Pengalaman Ramadan Menjadi Emak

Pengalaman Ramadan Menjadi Emak ~ 

Seminggu berlalu, tenggelam dalam ramadan, tapi rasanya kayak baru kemarin ku sahur pertama. Alhamdulillah nggak kesiangan siiii cuma udah keluar menu nugget persosis-an serta mie instan 😂. Tahun ini ikut meramaikan lagi nulis blog, tantangan dari KEB selama bulan puasa selalu seru. Semoga bisa mengisi waktu yang bakbikbuk inih (sok sibuuuk 😂) Izinkan saya curhat, yuuk.


Pengalaman Ramadhan Menjadi Emak


Setiap ramadan, selalu kembali tersadar, bahwa saya udah nggak muda lagi. Iya iya udah tuwiiirr.

Merasa bertambah usia bukan di saat ulang tahun melainkan waktu ramadan.

Ya moment ramadan selalu merasa, betapa lemahnya diri ini. Terutama saat bangun sahur dan harus menyiapkan makanan untuk keluarga kecilku. I did it, thank you Allah. Huhu, jadi mau nangis.

Ketika malas, seringkali membaca motivasi, ternyata membaca do'a adalah yang paling penting. Ada kekuatan di balik do'a itu, more powerfull. Berlindung dari rasa malas.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

 
Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli


Persiapan Ramadan Emak

Tema hari ini sebenarnya pernah saya tulis di minggu lalu, tentang persiapan ramadan, ini ceritanya ya Cerita Persiapan Ramadan 2024

Tapi di postingan sekarang, saya cerita ngalor ngidul aja dulu boleh kan mak. Heheuuu. 

Selain persiapan dapur emak, fisik dan mental tidak boleh lupa, me-refresh ilmu tentang puasa dan sholat. Alhamdulillah dikasih rasa semangat ke kajian setiap minggu. Jadi tuh menyiapkan ramadan harus jauh hari, dari bulan sebelumnya, seperti kata gurunda, ustad favorit saya. Melatih diri untuk disiplin terus menerus.

Kalau masalah jadwal menu buka dan sahur, sempat bikin plan 1 pekan tapi di hari minggu pengin freestyle aja. Kemarin nanya sama anak "enaknya makan apa nanti?" Malah disaranin nasi kucing, tapi porsinya yang gede. Eh itu mah namanya nasi harimau 😂.

Mungkin kalau belum jadi ibuibu, saya nggak seperti sekarang. Mungkin masih begajulan. LOL. Kalau diingat-ingat, dulu diri ini adalah orang yang kebluk saat tidur. Susah mbangunnya, dan nempel molor (etapi masih sih kalau pelor 😄). Pelor banget gatuh. Sekarang harus bangun paling pagi untuk menyiapkan santap sahur.

Persiapan urusan dapur dicicil dari waktu senggang. Bangun pukul 02.30 WIB, lalu mencoba menghidupkan malam tapi belum sedikit makan. Haha.

SAHUR-SAHUUUR. . 

Ada pahala yang luar biasa saat menyiapkan masakan untuk berbuka dan santap sahur. Entah berapa jumlahnya, enggak tau deh yang jelas setiap kebaikan di ramadan akan dilipatgandakan. 

Kelar masak, tugas selanjutnya adalah bangunin anak, tidak sampai disitu dong. Emak menjadi pengawas saat mereka makan, ngasih support supaya makannya beres. Di rumah ada 2 anak yang belajar berpuasa sedangkan adik paling cilik belum berpuasa.


Tentangan Membagi Waktu

Siapa yang nggak mau dapat pahala berlimpah? Kegiatan tadarus, ngurus anak-anak, belanja, wahh kalau dijabarin job desk emak kan nggak cukup deh lembaran buku tulisnya (lebay banget). 

Selepas subuh biasanya nggak lanjut tidur padahal sih padahal orangnya ngantukan. Yaa tadarus aja pernah hampir merem. Tapi kalau nggak digeber di pagi hari tuh keteteran deh. Saya berusaha selalu baca porsi besar sebelum jam 6 pagi, karena setelah itu siii udah wara-wiri antar anak-anak. Alhamdulillah lancar semoga bisa khatam ya, do'akeun.

Pengalaman Ramadhan Menjadi Emak


Teruss. . Tidur siang itu kudu deh walau hanya 30-45 menitan, membantu charging energi yang terkuras. Ramadan memecut diri lebih disiplin di tahun ini terhadap waktu. Begitulah cara daku menghormati waktu yang dipunya. Apakah banyakan scroll socmed atau gimana? Jewer kuping sendiri.

Sore harinya, kelar sholat Ashar, masuk ke dapur rekaman deh untuk menyiapkan menu buka puasa. Semua saya coba jatahin sehingga nggak ada makanan atau minuman yang terbuang. Malam hari lanjut tarawih seperti emak-emak pada umumnya. Repeat bangun 02.30.


Ramadan Bersama Anak Pra Remaja

Memiliki anak usia pra remaja saat puasa itu seru. 

Melihat mereka buka kulkas, mengeluh haus dan lapar, kayak ngelihat diri sendiri di beberapa puluh tahun lalu. 

Mereka udah bisa ngasih saran untuk menu masakan. Masalahnya adalah kesukaan yang berbeda. Ada sih kesamaannya tapi nggak terlalu signifikan.#whew

Saran menu dari mereka, ada yang masuk akal, ada juga yang tydac. 

Dan sepekan ini belum jajan takjil kan tugas domestik dibantu mbakknya. Alhamdulillah bisa petakilan di jalur dapur.

Pengalaman Ramadhan Menjadi Emak


Takjil bikin sendiri masih yang gampil, seputar gorengan kayak cireng, bakwan, risol-risolan, pisang goreng, piscok, jelly, dunia es, semua itu udah pasti dimakan anak-anak.

Oh ya saya juga bikin checklist puasa untuk anak-anak biar semangat. Kalau batal, dicium papingnya 😄.  1 hari batal = 1x cium. Haha


Pengalaman Ramadhan Menjadi Emak


Ujungnya Kangen Masakan Emak

Jadi orang dewasa sekaligus berperan sebagai ibu saat ramadhan tuh sesuatu kan. Tbtb kangen masakan emak. 

Kadang saya masak menu yang membangkitkan kenangan masa kecil. Aih, teringat kasih sayangnya, berkedok sambal goreng kentang utiii. Tukaaan jadi kepingin makaaan.

Huaa, akankah anak-anak merasakan kasih sayang di setiap menu masakan yang dihidangkan. Semoga ya. 

Bagi saya ramadhan banyak menghadirkan cerita orang-orang tersayang tentunya juga kasih sayang ilahi rabbi. Sekian dulu ya cerita hari ini, besok sahur. 

Komentar

  1. Hahahaha anak2 memang kalo ditanya mau masak apa buat besok jawabannya udh bagai emaknya ini chef kelas dunia kaaaan 🤣🤣🤣. Yg minta dimasakin nasi kuning komplit, trus pizza itali, masak rendang padang etc.

    Makanya jujur aku jaraaang nanya mereka mau makan apa mba😅. Krn ga bakal ketemu. Jd hrs aku yg nentuin menu, dan paksa mereka makan hahahah. Beda cerita kalo aku jago masak dan suka masak yaaa 😁.

    Takjil pun lbh suka pesen aja dari tetangga atau temen bloggers yg aku tahu memang jualan kue2. Kayak mba ria. Selalu suka beli risolnya. Aku sendiri fokus ama target2 ramadhan kayak khatam quran, zikir dll.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)