Skill Untuk Menjalani Kesulitan Hidup Dengan Mudah

Skill Untuk Menjalani Kesulitan Hidup Dengan Mudah

Sebagai manusia, nggak ada yang hidupnya mulus-mulus aja bukan? Judulnya sedalam materinya bagi saya. Kajian tahun lalu, tadabur Al-Qur'an surat Al A'la, diambil dari materi ustad Donny Amir Sagaf, di masjid Jami Al-Ukhuwah. Saya rasa, sayang sekali jika tidak dibagikan ke teman-teman sekalian. Harapannya bila temans bertemu dengan masalah, entah kesulitan hidup apa pun itu, temans bisa melaluinya dengan perasaan yang mudah dan ringan. Mari kita ceki-ceki lebih lanjut yuk.


Skill Untuk Menjalani Kesulitan Hidup Dengan Mudah



Surat Al A'la terdiri dari 19 ayat, terbagi beberapa bagian penting yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Skill Untuk Menjalani Kesulitan Hidup Dengan Mudah


Mendeteksi dan mensucikan asma Allah. Allah mengajarkan Al-Qur'an dan membuat tidak terlupakan dalam diri nabi sebagai sarana belajar untuk memperoleh skill. Celakanya manusia yang menjauhi Al Qur'an (keliru berpikir tentang hidup dan mati). Makanya tidak heran kalau ada manusia yang setengah hidup, setengah mati.


Skill Untuk Menjalani Kesulitan Hidup Dengan Mudah


Jaminan sukses bagi mereka yang mengikuti tuntutan Al Quran. Dalam surat Al A'la terdapat teladan yang harus kita pegang teguh yaitu kisah Nabi Musa dan Nabi Ibrahim serta selalu meneladani kisah rasul nabi Muhammad SAW. 

Semua kisah rasul tidak ada yang tanpa perjuangan. Dengan mencermati kehidupan Nabi seperti penolakan dakwah, difitnah sampai mau dibunuh, hidup ini tidak ada apa-apanya.

Penangkapan, Pembunuhan, Pengusiran Terhadap Nabi saw di Makkah

Inilah yang membuat beliau mencoba mencari “kemudahan” ke Kota Thaif. Ditangkap lalu orang-orang mencoba membunuh beliau, sampai adanya pengusiran.


Skill yang didapat beliau saat ke Thaif, beliau berdo'a kepada Allah yang begini bunyinya:


"Ya Allah, kepada-Mu aku mengadukan kelemahanku, kekurangan daya upayaku di hadapan manusia. Wahai Tuhan Yang Maharahim, Engkaulah Tuhan orang-orang yang lemah dan Tuhan pelindungku. Kepada siapa hendak Engkau serahkan nasibku? Kepada orang jauhkah yang berwajah muram kepadaku atau kepada musuh yang akan menguasai diriku? Asalkan Engkau tidak murka kepadaku, aku tidak peduli sebab sungguh luas kenikmatan yang Engkau limpahkan kepadaku. Aku berlindung kepada nur wajah-Mu yang menyinari kegelapan dan karena itu yang membawa kebaikan di dunia dan akhirat dari kemurkaan-Mu dan yang akan Engkau timpakan kepadaku. Kepada Engkaulah aku adukan halku sehingga Engkau ridha kepadaku. Dan, tiada daya upaya melainkan dengan kehendak-Mu."


Temans bisa cek yang kalimat berwarna hijau, bagaimana rasul menghadapi ujian tersebut. Apa pun yang terjadi, beliau tidak peduli asalkan Allah tidak murka. Pegang deh do'a tersebut. Ketika hanya dibuat kecewa orang lain, yaa no problemo selagi Allah tidak murka. 



Setelah Hijrah ke Madinah dimulai episode mengangkat senjata untuk menghadapi ancaman Tapi Beliau melalui semua itu dengan Mudah.



Faktanya. . . Dahsyat


Total Terjadi 27 Peperangan yang dipimpin oleh Rasulullah saw

Jika dibagi masa setelah Hijrah beliau ke Madinah yang ± 10 Tahun maka setiap tahun terjadi 2 sampai 3 peperangan


Belajar Dari Penolakan Dakwah


QS. Al Kahfi : 6

QS. Al An’am : 35



Pengertian Sesungguhnya dari kalimat  “Dimudahkan”


Jangan Fokus Meminta Urusan nya Menjadi Mudah Tapi Fokuslah Meminta Skill (kemampuan) agar dapat melalui nya dengan Mudah (Karena urutan nya memang demikian itu)


Yaitu Skill : Lapang nya Dada karena Mampu Merasakan Pemberian Allah swt



Skill Untuk Menjalani Kesulitan Hidup Dengan Mudah



Urutan do'a Nabi Musa sebelum kemudahan urusan pada QS. Thaha: 24-24

QS. Thaha : 24 - 28



Skill untuk menjalani setiap episode Hidup dengan Mudah


QS. Al An’am : 125



Kelapangan dada dan cahaya Allah swt


QS. Az Zumar : 22


"Maka, apakah orang yang Allah bukakan hatinya untuk (menerima) agama Islam, lalu mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang hatinya membatu)? Maka, celakalah mereka yang hatinya membatu dari mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata."



Tidak Semua Orang Diberi Nikmat berupa Skill Merasakan Karunia (Nikmat) Allah SWT

QS. Al Fatihah : 6 & 7



4 Golongan Yang Memiliki Skill Merasakan Karunia Allah SWT


QS. An Nisa 69


"Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul (Muhammad), maka mereka itu akan bersama-sama dengan orang yang diberikan nikmat oleh Allah, (yaitu) para nabi, para pencinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Mereka itulah teman yang sebaik-baiknya."


4 golongan itu yakni para nabi, pecinta kebenaran, orang yang mati sahid, serta orang saleh. Ketika diuji oleh Allah, selalu terima aja dulu ketentuannya. Semua yang terjadi atas izinNya.


Untuk ayat yang tidak dituliskan, temans bisa ceki-ceki langsung ya. Insya Allah kita sama-sama belajar dan akhirnya ilmu ini untuk diamalkan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa selalu diingat, diterapkan pada kegiatan sehari-hari. 

Komentar