Jangan Lakukan Ini Ketika Kamu Marah

Jangan Lakukan Ini Ketika Kamu Marah ~

Yang namanya marah kadang nggak terduga juga sih, banyak penyebabnya. Dia tbtb aja gitu nyerangnya. Kalau di rumah dan sedang lelah biasanya cepat ke-trigger untuk marah. Makin bertambah usia alias tuwir, ngerasa marah itu nggak ada artinya sih, anak-anak juga nggak ngedengerin banget HAHA, mau marah atau enggak kalau lagi asyik sendiri ya mereka kayaknya B aja. Takut sebentar abis itu lupa lagi? Bisa jadi malah trauma, nggak mau jujur dan lain-lain deh. Ada saatnya harus marah, saya pernah nulis juga tentang marah yang efektif terhadap anak dari buku Ayo Marah.


Jangan Lakukan Ini Ketika Kamu Marah



Tulisan yang dibuat untuk mentung diri sendiri kok, sejatinya bukan untuk orang lain. Saat marah rasanya puas, tapi toh itu hanya seketika aja. Lagian juga marah-marah bikin tubuh nggak sehat, ngapain amat. Lebih baik mari belajar mengendalikan rasa marah. 

Sekarang rasanya udah di tahap nggak marah terhadap perlakuan orang lain, di luar circle keluarga. Semangat fokus mengendalikan esmosi ketika menghadapi anak-anak aja.



Mengambil Keputusan

Kalau marah, jangan sampai ambil keputusan deh. Alhasil bisa menyesal seumur hidup. Contohnya ketika kamu marah dan berkata "Pokoknya aku nggak mau ikut makan-makan!" Waduh dijamin nyeselll deh HAHA #eh. Sebisa mungkin diam aja sih kalau marah mah :p. Sebenarnya yang sarankan adalah jangan mengambil keputusan besar ketika sedang marah. Seperti nasihat Ali bin Abi Thalib berikut "Jangan pernah mengambil keputusan ketika sedang marah dan jangan pernah mengumbar janji ketika sedang bergembira." So, ambil keputusanmu ketika keadaan kamu telah tenang.

Jangan Lakukan Ini Ketika Kamu Marah


Pergi Berkendara

Lagi marah lalu pergi berkendara sangat tidak dianjurkan ya. Nggak usah dijelasin lagi sih ini pergi berkendara saat marah tuh membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. Emosi harus stabil dulu baru deh pergi berkendara. Alih-alih marah lalu melampiaskan kekesalan dan kebut-kebutan di jalanan, sungguh tidak baik. Dan ya di jalanan tuh jangan marah-marah meski orang lain salah. Auranya bakal nggak enak sih kalau berkendara sambil kzl, yang ada malah kamu bakal rugi. Intinya semua bisa celaka bila tidak cerdas emosi di jalanan.

Jangan Lakukan Ini Ketika Kamu Marah



Berkata Buruk

Ini nih yang nggak bisa direm-rem ya katanya kalau lagi marah? Ada yang begitu? Berkata-kata buruk is big no untuk yang sedang marah. Ya sih nggak melakukan sesuatu yang membahayakan tapi kata-kata adalah do'a. Kata-kata buruk itu bahkan bisa merusak. Kata-kata adalah kekuatan. Kata-kata yang baik akan menjadi do'a yang baik. Coba deh pas lagi marah sumpahin, do'ain dengan hal yang baik-baik. 


Jangan Lakukan Ini Ketika Kamu Marah


Memegang Benda Tajam

Memegang benda tajam ketika marah, bisa aja menyakiti diri sendiri  atau bisa menyakiti orang lain. Naudzubillah, pokoknya jan sampeee deh pas marah malah nyari benda tajam, mending ke kamar mandi buka shower, mandiiiii. Adem yekan. Bisa sambil ngosrek kamar mandi tuh, yang ada malah emosi tersalurkan di kegiatan yang positif. Bermanfaat huhuuy.


Jangan Lakukan Ini Ketika Kamu Marah


Sebanyak apa pun masalah dan mungkin serumit itu sampai bikin marah, rasanya diri kamu nggak sepatutnya merugi karena hilang arah, terus marah. Pokoknya jangan lakukan ini ketika kamu marah, apalagi marah saat kamu puasa :P bisa-bisa bataaal deh. Semangat mantemans karena iblis masih aja ada dari zaman dulu, dia bakal menggoda manusia dari segala arah. Yuk minta pertolongan Allah dalam segala hal. Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

Komentar