AADC, Film Masa Remaja Yang Tak Terlupakan

AADC, Film Masa Remaja Yang Tak Terlupakan ~ 

Ada Apa Dengan Cinta film Indonesia yang fenomenal. Mana udah antriiiii buat nonton, gila sih antrinya kalau dipikir-pikir tuh. Hadeh. Kenapa juga bisa ikut-ikutan antri ngemper di doea satoe pada masanya. HAHA. Semua karena teman-teman. Ah masa-masa remaja dan sekarang akoh udah jompooooh 😂. Film tahun 2002, masa menuju SMA, jadi jelas aja kalau saya sebut film ini tuh film masa remaja yang tak terlupakan.



Mungkin ketika itu di studio film seluruh Indonesia isinya anak tanggung. (Celana kali ah, nanggung). Saya masih ingat waktu itu nonton di 21 Lippo Karawaci ruameeee banget dan antrinya mengular. 

Saya dan teman-teman sempat duduk di lantai saking lelahnya menunggu. Kalau emak akoh lihat pasti udah digeret pulang deh 😂. 

Flashback masa remaja yang seru dan kerjaannya main melulu alih-alih eksplor dunia seperti balita. Perbanyak teman walau akhirnya mengalami drama pertemanan.

Masa remaja, balik sekolah nongkrong duluuu! Eits tapi nongkrongnya juga cuma di rumah teman. Alhamdulillah ya nggak gimana-gimana. Ada banyak yang beranggapan hidup cuma sekali, terus menerus bablas di masa remajanya, foya-foya.

Pernah suatu waktu kerjaannya bolak balik ke mal, ngabisin bensin angkot abangnya. Dalam seminggu bisa beberapa kali, saat malas les, saya bolos. Aduh jangan ditiru ya nakanakk. Tapi tenang, di mal hanya beli jepitan rambut atau bando. Itu aja kok.

Balik ke cerita AADC, film AADC selain bikin gemeeesh, bikin anak-anak remaja tanggung tiba-tiba puitis dan berburu buku ke Kwitang, Senen Jakarta sambil kulineran (itu mah saya) lalu mengenal sastra lebih dalam lagi, ahzeg. Perpustakan menjadi lebih ramai ya nampaknya. Banyak Rangga-Rangga bermunculan. 


Rela Antri

Film yang dibintangi 2 lejen, Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra nggak cuma bikin gregetan saat nonton tapi sukses bikin kita rela antri, ya kira-kira se-Indonesia Rayalah ya, huehe. Setelah Petualangan Sherina yang pertama, perfilm-an Indonesia seperti membuka lembaran baru deh. Banyak bermunculan film-film bagus setelahnya.


Nonton Lebih Dari 1x Di Bioskop

Hayo siapa yang begini? Nonton AADC udah lebih dari 1x. Ternyata nggak cuma narkoboy aja yang bisa bikin ketagihan namun nonton AADC pun membuat ketagihan. Ada magnet kuat untuk nonton lebih dari 1x. Apalagi kalau teman gengnya lebih dari 1, misalnya neh hari ini sama geng tomat, besok sama geng cabeeee, geng terasi, dan geng kangkung, bisa dinamakan geng Plecing Kangkung  😂


Mas Nicsap Sah Jadi Idola Kawula Muda

Nyari-nyari tentang mas Nicho tuh capa? Apa dia adalah jodoh kita bersama 😅 kenapa tatapannya tajam sekali, rasanya bisa motong hati para ciwi-ciwi. Semenjak keluar film AADC, kami sahkan mas Nicsap sebagai idola kawula muda bersama hingga kini. Efek panjangnya kami yang udah berubah menjadi buibuuu selalu malas masak dan ingin goreng nugget. Mas, mas tanggung jawab, kenapa jadi duta nugget :p


Semua Pemerannya Luar Biasa

Cinta dan Rangga, nggak cuma kedua tokoh itu yang menonjol namun pemeran teman geng si Cinta juga jempolan. Sampai kini saya masih hafal teman geng si Cinta ada Milly (Sissy Priscilia), Karmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), Alya (Ladya Cheryl), tambah Mamet deh. Bahkan ada cowok, yang  nerd kayak dia dipanggilnya menjadi Mamet. Terus kalau ada yang lemot dikit kita panggil Milly 😄. Btw, film Milly & Mamet juga bagus loh. Ada yang sempat nonton nggak?


Soundtracknya Bagus

Gimana dong kalau udah Melly Goeslaw yang garap musiknya, selalu dabes. Punya kasetnya dan hafal semua lagunya. Kalau nggak salah duet Melly Goeslaw dengan Eric. Oh ya dulu tuh masih kaset ya untuk dengerin lagu. Apa teman-teman pembaca yang gen Z tau kaset kayak apa? Yang jelas kaset bukan yang ada tulisan welkamnya ya, eta mah keset. Lagu-lagunya menjadi favorit, ada 12 lagu.

