Sayur Ketupat Sambal Goreng Ati Menu Lebaran

Sayur Ketupat Lebaran dan Sambal Goreng Ati Bikin Susah Move On ~ Masya Allah nggak terasa ya kok udah di ujung ramadhan. Sedih, karena suasana ramadhan tuh spesial, beda. Suasananya hangat. Kalau boleh request maunya kayak ramadhan aja deh tiap bulan :)). Btw, lebaran sebentar lagi. Banyak yang dikangenin karena udah 2 tahun terakhir ini terpenjara gara-gara corona. Apa sih yang paling dikangenin saat lebaran?


Sayur Ketupat Sambal Goreng Ati Menu Lebaran


Setelah menikah, saya dan suami memutuskan untuk bergantian tempat ketika hari pertama lebaran. Tahun lalu di rumah ibu mertua, tahun ini berarti di rumah mamah saya. Udah hampir 10 tahun dilakukan secara damai. Heheu. Kalau di rumah ibu mertua di Bekasi, tidak ada sayur ketupat labu siam ala Betawi tapi tetap hadir opor dan sambal krecek. Saya juga sempat mencari sambal goreng ati huhu. Kangen masakan mamah saat lebaran.

Sayur ketupat lebaran khas Betawi si mamah, isinya pasti labu siam, ebi, dan pete. Seingat saya itu sih, kadang ada yang pakai kacang panjang. Ah sedapnya, potongan ketupat diguyur kuah sayur itu. Mamah juga pasti memasukkan ayam kampung pada sayur ketupatnya. Bapak tuh selalu dari dulu konsisten, makan ayam ya kudu wajib ayam kampung. 

Selain sayur ketupat, ada ayam goreng dan sambal goreng ati. Kadang ada juga semur daging. Ibaratnya momen perbaikan gizi dimulai 😄.

Resah banget rasanya, udah lama nggak makan sayur ketupat dan sambal goreng ati. Baiklah saya coba buat sendiri kali ini ya. Bedanya ini saya hanya buat porsi kecil ya, sedikit. Dan suami nggak mau pakai ebi. Cukup pete dan ayam kampung. Kemarin beli petai 2 papan harganya 15 ribu. Dari awal ramadhan masih belum turun juga. Biasanya 10 ribu dapat 3 papan. Baiklah, cus kita masak!


Resep Sayur Ketupat Lebaran

1 Buah Labu Siam Besar

8 Potong Ayam Kampung 

500 ml santan

10 Siung Bawang Merah

5 Siung Bawang Putih

1 sdt ketumbar

1 sdt garam

1 sdt kaldu

5 Buah Cabai Merah

1 ruas jari Lengkuas geprek

2 batang Sereh

1 ruas Jahe geprek

5 lembar Daun Salam

4 lembar Daun Jeruk

1 papan petai 


Sayur Ketupat Sambal Goreng Ati Menu Lebaran


Cara Memasak Sayur Ketupat Lebaran

1. Potong korek labu siam

2. Haluskan bumbu bawang putih, bawang merah, ketumbar, cabai merah

3. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang

4. Didihkan air, lalu masukkan ayam

5. Masukkan bumbu beserta lengkuas, sereh, jahe, daun salam dan daun jeruk.

6. Labu dimasukkan setelah ayam empuk. Dan tidak perlu waktu lama menggodoknya. Terakhir, masukkan petai.


Untuk ayam kampung, kalau nggak mau pakai ayam kampung, bisa pakai tetelan daging sapi ya. 

Sebenarnya ayam kampung bisa pilih yang ayam betina aja, masak empuknya lebih cepat. Sedangkan kalau yang ayam jantannya pilih yang muda, memang lebih lama masaknya sih kalau nggak gitu, biasanya masih alot. Nah rasanya tentu lebih gurih ayam kampung^^.

Yang jelas sedap juga karena ada petai.

Setelah masak sayur ketupat lebaran. Mari kita masak sambal goreng ati dan kentang. Saya nggak pernah masak jeroan sapi karena tatut. Dulu juga suka dikasih wejangan sama bapak, hindari makan jeroan 😄. 

Kalau menu yang satu ini memang seringnya saya jumpai saat idul fitri. Mama biasa keseharian masak ikan dan sayur.

Pokoknya kalau lebaran sih beneran lebaaaaran. Menunya terasa spesial, apalagi yang satu ini, sambal goreng ati. Saya buat hanya sedikit ya di resep.


Resep Sambal Goreng Ati

250 gr hati sapi

1 buah kentang ukuran besar

1 papan petai

10 Siung Bawang Merah

5 Siung Bawang Putih

8 buah Cabai Merah

1 sdt garam

1/2 sdt kaldu bubuk

4 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

1 batang sereh

100 ml air


Cara Memasak Sambal Goreng Ati

1. Rebus ati sebentar aja, kira-kira nggak sampai 10 menitan, supaya ati tidak hancur saat dipotong

2. Potong ati dan kentang bentuk dadu sesuai selera ya. Kalau saya lebih prefer kecil-kecil karena lebih enak.

3. Goreng ati dan kentang lalu tiriskan

4. Haluskan bumbu bawang beserta cabai, lalu tumis sampai harus dan matang. Beri sedikit air dan masukkan daun salam, jeruk, sereh.

5. Masukkan ati dan kentang beri garam dan kaldu

6. Terakhir masukkan petai yang telah dipotong kecil


Sayur Ketupat Sambal Goreng Ati Menu Lebaran


Banyak resep menggunakan santan tapi saya skip santan saat memasak sambal goreng ati ini. Santan membuat lebih enak, cuma kalau nggak ada santan tetap enak kok karena bumbunya udah melimpah. Ada juga yang merebus ati dengan mencampur daun salam, jeruk, jahe supaya tidak berbau amis. Sila teman-teman pilih yang sesuai selera ya. Direbus tanpa rempah itu juga nggak apa, asal potongnya kecil, IMHO.

Alhamdulillah udah jadi deh menu wajib keluarga saat lebaran. Tinggal cari ketupatnya. Ini biasanya yang selalu ada di rumah mama. Mungkin kalau anak-anak udah besar tiap lebaran saya bakalan rutin masak ini juga. Sayur ketupat dan sambal goreng ati mereka juga bisa makan karena nggak pedas banget. Tadinya mau masak semur daging juga yang khas si nyai. Ah tapi next aja deh ya 😂.

Kalau kalian gimana? Menu wajib saat lebarannya apa, sharing yukkk di kolom komentar ya^^

Komentar