Ayat dan Hadis Penyemangat Diri

by - October 21, 2021

Ayat dan Hadis Penyemangat Diri ~ Gimana kabar kehidupan kamu? Kayaknya 2021 tuh beneran nggak disangka-sangka ya ada gelombang kedua di bulan Juli lalu. Banyak sekali yang mengira 2021 itu harapan dari kelamnya 2020 tapi nyatanya di 2021 juga masih sama kelam. Kita mengalami ketakutan dan kecemasan pada hal yang sama yaitu corona. Bumi belum pulih. Walau casenya sekarang menurun, rasanya beberapa manusia masih bertindak seenaknya. Semoga nggak ada gelombang ke-3. 

Ayat dan Hadis Penyemangat Diri


Btw, sebentar lagi 2022. Katanya tahun baru semangat baru kan. Udah mulai menata hati belum #laah kok bawa-bawa hati sih cig?! Okee okee. Mau bahas ayat dan hadis favorit aja ini. Ada kah kamu yang sama dengan akoh, anak quotes? 🤣 maksudnya setelah baca dan ingat ayat, hadis semacam quotes favorit jadi lebih setrong gitu. Kadang dibikin bete sama orang lain lalu kita baca sesuatu, udah aja jadi nggak bete lagi. Buka-buka youtube, dengerin kajian penyejuk hati, itu debesss deh. 

Seringkali juga kan setelah mendengarkan lagu jadi moodnya bagus lagi, ditambah camilan dan tontonan favorit. Haha. Udah deh jadi mengkhayal.

Hmmm. . Ngalor ngidul nih jadinya. Saya mau cerita dikit, minggu lalu ada kejadian yang bikin kaget tapi nggak bikin saya sakit hati juga. Cuma kaget aja. Ternyata banyak orang paham tapi nggak dilakuin. Contoh: makan buah itu sehat, tapi banyak juga yang nggak makan buah terlepas dari kemampuan dia beli buah ya. Dia mampu beli tapi dia nggak mau aja belinya. Judulnya dia nggak mau. Dia tau itu sesuatu yang salah tapi dia melakukannya juga. 

Walau kamu tau orang tersebut nggak bakal marah, bukan berarti kamu bisa seenaknya.
Yakan.

Kalau lagi ada yang nggak ngenakin, suka cakep ye bikin kalimat-kalimatnya. Dan saya mah kalau lagi bahagia nggak bisa puitis 😂.  Balik lagi ke ayat, hadis atau quotes favorit kamu.

Ayat dan Hadis Penyemangat Diri

Lagi Mau Marah

Ayat dan Hadis Penyemangat Diri
Pixabay


Ingat hadis: "La taghdob walakal Jannah (janganlah marah maka bagimu surga)."

Mau marah? eitsss, entar dulu deh. Tahan dulu. Jangan ngapa-ngapain kalau sedang marah. Mending diam dulu daripada nyesel kemudian!. 


Mau Ngomongin Orang, Remind This. 

“Barangsiapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Memang nggak mudah buat ngerem omongan tentang keburukan orang lain, tapi insya Allah balasannya luar biasa. Dari materi HSI Abdullah roy, iman dan amal shaleh adalah sebab seseorang mendapatkan keamanan di hari kiamat, salah satunya ya menutupi aib orang lain.


Ayat dan Hadis Penyemangat Diri
Pixabay



Kesel Sama Anak

Rasulullah Saw telah bersabda, "Barang siapa dapat mengasuh dua orang anak perempuannya hingga dewasa, maka aku akan bersamanya di hari Kiamat kelak.’ Beliau merapatkan kedua jarinya.” (HR. Muslim).

Kesel pasti ada, tapi coba deh ingat aja kalau lelahnya kita mendidik anak akan mendapat pahala yang besar. Niatkan untuk mendapat ridho Allah aja, insya Allah PLONG! 


Nggak Bersemangat, Kecewa Berat

Suka banget sama ayat ini, yakin bisa semangat kembali, nggak sedih-sedihan lagi, pokoknya harus semangat ceria walau dikecewakan.

"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (Al-Insyirah 5-6

"Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman." (Q.S. Ali Imran: 139)


Insecure

Setiap manusia itu unik. Jadi nggak perlu insecure ya. Dan banyak-banyak bersyukur sehingga Allah menambah lagi nikmatnya untuk kita. 

Ingat ayat ini deh "Sungguh, kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya". (QS. At-Tiin : 4)

Kira-kira masih berani insekyuuur kah? Nggak lagi-lagi kaaan. 


Ayat dan Hadis Penyemangat Diri
Pixabay


Hmm, perkara dikecewakan orang lain menjadi pahala buat kita. Ingat kajian yang ini nih, kata ustad "Jangan marah, kan lagi ditransfer pahala. Ditransfer uang aja bahagia, gimana iniii ditransfer pahala? Hayoo, masa nggak mau ditransfer  pahala?".

Oiaaa ye stad. . Baiklaaaah. Semoga dengan kesabaran kita, pahala kita juga bertambah ya. Amiin. Lebih baik menahan sabar di dunia daripada menahan siksa di akhirat. Sungguh tak kan shanggup. Kalau kamu gimana? Apa quotes penyemangat hidup kamu? Tulis di komen ya. . 

Semoga tulisan Ayat dan Hadis Penyemangat Diri ini bermanfaat ya. Terima kasih telah bersedia membacanya. 

You May Also Like

18 comments

  1. Hemm kegiatan-kegiatan ini mudah banget terjadi apalagi gosip, bahkan ini harus dihindari dan salah satunya dengan dzikir. Memang banyak banget manfaat ayat dan hadis kalau kita baca.

    ReplyDelete
  2. Al-Quran dan hadist selalu mempunyai jawaban dari setiap hal yg kita alami,
    Aku paling sering dengar ayat
    Al-Insyirah 5-6 dikala merasa sedih dan kecewa

    ReplyDelete
  3. Kl kita tdk sedang solat Allah sdh menyediakan sarana utk ketenangan siri ketika sedang galau, KZL thdp apa atau siapapun. Al Qur'an t4 kita menenangkan diri. Iya, kan?

    ReplyDelete
  4. Subhanallah.. Iya nih langsung cesss bacanya. Bikin gini lagi dong Mbak Ucig besok-besok.
    Aku kayaknya menghafalkan hadist kalau menyangkut pelajaran anak-anak 🤣

    ReplyDelete
  5. Memang harus banyak2 membaca yang seperti ini buat kendali dan biar hati terus adem ya, mbaak.

    Makasih udah sharing, ya.

    ReplyDelete
  6. ya Allah, nyes banget baca ini
    duh banyak salah nih
    emang harus banyak baca ya, banyak ayat dan hadis yg bisa jadi penyemangat kita saat kesulitan

    ReplyDelete
  7. Trims remindernya Mba. Memang saat lagi down, marah, kesal kalau inget ayat atau hadits seperti ini bikin adem ya.

    ReplyDelete
  8. Iya, ga perlu marah. Kan pahala saat didzolimi itu sangat besar jika tetap sabar dan ikhlas.
    Tapi ya itu... orang sabar itu subr. Kalau subr ladang rezekinya, alhamdulillah. Kalau subur badannya, yo wes, pancen rezekinya juga. hihihi

    ReplyDelete
  9. Penyemangat banget kalau ingat hadits atau ayat yang pas sama apa yang sedang kita alami.
    Kalau aku yang paling berkesan itu saat "Jangan menggantungkan apapun kepada manusia, karena akan sering kecewa. Gantungkanlah apapun kepada Allah."

    Ini tuh bener bisa bikin aku gak galau misalnya...minta sesuatu sama suami atau anak-anak, tapi belum diturutin.

    Bismilah.
    Semoga semuanya dilapangkan. Ya hatinya, ya dompetnya...
    Hehhee~ aamiin.

    ReplyDelete
  10. Berdoa makin membaik semoga gak ada lagi gelombang-gelombang baru datang.
    hadist-hadist penyemangat kaya gini perlu dibaca trus maklum lah kadang turun semangat

    ReplyDelete
  11. Hadits lataqdo sering saya gunakan kalau anak2 lagi emosi.. Xixixi.. Dan ampuh. Mereka masih emosi, tapi berusaha ditahan. Iya bener2 penyemangat banget tuh mba Ucig. Ma kasih yaa remindernya

    ReplyDelete
  12. Masya Allah ini kayak ditampol pipi setelah baca hadis dan ayat-ayat dari Al-Qur'an. Sebenarnya semua jawaban dari keresahan manusia tercantum dalam kitab suci ya. Cuma kita nggak paham penafsirannya. Semoga ini jadi peganganku ketika berada di posisi itu.

    ReplyDelete
  13. Hadits yang nomer satu itu, hadits yang paling serungy terdengar di rumahku, Mbakkk.. hihi...soalnya emaknya suka marah-marah, trus para bocah langsung deh ngeluarin haditsnya. Huhu malu aku jadinyaaa :D

    Btw "quote" dari Al-Qur'an dan hadits tuh memang bagus-bagussss ya Mbak.. pengobat hati. Paling sering juga aku ingetnya soal bersyukur. QS. Ibrahim ayat 7 😊

    ReplyDelete
  14. pengingat banget mak ucing hiks
    aku ini sellalu naik turun hati selama di sini
    tapi ALLAH selalu membuat kita mengingatnya selalu dengan jalanNya seperti skrg aku baca tulisanmu tengkyuuuu mak

    ReplyDelete
  15. Masyaallah reminder nya pas banget dengan kondisiku yang lagi insekyur plus sebel sama orang. Hehe. Aku sampai mikir aku kurang kompeten, kurang ini dan itu. Padahal aku juga diciptakan dengan berbagai keunggulan oleh Allah

    ReplyDelete
  16. Setiap mau marah, anak saya selalu bilang La taghdob walakal Jannah, ga jadi deh marahnya hehehe.

    ReplyDelete
  17. baca hadist yang kesel sama anak, auto mewek.. Masya Allah segitu besar janjinya...
    Makasih mbak remindernya. HAdist-hadist seperti ini harus dipajang di rumah ya..sebagai reminder. Aduh, aku kok baru inget ya...

    ReplyDelete
  18. Duh bacanya jadi makyees di hati mak, makasih untuk referensi hadis dan ayatnya. Kalau pas mengalami hal-hal di atas bisa jadi reminder diri nih

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)