Stop gadget untuk anak

Sebetulnya dalam bermain pasti ada kejenuhan dalam diri anak. Beberapa bulan yang lalu saya kecolongan memberi akses anak dalam menggunakan gadget. Dan alhamdulillah tidak berlangsung lama kebiasaan tersebut bisa kami stop. Awalnya saya memberikan akses untuk supaya dia kenal warna, bentuk dari sisi yang berbeda, bisa nyoba education games disamping itu memang lebih anteng ya ini anak kalau megang tab (alasan yang buruk ini). Baru tersadar saat Kaina membanting tab saya, ketika itu dia lagi suka banget banting benda, ini masa-masa suram deh ngebanting benda meskipun itu adalah benda kesukaannya. Terlalu muda kalau usia 2 tahun sudah biasa pegang tab.

Buat saya ngga ada yang ngga mungkin untuk proses pembelajaran anak dan kebiasaan dalam diri anak. Saat ini sudah banyak sekali sharing tentang membuat mainan sendiri, DIY non toys dan biasanya disertai penjelasan manfaat dari membuat mainan tersebut. Jadi jangan ada alasan kehabisan ide yah hihiii. Anak-anak itu kasihan kalau berkutat dengan gadget. Biarlah dia bermain yang lain, kan banyak maaah. Selain itu ngga bagus untuk kesehatan mata apalagi menimbulkan pertengkaran kalau lagi main dengan temannya yang belum tentu punya, saling rebut dan riweeeh pokoknya mah.

Jadi ketika proses pengalihan bermain gadget beberapa waktu lalu saya membuat permainan dengan menggunakan karet rambut warna warni dan lidi. Lumayan mengisi waktu isengnya sekalian mengenal warna. Ada beberapa trik sebenarnya gampang gampang susah. Semoga bisa dicoba, cara stop gadget untuk anak

1. Alihkan perhatian dengan mainan yang unik, beda, kita bisa juga memanfaatkan kardus bekas, idenya bisa cari dari pinterest dll.
2. Orang tua pun harus puasa pegang gadget di depan anak.
3. Beri pengertian bahwa gadget itu hanya untuk orang yang telah dewasa dan untuk bekerja

Menghentikan kebiasaan bermain gadget perlu sedikit ekstra, hanya soal kebiasaan. Seperti toilet training, semua yang kita terapkan untuk anak, dimulai dari pembiasaan. Jadi, ngga ada yang sulit. Stop gadget untuk anak.

5 comments:

  1. Saya juga prihatin mbak sama ponakan yang umurnya belum tiga tahun tapi udah ketagihan gadget :(

    ReplyDelete
  2. hampir mirip dengan ponakanku ceritanya :D

    ReplyDelete
  3. Kaina sini main ke rumah bude ... mau di jemput di Tangcity kah?

    nanti smua gadget di rumah, bude umpetin dulu deh

    ReplyDelete
  4. aku lebih sua anak-anak main mainannya darpada gadget, makanya di rumah cuma bisa main games sabtu minggu aja

    ReplyDelete
  5. Kalau diperhatikan, anak-anak sekarang malah lebih jago maen gadget daung yang dewasa, ya. Saya aja kadang masih gaptek sama smartphone atau tablet hehehe

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena