Disiplin Diri itu. .

Tema #1minggu1cerita kali ini cukup menohok. Menulis tentang tema disiplin diri, rasanya mengingatkan saya pada Praja Muda Karana alias Pramuka. Dan pas nih di tanggal 14 Agustus nanti, merupakan hari pramuka yakan. Masih pada ingat nggak siapa bapak pramuka? :p kenapa sih saya teringat dengan Pramuka. . Tapi kalau tepuk pramuka masih ingat kaaaan. .

Dari sekolah dasar sampai saya SMP, alhamdulillah saya mengikuti yang namanya Pramuka. I'm so proud of that. Meski hitam keling karena camping atau kegiatan outdoor tapi banyak sekali yang saya rasakan dengan mengikuti kegiatan Pramuka. Ah entahlah, apa hanya perasaan saya saja ya.

Disiplin itu mahal. . Semua orang tahu kalau mau sukses ya salah satu caranya harus disiplin. Mau sukses dalam hal apa pun ya. Meski sudah nggak kerja kantoran lagi ya tetap perlu yang namanya disiplin. Disiplin diri dulu baru deh anak-anak bisa ikut disiplin. Disiplin mulai dari buka mata di pagi hari sampai menjelang tidur. All i need.

Sederhana, bangun pagi... subuhan, siapin sarapan, nyuapin anak-anak, lalu mandiin mereka. Rutinitas disiplin diri ya begitu. Lama-kelamaan kids juga akan mempunyai pola. Kapan harus mandi, makan, main, tidur, bercanda. Semua kegiatan dapat kita lakukan asal tepat waktunya.

Disiplin diri nggak hanya untuk diri sendiri sih tapi masih saya lakukan untuk memberikan contoh kepada anak-anak. Pernah beberapa hari lalu Kaina bilang, "aku nggak boleh main malem-malem mi?!" Dan saya jawab "boleh main asal tepat waktunya, kalau malem itu untuk istirahat."  Saya hanya ingin anak-anak tahu waktu. Malam-malam ya cukup di dalam rumah. 

Dulu, saya pun sempat protes ke bapak. Kenapa sih nggak boleh main pas malam hari, bapak nggak asyik! Tapi. . Nyatanya, didikan bapak sangat saya rasakan betul manfaatnya.

Ada hal-hal konservatif yang masih sangat kita perlukan. Karena nggak semua hal yang konservatif harus digeser. .

Dalam agama yang saya anut juga diajarkan untuk disiplin. Ada ibadah sholat 5 waktu. Dari situ kita dituntut disiplin. Ada waktunya subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya.


Jadi disiplin diri itu penting untuk sukses dunia dan akhirat. Yakan? Kalau menurut kamu?


                        
 

Komentar

  1. Dulu aku juga mikir begitu. Udah gede ini baru nyadar. Nasihat ortu selalu ada benarnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa ternyata ya mba.. alhamdulillah masih dpt nasihat dr ortu^^

      Hapus
  2. Aku juga menerapkan hidup disiplin, tapi juga nggak terlalu mengekang. :) Aku ingin anak2ku tahu kalau disiplin itu jauh lebih menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... Aku pun nggak mau mengekang mba :D pertamanya mungkin ada perasaan menolak yaaa.

      Hapus
  3. Anak Sekarang...mungkin terasa lebih mudah diajak untuk belajar disiplin bukan karena apa... karena Sekarang mengajarkan disiplin bukan hanya dengan Kata tidak boleh atau jangan tetapi menuntut orang tua bisa menjelaskan kenapa nggak boleh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Krna anak2 cpt bgt nirunya.. jadi aku jg belajar disiplin.. masih terus belajar non ^^
      Aku jd beneran bacain Surat pendek. Makasih ya... Hampir bablas lupaaa..

      Hapus
  4. Iya Mba, waktu kecil aku sebel banget kalo disuruh disiplin bahkan saat pelajaran pramuka aku kabur hahaha. Tapi sekarang terasa manfaatnya, memang ya penyesalan itu datang belakangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pertamanya karena tmn2 dkt ikut pramuka.. asyik2 mereka hihi ^^

      Hapus
  5. aahh saya kemarin melewatkan minggu tema lagi, fufufuhh padahal temanya keren. Disiplin, saya siih merasa belum disiplin, masih sering telat xixiixix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku cuma posting dii tapi nggak setor hihiii :))
      Aku pun masih belajar nih diii

      Hapus
  6. Anonim9:43 PM

    Disiplin itu memang berat namun disiplin merupakan pola kebiasaan yang banyak dilakukan orang2 sukses. Saya sendiri juga agak susah dalam menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. hehehe

    BalasHapus
  7. Dulu aku ngga pernah dibolehin ortu nginep di rumah tmn dengan alasan nanti nyusahin yg punya rumah & lbh baik temennya aja yg nginep di rumah, sekarang aku ngga mau anak nginep2 di rumah temen & mending nginep di rumah aja, selain bisa lebih diawasi, juga ya biar ngga ngerepotin orang hihihihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama miih.. dulu bapak jg nyuruh tmn yg nginep drmh ya tapi aku kan mau nyobain :))
      Iyah itu betuul smuaaa^^

      Hapus
  8. disiplin itu berat rasanya, tapi banyak faedahnya. semoga kita tetap disiplin dengan apa yang menjadi rutinitas kita. jangan lupa juga disiplin buat ibadah,itu juga penting.

    BalasHapus
  9. Disiplin diri itu bener banget sangat perlu. Banyak hal2 yang ortu ajarkan yg pada awalnya sangat berat tp setelah dewasa sangat berguna sekali bekal hidup yg mereka ajarkan

    BalasHapus
  10. selalu sikat gigi, pipis, cuci tangan kaki sebelum tidur juga disiplin ya tante?

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)