Sedari Anak Kecil

Semakin bumi bertambah tua, manusianya pun bertambah kreatif. Baru-baru ini saya beli sandal dari temen kantor, kebetulan yang gambarnya macem-macem lucu deh. Saya beli yang gambar monyet (karena suka dengan monyet) dan shaun the sheep untuk keponakan saya. Saat ini jumlah keponakan semakin bertambah dan berarti umur saya nambah, hihihih.

Semenjak punya keponakan, kalau ada barang yang lucu untuk anak kecil langsung kepikiran ke si krucil ponakan. Wah apalagi nanti yah kalau si bayi dalam perut sudah lahir, pasti setiap nemu yang lucu sedikit di toko baju anak, saya lapar mata. Kalau masalah pakaian dari sedini mungkin juga harus sudah kita ajarin untuk berpakaian sopan. Biasanya untuk anak kecil kita bisa beli dengan jumlah banyak. Membeli baju anak grosir dengan jenis dan warna yang bermacam-macam, secara ekonomis akan lebih murah.

Apapun yang diajarin selagi dini, biasanya menjadi kebiasaan sampai terus menerus lho. Mulai dari penglihatannya, pendengarannya, semua indra anak kecil menyerap apa aja yang dia alami dan ini akan mempengaruhi perkembangan si anak. Saya memperhatikan kakak saya dalam mengasuh anaknya. Hasil pengamatan dari kakak saya yang ngajarin anaknya dari kecil, Ini dia yang harus diajarkan, memang sih pasti banyak yang harus diajarin tapi ini hal-hal kecil yang menurut saya berdampak baik kalau dilatih dari sedini mungkin, karena sesuatu yang besar berawal dari yang kecil :D

- Dari usia setahun lebih udah dijadwalin pipisnya, saya juga kurang tau gimana cara ngitung jamnya, seinget saya sekitar beberapa jam sekali diajak ke  toilet untuk disuruh pipis. Untuk penghitungannya mungkin bisa didapat dari hasil pengamatan ibundanya masing-masing.

- Diputar tontonan berupa pendidikan namun dalam bentuk cerita, banyak di youtube bisa kita dapatkan. Contohnya dengan judul Merapihkan mainan sendiri, Mandi sendiri, dan masih banyak lagi.

- Untuk yang beragama muslim, misalnya mengajarkan untuk menggunakan jilbab khusus anak kecil perempuan, saat ini banyak sekali macam jilbab yang bergambar lucu. Pemahaman ini perlu sehingga dia mengenal identitas diri dari kecil. Ini dia foto ponakan saya.



- Cuci tangan sebelum makan, berdoa dalam mengawali kegiatan, mengucap salam jangan dilupakan.
- Mengajarkan kasih sayang, tidak kasar dan selalu sabar.

5 comments:

  1. lokasi pemotretannya dimana tuh?
    asyik banget, kayak di tengah sawah,di puncak gunung...

    ReplyDelete
  2. waah lucu cuk keoponakanmu, lebih lucu dari kamu, ehehhe

    ReplyDelete
  3. yup..setuju uci.. Ngajarin yang simple tapi penting ;)
    Tambahan aja kali ya uci *dikeplak*
    - Ajarkan anak untuk menghargai anggota tubuhnya dan menanamkan rasa malu *taelaahh bahasa gw* , contoh simplenya : jangan biarin anak pipis di sembarang tempat atau membiarkan anak keluar dengan kaos kutang dan celana dalem doang...:D

    mbulet bener bahasa gw ci..ci.:P



    ReplyDelete
  4. Ciamiklah postingan kali ini :*

    beda memang ya bahasa calon mama *dudududu*

    Setuju! Sama kayak @bekel Ijo, sedari dini ngajarin yg penting, biar bagus pondasi akhlaknya ;)

    ReplyDelete
  5. iya,,,anak kecil itu bener2 gampang banget nyerap apa yg diajarin...
    skali dia ngeliat besokannya dy bakal ngikutin...
    makanya sbg orang tua kudu ngasih contoh yg baek...

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena