Skip to main content

Mencegah Anyang-Anyangan pada Anak

Mencegah Anyang-anyangan pada Anak~
"Mau pipis ya na?" Tanya saya
"Nggak mi." Jawaban yang padahal dia pengin pipis.
Kaina pernah suka menahan pipis. Apalagi kalau bukan karena alasan asyik bermain. Pernah saking nggak tertahan lagi, dia pipis pas lagi mainan sambil lari-lari.  Dan keburu bleber kemana-mana. Ouch INA!

Ternyata nggak hanya anak-anak yang suka nahan pipis, hehe kita juga kan ya orang dewasa?! . Misalnya lagi tanggung ada kerjaan dikit lagi selesai, tahan dulu deh pipisnya. Atau kena macet di jalan dan harus tahan pipis. Ini nggak enak banget rasanya :'(
            

Sebetulnya memang ada kondisi, pipis diperbolehkan ditahan tapi nggak boleh sampai keseringan juga. Nanti sistemnya juga bisa dol alias rusak.

Kalau saya pribadi, pernah satu kali mengalami anyang-anyangan sewaktu dulu. Sudah lama banget dan alhamdulillah nggak pernah lagi. Mengingat bahaya yang akan timbul sih kalau sering nahan pipis, jadi lebih baik segera pipis deh!

Back to. .
Anyang-anyangan.
Jadi anyang-anyangan itu nggak enakkk banget! ya kalau yang enak mah ayang-ayangan yaa #eh.

Kaina pernah mau pipis, tapi nggak keluar apa-apa. 
Khawatirnya, si kecil yang sering menahan pipis terkena anyang-anyangan. Anyang-anyangan pada anak juga nggak bisa disepelekan lho. 

Sedangkan ISK itu disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E.Coli. Menahan pipis tadi dapat menyebabkan bakteri e coli tertahan. Yang akhirnya bisa menjadi ISK (infeksi saluran kemih). Gejala yang dirasakan selain frekuensi berkemih yang relatif sering berasa belum tuntas, adanya rasa nyeri, demam, dan nyeri pada panggul.

Berdasarkan web uricran.
Gejala Yang Perlu Diwaspadai Nih!
Jika anyang-anyangan ini mengarah ke ISK biasanya ada demam, rasa sakit pada pinggang dan perut bagian bawah. Pada kasus yang parah, warna urin terlihat keruh, bahkan disertai darah. Aduh serem banget. Jadi sebagai ortu perlu lebih intensif menggali keluhan anak, karena biasanya anak sulit menceritakan apa yang mereka rasakan.

Supaya lebih jelas lagi, view image di bawah ini ya

                   
  

Mencegah Anyang-anyangan pada anak:
Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati ya. Beberapa hal yang harus dilakukan supaya si kecil nggak anyang-anyangan.
  • Beri tahu pada anak bahwa tidak boleh menahan pipis dan berikan alasannya dengan jelas. Nggak cukup hanya melarang, tapi harus ada alasan jelasnya dong :)
  • Setiap buang air kecil atau besar, biasakan membasuh organ intim dari arah depan ke belakang.

Bisa juga sediakan Prive Uri-cran di rumah, yang selain memiliki sifat antioksidan juga terbukti ampuh sebagai anti perlekatan bakteri, terutama bagi saluran kemih. Prive Uri-Cran plus cocok untuk anak. 




Uricran itu sendiri adalah ekstrak cranberry. Uri-cran boleh dikonsumsi oleh anak di atas usia 3 tahun. Apa keistimewaan buah ini? Buah Cranberry kaya akan bahan aktif yaitu Proanthocyanidin (PAC) yang menghambat perlekatan bakteri E.coli di saluran kemih.

Pemakaian: 1-2 sachet per hari.

Oh ya cranberry ini, banyak manfaat lainnya juga lho seperti mencegah penyakit yang berbahaya yaitu kanker dan penyakit jantung.

Okay, cukup jelas kan ya tentang anyang-anyangan ini? Buat yang pernah anyang-anyangan, curhat di sini boleh :)

Semoga bermanfaat ya :)
@uciggg
@mamingstory



Comments

  1. Ini sekarang lagi didiagnosa ISK Ci, huhuhuh.. Walau gak sakit pas pipis, tp pipis mulu bawaannya tiap abis minum, warna pipis jg udh nyaris menuju ke merah, huhuhuh.

    ReplyDelete
  2. aku waktu kecil jg kayak kaina suka nahan karna asik main :D

    ReplyDelete
  3. Baru tau ada obat anyang2an yaa??

    ReplyDelete
  4. Ciii, itu uric-cran bisa buat anak umur berapa? Aku selalu maksa raya pipis & ngga nahan2 hihihihi soalnya kl ditahan pun nanti malah ngompol euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raya bisa kok mba. Ini utk 3 thn ke atas :D

      Delete
  5. Fa jg, anakku yg kedua suka nahan pipis.. Kadang kesel kl dah nahan2 gtu.. Khawatir.

    ReplyDelete
  6. jaman anak2 dulu aku juga sering anyang2 an mbakk :(

    ReplyDelete
  7. Wah, saya baru tahu kalau anak-anak bisa terkena anyang-anyangan juga :(

    ReplyDelete
  8. Oh uri-cran ini boleh juga ya untuk anak2. Bocah biasanya kalau lagi nanggung main atau nonton, mending dia nahan ke toilet ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

Popular posts from this blog

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil ~ Saya mau cerita pengalaman menghilangkan flek hitam sekaligus bekas jerawat pakai Bio Oil. Temans blogger juga sudah banyak yang review sementara saya belum nyobain dan penasaran. Apa iyasih Bio Oil ini bisa bikin pudar scars or stretch marks setelah lahiran? Ng, tapi saya tertarik nyobain Bio Oil untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan bekas jerawat dulu. Hasilnya setelah 3 minggu memang nampak sedikit memudar, ya orang baru pakai 3 minggu. So, wajar ya kan butuh proses nggak langsung simsalabim :)) Jadi lanjut cerita, Bio Oil ini tuh apa dan seperti apa sih? Apa bisa menghilangkan flek hitam di wajah? Karena testimoni orang-orang tentang Bio Oil ini bagus . Berapa sih harga Bio Oil ini? Yuk lanjut baca

Bio Oil Bio-Oil adalah spesialis produk perawatan kulit yang membantu menyamarkan bekas luka, stretch marks dan warna kulit yang tidak merata. Juga bermanfaat pada penuaan kulit dan kulit kering. Mantap ya!


Formulasi Bio-Oil merupa…

Curhat tentang dokter - RS. Hermina Tangerang

Tepatnya tanggal 09 Januari 2012 saya cek kehamilan di RS. Hermina Tangerang. Dengan dokter IS (inisial aja yah, mungkin kalau ada yang mau tau, bisa pm aja). Ini adalah kehamilan pertama saya, jadi yah kemarin milih dokternya liat dari jadwal yang sesuai dan si dokter ini cukup banyak jadwalnya di RS. Pikiran sih supaya gampang kalau mau ke dokter karena jadwal dia yang banyak di rs tersebut. Waktu itu saya booking via telepon dapat antrian nomor 1. Jadi jam 8 malam itu saya pasien pertama si dokter. 
Baca juga : Kontrol Kehamilan di RS. Melati Tangerang


Singkat cerita tanpa senyum dan si dokter langsung nanya 'kenapa'. Saya : 'mau cek kehamilan dok' Lalu suster menyuruh saya untuk duduk di kursi (mungkin yang udah pernah, tau kan diapain? :D) Kalo kata temen mah, kaya gagang sapu, LOL. Dokter langsung tau kalo saya sempet ada flek. Dan cuma periksa gitu aja, ngga dijelasin blas. Habis itu turun dari singgasana kursi obok obok. Saya duduk depan dokternya. Dokter bilang u…

Atasi sungsang dengan senam sujud

Atasi sungsang dengan senam sujud ~ Memasuki masa-masa akhir kehamilan, tepatnya pada 29 minggu, saya dan suami kontrol ke RS Hermina Tangerang, alhamdulillah baik-baik semua tapi si kaka posisinya masih belum masuk jalan lahir, kepala belum di bawah alias sungsang disebutnya, jadi harus banyak senam sujud :) dokter menyarankan supaya dalam sehari itu minimal 5x senam sujud selama 15 menit. Wow?? Perlu diinget supaya melakukannya di atas tempat tidur aja atau alas yang empuk, biar kalau si bumil oleng jatuh kecapean ngga kena dasar yang keras. Ngomong-ngomong masa akhir kehamilan, pas di RS kita diarahkan untuk registrasi untuk persalinan. Berhubung melihat search keywords yang terdampar ke blog ini, ada yang nyari nomor telepon Hermina, ada yang nyari biaya dokter kandungan di Hermina Tangerang. Kalau dokter kandungan untuk konsultasi dokter obsgyn Rp. 126.000. itu sudah termasuk USG. Nomor teleponnya bisa ke 021-55772525. Biasanya sebelum kontrol, melakukan booking lewa…