Support System Yang Bikin Tahan Ngeblog

Support System Yang Bikin Tahan Ngeblog~

Sebelum menikah, support system saat ngeblog ya rasanya cuma diri sendiri dan teman-teman blog di dunia maya. Teman-teman sesama blogger yang sering blogwalking menjadi penyemangat untuk selalu menelurkan tulisan. Ketika telah menikah udah lain persoalan. Kini, support system bertambah. Kira-kira siapa ya support system blogger tuh?




Setiap orang kayaknya mesti ada support system tersendiri ya. Apalagi emak-emak macam saya ini yang super duper senggol bachok kalau udah masuk masa PMS :p. 

Support system berguna untuk kesehatan mental selama bekerja di rumah. Bekerja di rumah baik urusan domestik atau sebagai freelancer. Punya anak masih kecil, apa iya bisa melanjutkan keinginan sebagai blogger dengan tetap menulis? Alhamdulillah bisa, di rumah juga ada mbak pekerja rumah tangga yang sigap membantu dalam urusan domestik. Sigapnya kan maaaen dah mbak yang satu ituuuh, nanti saya ceritain ya.

Support System Tersayang. .

"Aku mau nulis dulu ya. ." Kataku, lalu teman hidup mengiyakan dengan bahasa kalbu sambil dia ngewar game 😂. Di sela-sela waktu saya menjadi istri sekaligus ibu, saya tetap melakukan kegiatan ngeblog. Salah satu support system saya adalah paping alias bapak suami. 

Alhamdulillah nggak pernah dikomplain apa-apa. Ngeblog after nikah masih kulakoni, kali ini juga ketambahan cerita tentang perjalanan pengasuhan anak, cerita tentang hubungan dengan suami. Rasanya plong banget setelah bercerita di blog. Banyak sekali pemikiran yang ingin disalurkan hanya lewat tulisan. Tulisan yang keseringan ngalor ngidulll.

Foto Saat Event



Awal ngeblog tujuannya memang untuk curhat, sampai pada informasi dari seorang sahabat kalau tulisan kita bisa menghasilkan uang. Ternyata bisa ya macam orang bule-bule itu hehe. Making money from home.

Wah kok kedengarannya asyik siih, hobi menulis bisa dapat uang juga? Kek mana caranya? Waktu itu pertama kali mendapat undangan untuk datang ke sebuah event pada tahun 2015 dari sebuah email. Saat itu belum join komunitas blog mana pun. Lumayan banyak seleb blog yang datang. Saya masih awam sekali mengenai event blog ini.

Kalau tidak salah yang mengundang dari suatu forum mama-mama deh, dan untuk memperkenalkan sebuah brand mainan anak-anak. Nggak usah disebut yaa 😄.

Pada event tersebut anak pertama kami masih balita. Saya datang bersama Kaina dan paping. Pengalaman pertama kami memboyong anak ke event blog. Dan memang acaranya membolehkan bawa anak. Nikmatnya seorang blogger juga sambil mencicipi tempat acara berlangsung. Seringnya bertempat di mal, cafe atau hotel-hotel di Jekardah.

Kerempongan event bawa anak yang terlihat menyenangkan. Wah ditambah lagi kalau event pas lagi hamil. Huaaa, bawa bayi di perut dan kakaknya. Semua itu kalau tanpa bantuan kakanda, ku bisa pengsan. Belum lagi sederet tugas seorang blogger seperti ngetwit, atau update social media lainnya.

Misal ada job yang kayaknya saya kurang percaya diri gitu, paping selalu jorokin siih. 😂 makasih loh udah dijorokiiin akunya. Dan membantu untuk bikin konten saat belum punya tripod. Pasti minta bantuan tangan megangin benda yang akan saya foto.

Lain hal kalau ada acara yang harus berangkat sendirian, saya titip anak-anak ke paping. Rebes deh, anak-anak di tangan yang tepat!.

Bapak suami memang selalu support kegiatan ngeblog saya. Alhamdulillah sepenuhnya beliau ngasih waktu untuk ikut event, yang penting anak-anak nggak terlantar, karena dulu kan masih pada batita. Kalau 1000 kata sih nggak cukup buat nggambarin gimana dukungannya terhadap aktivitas blog saya. 
 
Terima kasih, jazakallahu khoir paping tersayang. 


Support Dari Bidadari Surga, Mama dan Ibu Mertua

Ketika masih suka ikut event di weekday.

"Ma, hari kamis bisa jemput Kaina nggak?"
"Nitip Ashika ya ma hari rabu, soalnya mau event sebentar."
((Sebentar)).  . 

Mama saya biasanya yang back up kalau anak-anak saya tinggal. Saya minta tolong mama nitip anak atau jemput ke skul. Kadang minta bantuan kakak saya juga. Namun sekarang saya udah nggak bisa event offline di hari biasa karena harus antar catering anak dan kegiatan ngojek mereka lebih banyak. Selain sekolah, saya harus antar jemput les juga. Bersyukur masih ada kegiatan yakaaan. Untuk offline di weekday memang udah nggak pernah lagi nih.

Kalau ibu mertua, pernah nyuruh anaknya supaya beliin saya kamera 😂. Yaudah akhirnya ngeblog didukung sama kamera yang lebih proper. Lanjut belajar moto deh sayaaah. Sekarang bisa jualan foto di microstock.

Mama dan Ibu nggak pernah nyuruh kerja kantoran lagi. Nggak pernah nyinggung apa-apa. Bagi saya itu udah support yang tak ternilai, wasiiikkk.


Anak-Anak
Mengajak mereka untuk masuk ke dalam konten saat masih belum dewasa. Mom Blogger memang sering campaign yang mengharuskan foto bareng anak dan dulu itu saya sering ikutan. Anak masih kecil jadi masih mudah diarahkan plus anaknya nggak malu. Kalau sekarang mah udah pra remaja dan udah nggak ada campaign yang ngepas 😄.

beberapa foto, minta anak-anak ikutan



Moto anak-anak itu susah loh. Nunggu moodnya, belum lagi kudu take berulang kalau hasilnya nggak sesuai. Blogger kerjaannya bikin video, foto, nulis blog, support system harus ada banget deh buat akoh. 

Anak-anak udah ngerti kalau lagi menulis, tidak boleh diganggu dulu yaaa. Bisa-bisa emak bertaring dan mengaum :p. 

Setiap hari ada aja yang dikerjain kan. Kadang adik yang paling kecil yang belum sekolah, suka protes kenapa siih maming nulis melulu, moto melulu. Setiap kali merengek, kadang langsung diajak si mbak, kadang saya pangku. Random aja. 


Si Mbak

Nyebut-nyebut si mbak, nah si mbak tuh jadi support system ngeblog saya juga. Mbak kerja di rumah udah dari 2013. Cukup lama dan sempat vakum 1-2 tahun gitu karena mencoba kerjaan di kantin kantor anaknya.


Walau nggak selalu mengalami kecocokan tapi setidaknya mbak orang jujur yaudah kalau kurang yang lainnya tinggal disabarin aja deh ya. Iyain aja duluuu haha.

Mbak tuh tau kerjaan saya moto tapi nggak tau kalau saya juga seorang blogger. Mbak penuh inisiatif sampai-sampai overload. 😂

Mbak berjasa jaga Ashika waktu saya ke Malang karena ikut Jelazah Gizi tahun 2017. Untuk kali pertama saya keluar kota pergi meninggalkan anak-anak beberapa hari. Serus dan happy sih tapi mengapa  ada yang kurang ya. Pergi tanpa anak setelah punya anak, kepikiran udah pasti.

Pas masih kerja kantoran kadang ngeblog sebelum jam mulai kerja, beberapa teman aja sih yang tau kalau saya ngeblog. Maklum intropret 😂 padahal mah ya bisa naikkin trafik ye kalau promosiin blog ndiri. Hueheee. 

Oh ya masih ingat nggak sih dulu blogger sering ada award-award gitu duluuu. Saling berkunjung ke blog lain dan dikunjungi oleh teman-teman blog tuh bikin happy. Yang tadinya lagi malas update terus dapat komen, eh semangat kembali dong. Bisa dibilang support system blogger ya teman-teman blogger juga, dan komunitas blogger seperti Kumpulan Emak Blogger.

Apalah daku tanpa support system dari orang-orang tersebut tadi. Dan udah pasti nomor satu adalah qadr Allah yang membuat saya tetap menjadi blogger, menulis di blog hingga kini. 

Alhamdulillah wa masya Allah kelar lagi hari ke-4 postingan tentang support system ngeblog. Ngeblog asyik, yuk ngeblog lagiiiii. Sungguh menikmati banget nih ngeblog 1000 kata selama 7 hari ini. Sekian dulu ya cerita hari ini. Besok senin, hayuk semangat ya^^. 




Komentar

  1. Saluuut aku sama semua bloggers yg rutin dan bertahan ikut challenge keb ini. 👍👍. Ga mudah nulis tiap hari dan 1000 kata pula. Kalo blogku tema lifestyle, mungkin ikutan juga 😅. Tapi Krn bentrok Ama niche, jadi mutusin ga ikut 😁.

    Lagian aku ga bakal bisa juga nulis tiap hari mba 😂

    Kebanyakan memang support system kita pasti orang rumah sih yaa. Krn yg membantu banget, udh jelas mereka.sama, aku pun lebih ke suami. Yg udah paham kalo istrinya suka nulis,JD selalu ngizinin kalo aku sedang sibuk nge draft atau foto buat urusan blog.

    Tanpa dia dan asistenku yg juga selalu bantu, rasanya aku ga lancar utk tetep bisa ngeblog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)