Menjadi ibu rumah tangga yang dinamis

Semenjak menjadi full time mother kadang merasa buntu ya tinggal di rumah, dari yang biasanya kerja kantoran terus banting badan ke rumah full. Tenang aja koq mah, ini berlangsung beberapa saat aja. Setiap profesi apapun memiliki kadar bosan, ini manusiawi. Kita bisa mensiasatinya dengan banyak cara. Jangan khawatir otak geser, pikun, stres karena katanya ngga bisa beli lipenstip pakai uang sendiri, gonta ganti baju, ketawa ketiwi sama temen (dan semua keduniawian ituh yang sering kita BOLD dalam hidup ini). 

Sebetulnya postingan ini ada triggernya, dari cerita pak suami. Waktu itu Papingnya Kaina nguping apa denger yaa hihi,  women's talk di kereta about working mom. "Aku sih kerja kantoran biar ngga pikun di rumah terus" curhat salah satu wanita. Hmm, banyak trik supaya ngga boring di rumah apalagi buat yang berpikiran kalo di rumah bakalan suntuk. Serba praktis bikin mandek kreativitas juga lho dan rutinitas yang itu-itu aja bisa bikin buntu ide. Mungkin si wanita karir di kereta itu lupa kalo handphonenya udah smart, bisa untuk browsing. 

Meski di rumah atau di kantor, kita punya cara masing-masing mengatasi kejenuhan, ada yang ngopi, jalan, chit chat sama sahabat, nonton, dengerin musik, baca buku dan masih buanyak lagi yaa. Tetap kreatif meski menjadi ibu di rumah itu perlu usaha. Ketika si bocah tidur biasanya kita bisa leluasa melakukan hal apa saja, mau ikutan tidur juga bareng bocil, it's free. Tapi biasanya jadi bosen deh kalo ikut tidur juga huhu. Mending ngoprek-ngoprek hobi ajah yuk. Menjadi seorang ibu rumah tangga yang dinamis perlu mental yang kuat huhah, pedes, ngga usah pake hati dengerin nyinyir orang. Yuk simak tipsnya yang ala ala ini.
                        
Tentukan Tujuan
Apa sih yang kita cari dalam hidup ini? Masing-masing orang pasti memiliki tujuan yaa. Dengan menjadi ibu di rumah, misalnya tujuan mencari ridha Allah, mendidik anak-anak sampai bisa mengantarkannya sukses dunia akhirat insya Allah ini salah satu obat jenuh, tak ada yang menjualnya, kita bisa temui di hati masing-masing moms. 

Gali Hobi
Semuanya pasti punya kesukaan pribadi, misalnya masak, menulis, jahit, olahraga, miara jangkrik #lho atau apapun itu, bisa jadi hidup di rumah selalu dinamis, ngga bosen kalo udah ngelakuin hobi. Misalnya masih bingung hobinya apa, kita bisa cobain deh belajar sesuatu yang baru. Kalo hobinya makan, gimana? Ya belajar masak aja hehe. Do it yourself, do it yourself. . Kalo males? Hmmm, balik ke tentukan tujuanmu :D

Update Informasi
Penting nih untuk selalu update informasi, bisa dari tv atau yang paling mudah aja yaitu gadget kita, handphone, tab dan kawan-kawannya itu. Sempatkan baca, browsing hal yang lagi hitss, berita, ilmu parenting juga bisa atau info seputar hobi kita. Otak kita kan perlu asupan mah, jadi yuk di update biar cling! 

Berlatih
Perlu di catat adalah setiap orang memiliki potensi kreatif. Cuma gimana sih cara mengasah kreativitas ya? Berlatih. Kreatif mirip-mirip hidayah hehe. Jadi kalo mau mendapat hidayah, harus mengupayakan, berusaha, jemput bola bukan menunggu.

Mengatur waktu
Sebisa mungkin atur waktunya ya, jangan sampai sesuatu yang seharusnya  jadi prioritas malah terbengkalai. Contoh, kita jadi begadang karena menulis lebih tenang di malam hari, asal ngga bangun kesiangan dan badan tetap fit, oke aja. Perhatikan jam istirahat dan jam produktif ya mah.

Ikut Komunitas
Terjun di komunitas sesuai hobimu seperti yang suka ngeblog, tinggal pilih beberapa komunitas diantaranya KEB, Blogger Perempuan, Fun Blogging, IHB, Blogger Muslimah, IDFB  dan masih banyak lagi. Komunitas banyak memberi teman baru, sodara baru dan ilmu, asik pokoknya. Informasi juga terbuka lebar, tentang apa pun. Saling sharing, ada juga yang curhat dan saling mendengarkan.

Jadi, sekarang udah ada gambaran belum? Semoga bermanfaat :) Yuk leave comment yaa..


30 comments:

  1. nah ikut komunitas itu yang paling seru hihi. Nanti paling kalau aku jadi IRT aku juga bakalan gak betah di rumah aja, tapi untuk statement "Biar nggak pikun" itu aku kurang setuju karena nggak ngerti maksudnya bilang begitu apa. Semua pekerjaan di dunia ini pasti lah ada baik buruknya, kalau kerja.. nggak full mengabdi untuk keluarga. Kalau dirumah, ya gimana caranya biar ga bosen ya kak.
    Aku belum jadi ibu rumah tangga sih, tapi udah sering baca baca beginian hihi

    btw I like your photo :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat nanti yah kamu sama si itu, hehehe.iyah itu mah pilihan masing2, aku ngga mau bahas pilih yg mana :D
      Hihii thank youuu luk ^^

      Delete
  2. Kata siapa jadi IRT bisa pikun.. Ngawur ahh.. Justru belajar lagi, secara ngajarin anaknya belajar bukannya sama aja kayak belajar lagi, googling terruusss hehehe.. Kita ini ibu ibu sibuk, sibuk nge blog, nulis.. Hihihii.. *komunitas ibu ibu sibuk sendiri*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sibuk ngeblog yaaa tii, ihiiirrr... Betul tuh, aku jg bljr lagi nih, buat bekal anak2

      Delete
  3. Saya juga kepikiran pengen di rumah setelah nikah mbak. Tapi di sisi lain juga merasa belum bener2 siap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum siap nikah apa jadi ibu rmh tangga nya saa? :D

      Delete
  4. Eh iya, heran yaa ada yang bilang kerja biar gak pikun kalo jadi IRT aja. Hihihi... Lha kalo di rumah tiduran terus ya bisa jadi pikun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung gmn kegiatannya dulu yah mba, ndak tau itu ibu2 siapa,heheu

      Delete
  5. siapa sih ibu2 yg blg gitu mbk, sini kasih tau aku, biar akuceramahin *mamah dedeh kali ceramah, hehe. iyup setuju sm tips di atas, agar gk bosen di rmh ya aku gali lubang *eh gali hobi maksudnya, jd malah bikin aku lebih produktif. tengkiu sharingnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 yaa mba.. Gali lubang eh gali hobiii hehee

      Delete
  6. Kalo aku mungkin jadi ibu di rumah karena udah nyaman selama ini di rumah, belum pernah kerja *lol orang macam apa aku ini :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, kerja dari rumah yaa hil

      Delete
  7. kalau baca ini kayaknya berprofesi sebagai ibu rumah tangga, tingkat kerumitannya lebih tinggi dibanding jadi sekretaris di kantor saya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ngga koq, rumit2 sedap :)

      Delete
  8. Setuju mak.. Saya justru merasa lebih berkembang setelah full jadi IRT.. Jadi punya banyak kesempatan gabung berbagai komunitas, belajar macam2 keahlian, punya lebih banyak waktu buat olahraga, beribadah.. Asik lah pokoknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mak, makin seruu yaa..tapi olah raga, belum nih saya

      Delete
  9. Salam, mbak Uci.. Saya baru jadi ibu rumah tangga yang dikaruniai anak lebih tepatnya dede bayi usia 2 minggu.. Hal pertama yang saya pelajari dengan menjadi ibu, adalah pentingnya management waktu :D Karena biarpun kata orang "bisnis online itu bisnisnya ibu rumah tangga", tetep aja kalo sambil ngurus anak ada masa-masa kewalahan belum lagi beres-beres rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba dew, ya ngatur waktu itu sesuatu yaa tapi ngga ada hidup yg nol perjuangan sepertinya yaa hihi

      Delete
  10. He'eehh, kreativitas itu seperti hidayah yah.. harus dijemput jg gak cuma ditunggu :D
    Ci, kadang masih galau antara mau kerja lagi atau tetap di rumah ajah main ma bocah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mnurut aku sih diii hihii. Jgn galau dong ^^

      Delete
  11. sy ibu bekerja yang suka ngiri sm ibu yang stay di rumah. apalagi yg bisa tetep aktif dan dinamis...kayaknya syurga bangeet hahaha....

    ReplyDelete
  12. cari duit itu gampang. yang penting kreatif

    ReplyDelete
  13. Aku pernah ngrasain yg kerja kantoran smp luar negeri trus jadi ibu rumah tangga. Ya memang kalau otak nggak diasah bisa pikun sih, kalau di kantor kan banyak tukar pikiran dg rekan2. Tapi byk jg teman2 kantoran yg dudul krn nggak upgrade apapun kecuali pekerjaan kantor. Sedangkan jika yg dianggap ibu rumah tangga kreatif itu sering kumpul sana sini ya salah juga. Sudah byk contoh yg malah gank2an & rumah tangga bubrah. Kalau sudah diniati, apakah kantoran atau ibu RT, tetap harus upgrade diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba Lusi, apapun pilihannya, profesinya tetep yah upgrade diri.. Noted

      Delete
  14. Ibu itu emang keren ya, bisa merawat anak, beres-beres rumah yang tak pernah ada habisnya. Tapi masih bisa mngembang bakat dan ikut komunitas itu keren, semoga saya nanti bisa jadi wonder moms juga :) hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah fitrahnya seorang ibu yaa mba kayanya itu,ngga ada hentinya klo tugas rumah, sampe jadi nenek sekali pun ^^

      Delete
  15. sampai usia iyas 23 bulan ini masalah mengatur waktu aku masih keteteran hihihi antara rumah, dapur, warung, anak, suami ---> KO :))

    ReplyDelete
  16. ngeblog buat aku adalah mengisi waktu & recharge energi

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena