Skip to main content

Pilih imunisasi DPT yang panas atau tidak?

Pilih imunisasi DPT yang panas atau tidak? Jangan khawatir kalau habis DPT panas.
Hal yang paling ngga enak adalah pergi ke rumah sakit, meski cuma sekedar imunisasi. Rumah sakit seringkali bikin capek dan lelah. Karena melahirkan di RS. Hermina Tangerang lagi, ya jadinya lanjut imunisasi di sana. Saya ambil yang imunisasi wajib saja untuk Ashika, ketika imunisasi Kaina juga begitu. Alhamdulillah sekarang loket pembayaran untuk jaminan tertentu dipisahkan, jadi antri nya kembali normal. Ya tapi di apotik untuk pengambilan obat masih lama juga sih, apalagi kalau nunggu obat racikan. Sudahlaaaah, lelah.

                      


Waktu jaman imunisasi Kaina untuk imun DPT, selalu menggunakan yang berjenis pediacel yang katanya ngga panas. Saya juga pernah cerita itu, Kaina tidak demam baca di imunisasi DPT. Imunisasi DPT terkenal dengan bisa menyebabkan anget si bayi. DPT atau DTP ini memang termasuk imunisasi wajib. Jaman eyang uti dulu, setiap habis imunisasi DPT memang agak panas tapi sekarang sudah ada DPT yang ngga panas mah. DPT ini untuk mencegah penyakit difteri, pertusis, tetanus (DPT). Imunisasi DPT diberikan secara berulang, ada waktunya, sebanyak 5x. Saat usia bayi 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Lalu perulangan lagi di rentang 18-24 bulan. Terakhir saat usia 5 tahun. Bisa dilihat dijadwal ini ya.

          


Mau sharing pengalaman imunisasi DPT dengan Pentabio dan Pediacel. Ashika sempat nyobain punya pemerintah saat DPT yang pertama yaitu pentabio. Harganya lebih murah dibanding Pediacel, malahan jauh banget. Rp. 355.000 itu sudah termasuk dokter, konsultasi dokter SpA di Hermina Tangerang (Rp.141.000) Kalau pediacel juga makin lama semakin mahal, dulu jaman Kaina imunisasi DPT, di Hermina Tangerang harganya sekitar 700ribuan sudah termasuk dokter.

Waktu itu Pentabio memang menimbulkan demam pada anak Ashika. Kalau di tubuh Ashika, demamnya setelah 2 jam penyuntikan dan super rewel. Jadi, kalau mau pergi sebentar sehabis imunisasi, saya sarankan pakai yang jenis pediacel. Untuk harga pediacel di 2016 ini 800ribuan, ya otomatis kalau ditambah dokter dan jasa imunisasinya menyentuh angka satu juta. Engap juga ya mah. Untuk reaksi di tubuh anak, pediacel tetap menimbulkan demam di Ashika. Reaksinya hampir 24 jam baru terasa anget di badan.

Penanganan ketika demam setelah imunisasi DPT
Dokter menyarankan kalau demam dengan suhu 38 lebih, bisa diberi sanmol atau sejenisnya. Kalau masih di bawah 38, bisa diberi ASI saja sesering mungkin ya mah.

Kesimpulannya, pilih DPT yang panas atau tidak?
Tergantung kebutuhan saja mah, kalau mau pergi setelah imunisasi lebih baik pilih DPT yang tidak panas. Tapi mendingan jangan pergi deh setelah imunisasi, kasihan si bayi. Kalau mau supaya anak tidak rewel, mamah pilih yang tidak panas. Bukan berarti tidak rewel atau tidak demam sama sekali ya mah. Kalau dari kasus Ashika dan Kaina yang mencoba pediacel, berbeda reaksinya. Ashika mengalami demam tapi ringan dan reaksinya tidak secepat pentabio. Dan juga disesuaikan dengan budget juga ya mah :) 

Semoga bermanfaat untuk teman-teman terutama yang berdomisili di Tangerang.

Comments

  1. Faraz waktu itu normal pilihan yg demam, katanya sih bagus yg demam, biar bs lihat reaksi imun yg diberikan ke anak. Yg penting anak sehat dah, demamnya jg.cuma sebentaran krna pengaruh reaksi obat itu tadi.

    Ashika udh sehat lg kan sekarang?? Kisss kissmuaahh Ndut :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udaah dii, iyah sebetulnya yg penting anak sehat yaa :)

      Delete
  2. wah mayan buat baca2 nih meskipun belum ngalamin sendiri
    mbak ciyy udah ganti .com
    selamat yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa udah, makasih yaa nind :)

      Delete
  3. Gak pernah imunisasi di RS jadi cukup kaget dengan harganya hehehe. Duo bocah aku imunisasikan di bidan, bayarnya cuman 25ribu itu sudah ama bayar bidannya (thn 2013). Demam pastinya, dan karena bidannya praktek malam jadi ya langsung pulang nyusu tidur deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya aku dibayarin kantor non :D ya lumayan bgt klo byr sendirii ya

      Delete
  4. kalo aku milih yang nggak pake panas sih, alasannya agar anak nggak rewel sesudah imunisasi. Tiga anakku beda2 sih kadang pake yg panas juga, tergantung situasi keuangan saat itu, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah bener mbaaaa.. Sesuai kebutuhan yaas. Makasih udah mampir ya mba

      Delete
  5. Pilih yang pakai panas, Pentabio.. hehehe, mayan murah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba, kata dokter sama ajaaa :)

      Delete
  6. Jadi yg perulangan bisa diberikan dalam rentang 18-24 bulan ya mbak? Aku ragu ih mau ngulang soalnya sebelumnya pake pentabio semua. Katanya sih diusahakan harus sama terus merk nya tapi ya itu.. aku nggak sanggup ngliat KIPInya.
    btw salam kenal ya mbak, kemarin komen di tempatku ya, tapi brokenlink, jadi maaf saya hapus ya komennya Mbak Uci di blog saya yang kemarin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba, ngga kok.Dokter ngga bilang hrs sama mereknya. Gpp mba,hapus aja :) maaf yaa,salah kopas kynya aku

      Delete
  7. Kata dokter anakku sih. Kalo semua vaksin pasti bisa menyebabkan demam, tergantung reaksi tubuh masing2 anak. Tapi untuk yg whole cell vaksin. Perlindungannya lebih lengkap dan jangka waktu perlindungannya lebih lama. Dan misalpun ada panas, masih di suhu normal. Lebih baik anak kita lebih terlindung lengkap dan seumur hidup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya sharingnya :)

      Delete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

Popular posts from this blog

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil ~ Saya mau cerita pengalaman menghilangkan flek hitam sekaligus bekas jerawat pakai Bio Oil. Temans blogger juga sudah banyak yang review sementara saya belum nyobain dan penasaran. Apa iyasih Bio Oil ini bisa bikin pudar scars or stretch marks setelah lahiran? Ng, tapi saya tertarik nyobain Bio Oil untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan bekas jerawat dulu. Hasilnya setelah 3 minggu memang nampak sedikit memudar, ya orang baru pakai 3 minggu. So, wajar ya kan butuh proses nggak langsung simsalabim :)) Jadi lanjut cerita, Bio Oil ini tuh apa dan seperti apa sih? Apa bisa menghilangkan flek hitam di wajah? Karena testimoni orang-orang tentang Bio Oil ini bagus . Berapa sih harga Bio Oil ini? Yuk lanjut baca

Bio Oil Bio-Oil adalah spesialis produk perawatan kulit yang membantu menyamarkan bekas luka, stretch marks dan warna kulit yang tidak merata. Juga bermanfaat pada penuaan kulit dan kulit kering. Mantap ya!


Formulasi Bio-Oil merupa…

Curhat tentang dokter - RS. Hermina Tangerang

Tepatnya tanggal 09 Januari 2012 saya cek kehamilan di RS. Hermina Tangerang. Dengan dokter IS (inisial aja yah, mungkin kalau ada yang mau tau, bisa pm aja). Ini adalah kehamilan pertama saya, jadi yah kemarin milih dokternya liat dari jadwal yang sesuai dan si dokter ini cukup banyak jadwalnya di RS. Pikiran sih supaya gampang kalau mau ke dokter karena jadwal dia yang banyak di rs tersebut. Waktu itu saya booking via telepon dapat antrian nomor 1. Jadi jam 8 malam itu saya pasien pertama si dokter. 
Baca juga : Kontrol Kehamilan di RS. Melati Tangerang


Singkat cerita tanpa senyum dan si dokter langsung nanya 'kenapa'. Saya : 'mau cek kehamilan dok' Lalu suster menyuruh saya untuk duduk di kursi (mungkin yang udah pernah, tau kan diapain? :D) Kalo kata temen mah, kaya gagang sapu, LOL. Dokter langsung tau kalo saya sempet ada flek. Dan cuma periksa gitu aja, ngga dijelasin blas. Habis itu turun dari singgasana kursi obok obok. Saya duduk depan dokternya. Dokter bilang u…

Atasi sungsang dengan senam sujud

Atasi sungsang dengan senam sujud ~ Memasuki masa-masa akhir kehamilan, tepatnya pada 29 minggu, saya dan suami kontrol ke RS Hermina Tangerang, alhamdulillah baik-baik semua tapi si kaka posisinya masih belum masuk jalan lahir, kepala belum di bawah alias sungsang disebutnya, jadi harus banyak senam sujud :) dokter menyarankan supaya dalam sehari itu minimal 5x senam sujud selama 15 menit. Wow?? Perlu diinget supaya melakukannya di atas tempat tidur aja atau alas yang empuk, biar kalau si bumil oleng jatuh kecapean ngga kena dasar yang keras. Ngomong-ngomong masa akhir kehamilan, pas di RS kita diarahkan untuk registrasi untuk persalinan. Berhubung melihat search keywords yang terdampar ke blog ini, ada yang nyari nomor telepon Hermina, ada yang nyari biaya dokter kandungan di Hermina Tangerang. Kalau dokter kandungan untuk konsultasi dokter obsgyn Rp. 126.000. itu sudah termasuk USG. Nomor teleponnya bisa ke 021-55772525. Biasanya sebelum kontrol, melakukan booking lewa…