Ngomongin Food Photography

Ngomongin Food Photography ~ Nggak pernah kepikiran sebelumnya buat megang kamera, bahkan punya kamera. Ya, orang kuliahnya anak teknik gini :)) Seni-seni terpendam doang punyanya. Selebihnya berantakan! Iyah, saya berantakan orangnya. Huhu. Tapi hatinya nggak berantakan karena sudah ditata 5 tahun yang lalu #hiaaa. Kenapa suka dan akhirnya nyebur gitu ke foto-foto makanan?


source: Canva


Saya pernah cerita gimana awalnya food photography di sini. Masih belum pernah ikut workshop serius. Mau banget. Sekarang foto makanan, lebih untuk blogging karena lagi nggak megang project apa-apa (promosi terselubung :p). Btw, kalau kamu mau dapat promo Singles Day dari Zalora klik di sini ya. 

Semua berawal dari suka makan, suka masak dan suka mencoba kuliner yang telah direkomendasikan ya. Saya cemen, nggak berani kalau tidak recommended #tidakmaukecewa. Huhu. 

Food photography itu menyenangkan banget bagi saya. Penasaran, gimana sih caranya bikin makanan kita tuh ngilerable. Kalau makanan yang rupanya sudah bagus, nggak begitu sulit ya. Tapi kalau kayak oncom? Hihi. Berlatih foto makanan pertamanya ya karena suka doang. Nggak ada maksud-maksud terselubung. Dan malah baru tahu kalau yang namanya food stylish di Indonesia masih sedikit. Nah semakin lama, semakin terasa menyenangkan hmm mungkin salah satunya karena bisa menghasilkan sesuatu.
Kali ini sharing dan ngomongin hobi food photography, saya juga masih sambil belajar. Karena teorinya terbatas jadi cuma sharing pengalaman hihi. Yuk ah.

Mengenal Kamera Kita
Punya kamera ternyata nggak langsung bisa klik. Perlu penyesuaian lebih. Memang sih saat taaruf dengan dia, kayaknya bisa nih foto langsung cakep pakai kamera ini. In fact, saya nggak bisa. Perlu beberapa waktu. Eksperimen terus, jepret terus. Pernah kejadian lucu, waktu event parenting. Saya mau fotoin mbak Febri (salah satu teman blogger) bersama Ayudiah, pakai DSLR blio. Alhasil nggak bisa haha. Saya kira nggak perlu diintip, mba Febri bilang "intip aja" karena panik saya nggak ngikutin petunjuknya :)) Failed deh fotoinnya. Maaf ya mbak :") mungkin ku tak berjodoh dengan foto manusia 😹

Cahaya
Lighting di dalam rumah. Ternyata nggak bakalan bisa cakep tanpa pencahayaan yang cukup. Cahaya itu salah satu key nya. Dulu, sampai jungkir balik ngambil gambar supaya oqhe. Masalah pakai kamera atau handphone, yaa saya berani kalau cahayanya mendukung. Kalau nggak, langsung gulung tikar deh! handphone sekarang sudah cangcing alias canggih cing! Tinggal gimana teknik pengambilan fotonya saja. Untuk lokasi di rumah, bisa cari spot yang pas seperti teras atau depan jendela dan pintu. 

Angle
Nah, kalau angle ini memang casenya beda-beda ya. Makanya memang harus peka dalam memainkan kamera. Sudut pandang mata kita belum tentu sama dengan kamera. Ada beberapa sudut, seperti gambar di bawah ini. Kalau foto makanan tertentu nggak akan terlihat enak dari sudut x misalnya Ya memang harus trial nih hihi

source : http://digitalfotografi.net


Styling
Styling masih terus diasah, karena memang ini keluwesan berkat latihan. Semakin banyak jam terbang, biasanya kita bisa lebih luwes menata makanan menjadi terlihat enak di mata sampai bikin ngiler. Beberapa orang yang sudah keren fotonya seperti mbak Eliza atau mbak Ari dengan smartphonenya juga bilang, keluwesan menata tergantung seberapa seringnya memotret. Kalau sudah stuck saat foto, coba cari penyegaran dulu. Biasanya sih gitu, bertapa dulu hehe.


Dok. Pribadi


Properti
Jadi, saya belanja properti juga menyesuaikan kebutuhan. Nggak ngoyo, santai saja. Misalnya ada uang dari hasil ngeblog tapi faktanya banyak minta pak suami sih :D Dicicil-cicil ternyata lebih enak. Ada job, baru deh persiapan beli ini itu. Properti foto beli di Da*so atau di online shop.


Job
Gimana cara dapat job? Ini biasanya dari galeri instagram kita, berpengaruh sekali. Saya masih campur aduk ya. Karena memang galeri apa adanya haha. Nggak pusing. Santai saja untuk masalah galeri. Semua orang bebas menentukan pilihan yang nyaman untuk diri sendiri namun tidak merugikan orang lain. Ya to? Yang penting latihan, upload yang terbaik. Moga rezeki bakal ngikutin.



Nah, sepulang dari JelajahGizi kemarin saya harus membagikan cerita juga. Mau bertapa dulu ya hihi. Yang jelas, insya Allah mau menulis juga obrolan saya dengan mbak Eliza Setiawan, salah satu tim 52wfpp.

Semoga bermanfaat yaaa

Komentar

  1. Foto donatnya bikin laper. :'D AKu paling gak ahli foto makanan. Rasa enak, tapi di foto jadi kaya gak menyelerakan gitu. Biasanya aku minta tolong orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg sering bgitu mbaa tapi ngeyel foto sndiri 😹

      Hapus
  2. Dari alat sederhana, bisa jadi keren asal kita pinter ngatur tata letaknya, ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaa mba.. yg penting latihan terus :D

      Hapus
  3. Malah lapar akunya. :'D

    BalasHapus
  4. duh mampir kok jadi laper hahaha,masih belum bisa nih aku motomakanan bagus2, pengen nerapin ilmunya deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba uliii yuuuk πŸ˜‚πŸ˜‚Kita makan

      Hapus
  5. emang butuh latihan y mba buat dapetin angle dan cahaya yang tepat, aku masih ga bisa cara motoin objek yang oke tuh begimana?bisanya selfie doang wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. Foto-fotonya mba Uci cakep2. Aku selalu galau dengan styling, haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun masih galau mbaa Nur hihii.. makasih yaa

      Hapus
  7. Mantap jiwa mbak penjelasan perihal food fotografi, saya lebih suka prewweding kalo ambil Job sekalian jalan2 :D

    BalasHapus
  8. kalo aku gak jago moto. pasti hasilnya jelek deh.. Gak instagramable banget. haha

    BalasHapus
  9. menurut aku moto makanan itu susaaaah, jd salut sama penghasil foto makanan (apa inih bahasanyaaa) hihiihi. btw itu knp ada nyelip iklan zalora? jadi pengen klik kan penasaran.. :D

    BalasHapus
  10. Kameranya sama, pada waktu yang sama, bila angle-nya berbeda tentu hasilnya bisa sangat berbeda ya, Mbak.

    BalasHapus
  11. Dulu tujuanku bli dslr, ya utk foto yg lbh bgs hasilnya. Tp malah tersimpen rapi slalu di dry box nya :D, jarang kepake -_-. Malah pgn aku jual jadinya. Bener sih mba, mau secanggih apapun kameranya, kalo ga prnh latihan, bakal so so banget hasilnya :D. Reminder buatku banget inj, supaya srg latihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mba latihan :D pasti bagus hasilnyaa hihi

      Hapus
  12. Aku masih setia dengan kamera tablet

    BalasHapus
  13. Aku masi pake camdig 900ribuan ka ucig, kuncinya ngepasin cahaya ma komposisi sudut nya aja

    BalasHapus
  14. Sesuai pepatah lama ya, practice makes perfect hehehe :)

    Salam kenal!

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
  15. soal flatlay photography mbak chy idolaqueee pokoknya :D

    BalasHapus
  16. Mba Uci salah satu yg jadi guru saya untuk foto flat makanan, haha... Kamera masih dipelajari ini, belum sempet pelajari tutorialnya jelas2. Untuk cahaya, saya lebih sukanya moto siang, pas hari lagi terik. Foto dekat pintu dan pintunya mesti dibuka. Orang lewat melongo ke dalam bodo amat, haha... Foto paling jelek itu pas sore, mendingan nunggu abis maghrib sekalian. Pokoknya saya belajar terus dari foto2nya Mba Uci :D

    BalasHapus
  17. Ditunggu tulisannya sama mbak eliza.. Suka kata" upload terbaik, rezeki mengikuti..
    Keep inspiring mbak uci ❤

    BalasHapus
  18. Hebatnya food photography itu makanan yang biasa aja jadi bisa bisa bikin ngiler yaa.. :D
    Termasuk foto-fotonya mba Uci di IG, suka bikin aku ngileeerrr... :))))

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya πŸ™‚
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)