7 Hal Yang Membuat Seseorang Tidak Update Blog

7 Hal Yang Membuat Seseorang Tidak Update Blog ~


“Ngeblog dari tahun berapa kak?. .”

Baru-baru ini komentar tersebut masuk ke blog. Dan saya ingin pura-pura lupa, ngeblog rutin dari kapan ya? Rasanya kalau membuat akun blogspot, baru di kisaran tahun 2008. Saat itu masih kuliah #asyiikkk, ya masih dengerin lagu galaunya Muse yang Unintended sambil garuk kasur karena masih jomblo. KETAWAN deh tuwanya! Btw, ada banyak alasan seseorang untuk nggak mengisi blog, tidak update blog lagi? kira-kira kenapa ya. .





Berawal dari bikin blog untuk curhat nggak jelas, ada kisah cinta, ada kisah Lapindo, jalan-jalan bahkan cuma upload foto, nahkan campur aduk. Keresahan itu masih sama hingga kini. Menurut saya, keresahan harus dituangkan. Entah berupa tulisan maupun lisan secara sopan. Bukan hanya untuk meninggalkan kesan. Yaa di blog ini selain keresahan masa-masa jomblo. Melalui 15 tahun kemudian, tulisan di blog berganti dengan keresahan lainnya, keresahan seorang emak. Semata-mata karena udah menjadi emakkkk yang kita tau sendiri, jadi seorang emak itu nggak mudah, mau itu emak noob or emak pro.


Alhamdulillah pagi ini mencoba menelurkan tulisan dalam rangka ikut challenge dari Kumpulan Emak Blogger, tema di hari pertama sungguh wadidaw menarik diri untuk curhat lebih dari seribu kata. Bismillah ya ikutan. 


Tak kenal maka tak sayang, jadi mau perkenalan diri kembali. Saya Uci, biasanya di IG itu @uciggg :))), blogger yang memiliki 3 orang anak. Kegiatan ngeblog memang menjadi rilis stres bagi saya. Di tengah ngeblog, saya pengin sedikit bermanfaat untuk orang lain cuma karena belum tajir melintir dan ilmu yang masih fakir. Saya mencoba berpikir, apa sih yang saya bisa. Ternyata yang saya bisa adalah berbagi dari tulisan, jadi aja masih ngeblog hingga kini walau bisa dibilang terseok-seok.


Oh ya tadi saya sempat ke pasar dan menggoreng lauk untuk katering anak sendiri. Sekitar pukul 10.30 WIB dan bertepatan dengan tanggal tua. Hiaaaa. 


Alhamdulillah banyak banget nikmat Allah, mulai dari bangun pagi yang dibangunin suami karena HP mati, sahur bareng bapak suami. Ditambah anak-anak berangkat sekolah walau dessertnya berantem. Alhamdulillah lagi dibantuin si adik kecil yang minta jamur krispi digoreng dadakan. Begitu banyak nikmat sampai-sampai nggak bisa update blog :)) *alasannn


Sempat ingin berhenti ngeblog alih-alih kalau kontennya malah bikin lama antrian di akhirat (ini pasti pemikiran abis balik dari kajian neeeh!) Huaaa. Yha, berarti saya harus memulai konten yang benar-benar bermanfaat dong ya. Hal itu pernah jadi alasan besar kenapa tidak update blog lagi dalam waktu lama.


Dari segudang alasan, inilah 7 hal yang membuat seorang Emak Blogger sepertikuu tidak update blog adalah:



Kebanyakan Ide atau Mikir?




Saya yakin emak blogger nggak mungkin nggak ada ide :P saking banyaknya, bingung yang mana sih yang mau dieksekusi. Banyak idenya, tapi waktunya gada?

Baru mau ngetik gaspol udah ditarik anak. Apalagi kalau anaknya masih kecil, butuh perhatian ekstra. Adakah yang sama? kalau ide dicari tuh seliweran, sedangkan saat nggak dicari dia nongol. Persis kayak kang siomay kalau lagi ditungguin huhu.



Baru Ngetik Dikit, Ngintip Socmed




Udahlah yang satu ini paling paling sih, fenomena apa ya. Baru ngetik dikit, bunyi notif KEGEERAN dari si dia balas whatsapp. Padahal mah nggak ada yang nge-chat. Dengan alasan untuk menghibur diri, mampir bentar deh ke TL Twitter, gapapa, siapa tau ada ide lagi, eh udah lanjut komen di Instagram. Siangan dikit serius baca komen Netizen yang budiman, scroll sampai bawahnya lagiiiih. Ujungnya ngetik baru 1 kalimat, berakhir wassalam. 



Ndrakoran




Ada drakor baru yang katanya seru dan wajib ditonton (udah kayak sholat aje). Apalagi yang main adalah si BIAS, yakan nggak perlu sinopsis endesbre-endesbre deh ah. Cus nonton. Saya pernah banget, drakoran aja kerjaannya, seminggu nggak ngeblog. Sebenarnya dari drakor juga memicu ide, sayangnya itu hanya ada di benak saya nggak dituntaskan. Bhaiquelah, lanjut cari judul drakor/film baru yang katanya rame.



Sibuk Mencari Waktu




Kesibukan menjadi kang ojek dan kang katering buat keluarga. Saking banyaknya list emak yang harus dikerjakan, ifeelyou. . dari bangun tidur udah harus nyangkul ehhh bukan, udah harus memasak. entah pekerjaan domestik atau lainnya, masih sampai saat ini sibuk mencari waktu yang pas. Namanya emak, mau itu kerja kantoran atau kerja di rumah, semua sibuk. Memang bijaknya buat prioritas supaya ngeblog tetap lancar jaya walau sedang sibuk-sibuknya. Konon katanya ibu juga harus pintar merawat diri hihi. Dulu berpikir kalau anak-anak sekolah bisa punya waktu banyak untuk menulis di blog, nyatanya ya bangun menjadi lebih puagiiii lageee. Nasiiiiipppppp, hadehhh. (langsung teringat kajian ustad, “nggak bole ngeluh..” :P)




Pasca Melahirkan




Pernah cukup lama nggak bisa update blog. Pengalaman terlama karena melahirkan anak yang ke-3, enggak tau ya itu perasaannya susah banget membagi kasih sayang untuk anak-anak. Sungguh sulit mengatur waktu antara 3 anak, suami, dan blog. Saat hamil masih bisa haha hihi nulis blog, foto, wara-wiri antar anak sekolah, sedangkan pasca melahirkan. Ketemu orang, keluar rumah aja kayaknya malas, apalagi nulis blog. 



Hobi Baru




Yakin deh saya mah dengan Emak Blogger di penjuru dunia, memiliki sejuta talenta. Hobi baru seperti microblogging gitu misalnya di Instagram. Ada hobi baru yang sedang digeluti selain menulis blog nampaknya menjadi alasan nggak ngeblog. Saya pribadi dari ngeblog punya hobi baru yakni fotografi. Hobi baru saya sama nikmatnya dengan menulis. Bagi saya menulis dan foto tidak bisa dipisahkan, ketambahan era digital masa kini. Saya juga menjual foto-foto di microstock. Ini yang menjadi alasan klasik untuk masa depan, jarang update blog. 



Kebanyakan Alasan



Ada yang punya alasan seperti ini? HAHA, yaaa sih kayaknya akoh ya. Kebanyakan alasan, padahal ngeblog mah ngeblog aja. Banyak topik. Cari dari hal yang disukai dan dekat dengan keseharian. Pengalaman pribadi tentu memudahkan sekali dalam membuahkan satu postingan blog. Mulai dulu aja dari hari ini, pasti ada cerita. PASTI. Ada cerita yang membuat kita tambah mensyukuri nikmat Allah. 


Sungguh asyik ngeblog hari ini. TERKADANG, butuh ngalor ngidul yang nggak harus sesuai dengan rules #ehhh ingaaa harus 1000 kata yes. Kalau kita flashback ke masa dulu. Ngeblog kini beda dengan masa itu. Masa-masa belum ada gempuran socmed seperti Instagram dan Tiktok. Masa-masa tidak ada video pendek yang menambah literasi digital nyungsep. Tapi nggak bisa dipungkiri ngeblog masa sekarang mendatangkan banyak peluang. Ayo semangat lagi yuk.


Karena manusia tidak ada yang sempurna. Yang penting jangan sampai berhenti ya.

Kembali lagi, sebenarnya akoh tydack bisa tanpa ngeblog sama sekali. Ibarat orang yang makan tanpa sambal, bisa makan sih tapi ada yang kurang. Butuh curhat banget di sini karena udahlah katanya jarang bersuara. Makanya berisik di dunia maya yaitu blog pribadi menjadi tempat ternyaman. Nah kalau kamu, dari 7 alasan itu ada yang serupa kah? Yuk sharing-sharing.





Komentar

  1. Dari sekian banyak, memang alasan dominan untuk ga ngeblog sebenernya Krn malas ya mba 😅. Itu juga alasanku kalo sampe lama ga ngeblog kok

    Bahaya memang males ini, Krn terkadang kalo ga dialihin, bisa2 makin lama ga updatenya 😁

    Skr ini kan aku lagi vacum IG yaa. Udh hampir 2 bulan, itu Krn memang mau fokus di blog. Aku hrs akuin IG itu distraksi utama yg bikin males untuk update blog, padahal kalo disuruh milih, cinta pertamaku itu ttp dan akan selalu blog 😄. Makanya mundur dulu dari IG, yg aku ga tau kapan balik aktif.

    Krn bener2 mau fokus Ama blog, mau rapihin semua draft, mau rutin update seminggu sekali, baru deh balik lagi ke IG 😁. Aku masih suka FB Krn bloggersnya masih rame, tapi IG kayaknya memang cocok buat yg suka nulis caption pendek atau yg hobi reels dan video 😂. Sementara aku ga suka video, memang LBH suka nulis panjang kayak di blog.

    Makanya mau balikin lagi ritme ngeblog kayak dulu , dan off dari semua medsos yg mengganggu 😁😄. Nanti pasti balik ke IG, tapi blm tahu kapannya itu 🤣

    BalasHapus
  2. Uciiii kalau aku mah cuma satu aja kok hal yang membuat ga update blog: itu lhoo yang paling akhir: Kebanyakan Alasan. Semua deh jadi alasan yang akhirnya ga muali2 deh nulis blog huuhhuhu

    BalasHapus
  3. Kerjaanku banget nih baru ngetik dikit udah ngintipin sosmed, jadinya nggak jadi nulis deh ahhahaa.. Tapi ada lagi emang, hobi baru ngulik video bikin males ngeblog juga akhirnya ^^. Udah lama banget ya mbak, sejak 2008, blogger kawakan nih.

    BalasHapus
  4. Wkwkwkw yang terakhir menohok sekali ya buuunndd. Aku pun juga gtu kok kalau gak dipaksa gak akan apdet. Kyk udah capek aja gtuuuu dengan aktivitas sehari2 yang gk habis2.
    Tapi ini buktinya 1000 kata dalam sekejap nih bisa kan. lanjutkeeeenn xixixi.

    BalasHapus
  5. kalo molly sih lagi sibuk ngerjain sosial media atau tulisan lomba blog hahaa.. itu menyita waktu yg banyak sekali.

    BalasHapus
  6. Punya hobi baru tuh kadang memang suka melupakan yang lainnya ya mbak, tapi alhamdulillah aku dua kali seminggu selalu update blognya loh. Semangat terus para emak-emak untuk tetap update blognya.

    BalasHapus
  7. Semua alasan nggak ngeblog, persis sama dg yg ku alamin.. Berasa relate banget jadinya. Ide sih banyak. Tapi pas udah depan laptop malah buka medsos, trus ada gosip terbaru.. Jadi kepo, sampai ngulik kesana kemari. Tau2 udah 3 jam begitu doang nggak nulis. Haduuh. Padahal kalau mau fokus, nulis 1000, kata mah cepet aja ya mak.

    BalasHapus
  8. Ya ya, kebanyakan alasan. Itu saya banget. Wkwwkwk, sampai pernah lho sebulan cuma ada 2 atau 3 tulisan doang. Haa, padahal ide udah bertengger di kepala.

    BalasHapus
  9. Jadi intinya sih bukan tujuh. Tapi satu, yaitu kebanyakan alasan itu tadi. Toh semua alasan itu bisa disingkirkan kalau emang ada niat dan kemauan. Gak cari alasan demi pembenaran ya. Haha

    BalasHapus
  10. Aduh ini nonjok aku banget. Banyak alasan. Huhuhu iya mak, aku tuh banyak alasan deh untuk bisa ngeblog dengan rajin. Iya deh, nanti mau rajin. Bismillah. Hehehehehe...

    BalasHapus
  11. Update blog tuh emang effort banget sii..
    Apalagi ada yang bisa juga sambil update sosmed.
    Juara banget lah ini, bisa multi-task gitu.

    Jadi, mulai Narimo ing Pandum.
    kalo bisa, cuss.. kalo engga, ya yang paling penting, hari ini sudah bahagia melakukan hal-hal terbaik untuk orang-orang tercinta.

    Aiihh~
    Nyentil diri sendiri juga sii.. kenapa waktu teh abis-abis teruuss.. huhuh.. kurang well-planned nih..

    BalasHapus
  12. kalo aku sejujurnya karena waktu yang lebih banyak untuk bekerja di kantor, becanda sambil bekerja sih hehehhe, makanya di tahun ini bisa dibilang jarang update blog

    BalasHapus
  13. Sibuk adalah alasan sering yang saya ucapkan saat sudah lama nggak posting artikel blog
    Padahal semua bisa diatur dengan baik ya mbak

    BalasHapus
  14. Bener banget ulasan diatas mak...kalau aku pribadi disaat semangat bisa sehari 3- 4 tulisan sekaligus tapi disaat males bisa berminggu mimggu tidak update.

    Ngeblog proses healing

    BalasHapus
  15. Dari sekian banyak alasan, memang kebanyakan alasan lah penyebab utama jarang ngeblog. Itu kalau diriku yaa... selalu saja ada alasan permisif untuk tidak ngeblog. Hayuuk ah giat kembali menulis biar tidak hilang ditelan masa.

    BalasHapus
  16. Ya ampun gemas sekaligus malu-malu sendiri. Hal-hal yang disebutkan di atas ya pas banget. Alasan-alasan gak update blog, padahal ya alasan tinggal alasan. Dasar dari sononya malas, dan lupa pada semangat di awal ngeblog dulu.

    BalasHapus
  17. Semua alasan masuk akal untuk ibu beranak 3 seperti akyu. Toss dulu
    Dulu mikirnya anak sekolah bisa disambi nulis, ternyata tak semudah ituu.
    Anak sekolah ya emak tetep kerja kerjaan di rumah.
    Eh, tiba-tiba waktu udah nunjukin jam pulang sekolah aja, kudu jemput. Sorenya nganter les. Malem nemenin bocil belajar. Udah lelah mau buka blog.
    Berarti sekolahnya yang kurang lamaa. Haha

    Sama sih sosmed sama nonton drakor, dracin itu canduu. Kalau udah sekalinya nonton atau sekroll bisa lupa waktu

    BalasHapus
  18. draftku banyak numpuk, LOL, tapi memang ...banyak alasan. Hahaha udah lah gitu aja komentarnya.
    sampai ku tulis di draft judul-judulnya. Kalau niat, barulah nulis bertahap 1 sub bab pun tak apa karena kalau enggak nulis tuh kayak sayang gitu.

    BalasHapus
  19. Kayaknya aku yang poin banyak alasan deh.. wkwk karena mood lah karena gak sempet lah padahal ya ko drakoran bisa sih.. wkwk

    BalasHapus
  20. Aku cup yang "habis melahirkan" yaaa, karena 5 bulan lalu aku masih berpikir ah entar pas bayinya udah lahir bisa nulis banyak nih di rumah karena nggak sering keluar-keluar. Nyatanyaaa... baru buka laptop bayinya udah ngekngok. Pas bayi tidur, ada banyak hal-hal lain yang harus dikerjain.

    Bingung atur waktu yg mana dulu yg dikerjakan.. Alhasil, sudah 5 bulan melahirkan, cerita lahirannya belum ditulis-tulis juga.. ahahahah.

    BalasHapus
  21. Aku juga pernah lama gak ngeblog. Alasannya malas dan lebih suka habisi waktu nonton drama Turki. Hahhaha.

    Semangat ngeblog ada lagi kalau ada job mampir. Itupun bisa dihitung berapa bulan sekali baru ada job. Jadi ya gitu dehh tetap aja malas.

    BalasHapus
  22. "dessertnya berantem" hehehe... bisa aja Mak.
    Banyak ya, kalau mau di cari mah ada aja alasan buat nggak update blog. Saya pun banyak banget alasannya.

    BalasHapus
  23. kalau saya biasanya jarang update itu kalau karena sibuk nonton drakor. hihi. kalau nonton drakor itu bisa kepikiran terus soalnya dan jadi malas nulis

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)