Buku Montessori di Rumah

Ide bermain bersama anak rasanya perlu lebih dari segudang ya mah, butuh kemauan kita sebagai orang tua memilihkan mainan yang pas untuk anak. Apakah ini anak kita mau selalu kita kasih gadget aja biar anteng, adem ayem, atau kita mau terjun langsung menjadi partner sang anak dalam bermain. Saya pun masih sering menawarkan gadget ketika kakak rewel. Tapi kan ngga melulu gadget aja yang disodorin. Hmm, ide bermain kadang buntu, juga jangan nyerah gitu aja. Banyak metode belajar yang juga sambil bermain, main sambil belajar. Udah pada ngga asing juga kan sama yang namanya Montessori. 

                         
   
Beberapa waktu lalu saya berkesempatan dapat hadiah buku Montessori di Rumah yang di tulis oleh mba Elvina Lim Kusumo (Founder of IMC.com). Apa sih Montessori di Rumah itu? Kenapa mba Elvina berbagi lewat tulisannya? Saya review sekilas ya, buku Montessori di rumah ini berisi pengalaman mba Elvina dalam melakukan kegiatan bermain bersama buah hatinya yang biasa disebut C. Beliau merasakan kebaikan dan manfaat dari konsep Montessori tersebut, dan selanjutnya ingin berbagi informasi untuk orang tua atau pendidik di Indonesia supaya dapat mengetahui sebenarnya apa saja sih kegiatan bermain yang dapat mengedukasi dan bisa diterapkan di rumah dari pendekatan Montessori.

Montessori itu sendiri sebetulnya adalah nama seorang dokter yang beralih menjadi pendidik. Montessori melakukan observasi terhadap cara menangani anak. Semua ide utama Montessori dalam mendidik anak bagus sekali. Buat para mamah yang akan mencoba menerapkan metode Montessori ini, saya rasa buku ini bisa dijadikan petunjuk, kalau lihat web IndonesiaMontessori.com memang banyak sekali ya infonya. Sebelum pegang buku ini, saya pernah meluncur ke web tersebut, jadi aja saya pilih random kegiatan yang mananya, sesuka hati. Beda dengan buku sih yah, misal kita baca urut halaman demi halaman, lebih gampang untuk menerapkan metode ini. Ada penjelasan konsep, bahan-bahan yang diperlukan, kurikulum, milestone, sampai beberapa tips pun ada, seperti memilih buku yang baik dan berkualitas untuk anak, tip bagaimana menerapkan Montessori di rumah, ada tentang aspek penting yang diperlukan dalam menyiapkan kemampuan menulis dan membaca anak. Kisah mba Elvina pun ditulis dengan ringan, santai, mudah diterapkan. Ada beberapa kisah, tapi saya paling suka, serunya ternyata mba Elvina belum pernah mengajarkan anaknya menulis tapi pada waktu itu sang anak bisa menggunakan pensil, memegang yang baik dengan sendirinya. 

Di buku ini, kita dapat praktek metode Montessori dengan barang-barang yang ada di rumah, seperti gelas kecil, sendok, beras, kacang hijau dan masih banyak lagi. Terdapat 55 kegiatan keterampilan hidup Montessori dan sesuai dengan usia anak. Saya pun belum mencoba semua kegiatan yang ada dalam buku ini, tapi mencoba beberapa aja udah seru banget si Kaina. Di setiap kegiatan terdapat keterangan, mulai dari tujuan langsung atau tak langsung, poin yang dipelajari, kosakata yang dipelajari serta control of error. Kegiatannya sederhana mah, saya suka deh. Terkadang kita terlalu anggap remeh tapi sebetulnya bermanfaat buat belajar mereka, seperti melipat baju, buka tutup berbagai jenis wadah, membersihkan meja.  Nah, kalau ini Kaina lagi nyoba gunain kacang hijau, ketumbar. Gelas kaleng dan botol kaca.


                        
   

Harga buku Montessori di Rumah berdasar web nya Rp. 135.000,-. Kita bisa coba kegiatan Montessori mulai usia anak 2 tahun. Tapi kegiatan di buku ini lebih khusus untuk 3 tahun - 4 tahun, misalnya mau nyoba untuk anak 2,5 tahun ngga apa, saya rasa udah bisa dikenalkan buku ini. Beberapa manfaat diantaranya melatih motorik, konsentrasi dan kosakata baru. Saya senang ketika bermain bersama anak karena bisa tercipta ikatan batin antara kita. Dengan melibatkan anak dalam kegiatan orang dewasa, mencoba kegiatan kita seperti melipat baju, bisa melatih kemandiriannya dan juga mendapatkan keterampilan. Sederhana tapi layak kita coba mah. Ada yang belum nyobain Montessori di Rumah? Yuk cobain, seru lho mah.


15 comments:

  1. aku blum punya bukunya :D tp suka banget ngikutin IG dan webnya mba elvina :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah aplikasinya pake buku inii mbaa ^^

      Delete
  2. asyik yah Ci, bisa main ma anak. Faraz mah blm bisa diajak main, padahal saya ada beli juga itu buku yg permainan anak, Rumah Main klo gak salah judulnya. Tapi itu, Faraz blm bisa diajak main bareng, bosanan dia.
    pinjam doong Ci, bukunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah di,klo Kaina udah ngga mau brnti main barengan, ntar kli yah Faraz mulai mau, stelah 2 thn. Ih ini klo dkt udah dianterin deh buat mama faraz

      Delete
    2. Iyah di,klo Kaina udah ngga mau brnti main barengan, ntar kli yah Faraz mulai mau, stelah 2 thn. Ih ini klo dkt udah dianterin deh buat mama faraz

      Delete
  3. *noted* ah, pengen punya bukunya

    ReplyDelete
  4. Aku ngikutin Vina dari jauuuh sebelum nulis buku ini. Awal-awal terbentuknya IMC deh. Kemarin pas launching bukunya pengen banget dateng. Apa daya nggak bisa T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mba nyakk pasti udah sering main pake methods ini yaah

      Delete
  5. Mau punya juga mbak, saya udah lama ngincer-ngincer tapi belum smpet dan nemu yang pas.
    Makasih ya info dan share nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami2 mba...cukup mudah aplikasiny ini,simple :)

      Delete
  6. Wah, menarik banget kayaknya bukunya ya Mbak.
    Btw kalo anak saya yg cewek, 2 tahun, seneng banget kalo dilibatin dalam pekerjaan rumah spt nyapu, nyuci, dll. Tapi kalo kakaknya cowok, 6 tahun, udah bosen atau males kalo diajak bantu2 di rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba,itu bisa disebut keterampilan hidup. Klo makin gede makin susah yaaa hihii

      Delete
  7. jadi punya pedoman ya ngajarin anak-anak soal montesori

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba li, mudah aplikasinyaa

      Delete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena