Mencegah Anyang-Anyangan pada Anak

Mencegah Anyang-anyangan pada Anak~
"Mau pipis ya na?" Tanya saya
"Nggak mi." Jawaban yang padahal dia pengin pipis.
Kaina pernah suka menahan pipis. Apalagi kalau bukan karena alasan asyik bermain. Pernah saking nggak tertahan lagi, dia pipis pas lagi mainan sambil lari-lari.  Dan keburu bleber kemana-mana. Ouch INA!

Ternyata nggak hanya anak-anak yang suka nahan pipis, hehe kita juga kan ya orang dewasa?! . Misalnya lagi tanggung ada kerjaan dikit lagi selesai, tahan dulu deh pipisnya. Atau kena macet di jalan dan harus tahan pipis. Ini nggak enak banget rasanya :'(
            

Sebetulnya memang ada kondisi, pipis diperbolehkan ditahan tapi nggak boleh sampai keseringan juga. Nanti sistemnya juga bisa dol alias rusak.

Kalau saya pribadi, pernah satu kali mengalami anyang-anyangan sewaktu dulu. Sudah lama banget dan alhamdulillah nggak pernah lagi. Mengingat bahaya yang akan timbul sih kalau sering nahan pipis, jadi lebih baik segera pipis deh!

Back to. .
Anyang-anyangan.
Jadi anyang-anyangan itu nggak enakkk banget! ya kalau yang enak mah ayang-ayangan yaa #eh.

Kaina pernah mau pipis, tapi nggak keluar apa-apa. 
Khawatirnya, si kecil yang sering menahan pipis terkena anyang-anyangan. Anyang-anyangan pada anak juga nggak bisa disepelekan lho. 

Sedangkan ISK itu disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E.Coli. Menahan pipis tadi dapat menyebabkan bakteri e coli tertahan. Yang akhirnya bisa menjadi ISK (infeksi saluran kemih). Gejala yang dirasakan selain frekuensi berkemih yang relatif sering berasa belum tuntas, adanya rasa nyeri, demam, dan nyeri pada panggul.

Berdasarkan web uricran.
Gejala Yang Perlu Diwaspadai Nih!
Jika anyang-anyangan ini mengarah ke ISK biasanya ada demam, rasa sakit pada pinggang dan perut bagian bawah. Pada kasus yang parah, warna urin terlihat keruh, bahkan disertai darah. Aduh serem banget. Jadi sebagai ortu perlu lebih intensif menggali keluhan anak, karena biasanya anak sulit menceritakan apa yang mereka rasakan.

Supaya lebih jelas lagi, view image di bawah ini ya

                   
  

Mencegah Anyang-anyangan pada anak:
Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati ya. Beberapa hal yang harus dilakukan supaya si kecil nggak anyang-anyangan.
  • Beri tahu pada anak bahwa tidak boleh menahan pipis dan berikan alasannya dengan jelas. Nggak cukup hanya melarang, tapi harus ada alasan jelasnya dong :)
  • Setiap buang air kecil atau besar, biasakan membasuh organ intim dari arah depan ke belakang.

Bisa juga sediakan Prive Uri-cran di rumah, yang selain memiliki sifat antioksidan juga terbukti ampuh sebagai anti perlekatan bakteri, terutama bagi saluran kemih. Prive Uri-Cran plus cocok untuk anak. 




Uricran itu sendiri adalah ekstrak cranberry. Uri-cran boleh dikonsumsi oleh anak di atas usia 3 tahun. Apa keistimewaan buah ini? Buah Cranberry kaya akan bahan aktif yaitu Proanthocyanidin (PAC) yang menghambat perlekatan bakteri E.coli di saluran kemih.

Pemakaian: 1-2 sachet per hari.

Oh ya cranberry ini, banyak manfaat lainnya juga lho seperti mencegah penyakit yang berbahaya yaitu kanker dan penyakit jantung.

Okay, cukup jelas kan ya tentang anyang-anyangan ini? Buat yang pernah anyang-anyangan, curhat di sini boleh :)

Semoga bermanfaat ya :)
@uciggg
@mamingstory



9 comments:

  1. Ini sekarang lagi didiagnosa ISK Ci, huhuhuh.. Walau gak sakit pas pipis, tp pipis mulu bawaannya tiap abis minum, warna pipis jg udh nyaris menuju ke merah, huhuhuh.

    ReplyDelete
  2. aku waktu kecil jg kayak kaina suka nahan karna asik main :D

    ReplyDelete
  3. Baru tau ada obat anyang2an yaa??

    ReplyDelete
  4. Ciii, itu uric-cran bisa buat anak umur berapa? Aku selalu maksa raya pipis & ngga nahan2 hihihihi soalnya kl ditahan pun nanti malah ngompol euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raya bisa kok mba. Ini utk 3 thn ke atas :D

      Delete
  5. Fa jg, anakku yg kedua suka nahan pipis.. Kadang kesel kl dah nahan2 gtu.. Khawatir.

    ReplyDelete
  6. jaman anak2 dulu aku juga sering anyang2 an mbakk :(

    ReplyDelete
  7. Wah, saya baru tahu kalau anak-anak bisa terkena anyang-anyangan juga :(

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena