Menu Buka Puasa dan Sahur Keluarga

Menu Buka Puasa dan Sahur Keluarga ~

"Hari ini kita buka apa ya na?". . Pertanyaan yang sering berputar di kepala sayah. Bingung masak apa ya.
Lalu si anak menjawab "Nasi kucing aja mih, tapi yang versi gede gitu lho.." Krikkk krikkkk, hening sejenak.

"Lah itu mah namanya nasi harimau eheuuu!" . . 




Keidean buka puasa pakai nasi kucing, ya gimana itu mah perintilannya banyak. Udah pucing duluan kalau dilengkapi tapi nggak dimaem. 

Kami sepakat hanya pakai ayam suwir kemangi dan ikan teri. Nasi tersebut saya bungkus pakai daun pisang. Alhamdulillah walau menunya udah pernah dimasak tapi mereka semangat makan karena pakai daun pisang. Rasanya sedap betul deh.

Masakan di rumah biasanya saya masak sedikit-sedikit. Untuk buka puasa, saya masak, dan sahur juga masak. Tapiii dengan bahan yang masih berhubungan. 

Nasi Kucing AlaAla




Saya lebih suka masak dikit-dikit dibanding sekaligus buanyak gitu. Entah kenapa terasa bosan kalau terlalu lama di dapur :p

Sekarang di rumah tuh anak-anak cukup susah makan sayurnya. Masa maunya hanya wortel, bayam, kangkung. Dan kalau wortel lebih mudah dibuatkan jus atau di sisipkan di gorengan. Kemarin sempat juga bikin egg roll tahu adonannya saya campur parutan wortel. Ruwet ya mau mangan sayur ajaah πŸ˜‚.

Selama ramadan ini juga saya bikin beberapa variasi nasi, nasi jeruk, nasgor gila, nasi uduk.  Gimana kabar nasi hainan, nasi liwet? oh belum masuk dapur kalau itu. Ya mungkin minggu depan deh. Hihi.

Bukan tipe yang ter-planning banget tapi demi menghemat waktu masak dan bahan dapur nggak terbuang, saya merasa perlu merencanakan program "masak afah?" Dengan menyiapkan menu, urusan dapur terasa menjadi lebih mudah. Apalagi kalau dibantuin #eh. 

Saya nggak menyetok ungkepan karena jarang banget masak ayam goreng, anak-anak lebih sering dimasakkin ayam bakar KW alias ayam bakar teflon. Selain lebih sehat, ayam bakar teflon nggak pakai minyak goreng sehingga minyak goreng bisa untuk nggoreng takjil. huaaaaa, sama aje dong! Paling tidak, nggak semuanya dihoreng yakan? #ngeles.




Ada yang sukanya bikin ungkepan ayam dengan jumlah banyak, sah ajaaa.

Contoh bikin menu 1 hari supaya nggak banyak terbuang, misal sahurnya pakai oseng tauge nah taugenya ada sisa? dipakai aja untuk isian takjil, tahu isi tauge dan wortel.

Contoh lain, ada yang nggak suka kol di sayur sop? bisa pakai kolnya untuk nasi gila saaat sahur.

Menu Favorit Yang Menyatukan Umat di Rumah
Ayam Bakar Teflon, Tumis Kangkung, Ayam Suwir 
Mochi, Cireng, Risol Kampung, Pisang Coklat.
Lah kok gambarnya malah bakwan πŸ˜†





Tips Masak Semua Senang Saat Ramadan:

Diskusi Menu
Paling enak mah apa-apa dibicarain ya. Termasuk menu buka puasa dan sahur. Cuma kadang kalau terlalu terbuka juga gimana gituh. Haha. Ya tarik ulur deh. Sejauh ini menu buka dan sahur dimakan oleh krucil. Diskusinya lancar tapi menyatukan suaranya itu loh. Alot.

Kasus beda selera, nggak dimana-mana. Kakak nggak mau minum strawberry milk, adik mah suka itu. Alhasil saya beli strawberry aja, minumnya pakai pilihan kakak yaitu es sirup + cincau hitam.

Menyusun Menu Sepekan
Merasakan manfaatnya ketika bikin meal plan. Tapi daku bukan tipe yang setengah hari di dapur bebikinan stok lauk. Lagian juga di rumah saya kulkasnya masih yang kecil. 

Mix ajah, menyesuaikan keadaan. Nyusunnya saat santuy atau dadakan juga boleh mak ✅️.  Pelan-pelan gitu. Buat menu sepekan untuk ramadan. Karena kan berharap bukberr #ehgimanaaa.

Menyiapkan Waktu Senggang
Saya pilih pukul 11 umtuk menyiapkan bahan yang akan dimasak sore hari dan sebelum santap sahur.

Contohnya bikin takjil bakwan, nah iris-iris deh sayurannya dan siapkan bumbu.

Sore hari, bangun boci, kelar sholat Ashar tinggal tancap gasss bikin takjil. Saya bikin takjil 1 macam, tambahan kurma atau buah kalau lagi ada rezekinya. Btw, tidur siang ya kalau bisa. ☺️ 


Membagi Porsi
Supaya nggak ada makanan sisa, menurut saya membagi porsi tuh membantu banget. Jangan lupa di sisihkan beberapa untuk kunyahan selepas tarawih. 

Sebelum maghrib saya menaruh minuman hangat, dingin. Minuman hangat untuk anak, gelasnya kecil sedangkan minuman dingin lebih besar sedikit.
 
Setengah 6 sore membuat air teh panas, nanti pas maghrib jadi hangat πŸ˜‚. Untuk makan besar pun nasinya saya yang bagi. Alhamdulillah kalau ada makanan sisa, saya yang makan πŸ˜†.

Oh ya tahun ini saat sahur saya selipkan 1 makanan favorit anak, misalnya sosis atau nugget. Nggak tiap hari tapi pas kayak moodnya lagi kureeng aja gitu. Misal makan sahur sayur sop ayam dan tahu goreng, nah kasih tambahan 1 buah sosis yang cilik doang. Untuk mancing mata melekkk.

 





Panjang juga ya nih cerita tentang menu doang Hihi. Yang jelas, happy banget pas orang rumah pada doyan kreasi dapur rekaman yang amatir iniih. Kalau kamu, suka takjil apa nih? Share di kolom komentar yuuk. 

Koki Insaf pengin bikin tahu isi, martabak, dan tempe mendoan deh. Tapi hari ini, risol mayo again. Brb.

Sekian dulu ya, semoga bermanfaat.

Komentar

  1. wii kereeen meal plannya dibuat list seperti ini

    aku udah keburu malas hihihi *dikeplak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini karena buat di blog aja mba 🀣🀣🀣 aslinya di kertas coret2anπŸ˜…

      Hapus
  2. baca keseruan Uci di rumah berasa aku juga seru hahaha... dan itu daku setuju banget : kalo kelamaan di dapur bosen, jadi emang di dapur dibagi tiga tahap sih kalo pulang dari pasar :
    >> waktu menaruh dan merapikan
    >> waktu menyiangi sayur - merapihkan cabe de el el
    >> baru deh masak

    jadi emang porsi "waktu masak" ku beda karena semua udah diprepare tinggal sat set.

    Oya wortelnya dimasukkan ke telor dadar sih kalo aku, dijamin hueenaaaak!

    BalasHapus
  3. saat mengetik komen ini, aku baru aja kelar ungkep ayam buat digoreng lusa (lama amet hahaha). kalo aku tipe yang suka menimbun. ada bahan diolah terus dikoleksi. tau2 freezer penuh aja halah.

    kalo ada anak-anak emang masak sesuai selera mereka. pagi2 dah ditembak mau dimasakin apa atau dibeliin kalo maknya males masak. inilah sebabnya mealplan gagal mulu :D

    btw aku belum keluar nih nasgor. belum pernah bikin yg versi gila, mungkin masih waras :P

    BalasHapus
  4. Saluuut mba. Aku kalo bukan ramadhan juga bikin menu mingguan. Kebanyakan pun bukan goreng. Tapi memang selama puasa, udah bilang ama suami, aku ga bakal masak, kecuali menu yg aku tau bisa aku masak tnp hrs merasain bumbunya udh pas atau belum 🀣.

    Cth steak, toh tinggal marinasi, pas udh berbuka tinggal panggang. Sausnya memang udah ada yg tinggal direbus.

    Aku juga nyetok bumbu shabu2 yg tinggal rebus juga, abis itu cemolungin aneka sayur, bakso, tahu dll deh.

    Sisanya pasti beli utk sahur dan makan malam. Takjil juga sama. Krn aku lbh ga suka lagi bikin kue dan cemilan πŸ˜…. Kebetulan tetangga jago bikin cemilan, dah lah beli dari dia, biar praktis πŸ˜„

    Palingan ribet nya krn anak2 punya selera beda. Si kaka sukanya roti dan kentang. Sementara adik hrs nasi. Cuma aku bilang gantian. Kalo hari ini kentang atau menu western, besok baru nasi lagi. Dan hrs dipaksa, karena aku ga bakal mau nyediain menu fav masing2 tiap hari 🀣

    BalasHapus
  5. molly suka yang ayam ungkep, terus jadi penasaran ama nasi kucing. bentuknya mirip kayak arem2 ya dibungkus daun gitu.

    BalasHapus
  6. Aku langsung tertuju pada si gorengan, bakwan yang menarik itu. Wakakakaa... Tapi memang benar deh tahun ini aku tuh mengusahakan banget untuk buka puasa dan sahur itu bikin sendiri di rumah. Karena sekalian ngabuburit kalau bibikinan untuk buka puasa.

    BalasHapus
  7. Seru banget nih obrolan mau masak menu apa, nasi kucing wow amazing. Keren dan rajin pisan. Aku buka dan sahur nasi putih dan lauk emang udah terplanning biar mudah dan hemat waktu hehehehe. Apalagi sahur kan, rawan kesiangan. Tapi emang effort menu ramadhan beda sama menu di bulan biasa, mesti lebih kreatif apalagi pas sahur supaya mood sahur tetap terjaga.. Semangat berpuasa.

    BalasHapus
  8. Mbaaak dirimu kok kreatif sekali, baca ini aku baru kepikiran buat masak nasi kuning. Udah 2 hari ini, anakku buka dan sahur nggak mau makan nasi, aku sih santai aja karena dia makan selain nasi juga. Tapi bapaknya udah khawatir aja.

    BalasHapus
  9. Saya nih masuk fase binguuunggg mau masak dan makan apa lagiii buat menu Ramadan 🀩😀 sekarang aja udah mati gayaaa. mau blanja di pasar takjil juga bosaannn. itu itu meluluuu

    BalasHapus
  10. Mak Uci keren. Masak untuk buka dan sahurnya dibikin planningnya dulu. Aku mah langsung hari H aja, pas 5-4 jam sebelum buka. Atau seketmunya di tukang sayur. Hahahaha, emak pemalas memang agak laen. :)))

    BalasHapus
  11. Pokooknya harus diakalin ya makanan apapun diselipin sayur hehehe, yang penting masih mau makan sayur. aku mah seringnya ayam fillet biar cepet. Betul jugaya enak kl bisa diskusi menu jadi ga bingung yang masaknya

    BalasHapus
  12. Saya suka bikin ungkep sekalian banyak agar mudah saat sahur. Bahkan untuk bukber karena saya dan suami suka bukber di masjid tapi tetap siapin bukber untuk semua anak di rumah.
    Btw saya ga bikin plan meal tapi semua bahan di kulkas memang termasuk dalam plan seminggu meski tidak dibuat jadwal harian.

    BalasHapus
  13. Aku juga happy banget nih nemu menu-menu yang bisa aku ATM buat menu sahur dan berbuka.
    Aku juga tipe diskusi dulu sama anak, soalnya kalo uda kadung masak, tapi dia gamau, berasa kudu "Sabaarr.. Ramadan.." Huhhu.. Seringkali, aku pancing buat "Ajarin mamah buat masak itu, dek.."
    Hihihi.. soalnya anakku lebih betah di dapur ketimbang aku.

    BalasHapus
  14. Suka salut dah sama emak yg rajin banget bikin absensi menu sahur/berbuka gini. Kadang bisa jadi inspirasi juga. Yg agak ribet klo seleranya beda-beda soal selera makanan

    BalasHapus
  15. (Nasi) kucing yang besar wkwkwkw...aku malah auto ingat Jimbon, kucingnya Dikta ex Yovie and The Nuno wkwkwkw. Di rumahku, makan sayur untuk si bungsu lebih ribet lagi (lhaaa..kok malah adu nasib siii wkwkwk). Soalnya dia malah hampir ga mau samsek makan sayur :D.

    BalasHapus
  16. Kalau dengan menyusun menu gitu jadi gak bingung ya belanja sama masak apanya hehe.
    Aku pribadi masih masak apa yanga da di kulkas wkwk.
    Hahaha, itu lucuk banget bikin nasi harimau, awas kegigit.
    Eh tapi kalau nasi kucing tu kalau buat ibuk2 mayan bisa mengontrol nafsu makan lho, dengan catatan kalau lg diet hehe.

    BalasHapus
  17. Nah iya, kayaknya selama bulan puasa lebih sering muncul pertanyaan, sahur dan buka mau masak apa ya? Suka bingung, hehehe...
    Lebih praktis memang harusnya punya rencana menu untuk beberapa hari yaa ..jadi tinggal eksekusi aja.

    BalasHapus
  18. Ayam Bakar Teflon, Tumis Kangkung, Ayam Suwir
    Mochi, Cireng, Risol Kampung, Pisang Coklat.

    Ini mah kesukaan saya juga... apalagi tumis kangkung, wih kalo ada itu, mata berbinar2, mulut langsung nahan ngeces... hahaha

    BalasHapus
  19. aku bukan termasuk yang bikin meal plan sih tapi yang penting ada bahan di kulkas jadi seidenya aja mau masak apa. hehe. kalau anak-anak di rumah sukanya makan ayam goreng tepung jadi sekarang aku sering bikin itu mbak

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya πŸ™‚
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)