5 pertanyaan untuk orang tua

Dua hari yang lalu tepat 3 tahun Kaina hadir di kehidupan kami. Sebagai seorang ibu, rasanya belum banyak bekal yang saya beri untuknya. Sebisa mungkin menahan gereget bahkan luapan amarah diri ini ketika Kaina berulah. Sekuat apapun melontarkan amarah terhadap anak anak, tak akan sebanding dengan hasilnya. Jika marah ke anak-anak, yang ada mereka malah takut tehadap orang tua. Yaaa pasti akan terhambat laju yang seharusnya cepat. Karena perkembangan anak kan sangat dipengaruhi oleh bagaimana orang di sekitarnya. Proses menjadikan seorang anak manusia yang sukses, tentu tidak mudah dalam mendidiknya.

3 tahun berlalu dan yang tersisa adalah 3 tahun lagi untuk menstimulasi perkembangan anak. 6 tahun pertama seorang manusia adalah masa golden age. Masa kecil menentukan masa depan. Setuju ya? Setuju banget. Di pertengahan golden age ini, saya merasa banyak sekali pertumbuhan Kaina baik secara fisik maupun mentalnya. Anak kecil pun sama, memiliki kekurangan dan kelebihan. Seringkali kita menuntut anak untuk bisa berbagai macam hal. Banyaklah. Harus bisa hafal ini, harus bisa luwes menghadapi orang lain, harus senang belajar, dan harus yang lainnya. Ini terasa curhat ya, hehe. Gapapa lah ya sekali sekali ^^.

Kalau habis membaca buku parenting, selalu ada saja yang tidak sesuai teori. Beberapa meleset. Mungkin kalau ada raportnya, entah berapa nilai saya. Saya senang kalau tanya Kaina, mami galak ngga? Dia jawab, ngga lah. Saya sedih rasanya, mau nangis tapi akhirnya jadi ketawa bareng. Oh anakku..belahan jiwaku. Di tiga tahun ini, saya semakin tahu, orang tua kita dulu mendewasakan anak-anaknya dengan darah dan air mata. Kita ngga pernah pantas untuk menyakiti hati kedua orang tua. Terlebih lagi ibu, ibu kandung atau ibu mertua.

Menjelang Kaina 3 tahun, saya mengajari doa untuk ibu bapak. Padahal baru beberapa kali saja tapi dia senang, minta ulang, sedikit lagi hafal. Nak, mami adalah ibu yang tidak bekerja, tidak bisa membelikan Kaina apa-apa. Tapi doakan selalu supaya bisa sabar mendampingimu, kita sama-sama mengusahakan agar Allah mengindahkan kehidupan dunia dan akhirat. Amin. 

Ah jadi melow, ini ada beberapa pertanyaan saya untuk diri sendiri. 5 pertanyaan untuk orang tua
1. Apa yang selama ini sudah kita berikan ke anak-anak?
2. Apakah sekarang anak-anak sudah cukup kuat dan bahagia?
3. Usaha apa yang dilakukan supaya anak-anak menjadi cerdas?
4. Seberapa sering menemani anak-anak bermain?
5. Sudahkah menjadi contoh yang baik untuk mereka?

Cukup deh, 5 pertanyaan ini dulu ya. Susah nih jawabnya maak. Momen ulang tahun Kaina kali ini saya rayakan dengan begini. Hehe. . Ya, meskipun kau sanggup membeli seisi dunia untuk anak anakmu, tetaplah didik mereka dengan kesederhanaan

                      
  

26 comments:

  1. aaah aku jadi baper nih dengan 5 pertanyaanmu uciii
    btw headernya baru yaa...kecee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah mba ophi pasti jawabannya yahud dehh
      Iyah header nya bbrp minggu lalu ganti mba ophi, nuhun yaaaq

      Delete
  2. Selamat ulang tahun yang ke 3 kaina darling muah muah, udah besar ya kai, semoga apa yang di doakan dan diharapkan maminya kaina terkabul aamiin, Luv u..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nad makasih yaaa.. Amin ya rabbi. Iyah uda gede dikit nih. Bentar lagi labib yaa um ^^

      Delete
  3. selalu saja banyak pr utk org tua ya mba, ketika anak saya membangkang, saya selalu bertanya pada diri sendiri, apa yg salah pada saya sehingga anak membangkang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget mba buatku 😁 jadi refleksi diri ya mba. Apa kita mencontohkan seperti ituuuu

      Delete
  4. Selamat ulang tahun adik Kai, selalu menghebat dan membanggakan kedua orang tua... Sehat dan bahagia selalu, terus jadi anak solehah ya...

    Mbak, bikin baper siang-siang... Baca lima pertanyaannya sambil liatin duo krucilsku tidur siang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii ngga bermaksud non :) Amin doanya,makasih yaa. Enak ya duo krucil bobo, mamanya free :D

      Delete
  5. Sy juga suka nanya ke anak2.apa mama suka marah?
    Atau sy bilangnya gini, gimana kl mama marah, coba tirukan. kl ditirukan jadinya lucu skl:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti mirip mama yaa hihiii,jago niru anak2 yaa mbaa

      Delete
  6. sejak hami pertama kali, saya banyak beli buku parenting, Mbak. Bawaannya seringkali baper karena setiap kali habis membaca rasanya saya bukan ibu yang baik. Tapi lama-lama, mengalir aja. Ilmu parenting tetap penting untuk terus diupdate. Tapi prakteknya dibuat luwes dan santai aja. Karena setiap keluarga punya kondisi yang berbeda. Pengalaman saya sih begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba chi.. insya Allah ngga bosen :) belajar terus. Makasih ya mbaa

      Delete
  7. Setuju banget, Mbak, itu pertanyaan yang kelimanya sangat penting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ...makasih yah udah mampir kang

      Delete
  8. Belum bisa menjawab 5 pertanyaan ini :(

    ReplyDelete
  9. Pertanyaan itu juga berlaku buat saya neh mba, sedih belum bisa menjawabnya.

    ReplyDelete
  10. terharu akut mbak bacanya :'(
    semoga kai menjadi anak yang disayang Allah
    btw aku mah random beli gamisnya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya Allah amin..
      Eleuuuh kamuuuh, kayanya banyak deh tuuu :p

      Delete
  11. Kaina ultah yah?? Happy belated bday cantiknya Mami Paping.. sehat y yaaa Kakak Kaina. :*

    Ciii, itu pertanyaan2 gak,sanggup jawabnya, bikin hati ini melow. Ciyuuuss Uciii :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah diii, amiiin . Tgl 27 lalu hihiii
      Me too, susah susah gampang yaa di jawabnya

      Delete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena