Pengalaman Membuat Akte Kelahiran di Pelayanan Akte Keliling Tangerang

Pengalaman Membuat Akte Kelahiran di Pelayanan Akte Keliling Tangerang~ Setuju nggak sih kalau urusan dengan birokrasi pemerintahan itu menguji kesabaran? Haha. Di Indonesia, semoga semakin lama semakin baik ya pelayanannya. Hmmm, kayak kemarin, saya mencoba ikut pelayanan akte kelahiran di Tangerang. Biasa disebut dengan pelayanan akte keliling.




Akte ini saya buat untuk adik Ashika yang sudah 17 bulan. Maju mundur nggak sempat bikin, akhirnya tertunda selalu. Pas dapat kabar ada pelayanan akte kelahiran di Kantor Kecamatan dekat rumah uti, saya langsung semangat meluncur ke sana. 








Pelayanan ini hanya ada dua hari saja yaitu tanggal 19-20 September 2017. Ya mungkin akan ada lagi, tapi saya kelupaan nanya >.<

Apa sih yang bedain pelayanan akte keliling dengan akte biasa? Normalnya pembuatan akte kelahiran dilakukan pada Dinas Kependudukan Catatan Sipil yang ada di Cikokol Tangerang. Tapi ini petugasnya khusus datang ke Kantor Kecamatan Karawaci. 



Sejauh ini pelayanan Kantor Kecamatan Karawaci, cukup baik. Saya nggak dijutekin sih meski nggak bayar, kebetulan selalu berhadapan sama yang muda-mudanya. Saya juga nggak nanya "berapa" 😹 Kalau ke kantor KUA Karawaci ku nggak tega, karena kantornya nggak ber-AC jadi nggak apa dikasih tips (menurut teori ucig) 

Balik lagi ke cerita akte keliling. Saya tiba pukul 8.30 an di kantor Kecamatan Karawaci yang cuma tinggal beberapa ribu langkah dari rumah uti. Pelayanan akte kelahiran ada di lantai 2. Saya juga menuju sana dengan hati riang. Nggak kebayang sih bakalan ada zonk. Acaranya sih pukul 09.00 pagi, ya tapi pasti meleset cantik. 09.30 baru petugas bersiap.


Setelah mereka datang, kita pun isi data. Asyik, nggak pakai ktp saksi segala kalau sudah ada surat keterangan lahir dari RS atau bidannya. Ini termasuk juga yang membedakan si akte keliling dengan akte yang di dinas sana. Sebetulnya sih gampang juga kalau perlu saksi. Sesama pemohon akte saling bantu.

Oh ya sama satu lagi, nggak perlu pakai surat pengantar kelahiran dari Kelurahan. 

Syarat Akte Kelahiran di Pelayanan Akte Keliling (Anak)
Fotocopy e KTP orang tua 
Fotocopy KK yang sudah berisi nama si anak 
Surat Nikah yang dilegalisir
Surat Keterangan Lahir dari RS atau bidan


Biaya Rp. 50.000
Untuk bayi atau anak bisa langsung jadi hari itu juga, pukul 13.00 siang. Saya tinggal makan dulu ke rumah uti. Cuma kalau orang dewasa ya nunggu 2 minggu. Gitu katanya.

Kalau ngurus ke dukcapil, kebayang deh bolak baliknya. Rameee. Alhamdulillah, meski ada zonk. Ternyata saya salah bawa fotocopy KTP paping. Bukan E-KTP yang saya bawa. Alhasil ngeprint dulu dari foto di whatsapp. :)) 

Terlalu bersemangat sih maming.

Nah, pelayanan seperti ini sebaiknya sering dilakukan deh. Meski berbayar, menurut saya nggak apa asal nggak afgan harganya (haduh afgan, tahun berapa bahasanya cig) Supaya ada pilihan juga buat kita, masyarakat yang waktunya sedikit. Lagian, pelayanan seperti ini sangat memudahkan masyarakat. Saya pribadi sangat terbantu sekali. Terima kasih ya you know who you are 😁. .

@uciggg
@mamingstory






Komentar

  1. Saya mah bayar eum Rp 250.000 padahal belum 2 bln, semoga Allah ganti sama Alphard deh hehe aamiin

    BalasHapus
  2. Waktu di capil aku antri juga ka ucig, ngurus pindah ektp, tp jsdinya cepet beberapa minggu jd, ntah ni klo akte akkkkaaaaa
    Tskirain abis brojol di rs hermina lgsung diurus e ternyata kudu ke capil juga ya #aku masi nubie bgt, bantu baim ya Alloh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ktp ke capil mbul? Ngurus kk kali yaa..
      dulu jaman anak pertama masih bisa kolektif dari RS bayar 400 ribu :)) buat akte. Nah pas jaman Ashika udah nggak ada lagi. Tapi jadi save money yaa hihii
      Message aku ajaaa mbuul klo bingung :) nggap apa2

      Hapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)