Liriknya yang pas dan enak banget didengar. Sebagai penikmat musik, suka sekali dengan liriknya yang nggambarin dunia remaja. Saya paling suka Ku Bahagia dan Tentang Seseorang. Aih sungguh menancap di hati, Ini dia salah satu penggalan liriknya "Ku Bahagia":

Dalam hidup ini

Arungi semua cerita indahku

Saat saat remaja yang terindah

Tak bisa terulang


Persahabatan dan Cinta

Saya baru menyadari persahabatan dan cinta ketika masih sekolah tuh nggak enak. Pernah punya sahabat yang pacarnya sungguh posesif. Sempat kehilangan momen bareng karena dipepet pacarnya melulu. Hadeh. Sedangkan daku jomblo sejati, teman yang lainnya pada punya pacar 😂.


Ada Sedih, Senang, Lucu Jadi Satu

Paling sedih saat Alya bongkar-bongkaran kalau mengalami KDRT. Saya pun pernah punya teman kecil yang ayahnya pelaku KDRT. Menderita fisik dan jiwa. Alya menjadi contoh dalam film AADC, alhamdulillah ya ada teman se-gengnya yang kompak mendukung Alya. Etapi AADC 2 si Alya nggak ada yaaaa. Hiks.


Puisi dan Eskul Mading

Si paling anak mading dan yang satu lagi si paling puitis. Berawal dari geng Cinta yang harus mewawancarai Rangga, sang pemenang lomba puisi tahun itu di sekolah mereka. Rangga menolak diwawancarai. Kzl. Pasti si Cinta kalau hidup di zaman now udah viralin si Rangga deh! Apakah terus geng si Cinta bakal TikTokan?


Muncul Jargon Yang Ever Green

Basi! madingnya udah siap terbit!

Salah gue, salah temen-temen gue?!

Pecahkan saja gelasnya biar ramai. .

Masih hingga kini, anak-anak era 90an mesti ingat tuh jargon berasal dari manaaah. Kalimat judesnya si Cinta puolll banget deh di sini. Nggak nyangka Cinta suka sama Rangga yang misterius dan kelihatan aneh. Cinta ngerasa kudu backstreet dari teman se-geng karena awalnya benci banget sama Rangga. Naaah! Adik adiiikkk, kalau benci dan cinta itu tipis banget, jadi sewajarnya aja jangan sampai kayak si Cinta yang demen sama si Rangga 😄

Nostalgia ah, pas sekali nih di malam minggu, daku re-write ya puisi AADC. (#Alasan biar 1000 kata 😂) tapi ini puisi sejuta umat kala itu beuuuh, ntapjiwa.

Aku lari ke hutan, kemudian menyanyiku
Aku lari ke pantai, kemudian teriakku
Sepi-sepi dan sendiri
Aku benci

Aku ingin bingar,
Aku mau di pasar
Bosan Aku dengan penat,
Dan enyah saja kau pekat
Seperti berjelaga jika Ku sendiri

Pecahkan saja gelasnya biar ramai, biar mengaduh sampai gaduh,
Ada malaikat menyulam jaring laba-laba belang di tembok keraton putih,
Kenapa tak goyangkan saja loncengnya, biar terdera

Atau aku harus lari ke hutan belok ke pantai?
enyah saja kau pekat
seperti berjelaga jika kusendiri

Gimana deh, malam minggu nulis tentang AADC. Saya sih lagi bayangin tentang baju si cinta yang hits pada masanya. Pasti deh nih di online shop laku keraaas kaka. Oke deh segitu dulu bahasan malam ini yang udah terdampar di tema hari ke-3. 

Sebelum ditutup mau kirim-kirim salam sama teman yang pernah antri bareng nonton AADC, peluk jauh. . Pasti sekarang lagi ngelonin anak-anak deh 😇 semangat kitaaa.



Komentar

  1. Aku nonton ini telaaat banget 🤣🤣. Baru nonton setelah nikah Mbaaa. Pas disiarin ulang Ama salah satu tv swasta 🤣🤣. Itupun Krn film keduanya mau keluar kan. JD yg pertama disiarin dulu.

    Muhkin Krn aku nontonnya setelah nikah, jadi ga terlalu berkesan sih. Suka aja Ama Rangga dan cinta, tapi memang bukan favoritku. Dulh kenapa ga nonton, Krn 2002 aku udh kuliah di Penang 🤣. Film ini ntah masuk atau ga di bioskop Malaysia, yg pasti kalo pun masuk aku ga nonton juga hahahah. Terlalu sibuk belajar kayaknya 😂

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)