ayam kecap ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampilannya mirip yaa mba, tapi beda bumbu, rasa sama manis mba :)

      Delete
  6. Kalau di rumah, untuk ayam saya masak menggunakan slowcooker mba. Jadi si ayam bacem ini pasti empuk sampai tulangnya. Ah jadi laper...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih enak yaah tulangnya empuk gitu mba ^^

      Delete
  7. apalagi kalau trus ada sambelnya. Tambah banyak deh saya makannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mba, bahaya yaa klo uda ada sambelll, sambaladooo hihi

      Delete
  8. Suamiku pinter banget bikin bacem begini.. disaat aku mah asik golar goler nunggu mateng. mueehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget yaa kamuuuh, tuan puteri :))

      Delete
  9. addduuhhh ni makanan bikin laper aja, tempe bacem dimbah nasi anget plus sambel

    ReplyDelete
  10. waaa mbaa.. saya jadi homesick keinget masakan ibu saya.
    Kalo di rumah pasti saya minta dibuatin ayam bacem ke ibu. favorite banget :'D

    ReplyDelete
  11. tempe bacem rasanya manis-manis gimana gitu. yang sering buat tempe bacem dan tahu bacem, sodaraku yang ada di jawa tengah, apa tempe dan tahu bacem itu khasnya jawa tengah?
    pengen coba resep di atas, sepertinya mudah,hehehe.. thanks ya resepnya,.. dan artikelnya menarik....

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena