Skip to main content

Pengalaman Membuat Akte Kelahiran di Pelayanan Akte Keliling Tangerang

Pengalaman Membuat Akte Kelahiran di Pelayanan Akte Keliling Tangerang~ Setuju nggak sih kalau urusan dengan birokrasi pemerintahan itu menguji kesabaran? Haha. Di Indonesia, semoga semakin lama semakin baik ya pelayanannya. Hmmm, kayak kemarin, saya mencoba ikut pelayanan akte kelahiran di Tangerang. Biasa disebut dengan pelayanan akte keliling.




Akte ini saya buat untuk adik Ashika yang sudah 17 bulan. Maju mundur nggak sempat bikin, akhirnya tertunda selalu. Pas dapat kabar ada pelayanan akte kelahiran di Kantor Kecamatan dekat rumah uti, saya langsung semangat meluncur ke sana. 








Pelayanan ini hanya ada dua hari saja yaitu tanggal 19-20 September 2017. Ya mungkin akan ada lagi, tapi saya kelupaan nanya >.<

Apa sih yang bedain pelayanan akte keliling dengan akte biasa? Normalnya pembuatan akte kelahiran dilakukan pada Dinas Kependudukan Catatan Sipil yang ada di Cikokol Tangerang. Tapi ini petugasnya khusus datang ke Kantor Kecamatan Karawaci. 



Sejauh ini pelayanan Kantor Kecamatan Karawaci, cukup baik. Saya nggak dijutekin sih meski nggak bayar, kebetulan selalu berhadapan sama yang muda-mudanya. Saya juga nggak nanya "berapa" 😹 Kalau ke kantor KUA Karawaci ku nggak tega, karena kantornya nggak ber-AC jadi nggak apa dikasih tips (menurut teori ucig) 

Balik lagi ke cerita akte keliling. Saya tiba pukul 8.30 an di kantor Kecamatan Karawaci yang cuma tinggal beberapa ribu langkah dari rumah uti. Pelayanan akte kelahiran ada di lantai 2. Saya juga menuju sana dengan hati riang. Nggak kebayang sih bakalan ada zonk. Acaranya sih pukul 09.00 pagi, ya tapi pasti meleset cantik. 09.30 baru petugas bersiap.


Setelah mereka datang, kita pun isi data. Asyik, nggak pakai ktp saksi segala kalau sudah ada surat keterangan lahir dari RS atau bidannya. Ini termasuk juga yang membedakan si akte keliling dengan akte yang di dinas sana. Sebetulnya sih gampang juga kalau perlu saksi. Sesama pemohon akte saling bantu.

Oh ya sama satu lagi, nggak perlu pakai surat pengantar kelahiran dari Kelurahan. 

Syarat Akte Kelahiran di Pelayanan Akte Keliling (Anak)
Fotocopy e KTP orang tua 
Fotocopy KK yang sudah berisi nama si anak 
Surat Nikah yang dilegalisir
Surat Keterangan Lahir dari RS atau bidan


Biaya Rp. 50.000
Untuk bayi atau anak bisa langsung jadi hari itu juga, pukul 13.00 siang. Saya tinggal makan dulu ke rumah uti. Cuma kalau orang dewasa ya nunggu 2 minggu. Gitu katanya.

Kalau ngurus ke dukcapil, kebayang deh bolak baliknya. Rameee. Alhamdulillah, meski ada zonk. Ternyata saya salah bawa fotocopy KTP paping. Bukan E-KTP yang saya bawa. Alhasil ngeprint dulu dari foto di whatsapp. :)) 

Terlalu bersemangat sih maming.

Nah, pelayanan seperti ini sebaiknya sering dilakukan deh. Meski berbayar, menurut saya nggak apa asal nggak afgan harganya (haduh afgan, tahun berapa bahasanya cig) Supaya ada pilihan juga buat kita, masyarakat yang waktunya sedikit. Lagian, pelayanan seperti ini sangat memudahkan masyarakat. Saya pribadi sangat terbantu sekali. Terima kasih ya you know who you are 😁. .

@uciggg
@mamingstory






Comments

  1. Saya mah bayar eum Rp 250.000 padahal belum 2 bln, semoga Allah ganti sama Alphard deh hehe aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua.. kok bayar mba??
      hihi...

      Delete
  2. Waktu di capil aku antri juga ka ucig, ngurus pindah ektp, tp jsdinya cepet beberapa minggu jd, ntah ni klo akte akkkkaaaaa
    Tskirain abis brojol di rs hermina lgsung diurus e ternyata kudu ke capil juga ya #aku masi nubie bgt, bantu baim ya Alloh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ktp ke capil mbul? Ngurus kk kali yaa..
      dulu jaman anak pertama masih bisa kolektif dari RS bayar 400 ribu :)) buat akte. Nah pas jaman Ashika udah nggak ada lagi. Tapi jadi save money yaa hihii
      Message aku ajaaa mbuul klo bingung :) nggap apa2

      Delete
  3. terimakasih atas informasinya jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/walatra-berry-jus/

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

Popular posts from this blog

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil ~ Saya mau cerita pengalaman menghilangkan flek hitam sekaligus bekas jerawat pakai Bio Oil. Temans blogger juga sudah banyak yang review sementara saya belum nyobain dan penasaran. Apa iyasih Bio Oil ini bisa bikin pudar scars or stretch marks setelah lahiran? Ng, tapi saya tertarik nyobain Bio Oil untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan bekas jerawat dulu. Hasilnya setelah 3 minggu memang nampak sedikit memudar, ya orang baru pakai 3 minggu. So, wajar ya kan butuh proses nggak langsung simsalabim :)) Jadi lanjut cerita, Bio Oil ini tuh apa dan seperti apa sih? Apa bisa menghilangkan flek hitam di wajah? Karena testimoni orang-orang tentang Bio Oil ini bagus . Berapa sih harga Bio Oil ini? Yuk lanjut baca

Bio Oil Bio-Oil adalah spesialis produk perawatan kulit yang membantu menyamarkan bekas luka, stretch marks dan warna kulit yang tidak merata. Juga bermanfaat pada penuaan kulit dan kulit kering. Mantap ya!


Formulasi Bio-Oil merupa…

Curhat tentang dokter - RS. Hermina Tangerang

Tepatnya tanggal 09 Januari 2012 saya cek kehamilan di RS. Hermina Tangerang. Dengan dokter IS (inisial aja yah, mungkin kalau ada yang mau tau, bisa pm aja). Ini adalah kehamilan pertama saya, jadi yah kemarin milih dokternya liat dari jadwal yang sesuai dan si dokter ini cukup banyak jadwalnya di RS. Pikiran sih supaya gampang kalau mau ke dokter karena jadwal dia yang banyak di rs tersebut. Waktu itu saya booking via telepon dapat antrian nomor 1. Jadi jam 8 malam itu saya pasien pertama si dokter. 
Baca juga : Kontrol Kehamilan di RS. Melati Tangerang


Singkat cerita tanpa senyum dan si dokter langsung nanya 'kenapa'. Saya : 'mau cek kehamilan dok' Lalu suster menyuruh saya untuk duduk di kursi (mungkin yang udah pernah, tau kan diapain? :D) Kalo kata temen mah, kaya gagang sapu, LOL. Dokter langsung tau kalo saya sempet ada flek. Dan cuma periksa gitu aja, ngga dijelasin blas. Habis itu turun dari singgasana kursi obok obok. Saya duduk depan dokternya. Dokter bilang u…

Atasi sungsang dengan senam sujud

Atasi sungsang dengan senam sujud ~ Memasuki masa-masa akhir kehamilan, tepatnya pada 29 minggu, saya dan suami kontrol ke RS Hermina Tangerang, alhamdulillah baik-baik semua tapi si kaka posisinya masih belum masuk jalan lahir, kepala belum di bawah alias sungsang disebutnya, jadi harus banyak senam sujud :) dokter menyarankan supaya dalam sehari itu minimal 5x senam sujud selama 15 menit. Wow?? Perlu diinget supaya melakukannya di atas tempat tidur aja atau alas yang empuk, biar kalau si bumil oleng jatuh kecapean ngga kena dasar yang keras. Ngomong-ngomong masa akhir kehamilan, pas di RS kita diarahkan untuk registrasi untuk persalinan. Berhubung melihat search keywords yang terdampar ke blog ini, ada yang nyari nomor telepon Hermina, ada yang nyari biaya dokter kandungan di Hermina Tangerang. Kalau dokter kandungan untuk konsultasi dokter obsgyn Rp. 126.000. itu sudah termasuk USG. Nomor teleponnya bisa ke 021-55772525. Biasanya sebelum kontrol, melakukan booking lewa…