Wujudkan Impian Rumah Kedua Untuk Masa Tua

Wujudkan Impian Rumah Kedua Untuk Masa Tua ~

Kalau ada rezeki dari Allah, pengin deh punya rumah kedua untuk masa tua. Ada yang serupa? Yup, selain berhaji, rumah untuk masa tua tuh impian saya juga. Bagi saya, rumah bukan tempat untuk pulang karena jarang pergi-pergi anak ini. Hiaaaa. Apalagi kerjaannya menyetok foto dari rumah selain menulis tentunya. Semua kegiatan dilakukan di rumah. Nah bagaimana ya mewujudkan impian rumah kedua untuk masa tua? Hmm, tentu nggak mudah sih tapi nggak ada salahnya berusaha semaksimal mungkin yakan karena rezeki nggak ada yang tau dan tidak akan pernah tertukar. 


Wujudkan Impian Rumah Kedua Untuk Masa Tua


Flashback waktu punya rumah yang sekarang ditempati, kira-kira 10 atau 11 tahun silam. Setelah 1 tahun menikah kami pindah dari rumah mamah saya. Jadi menikah lalu memiliki rumah sendiri adalah rezeki yang tidak saya sangka sebelumnya. Benar-benar nggak ada planning tentang rumah. Sampai suatu hari setelah kami menikah, ibu mertua memberi saran untuk mencari rumah untuk tinggal terpisah dari orang tua saya. Alhamdulillah dapat dan nggak pakai lama.


Rumah Kedua Untuk Masa Tua 

Kalau boleh meminta, rumah kedua ini nantinya untuk masa tua. Saya pribadi pengin pensiun, tinggal di rumah yang suasana dan lingkungannya cocok dengan pekerjaan saya sebagai Microstocker. Seperti rumah yang dekat dengan alam namun nggak terlalu jauh dari anak-anak. Kalau foto-foto alam kan tinggal melipir keluar, pasti sungguh asyik. Ngebayanginnya aja udah indah. Pengin suasana yang damai, nggak bising, nggak ketemu kejulidan #eh. Suasana alam yang hijau pasti menyegarkan mata dan otak. Vibesnya pengin kayak di Kebun Raya bogor gitu, asri. Hihi. 


Wujudkan Impian Rumah Kedua Untuk Masa Tua

Rumah kedua untuk masa tua, bisa fokus menyiapkan bekal akhirat, menebar kebaikan, jauh dari lingkungan yang toxic. Syukur-syukur dekat sungai, bisa berkawan dengan suara air yang menenangkan. Pokoknya rumah kedua untuk pensiun dan menikmati hari tua ini bahagia deh kalau terwujud. Walau semakin lama ya semakin menua, saya ingin tetap nyetok foto-foto. Amiin.


Rumah Kedua Untuk Investasi 

Wujudkan Impian Rumah Kedua Untuk Masa Tua


Impian rumah kedua untuk masa tua bisa juga sebagai investasi. Mungkin sebelum ditempati, rumah tersebut akan disewakan lalu uangnya ditabung. Tapi masalahnya rumah yang sekarang kan belum kelar cicilannya, huhuw. Cita-cita sebelum usia 40 tahun udah lunas rumahnya dan siap-siap melanjutkan rencana lain. Persiapan untuk membeli rumah kedua kurang lebih sama dengan rumah pertama. 

Saya belajar dari memilih rumah pertama, tidak mau terulang lagi. Benar-benar harus teliti sebelum membeli rumah. Mulai dari lokasi yang tepat, lingkungan rumah yang baik, tidak banjir, dan lain sebagainya kami pelajari dari pengalaman beli rumah pertama. Apakah mau rumah dengan cara membeli tanah dulu atau mengincar rumah yang pakai developer. 


Menyusun Rencana dan Target

Actionnya adalah menyusun rencana keuangan kembali dan target usia pensiun. Kalau pak suami di usia 55 tahun, nextnya memang doi pengin usaha makanan gitu deh. Kegiatan apa yang akan dilakukan perlu dipertimbangkan. Menentukan lokasi rumahnya di mana, nanti mau ngapain aja karena semuanya itu berkaitan. Tentukan juga budget rumah yang ingin dibeli jangan sampai mengganggu keberlangsungan hidup ya. Nggak seru kan kalau keuangan jadi amburadul karena maksain beli rumah kedua. Buat yang pengin tau gimana penghitungan KPR bisa cek link ini ya Mortgage Calculator

Wujudkan Impian Rumah Kedua Untuk Masa Tua

Masukkan penghasilan, bila pasangan memiliki penghasilan bisa dimasukkan (join), bisa dihitung ya, bonus, dan lain-lainnya seperti lembur, nanti akan ketahuan jumlah perhitungannya. Sebelum melangkah lebih jauh mengajukan KPR, sangat penting untuk menilai kelayakan keuangan dan kita pun jadi tau seberapa besar kemampuan per-bulannya. Sedikit cerita waktu membeli rumah pertama, kami pilih cicilan dengan jangka waktu 15 tahun. Uang muka a.k.a DP (down payment) dibantu dari ibu, hehe. Alhamdulillah DP waktu itu, dari hasil dipinjamkan ibu. Pengajuan KPR dengan penggabungan penghasilan maming dan paping. Yaa, saat itu saya masih bekerja. 


Jaga Kondisi Keuangan

Pastikan kondisi keuangan sehat selalu. Menjaga kondisi keuangan secara disiplin, bisa dicoba dengan melakukan pencatatan pos pengeluaran dan pemasukan. Mencatat biaya yang keluar dan masuk, membuat kami lebih aware lagi dengan kondisi keuangan. Tidak melakukan pembelanjaan yang impulsif, membawa bekal, membuat menu masakan dalam seminggu bahkan sebulan, kenapa enggak?. Menerapkan food preparation kecil-kecilan bisa menghemat bahan-bahan di dapur. Alhasil uangnya bisa dibelanjakan untuk camilan anak-anak lho. Kamu tetap bisa jajan secukupnya tanpa mengganggu anggaran pengeluaran yang udah semestinya contohnya biaya sekolah, bayar pajak kendaraan juga pajak rumah. Semua pos pengeluaran juga kudu tepat waktu dibayarkan, jangan ditunda-tunda yes. Kalau kondisi keuangan telah sehat, tinggal next step cari cara supaya bisa membeli rumah kedua, gimana caranya. Lagi-lagi uang nih? Tidak lupa berdo'a.





Mencari Penghasilan Tambahan


Masa bertumbuh masih berlangsung, selama berada di usia produktif selayaknya kita bekerja dengan ikhlas dan selalu semangat dong. Semangat bekerja adalah suatu hal yang harus dilakukan selain bakat, kerja, kerja, kerjaaa. Kalau Cristiano Ronaldo bilang "talent without work is nothing" dikutip dari artikel BBC Worklife.

Penghasilan tambahan bisa aja dicari, apalagi berbagai kemudahan yang bisa dirasakan seperti berjualan secara online atau kalau ibu-ibu mau, bisa mencoba program afiliasi ya. Saya pribadi mencari penghasilan tambahan buka jasa foto produk, walaupun nggak rutin layaknya orang gajian, penghasilan itu datang ketika kami butuhkan, udah cukup. Ketika butuh untuk rumah kedua, semoga cukup ya. Amiin kenceeng. 


Menabung Dan Investasi

Setiap ada keinginan harus ingat nabung-nabung, dan mengeluarkan yang sesuai kebutuhan aja. Berinvestasi menjadi salah satu jalan mewujudkan impian. Investasi dunia dan akhirat yaaa. Temans bisa mencari ilmunya, jangan tergiur hasil yang cepat. Faktanya sekarang tuh udah banyak sekali tutorial belajar investasi, media sosial tinggal pilih yang sesuai dengan kenyamanan teman-teman. Kalau saya, saat ini optimis dengan jualan foto online yang nantinya menjadi salah satu investasi. Do'akan yaaa.


Wujudkan Impian Rumah Kedua Untuk Masa Tua



Btw, Ugo makin besar, kebutuhan kamar 1 lagi nampaknya harus dipertimbangkan deh ini karena formasi di rumah adalah 2 anak perempuan dan 1 anak lakiiik. Rumah baru atau renovasi ye? Semoga dimampukan ya, do'akan, amiin. Nah gimana nih, semoga artikel Wujudkan Impian Rumah Kedua Untuk Masa Tua memberi manfaat ya.



Komentar

  1. Ahaa, aku pun lagi otw terus meminta buat rumah kedua dan ketiga niih bisa buat invest masa tua nanti. Semoga kita tetanggaan juga ya Ci, Aamiin.
    Nah, enak banget sekarang banyak tipsnya untuk menentukan juga budget rumah yang ingin dibeli agar ga mengganggu yang sekarang.
    Bisa sambil kepoin juga gimana penghitungan KPRnya, duh canggih sekarang mah ya bisa cek pake Mortgage Calculator.

    BalasHapus
  2. Nah ini, aku juga punya nih plan rumah masa tua. Kepengen yang kecil aja, tapi asri, sejuk, dan banyak tanaman hijau. Biar nanti kalo tinggal berdua bareng suami, gak kosong melompong karena ditinggal anak-anak yang udah pada pisah rumah dan tinggal bareng keluarga kecil mereka. Aamiin, semoga bisa segera terwujud nih rumah kedua, rumah untuk masa tua.

    BalasHapus
  3. Saya juga ingin rumah kedua. Utamanya untuk investasi karena rumah sekarang sudah cocok dijadikan sebagai rumah untuk tua. Karena selain dekat tempat tinggal anak-anak, fasilitas kesehatan, tetangganya juga sik-asik. Nah untuk rumah kedua ini emang belum dapat sumber dananya dari mana. Mungkin harus cari penghasilan tambahan seperti saran di atas ya Mbak. Saya doakan Mbak segera terujud impiannya agar segera dapat rumah kedua. Amin

    BalasHapus
  4. Aamiin mbaaa semoga dilancarkan planning untuk rumah kedua nya, memang beli rumah tuh challenge banget dan aku tuh ngerasa kalau beli rumah sebagai salah satu bentuk kedewasaan dan tanggung jawab hihi

    BalasHapus
  5. Cita-citaku ingin sekali punya rumah masa tua di pedesaan yang masih sejuk gitu. Jauh dari hiruk pikuk suasana ibu kota, bangun pagi tuh segar lihat sawah atau yang hijau-hijau. Aku sudah mencari loh dari sekarang, sambil cek ricek harganya juga. Karena rumahkan merupakan investasi yang bagus karena naik terus.

    BalasHapus
  6. salah satu impian aku dan pak suamik memiliki rumah tua yang asri dan pekarangannya cukup luas sehingga bisa sambil berkebun dan berternak

    BalasHapus
  7. Anonim2:30 PM

    Semoga terkabul ya Mbak cita-citanya, aku jjuga pengen punya rumah sih, atau bisa membeli rumah yang sekarang kami tempati ini. Semoga Allah mendengarkan doa-doa kita ya Mbak.

    BalasHapus
  8. Semoga impian memiliki rumah kedua bisa terwujud ya mbak, setelah cicilan rumah pertama beres tentunya. Dengan pertimbangan yang lebih matang dan juga pelajaran dari saat membeli rumah pertama dulu, insyaallah lancar nantinya

    BalasHapus
  9. Setujuu, sebelum membeli rumah itu harus benar-benar teliti. Memperhatikan lokasi yang tepat, lingkungan rumah yang baik, tidak banjir, dan lain sebagainya.
    Semoga impian rumah keduanya bisa terwujud yaa...

    BalasHapus
  10. Semoga bisa terwujud ya mbak. Kalau saya saat ini masih belum ingin mewujudkan rumah kedua karena rumah pertama aja belum punya hehehe. Saat ini kami masih tinggal di rumah orang tua.

    BalasHapus
  11. Semangat Mba buat keinginan rumah keduanya, aku juga lagi berusaha untuk itu, kecil gak apa asalkan nyaman. Btw kalo rumah dekat sungai, kapok mba. Rumah yang sekarang kek gituan, eh suka kebajiran hehehe. Awalnya asik tapi makin ramai orang apalagi mulai banyak Perumahan, duh seringbanjir

    BalasHapus
  12. Semoga rencananya dipermudah yaaaa. Aku pribadi pengen juga punya rumah dan kalau bisa buat sekalian masa tua gitu. Tapi ya tetap ya lihat nanti. Pasangan aja belom ada, hehehe

    BalasHapus
  13. Woah... udah rumah kedua aja ya Mbak. Saya dan suami masih berjuang untuk rumah pertama. Huhu...

    BalasHapus
  14. Vibes rumah kedua seperti Kebun Raya Bogor..Aamiin. Sampai nanti masih terus foto-foto untuk investasi. Masih terus berkegiatan seperti saat ini. Aamiin...Semoga semua doa dikabulkan-Nya. Semangat Mbak

    BalasHapus
  15. Pengeen rumah berikutnya yg dekat banget sama masjid syukur2 di depan masjid....impiaan banget sejak dulu tapi suami masih malas2an beli rumah lagi.

    Semoha lancar ya maak memiliki rumah kedua dan mendatangkan rejeki

    BalasHapus
  16. Impian banget nih punya rumah kedua yang agak menjauh dari kota trus bisa buat pensiun gitu. Atau kalai bisa sesuaikan jumlah anak, kalau anaknya 2 ya punya 3 rumah, 2-nya buat anak haha aamiinin duluuu :D
    Semoga ada selalu rezekinya buat menabung, investasi, dan mewujudkannya aamiin

    BalasHapus
  17. Kadang suka merasa "Gimana bisa keloka keuangan dan penuhi berbagai impian masa depan?"
    Tapi saat ini hal tersebut bisa dengan mudah diwujudkan menggunakan Mortgage Calculator. Dengan perhitungan yang tepat, kita sendiri yang mengalokasikan dana untuk keperluan masa depan secara mendetil dan terperinci.

    BalasHapus
  18. Selama 38 tahun tinggal di sini (saya tinggal di sini dari lahir, pas nikah pindah rumah tapi masih komplek yang sama hihihi) hidup nyaman banget... Tiba-tiba setahun yang lalu ada tk di sebelah rumah, mengganggu banget... Semoga ada rezeki buat beli rumah di tempat lain untuk masa tua yang tenang dan nyaman...

    BalasHapus
  19. Aku juga pengen punya rumah kedua untuk masa tua
    Pengennya sih di Yogya
    Semoga setelah KPR rumah pertama lunas, bisa punya rumah kedua
    Hehe

    BalasHapus
  20. impianku anak 2 berarti punya rumah 2, buat bekal anak entah dipakai atau tidak yang penting kasih bekalnya dulu. Aamiin ...
    kalau rumah buat di masa tua aku maunya campervan aja, wakakak... biar bisa keliling dunia.

    BalasHapus
  21. aku juga punya impian punya rumah kedua di daerah yang sejuk mak
    dekat persawahan atau pegunungan gitu
    pengen ngabisin masa tua di tempat yang nyaman dan ga bising
    tapi ya itu masih panjang nih perjalnannya mesti nabung, investasi dan kerja keras :D

    BalasHapus
  22. aamiin aku pengen punya rumah kedua juga,moga kita dimampukan diberikan kekuatan untuk mewujudkan impian

    BalasHapus
  23. Semoga terwujud rumah keduanya ya Mak, aku pengen punya kosan buat investasi di masa tua, Alhamdulillah rumah pertamaku sudah lunas tahun ini benar-benar perjuangan ya memiliki rumah sendiri..semoga sehat semuanya yaa

    BalasHapus
  24. Jadi pengen itung-itung juga biar tahu apa yang perlu biar bisa punya rumah impian lagi. Kalau ga hitung-hitung dengan benar susah pastinya. Untung sekarang ada morgage, coba lagi ah

    BalasHapus
  25. Aaamiiiin mba, semoga nanti bisa terlaksana utk punya rumah kedua yaaa 👍❤️. Ga ada yg ga mungkin kok. Rezekj bisa datang drmana aja.

    Kayak aku dan suami, kami dulunya juga punya cita2 mau punya rumah sendiri.tapi kok yaa pas nikah Diksh kado pernikahan Ama mertua rumah di Deket rumah mama juga. Trus lagi berpikir pengen punya rumah kedua, eh ndilalah mertua meninggal dan warisannya kami dpt apartemen, dan beberapa rumah di JKT, Bekasi dan solo, juga tanah. Ga ada yg nyangka. Jadi apapun bisa aja terjadi.

    Krn dpt rezeki ini, akhirnya Bbrp rumah kami sewain dan bersyukur ada juga disewa Ama Alfamart. Jadi lumayan banget buat passive income kan. Berharap cita2ku ttp bisa traveling bakal terwujud di hari tua nanti.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)