Seblak dan Cara Mudah dalam Membuatnya

Seblak dan Cara Mudah dalam Membuatnya ~ Ada yang belum tahu apa itu seblak?Seblak merupakan salah satu makanan yang berasal dari Bandung yang begitu sangat popular untuk saat ini. Bahkan makanan khas Bandung ini tidak hanya populer di Jawa Barat saja, tapiiii jajanan ini pun juga telah terkenal di seluruh kota-kota yang mana kamu dapat menemukan jajanan ini dengan mudah. Yeskehadiran jajanan ini pun telah menjadikan para masyarakat ingin menjalankan sebuah bisnis dalam hal menjajakan makanan yang satu ini dan dengan inovasi-inovasi baru yang dapat untuk menarik perhatian bagi para calon pembelinya. Waaaah. . 


Source: Pixabay

Makanan yang berasal dari Bandung ini pun memiliki bahan dasar yang terbuat dari kerupuk mentah yang mana kerupuk mentah ini akan direndam dengan air panas dengan bertujuan agar kerupuk ini bantat. Jajanan ini juga memiliki banyak kandungan yang ada di dalamnya salah satunya yaitu dengan telur special yang dicampurkan pada kerupuk mentah yang telah direbus tadi. Namun semakin banyaknya permintaan yang ada dipasaran, kini telah menampilkan gaya jajanan Bandung ini jauh lebih inovatif agar para pembeli pun juga tidak merasa monoton dan bosan terhadap jajanan yang satu ini.

Dengan mencoba seblak yang dijual di pasaran pun mungkin akan membuat kita merasa penasaran gimana sih cara membuatnya. Pasti bila membuatnya sendiri di rumah, kita dapat mengetahui tata carserta porsi yang sesuai selera. Jadi, dengan membuatnya di rumah kita bisa trial error untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaru yang tidak kalahnya dengan jajanan di pasaran. Ternyata nggak begitu sulit lhooo.  Bahkan dengan tangan kita sendiri pun juga dapat menciptakan cita rasa yang luar biasa pula.

Baca Juga : Resep Oseng Mercon

Berikut ini cara mudah membuat Seblak di rumah:
Bahan:

• Kerupuk kanji (mentah) 50 gram.
• Telur ayam 1 butir dan kocok.
• Daun bawang 1 batang dan iris dengan halus.
• Seledri satu batang dan irislah dengan halus.
• Sdt penyedap rasa.
• 1 sdm kecap manis.
• 3 buah cabe rawit.
• 2 siung bawang merah.
• 1 siung bawang putih.
• 2 ruas jari kencur.

Cara membuatnya:

1. Rendamlah kerupuk kanji mentah pada air panas sampai mengambang, lalu tiriskan dan berilah sedikit minyak goreng agar kerupuk tidak lengket.

2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai dan kencur hingga halus.

3. Tumislah bumbu hingga beraroma wangi.

4. Tambahkanlah irisan daun seledri dan daun bawang kemudian aduk hingga rata.

5. Masukanlah kerupuk dan aduklah hingga rata.

6. Tambahkanlah telur yang sudah dikocok tadi kemudian aduklah hingga menjadi seperti telur orak-arik.

7. Beri air kemudian tambahkan penyedap rasa dan garam.

8. Aduk sampai air berkurang dan hampir menguap berikan kecap manis.

9. Aduklah hingga air habis.

10. Tuangkan pada piring saji yang telah dipersiapkan.

11. Tinggal kita tambahkan taburan bawang goreng  di atasnya untuk menambah cita rasa dan tampilan.

Berdasarkan dari resep cara membuat seblak yang ada di atas, yuk kita buat seblaknya dengan topping yang beragam sesuai keinginan kita. Terus kita bandingkan deh seblak yang sudah dibuat dengan jajanan yang kita beli di luar rumah. 
Bahkan kehadiran jajanan ini pun banyak kita jumpai di situs belanja online yang menyediakannya dengan cita rasa serta varian yang beragam pula.

Seblaaaak. . duh mauuu!

4 comments:

  1. Aku suka seblak,apalagi pakai ceker tmbah mantap, tp jgn pedes2 panas diperut. Kmrin abis dr bandung dan beli jg seblak instan,tp blm dimasak,semoga rasanya gk zonk..hhe

    ReplyDelete
  2. Baru aja kemarin kumpul kluarga, mendadak pengen seblak, jadilah tanteku yang jago bikin seblak bikin seblak buat rame2... serrruuu.. karena suara kepedesan kami dan ketagihan karena seblak hahahaha...

    ReplyDelete
  3. aku mah ga suka pake kecap mba duh dingin2 begini emang enaknya nyeblak hahaha apalagi klo pedes beuh mantep pisan

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena