Cerita VBAC di Hermina Tangerang

Alhamdulillah, tepat tanggal 19 April 2016 / 12 Rajab 1437 H telah lahir putri ke-2 saya. Akhirnya akan ada tangisan bayi lagi di rumah, akan ada lagi shift malam, akan ada jemuran popok bayi lagi hehe. Proses melahirkan yang luar biasa buat saya dan suami. Oh sebelumnya terima kasih yah atas doanya, saya bisa melahirkan dengan proses VBAC di Hermina Tangerang. Jadi sebetulnya hari perkiraan lahir masih beberapa minggu lagi mah, yaitu 06 Mei 2016. Tapi kan itu prediksi manusia hihi, ya mungkin si bayi udah ngga betah di dalam perut :)) yang pasti takdir Allah memang selalu lebih baik, jauh lebih indah.
Proses lahiran ini yang saya inginkan, lahiran dengan cara normal. Wow, 15 jam menunggu bukaan lengkap. Luar biasa dokter dan bidan-bidan di Hermina Tangerang yang menangani saya saat itu. Dokter Hasta yang sabar nanganin pasiennya ini, beresiko banget nanganin saya kata beliau, tapi amazing. Syarat VBAC dari dokter Hasta hanya di berat badan bayi dan saya sangat yakin bisa VBAC meski pada kenyataannya ada jahitan dan adek bayi juga di vakum tapi alhamdulillah ngga lonjong kepalanya. 

Terakhir kontrol sabtu lalu, berat bayi usg 2.5 kg. Hari senin malam saya cek ke rs kenapa ada mules, ternyata udah bukaan tapi baru bukaan satu. Dokter Hasta ngga cek berat badan bayi saat itu, mungkin kalau ketauan 3kilo pas usg terakhir, gagal deh VBAC. Cuma komentar, koq perut saya besar banget, huhu. Jadi Ashika Almas dengan berat 3010 gr dan panjang 48 cm, 15 jam yang bikin aduhai. Pembukaan jalan lahir kan tiap orang berbeda-beda yaa, udah takdir nih mulesnya 15 jam huhu. Ngga boleh di induksi karena harus alami dalam proses VBAC ini. Okeh, kita tunggu bukaan secara alami, pas udah bukaan 8, dokter Hasta bilang, kita coba pecahin ketuban ya, moga kepalanya cepet turun, alhamdulillah ketuban bening, sujud syukur. Terus dari 8 ke 9 sih enak, pas ke 10 ngga muncul kepalanya jadilah saya di suruh jongkok dan ngeden. Vakum satu kali, kalau ngga berhasil mau ngga mau kita operasi yaa, kata dokter. Tapi ternyata sampai 4 kali dokter Hasta nyoba vakum, sabar banget beliau. Terima kasih ya dok.

Yak, saya ngeden tiduran, ada 1 bidan yang dorong bayi dari arah atas perut, 1 bidan yang megang kaki kiri, suami yang megangin kaki kanan, buat biar melebarkan kaki alias ngangkang. Dokter Hasta di depan saya sambil mau vakum si bayi dan jam 12.48 WIB, alhamdulillah plong semua, lega. Allahu Akbar. Thank you Allah SWT. Terima kasih buat suamiku, orang tua (uti, eyang kung, mbah kung, mbah uti, mbah mami) doa keluarga dan sahabat semua. Terharu, bersyukur.

       


penting untuk yang akan VBAC:
1. Niat dan mental yang kuat, yakin tanpa ada ragu setitik pun ^^
2. Doa
3. Nakes yang mendukung
4. Observasi rumah sakit, apakah peralatan lengkap
5. Keluarga yang mendukung
6. Asupan makan

Oh iyah padahal saya ikutan Sunco cooking class jadwalnya Jum'at ini, pingin banget tapi ternyata lahirannya maju dari prediksi. Alhamdulillah.. Yang mau VBAC semangat yah, untuk yang di sekitar Tangerang, saya rekomendasi dokter Hasta, pro normal insya Allah, beliau ada di RS. Hermina Tangerang. Semoga infonya membantu yah mah ^^

41 comments:

  1. waaahhh, Barakallah Mbakkk...
    Semoga dedek jd anak sholihah... aamiin :*

    ReplyDelete
  2. Lahir normal ... salut, jaman sekarang udah mulai jarang nih. Bersyukur banget bisa menikmati proses lahiran alamiah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Eha, iyah seneng banget :)

      Delete
  3. Wah alhamdulillah mbak lahirnya sehat dan tidak ada kekurangan sedikitpun semoga kelak menjadi anak yang baik dan soleh serta berbakti pada orang tuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasih kang :)

      Delete
    2. Iya mbak, hmm pasti sekarang sedang bahagia bahagianya nih soalnya sedang dengan anak terus seharian.

      Delete
  4. Aaah kak uciiig.. selamat atas kelahiran bayinya..
    Uwuwuwuw saya selalu mules alias geli sendiri kalau baca baca posting tentang porses melahirkan. Saya harus kuat baca posting seperti ini, karna bayangin gimana kalau saya nanti jadi ibu.. aaah.. sungguh muliaaa ibu perjuangannnya melahirkan bayi.

    15 jam?
    Udah kayak jam perjalanan aku pulang kampung kemalang itu kak.

    Amazingnya.. kak ucig bisa langsung posting di blog.
    Ah salut sama ibu produktif satu ini

    *kecuuup dari fans beratmu
    *kecuup buat dedek bayinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih kamu udah pinter masak kan, bikin pancake :p ayo kapan mnyusul jadi ibu hehe. Iyah kaya pulkam yaaa. Pas lagi bisa luk jadi posting deh :)

      Delete
  5. Salah fokus langsung ke wajah polos menenangkan hati di postingan ini

    LUCU BANGETTTT
    BAWA PULANG BOLEH MBAK??? :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih aul:) haduh lahirinnya aja meringis :)) jgn dibawa atuh

      Delete
  6. Alhamdulillah dedek bayi lahir selamat. Ibunya jg selamat, normal pula ;)

    Faraz jg keluarnya itu pake vakum, kepala lonjong untuk cuma bentaran doang, dikasih trombopop klo gak salah stgh jam udh kembali rata, Alhamdulillah..

    Dedek bayi sayang, muaahh muuahhh yaah. Moga jd anak sholehah, Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasih diii :)
      Hoo faraz jg divakum yaa, alhamdulillah cpt yah cuma stgh jam, tapi ada yg lumayan lama diii

      Delete
  7. Selamat yah mba uciii,dede bayinya lucu bingiiits ^__^

    ReplyDelete
  8. lucunya.... boleh cubit pipinya nggak ? :P.... selamat ya.....

    ReplyDelete
  9. Selamat ya
    Untuk kelahiran anak kedua
    Semoga sehat senantiasa
    Membahagiakan ayah bunda...

    ReplyDelete
  10. Allhamdulillha, selamat ya atas kelahiran putrinya. sehat-sehat selalu ya

    ReplyDelete
  11. selamat ya kak, atas kelahiran buah hatinya
    semoga menjadi anak yang sholihah

    ReplyDelete
  12. selamat atas kelahiran buah hatinya yah Mba :)
    ikut bahagia, semoga dede bayinya sehat selalu dan kelak menjadi kebanggaan ortu, amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amii. Mba iraa, makasih ya .:)

      Delete
  13. selamat aja lah mbk kao gitu, entah mau komen apa gak ngerti sama gituan :) sekali lagi selamat ya mba.

    ReplyDelete
  14. selamat atas kelahiran sang buah hati mbak, rumah jadi rame lagi berarti ya oleh tangisan bayi, ehheheeee...

    ReplyDelete
  15. mbak ciii lucu bangettt
    barakallah
    semoga menjadi penyejuk hati kedua orang tuanya

    ReplyDelete
  16. Aaahhh sukses VBAC nya... Selamat ya, Mbak... Dedenya lucu bangetttt... Pengen gendong, hihihi... Semoga jadi anak shalihah yaa sayang :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasih mba dk.. Iyah, alhamdulillah suksesss ^^

      Delete
  17. Alhamdulillah...perjuangan seorang ibu menuju surga-Nya karena antara hidup dan mati telah dilewati dan berakhir dengan bahagia...selamat yah semoga jadi anak yang solehah dan membanggakan AGama, orang tua dan bangsa Indonesia.
    aaaaamiiiiin

    betewe kok tak terceritakan posisi ayahnya ci gadis bayinya teh atuh?
    da saya mah dulu semua anak-anak tak tungguin sampe ikutan ngeden segala..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya rabbi..
      Posisi ayah ada koq :) di samping kanan saya, udah diceritain hehe klewat bacanya yaa

      Delete
  18. it's help me much mb crist
    secara aku juga bulak balik hermina tangerang
    dan aku baru tau ada dokter hasta
    biasane aku taunya sliwar sliwer dokter iwan bayu, ira simatupang hihi
    thx for the story
    n slamat ya buat dedeknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa namanya nurhasanah sri hastawati mba

      Delete
  19. Huwaaaaaaa... Perasaan baru bentar nggak nengok blog udah ketinggalan berita ajah...

    Btw, selamat ya mbaaaak... Semoga jadi putri yang solehah, membanggakan kedua orang tua... Sehat terus ibu dan bayi... Lancaaaar asinya... Amiiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yah non :) amin ya rabbi, amin

      Delete
  20. Ngebayangin sambil nungging2�� pingin ah VBAC pas adeknya riyadh nanti *yg penting niat dulu. Thanks for sharing ucii :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah moga bisa yaa, smangat ^^

      Delete
  21. Barakallah Mba... si dedek cantik sakali..

    Mohon doa supaya saya juga bs VBAC Mba.. Aamin... ^^

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena