Ngeblog Terus Yuk

Ngeblog Terus Yuk ~ 

"Kamu ngeblog udah lama ya?" Lumayan alhamdulillah udah jadul kayak mukanyaa 😂, yang jelas berapa pun usia blognya, nggak jadi masalah, intinya kami sama-sama mencintai dunia ngeblog ini kan. Hidup Blogger Indonesia!. Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober setiap tahunnya menjadi momen refleksi diri sendiri. Uhuw. Tema terakhir di challenge ini adalah tentang Hari Blogger Nasional dan harapan ke depan untuk diri sendiri juga untuk KEB. Apakah blogger bisa terus ada. .? entahlah.




Hari Blogger Nasional dekat sekali dengan Hari Sumpah Pemuda, sehingga saya juga gampang mengingatnya, maklum udah masuk usia Ashar, gini deh, huhu. 

Eh eh, blogger apan siii. .? Kerjanya nulis doang kok bisa dapat duit? ((Nulis doang)).

Waah enak nulis doang! Nggak gitu juga sih. jadi blogger adalah penulis di suatu blog. #yaiyalaaah. Gagal paham lagi kan. Blogger itu bisa menghasilkan uang dari banyak sumber diantaranya menulis review sebuah produk, tempat, lalu adsense blog  (iklan google) yang dipasang di blog pribadi, dll. 

Blogger nggak cuma nulis tapi. . 

Kenyataannya seorang blogger zaman now dituntut untuk bisa foto yang enak dilihat, bikin video yang bagus. Memiliki akun social media seperti Instagram, TikTok dengan jumlah follower yang besar.

Kalau kamu ngerti cara kerja dapat uangnya youtuber, nah blogger ini bentukannya mirip hanya aja blogger itu tulisan panjang di website.

Yeay, sebentar lagi 27 Oktober, bersyukur bisa menuntaskan challenge ini. Sebenarnya saya menantang diri sendiri untuk tetap menulis. Konon katanya konsisten membuat diri tidak mudah kecewa dan meningkatkan kepercayaan diri.

Sepanjang sejarah ngeblog, ini kali pertama saya posting blog selama 7 hari berturut-turut, dan menyentuh 1000 kata. Terima kasih KEB yang mengadakan tantangan ini.

Menjaga semangat ngeblog susah susah gampang, tapi kalau udah terbiasa dan memang suka, insya Allah nggak ada halangan yekan. Walau banyak social media lainnya, saya masih setia ngalor ngidul di blog. Instagram hanya untuk foto-foto, video masak yang ngalor ngidul juga siiih. Sedangkan captionnya nggak bisa blak-blakan kayak di blog.

Entah kenapa kalau update sesuatu di instagram tuh kayak disuruh maju ke depan kelas sewaktu sekolah dan saya nggak terlalu nyaman. HEHEU.


Flashback Awal Ngeblog

Saya ingat saat buat akun blogspot di kampus, sepertinya lagi galau kala itu 😂. Masa-masa social media bermunculan, yang sering dimainin ((mainin)), MySpace, Friendster, Twitter, Plurk. Ada yang mainan itu juga? Zaman jayanya YM, alias Yahoo Messenger yang masih punya nafas.

Saya bikin blog dengan alamat: molendanjusalpuket.blogspot.com. Kenapa namanya itu? Karena oh karena suka dengarin TraxFM, Molennya Enzy Storia. Molen dulunya penyiar radio dan saya sering ndengerin. Jus alpuket ya karena suka jus buah tersebut. Jadi digabung deh. Sungguh pembuktian pernah alay pada masanya kan.

Postingan pertama juga masih nggak jelas kayaknya tulisan itu tetap terpampang nyata di blog ini. Bisa klik di sini untuk bacanya ya:

Ini cuma nulis ulang lirik lagu doang gitu haha

Postingan Pertama 2006





Nggak peduli panjang kata, nggak ngurusin judulnya, kadang pakai foto, kadang juga tidak. Hajar terus yang penting mengeluarkan unek-unek.

Fotonya juga kacau kacauuu 😂 kalau diingat hadeh. Ketika datang event ketemu orang baru satu pun nggak ada yang dikenal euy. 

Dari sana jadi tau ternyata ada komunitas abc-xyz deh. Saya ingat kenalan sama Nisa (NisaandChico) , teman event pertama kali. Saya juga masih nebeng blogspot, belum bikin domain.

Oh ya, tadi pagi saya dapat DM dari seorang teman SMP seperti ini. "Pengen coba ngeblog deh, kayaknya seru ya ci.."

Yuuk ngeblog, kamu bisa coba dulu aja. Bikinnya gampil kok, bisa pilih wordpress atau blogspot, keduanya bisa gratis. Kalau mau bikin domain pakai nama sendiri cus pakai dotcom. Mau nggak mau kudu semangat nulisnya karena kan itu berbayar. Bingung cara ngisi blog?

Isi blognya apa ya kalau untuk pertama kaliii? Jangan bingung, kamu bisa isi blog seputar hal yang kamu sukai, pengalaman manis bahkan pahit sekalipun. Jangan salah, tulisan blog berisi pengalaman pribadi dapat mengundang trafik pengunjung yang cukup besar. 




Ikut Komunitas Blog 

Perlahan ngeblog suka ikutan job, lantas belajar teknik ngeblog. Ketemu Emak Blogger yang luar biasa pada nggak pelit ilmu. Masya Allah. Di komunitas ketemu teman sehobi lalu banyak info seputar blogging. Dan bisa banget sebuah blog menghasilkan pundi-pundi rupiah. KEB memberikan kesempatan saya untuk ikutan beberapa event.

Benar-benar ngeblog tuh berjuta manfaatnya. Pasti teman-teman blogger paham rasanya. 





Berkah Ngeblog

Banyak sekali deh berkah dari ngeblog. Kami bisa ikut meliput event yang tempatnya seru-seru semua. Kadang venuenya di kafe/resto atau hotel. Selain mengundang blogger  biasanya juga mengundang wartawan, media online.

Alhamdulillah karena ngeblog bisa ketemu banyak orang baru, banyak teman dari berbagai latar belakang. 

Saya mempelajari fotografi awalnya demi konten di blog. Ngulik-ngulik aja, dulu moto pakai Ipad. Sempat dapat colekan-colekan dari teman blogger untuk ikutan workshop gratis dasar fotografi, lomba foto dan menang. Semua itu nggak pernah diduga sebelumnya.

Saya bisa buka jasa foto seringnya food photography untuk orang-orang terdekat. Pernah merasakan jadi narsum dengan sharing tema fotografi. Semua bisa dirasakan karena berkah ngeblog. Pernah dapat beberapa kerjaan moto juga dari teman blog.

Dan saya juga melihat teman-teman yang tumbuh bersama, banyak banget yang berkembang. Ikut senang sekali menyaksikan pencapaian teman-teman. Hampir rata-rata positive vibes, kompak, seru.





Menulis Yang Bermanfaat

Dari kajian ustad Budiman di tempat biasa saya mengaji, pernah ada bahasan --> terdapat golongan orang yang terkutuk karena berdusta yaitu para buzzer yang suka dusta, tidak sesuai kenyataan. Kalau ditarik benang merahnya, blogger pun rawan ke arah sana. Jangan sampai menjadi blogger yang menyesatkan pembaca, sebisa mungkin kita kuat yaa jangan tergoda, yuk bisa yuk.

Saya berharap ke depannya siih bisa menulis hal yang bermanfaat walau sedikit aja. Yaa 1 postingan curhat di blog kudu ada sesuatu, sampaikanlah walau 1 ayat. Bismillah ya.




Harapan Untuk KEB

Keren banget bisa bertahan sampai saat ini. Semoga KEB selalu jaya, tetap ada sampai seterusnya ya. Selalu menjadi wadah yang nyaman untuk Emak-Emak Blogger se-Indonesia.

KEB merupakan komunitas ngeblog pertama saya. Event pertama saya dari KEB, produk yang berkaitan dengan listrik. Waktu itu datang event membawa Kaina yang masih belum bisa jalan dong. Kalau nggak salah bertempat di kafe bilangan Sarinah. 

Btw, lagi menanti mak ketua KEB selanjutnya nih mak. Hihi. Sunguh tidak sabar diri iniiihhhh. H-nya banyak biar 1000 kata yakan 😂. KEB sebelumnya udah bagus banget juga, ada bincang-bincang, ngobrol di Instagram, ada sharing di Facebook, whatsapp groupnya hidup. Cinta deh sama KEB. Sukses selalu ya untuk seluruh Emak Blogger di penjuru bumi Allah. Aamiin.



Komentar

  1. Wah, keren banget mbak hobi nulis, ngeblog membahagiakan diri sendiri :) Sama aku juga ikutan komunitas menulis, blog, supaya ada wadah dan teman2 yang sama kesukaannya. Menulis bisa menjadi terapi yang mujarab ya. Berbagi pengalaman dalan sebuah tulisan itu sangat bermanfaat dan insya allah mendapat pahala aamiin. Yuk, terus ngeblog!

    BalasHapus
  2. wah molly dulu pertama kali ngeblog kelas 3 sd. postingannya isinya perkenalan doang. muehehe.. terus mulai ngeblog lagi pas udah sma kls 3. :)

    BalasHapus
  3. Mbaaak, nama blogmu sungguh alay pada masanya (nahan ketawa akutuuuh), mana cuma copas lirik lagu pula isinya kwkwkw. Memang proses itu kalau dikenang indah (meski geli juga ingetnya). Apapun senang bisa terus bertumbuh apalagi bareng teman-teman yang sefrekuensi dengan vibes positif pasti. Yuk ngeblog terus yuk!

    BalasHapus
  4. Iya dong harus ngeblog terus, ibaratnya sampai kita tutup usia ya. Karena ini akan menjadi peninggalan kita nanti, rekam jejak digital semasa kita ada. Karena sampai sekarang pun masih banyak juga orang yang mencari referensi dari blog.

    BalasHapus
  5. Aku kangen zaman ngeblog di MP dulu, nulis apa aja bebas hehe. Tapi emang gak bisa dipungkiri karena blog sekarang udah menjadi salah satu media yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan, jadinya gak bisa sebebas dulu. Kecuali kalau ada blog second kali yaa.
    Aku juga seneng bisa nulis 7 hari berturut2 kmrn tuh, ternyata kalau ditantang ya bisa juga yaaa :D

    BalasHapus
  6. Nah iya, alhamdulillah banget ya, berkat ngeblog kita bisa ketemu dengan banyak orang baru, bisa berjejaring dan menambah wawasan yang lebih luas.

    BalasHapus
  7. Tozz kita Mak. Seumur-umur baru kali ini berhasil menaklukkan diri sendiri menulis 7 hari berturut-turut dengan jumlah kata yg banyak, 1000. Lumayan bisa ngisi blog lagi tanpa mikir idenya apa. KEB sudah sediakan temanya. Asyikjuga yahnulis tantangan kayak gini.

    BalasHapus
  8. Jadi pingin nostalgia juga.
    Kayanya aku dari dulu pake nama lendyagasshi deh, cuma buat blog drakor, diilangin "h"-nya.
    Halaah.. wkwkwk, tyda kreatip yaak...

    Semoga budaya literasi semakin tinggi dan anak-anak bisa mencontoh yang baik-baik dari apa yang kita lakukan dan wariskan untuk mereka.

    Selamat Hari Blogger Nasional.

    BalasHapus
  9. Wah mak Ucig yg fotonya bagus-bagus aja kurang pede kalau mau upload konten di IG, apalagi aku.. hihi. Aku saat ini juga lebih milih upload tulisan di blog Mak ketimbang di IG :D
    Btw keren banget pencapaiannya di blogging. Berkah ngeblog yaa.. semoga kita bisa terus menulis yang bermanfaat ya di blog masing-masing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari dulu suka kerja di belakang layar mak mungkin karena pernah dibully buibu tetangga, qadr Allah

      Hapus
  10. Baca artikel ini saya berasa diingatkan mba. Karena berbagai kesibukan, akhirnya saya ngga bisa nulis selama 2 bulan. Ternyata amat sangat mempengaruhi traffic blog. Jadi, blogger sejati, semangat nulisnya ya...

    BalasHapus
  11. Eh ini pemenangnya udah ada blm mba? Aku blm cek lagi ke FB nya KEB 😄

    Keren isssh bisa nulis 7 hari berturut2. Aku sadar diri aja ga bisa, makanya ga ikutan 😅.

    So far msh betah juga di keb, Krn anggotanya aktif msh share tulisan. Aku ga terlalu suka kalo pada dieeem semua 🤣. Ngapain ikutan grub kalo ga da aktifitas kan.

    Mungkin Krn aku cinta banget nylis, jadi sampe skr, ga kepikir juga utk stop jadi blogger. Walo udah banyak blogger yg pindah platform, ttp sih aku sukanya Ama blog. Bisa bebas mau nulis sepanjang apapun 😄. Dan dpt banyak temen pastinya. Diitung2 temenku dr blog LBH banyak drpd temen dunia Maya mba 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak tau mba Faaan, aku nggak cek2..
      aku nulis membuang unek2 di kepala aku. Sempat bingung yg tema film karena aku nggak banyak nonton film huaa.
      Makasih ya mba Fan udah mampir dan sering komen, wah aku belum pernah ketemu seleb blog dcatqueen nih heheuuuu...

      Hapus
  12. Baca ini jadi ingat postingan perdana Juli 2013, dengan judul "My First Entry"
    Hahaha.
    Ini juga sebagai bukti betapa culunnya postingan perdana aku itu.

    Alhamdullillah seiring waktu, aku bertumbuh. Otodidak. Utak~atik sendiri blog. Ternyata begitu menyita waktu dan pikiran. Akhirnya energi sirna saat ingin menghasilkan postingan.
    In sya Allah ngeblog terus!

    BalasHapus
  13. blogger sekarang harus semua bisa ya mbak.. pusing akutuuuu .. tapi hikmahnya emang aku jadi bisa bikin video.. kudu dipaksa emang

    BalasHapus
  14. Hahaha... Copas lirik lagu lhooo postingan pertamanya.. ciukup simple :D. Akupun dulu memulai dengan curhat haha.. Setuju banget, jangan sampai kita jadi kaum terkutut itu, berbagi hal yang bermanfaat.. Semoga kita istiqomah..

    BalasHapus
  15. Sama nih mbak, tantangan Hari Blogger Nasional kemarin pun jadi momen tumbennya saya posting selama 7 hari berturut-turut. Nampak sekali Yee malasnya saya. Padahal pengen banget bisa konsisten ngeblog. Yuk yuk saling semangatin nih kita hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)