Yogyakarta di 2017

Libur telah usai dengan beberapa kenangan manis bercampur pahit sedikit :)) bersyukur karena semua sehat meski perjalanan jauh. Resmi cuma curhat di postingan kali ini. Ternyata liburan bareng anak-anak itu perjuangan ya. Nggak nyangka. Keren dan salut banget buat yang suka traveling with kiddos. Jadi seperti yang pernah saya bilang, kita bakalan main ke Yogyakarta. Dan alhamdulillah kesampaian. Perasaan udah prepare, tapi masih ada aja yang kelolosan. Ditambah cuaca lagi nggak bersahabat banget kan. Jadi ya ada beberapa tujuan yang kita cancel seperti kalimilk dan mang Engking Godean. Yogyakarta di 2017 mirip Jakarta ya, macet juga hehe. 

Kamis lalu tuh jadwal berangkat dari Soekarno-Hatta. Sebelumnya, ada pesawat Garuda yang terpleset di Adisucipto, itu di hari Rabu. Berimbaslah ke jadwal penerbangan kamis. Senang banget kita kena delay hanya satu jam. Soalnya ada beberapa penumpang yang nggak bisa mendarat di sana setelah kejadian itu dan harus balik lagi ke Soekarno-Hatta.

Tarik nafas lega, Yogyakarta. .
We are coming.
Sempat mau ketemuan sama Isti tapi nggak keburu karena Isti mau lanjut jalan lagi ke Magetan ya.

Selama di Yogya kita nggak sewa mobil. Cuma jalan kaki, becak dan mengandalkan Grab juga taksi konvensional hehe. Terus kang becak di daerah Malioboro gitu-gitu amat yaa, memang nggak semuanya sih. Mending sekalian taksi deh, becak Malioboro suka alot pas nawarnya. Ya orang nggak mau kok dipaksa dianterin ke toko bakpia. Becak ke pasar Beringharjo 10 ribu tapi nggak mau kalau tanpa mampir ke toko bakpia atau toko oleh-oleh lainnya. Pernah baca sih, karena mereka akan dapat fee kalau customer becak beli barang dari toko oleh-oleh rekanan itu. Haha. .semacam affiliate yaaaak.

Beberapa transportasi yang kita pakai di Yogyakarta

Jalan Kaki
Kita sengaja pilih lokasi tempat menginap yang lumayan strategis dari beberapa tujuan di sana. Kita menginap di Pawon Cokelat, daerah Pasar Kembang situ, dekat ke Malioboro dan Stasiun Tugu. Tinggal jalan kaki ke Malioboro pagi-pagi buat foto nama jalan ini. Asli tiap lewat situ selalu deh ada yang foto di depannya, selfie or wefie dan antri. Kaya gini nih. Mereka seru banget!


Jadi kalau nggak mau antri ya dateng sebelum siang. Saya nyoba jalan jam setengah 6 pagi sih sekalian nyari bubur. Sedjuk.

    
 
Ternyata Malioboro nggak banyak tukang bubur ayam ya? Jadi Ashika makan bubur instan beli di Indomart point nya Malioboro.

                                        
  

Becak  
Awalnya saya dan ibu milih naik becak ke Beringharjo karena dekat. Tapi nggak jadi ya karena itu tadi. Mas becaknya nggak mau kalau 10 ribu tanpa mampir ke toko bakpia. Kita tuh penginnya 10 ribu titik, tanpa mampir kemana-mana. Eh diminta 15 ribu, yawislah mending nyari taksi sajah. Naksi juga cuma 13 ribu kok dari jl. Pasar Kembang ke Beringharjo. Pas balik dari Beringharjo kita baru naik becak seharga 15 ribu. Dan mas becaknya nggak maksa untuk mampir di toko bakpia kok. Intinya, tidak semua mas becak di sana maksa hehe. . Harus tanya berapa harga becak dan kemananya. Gitu sih.

Taksi online atau offline
Kalau di daerah ramainya seperti Malioboro sudah lumayan banyak Grab Car. Tapi kalau jalan ke arah Imogiri sana, masih susah untuk pake taksi online atau Grab ini. Mending rent car deh atau nego sama driver Grab untuk minta tunggu. Jadi pas kita jalan ke sate klathak pak pong itu, kita pede nggak minta tungguin driver Grabnya. Drop off gitu aja, dan ternyata pas pulang mau order Grab Car, nggak ada yang muncul. Huks. Alhamdulillah, pak satpam ngasih info nomor telepon taksi Ria. Nah taksi Ria ini bentuknya avanza. Pool terdekat taksi Ria dari sate klathak pak Pong terminal Giwangan, cmiiw. Di Yogyakarta ada beberapa taksi diantaranya taksi Vetri, taksi Ria, taksi JAS, sentris. Entah gimana penulisan namanya.

Nah, itu tadi sekilas tentang transport yang kita gunakan selama di Yogya. Lanjut cerita seluk beluk ya.

Kita beli batik di pasar Beringharjo aja dibanding Malioboro
Kalau di Malioboro batiknya cuma sedikit deh pilihannya. Kalau di pasar Beringharjo buanyak banget dan harganya cakep plus bahannya juga lebih enak. Di Malioboro kemarin kita sempat nanya harga batik, ini di emperannya lho tapi ya gitu, buka harganya ampun. Larang alias mahal untuk kualitas yang kaya gitu.

Akhirnya kita masuk ke toko batik di Malioboro. Dan kita pilih yang harganya masih masuk di akal sesuai dengan kualitasnya.
        

  
 

Batik di Beringharjo buat nyokap cuma 30 ribuan dan bahannya adem puol. Setara sama harga batiknya Kaina di Malioboro hihi. 


      
 
Taksi online masih panas-panasan di sana
Maksudnya panas-panasan? Nggak enak sama taksi biasa, suka ribut gitu. Nah jadi janjiannya kudu di tempat yang bener deh biar nggak cekcok. Ini kata driver grab, pak Iwan. Dan kita disuruh nyobain baso tengkleng mas Bambang. Haha. Seru ngobrol sama driver grab Yogya. Dari bandara juga kita jegat taksi yg lewat. Mboh pake taksi yg dalam bandara.

Cari makanan. .
Beli nasi kucing daerah jalan Sosrowijayan udah enak kok. Nasinya seharga 2500 ada terinya. Kalau nambah sate ati ampla atau telor puyuh gitu 3000 rupiah. Gorengan masih 500 perak. Cuma kalau nasi kuningnya yang ibu-ibu muter keliling itu 5000-6000 porsinya cimit banget. Buat sarapan Kaina doang cukuplah. Kata driver Grab sih kalau mau yang murah tenan lagi di daerah kampus. Kalau di Malioboro kan tempat wisata, ya kadang jadi mahal.

                             

                             
  
Fiuh, selama di Yogya kita ke House Of Raminten, Sate Klathak Pak Pong, Tempo Gelato, De Mata, Gudeg Yu Jum, Pasar Beringharjo, Baso Tengkleng Mas Bambang dan pabrik Bakpia 25. Lalu kita balik dengan kereta. Lumayan ya, pegel sambil mangku Ashika 😹 tapi jadi tau rasanya. We wish, biar anak-anak bisa fleksibel pakai kendaraan apapun dan kondisi apapun ^^ 

Dan menyisakan foto bareng yang lumayan karena kita jarang foto bareng 😹 mamaknya foto yang lain melulu yaaa 



Tunggu cerita selanjutnya yaa, yang mana dulu?

Komentar

  1. Aaaaaak... Makin mupeng ke Jogjaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boyong semuaaa... Kamu kan enak non, udah rada gedean anak2 😄

      Hapus
  2. Selalu pengen jalan-jalan ke jogja, tapi belom kesampean. Uhuhuhuuuu. Ditunggu cerita selanjutnya ya maaaak

    BalasHapus
  3. Selalu pengen balik ke Yogya karena murah. Makan gudeg Yu Jum berdua suami ngga sampai 50 ribu, senangnyaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku berlima nggak nyampe 150 ribu wina,,, asik yaa

      Hapus
  4. Dulu aku pernah naik taksi di Jogja, hmmm tapi kurang menyenangkan. huhuu. Jadi memang mending rent car atau motor aja enaknya hehehe. Itu foto batik di Mirota ya mba Uci?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kmaren jg sempet ada driver taksi yg nggak enak mba minda..harusnya argo tapi nembak maunya hehe
      Bkn mirota mba, aku nggak ke mirota 😀

      Hapus
  5. Baca tulisan ini jadi pengen ke Jogja lagi, semoga tahun ini bisa kesana lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin,., aku juga mau lagi mba, gratis 😄

      Hapus
  6. ciee yang baru pulang liburan, ah jadi pengen ke yogya lagi :D sudah byk berubah kayaknya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sih mba, karena aku udah lama banget nggak ksana... 😄

      Hapus
  7. Duh baca deretan kuliner Yogya sampe bikin laper :D. Btw, Pawon Coklat memuaskan kah Mbak? *harga dan kualitas sebanding ga? -tatat-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puas mba, cuma klo bawa anak2 dsni sih ngga ready cemilan atau makanan utk lunch / dinner, nggak masalah sih tinggal keluar gang aja, tapi kmaren tuh hujan jadi butuh ekstra keluar guesthouse ini buat nyari makanan

      Hapus
  8. Ya ampun, karena blogwalking terus nyasar disini, jadi kangen banget sama Jogjaaaa....
    salam kenal mbaaa :D

    See me on nopipon(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam knal yaaa, makasih udah mampir 😄 Yuk ke yogyaa

      Hapus
  9. House of Raminten selalu masuk list orang kalo ke Jogja yaa :D

    BalasHapus
  10. Saya baru 2 kali ke Jogya,. Itupun belum puas jalan-jalan, semoga bisa ke Jogya lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balik lg mbaa, aku jg blm puas kmaren 😹😹

      Hapus
  11. Yogya emang ngga ada matinyaaa, tempat yang selalu asik buat jalan2 :D Travelling with kiddos itu kayak naek sepeda #eh semakin lama semakin jago dan santai, jadi harus lebih sering lagi halan2 sama kiddos Ci :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut sama mamihnya raya dan abah... Tipsnya boleh juga nih yaaa ... Halan2 lbih sering deh ntar 😆

      Hapus
  12. aku pernah ke Jogja wkt masih TK, hehe.. pengen lagi deh naik becaknya, mengenang nostalgia

    BalasHapus
  13. Teh uciiii,, huhuhu Long time bngt blum k Jogja lg semenjak gempa itu,,, InsyaAllah nti mau,, mdh2an bs mnjelajah ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mbaa utiii... Smoga bisa segera yaa ^^

      Hapus
  14. Kulinernya menyusul ya ka uci, ya Alloh selama ini aku maen sebut nama langsung deh huhu, sungkem duluk

    Sama aku jug tuh terhipnotis biar maen ke toko bapia, padahal waktu itu cuma mau ke yu djum doang, ternyata ada rekanan gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, nggak apa2 santai aja mbul, panggil nama aj sih 😹 Sungkem kesannya tua abis hihii
      Iyah bener ada rekanan gitu

      Hapus
  15. obyek jalan2nya banyak amat Ucie...
    aduuh jadi pengen ke Jogja lagi deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deket2 kok mba monda ini lokasinya hehe

      Hapus
  16. Hemm nama taxi nya unik-unik mbak sampai susah ngapalin selain taxi Ria haha. Btw baru tahu ternyata untuk foto dengan embel-embel tulisan Jl Malioboro itu harus ngantri huaaa secara aku kalo foto ala OOTD an ga cuma sebentar wkwkkw. Berdoa dulu deh semoga kapan-kapan bisa ke Yogya buat liburan bareng keluarga ke sini aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan yaaa, ibuku kira ada blue bird di sana... Hehe tapi yg biru kayak blue bird namanya taksi vetri...
      Hahaha, bisa pada manyun tuh yg antri setelah mba febri :p
      Amin mba :)

      Hapus
  17. jalan-jalan ma anak-anak memang seru rempongnya. Tapi tetep aja saya belum bisa jalantanpa anak-anak sampe berhari-hari :D

    BalasHapus
  18. Baca ini jadi pengen ke Jogya. Terakhir, ramai-ramai sama keluarga suami. Yogya selalu ramai.

    BalasHapus
  19. Huuuaaaa, seruunyaaa Uci jalan2 bareng keluarga. Jadi pengen main ke Jogja lagiiiii

    BalasHapus
  20. waaa.. udah duluan cerita Jogjanyaaa.. aku keburu basi kali yak, hahhahaha

    BalasHapus
  21. kalo ke Yogya ya cuma mudik karena biasanya mudik ke solo juga... aku malah belum pernah ke mang engking godean padahal deket sama rumah,, haha..

    selama ini mudik, semua anak di boyong dan bawa kendaraan sendiri..

    makasih infonya, bisa buat catatan tempat wisata untuk mudik nanti, Mak.

    BalasHapus
  22. Banyak juga itu rute-nya mba dengan bawa balita. Keren lah. Saya waktu ke Jogja juga nggak ditawar-tawarin ke mana2, langsung ke tujuan aja. Tapi kami memang lebih banyak naik Trans Jogja sih.

    BalasHapus
  23. ahhh udah lama banget ngga ke jogja.., kangen..

    BalasHapus
  24. terakhir kali ke jogja entah kapan lupaaa
    kayaknya sih pas SMP apa ya hahha hiyak lama banget

    BalasHapus
  25. Aku belum keturutan ke Yogya lagi setelah masa SMP :(

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)