Skip to main content

Sekolah Magang Indocement dan Gemari yang Menginspirasi

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain” 
Ya, apalah arti hidup di dunia tanpa berguna untuk yang lainnya? Betul nggak sih. Saya  banyak dapat pelajaran ketika mengunjungi SMI yaitu Sekolah Magang Indocement. 


doc. Official Instagram Harmoni3Roda


Selasa, 31/10 saya bersama beberapa blogger baik hati berkesempatan visit factory Indocement di daerah Citeureup, Bogor. Perusahaan semen yang terkenal cukup besar. Familiar kan dengan Semen Tiga Roda? Nah, itu Indocement ^^




Kami semua disambut hangat oleh ibu Dani Handajani selaku Corporate HR Division Manager Indocement, bapak Aditya Purnawarman (CSR Dept.Head), dan bapak Bambang Priyanto staff CHRD.

Well, Indocement memiliki program CSR yaitu SMI. Sekolah Magang Indocement (SMI) ini ternyata sudah ada sejak tahun 1986. SMI memang berada di dalam kawasan pabrik. Ada yang di Citeureup dan Palimanan. Jadi kegiatan SMI itu memberi bekal berupa keahlian dan etos kerja untuk masyarakat desa di sekitar pabrik Indocement. Mulia sekali ya. Ilmu memang lebih penting dibandingkan memberi sesuatu berupa harta benda. Pihak Indocement merangkul beberapa kepala desa untuk melakukan seleksi peserta Sekolah Magang Indocement. Dan harus merata.

Beberapa keahlian meliputi Kejuruan Teknik, Kejuruan Jahit dan Aneka Kejuruan.

Wow! Saya kagum ada kejuruan jahit di sana. Hmm, menurut bu Dani "ini kan CSR, kalau mau memberi ya memberi saja, nggak harus yang berhubungan dengan semen atau pertukangan toh." 

1. Kejuruan teknik : Otomotif, Mekanik dan Elektrik
2. Kejuruan Menjahit : Jahit Dasar, Jahit Terampil, Jahit Bordir, Jahit Operator Garmen
3. Aneka Kejuruan :
    a. Operator Forklift
    b.Teknik Konstruksi Bangunan
    c. Montir Sepeda Motor
    d. Pelatihan Peternakan Kambing, Domba, Ayam
    e. On-the-job Training Mengenal Alat Berat

Keseruan semakin berlanjut saat kami langsung berinteraksi dengan peserta sekolah Magang. Melihat suasana ruangan kelas. Pengajarnya pun bukan orang sembarangan, dan memang orang yang sudah ahli di bidangnya.

Sekolah magang juga bekerja sama dengan KODIM untuk menjaring generasi muda supaya bisa mengikuti sekolah magang.


Para Peserta Sekolah Magang

Para alumni yang siap berbagi cerita dan pengalaman setelah mengikuti sekolah magang Indocement.

Awalnya, Bapak Abdul Azis ini bekerja sebagai tukang hanya pakai perkiraan akal sehat saja. Nggak mengerti teori pastinya seperti apa. Namun setelah ikut sekolah magang selama 2 minggu, beliau jadi tahu bagaimana ilmu pertukangan yang benar. Semua semakin mantap. "Handphonenya krang kriiiing teruuuus." Curhat bapak Abdul Azis dengan gaya lucu.


Bapak Abdul Azis

Hadir juga alumni Teknik Las yaitu Budi Hermawan dan Anto Suryanto
Saat ini bapak Budi bekerja projek las tangki dan bapak Anto menjadi pengajar di sekolah.

Sertifikasi yang spesial.
Sekolah Magang Indocement memberikan sertifikat untuk peserta didik yang telah berhasil mengikuti serangkaian pelatihan. Seperti ini ya sertifikatnya. 




Sertifikat tersebut setara dengan Balai Latihan Kerja Disnaker. Dengan adanya sertifikat dari SMI menjadi lebih dihargai dan tidak dipandang sebelah mata. Ketika para alumni menuturkan ceritanya. Suasana pagi menjelang siang itu menjadi semakin haru bahagia. Ada proses yang harus dilalui untuk sebuah keberhasilan. Kemauan dan semangat mereka sangat saya rasakan.


Penyerahan Sertifikat

Saat ini sudah memiliki 12 desa mitra dengan 3 komunitas. Memang ada cita-cita Indocement untuk menjadikan Citeureup sebagai camp tukang. Tukang yang bagus dan profesional.

Kami juga langsung melihat peserta yang sedang praktik. Terik panas menyengat tapi tetap semangat.




Selain berkunjung ke SMI, kami juga diajak melihat GEMARI (Gerakan Masyarakat Mandiri). Lokasinya tidak jauh dari sekolah magang. Gemari sudah mulai aktif tahun 2009 di atas lahan seluas 1.200 m2. Berawal dari perbaikan motor roda dua ini menjadi lokasi pelatihan keterampilan di bidang perbaikan motor bagi masyarakat desa mitra.


doc. Official Instagram Harmoni3Roda

Gemari bergerak di 4 bidang:
  1. Pelatihan bengkel sepeda motor
  2. Inkubator Plasma bengkel sepeda motor
  3. Pelatihan dan usaha kerajinan tangan (handycraft)
  4. Pelatihan dan pengembangan serta usaha ikan hias

Omset rata-rata per bulan, total 4 bidang Gemari mencapai 16 juta rupiah. Dalam upaya menuju kemandirian di dalamnya terdapat 3 warga desa mitra yang dilibatkan untuk bekerja. Mereka berasal dari desa Lulut, desa Bantarjati dan 1 orang kepala instruktur dengan sertifikasi nasional berasal dari Bogor.


pelatihan bengkel sepeda motor

Selain memiliki omset, Gemari juga memiliki prestasi. Ah keren banget!



ada yang melukis lho. 

Dalam showcase nya handycraft...lucu-lucu ya. Sebetulnya masih banyak lagi, tapi nggak semua saya insert di sini ya.






Sedangkan ikan ini adalah Neon Tetra. Ikan yang diekspor untuk bahan dasar kosmetik. Ikannya keluar negeri lho!


Indocement memiliki peranan dalam pembentukan Gemari:
Memberikan pelatihan di bidang kerajinan, usaha perbengkelan dan mesin otomotif roda dua juga budaya ikan hias

Mempromosikan keahlian alumni pada perusahaan di wilayah sekitarnya.

Menawarkan kerjasama pemeliharaan dan perbaikan kendaraan operasional roda dua kepada instansi pemerintah dan perusahaan setempat.

Membantu promosi dan publikasi Gemari
Sebagai mitra Gemari dalam hal penyediaan handycraft atau merchandise untuk event Indocement, pembuatan miniatur beberapa, proses produksi Indocement.

Pengembangan prestasi maupun kompetensi warga masyarakat yang dilibatkan untuk bekerja di Gemari misalnya berupa partisipasi dalam kejurnas Instruktur otomotif, dll.

Sebelum makan siang bersama kami juga berkeliling di I-Shelter. I-Shelter ini merupakan safety space, tempat pelatihan prosedur keamanan kerja. Terdapat prosedur dan alat kerja yang standar supaya bekerja dengan aman. .


doc. Official Instagram Harmoni3Roda



salah satu contoh standar keamanan kerja
Setelah dapat pelatihan mengenai prosedur keamanan kerja, karyawan mendapatkan buku seperti paspor berikut.


Pada akhirnya Indocement bukan menjanjikan pekerjaan, namun Indocement memberikan bekal ke depan untuk masyarakat. Terima kasih telah mengajak kami berkeliling mengenal lebih dekat Sekolah Magang Indocement dan Gemari yang sungguh menginspirasi untuk selalu memberi manfaat kepada orang lain.

Official Website http://www.indocement.co.id
www.facebook.com/Harmoni3Roda
www.twitter.com/Harmoni3Roda
www.instagram.com/Harmoni3Roda

Comments

  1. Wow seru juga ya magang di sini. Salut deh buat Indocement!

    ReplyDelete
  2. keren ya indocement satu bentuk perhatian buat masarakat setempat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbaa, CSR mereka^^ bagus

      Delete
  3. Ini yang memang harus dilakukan perusahaan mbak, Dana CSR untuk pemberdayaan masyarakat bisa meningkatkan skill. Tapi misalnya kalau setelah selesai magang di rekrut nggak tuh mbak sama PT Indocement

    ReplyDelete
  4. sangat memberi motivasi dan pengalaman bagi para insan yang lagi mencari kerjanya nih mbak

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. corporate social responsibility nya penting banget buat perusahaan begini, biar peduli sama masyarakat dan sekitar lingkungan paberiknya.

    ReplyDelete
  7. tahu ane semen kuwi mung gresik tok, maklum wong deso pedalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iyah semen ada bbrp perusahaan

      Delete
  8. Selain menarik, bentuknya juga terlihat simpel ya, Teh.
    Gak ingat duku pake apa..haha

    ReplyDelete
  9. wih seru banget ada kunjungan blogger ke industri
    mau ikutaann..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Iyaah seruu mba 😊

      Delete
  10. jadi ini bukan setingkat SMK kayak STM kita itu yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bkn bude :D ini setara dgn Balai Latihan Kerja Disnaker..

      Delete
  11. Pegawainya kaya astronot ya mas hehe

    ReplyDelete
  12. Keren magang di indocement. Sekilas, kegiatannya seperti yang aku lihat di BLK milik Disnaker. Memang saat inj sertifikat2 magang seperti ini yg sangat menunjang untuk nantinya terjun ke dunia kerja yg sesungguhnya.

    Oy salam kenal Mba 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah betul mba..
      salam kenal jg ya mbaaa

      Delete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

Popular posts from this blog

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil ~ Saya mau cerita pengalaman menghilangkan flek hitam sekaligus bekas jerawat pakai Bio Oil. Temans blogger juga sudah banyak yang review sementara saya belum nyobain dan penasaran. Apa iyasih Bio Oil ini bisa bikin pudar scars or stretch marks setelah lahiran? Ng, tapi saya tertarik nyobain Bio Oil untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan bekas jerawat dulu. Hasilnya setelah 3 minggu memang nampak sedikit memudar, ya orang baru pakai 3 minggu. So, wajar ya kan butuh proses nggak langsung simsalabim :)) Jadi lanjut cerita, Bio Oil ini tuh apa dan seperti apa sih? Apa bisa menghilangkan flek hitam di wajah? Karena testimoni orang-orang tentang Bio Oil ini bagus . Berapa sih harga Bio Oil ini? Yuk lanjut baca

Bio Oil Bio-Oil adalah spesialis produk perawatan kulit yang membantu menyamarkan bekas luka, stretch marks dan warna kulit yang tidak merata. Juga bermanfaat pada penuaan kulit dan kulit kering. Mantap ya!


Formulasi Bio-Oil merupa…

Curhat tentang dokter - RS. Hermina Tangerang

Tepatnya tanggal 09 Januari 2012 saya cek kehamilan di RS. Hermina Tangerang. Dengan dokter IS (inisial aja yah, mungkin kalau ada yang mau tau, bisa pm aja). Ini adalah kehamilan pertama saya, jadi yah kemarin milih dokternya liat dari jadwal yang sesuai dan si dokter ini cukup banyak jadwalnya di RS. Pikiran sih supaya gampang kalau mau ke dokter karena jadwal dia yang banyak di rs tersebut. Waktu itu saya booking via telepon dapat antrian nomor 1. Jadi jam 8 malam itu saya pasien pertama si dokter. 
Baca juga : Kontrol Kehamilan di RS. Melati Tangerang


Singkat cerita tanpa senyum dan si dokter langsung nanya 'kenapa'. Saya : 'mau cek kehamilan dok' Lalu suster menyuruh saya untuk duduk di kursi (mungkin yang udah pernah, tau kan diapain? :D) Kalo kata temen mah, kaya gagang sapu, LOL. Dokter langsung tau kalo saya sempet ada flek. Dan cuma periksa gitu aja, ngga dijelasin blas. Habis itu turun dari singgasana kursi obok obok. Saya duduk depan dokternya. Dokter bilang u…

Atasi sungsang dengan senam sujud

Atasi sungsang dengan senam sujud ~ Memasuki masa-masa akhir kehamilan, tepatnya pada 29 minggu, saya dan suami kontrol ke RS Hermina Tangerang, alhamdulillah baik-baik semua tapi si kaka posisinya masih belum masuk jalan lahir, kepala belum di bawah alias sungsang disebutnya, jadi harus banyak senam sujud :) dokter menyarankan supaya dalam sehari itu minimal 5x senam sujud selama 15 menit. Wow?? Perlu diinget supaya melakukannya di atas tempat tidur aja atau alas yang empuk, biar kalau si bumil oleng jatuh kecapean ngga kena dasar yang keras. Ngomong-ngomong masa akhir kehamilan, pas di RS kita diarahkan untuk registrasi untuk persalinan. Berhubung melihat search keywords yang terdampar ke blog ini, ada yang nyari nomor telepon Hermina, ada yang nyari biaya dokter kandungan di Hermina Tangerang. Kalau dokter kandungan untuk konsultasi dokter obsgyn Rp. 126.000. itu sudah termasuk USG. Nomor teleponnya bisa ke 021-55772525. Biasanya sebelum kontrol, melakukan booking lewa…