Kolak Biji Salak kenyal kenyol

Apa kabar puasanya, semoga semakin semangat ya, tarawihnya dan tadarusnya. Kangen puasa karena masih berhalangan, doain bisa ikutan puasa ya ibu menyusui ini. Ngomongin puasa, baru kali ini seumur hidup saya bikin kolek alias kolak. Kolak dan puasa, takjil yang satu ini kesukaan bapak kalau saya sukanya gorengan huhuuu yang asin asin gurih, kalau kamu suka takjil apa?

Ngga terlalu suka manis, ini karena anak bocil suka permen yu..pi yang kenyal kenyol itu, jadilah bikin si biji salak yang enyol enyol juga :)) Ternyata selain baca buku, bikin kolak adalah kemewahan buat ibu yang punya bayik 1mo++ tetapi Kaina ngga mau nyobain kolak ini, entah kenapa padahal saya mau ganti permen yupi hari itu dengan biji salak yang kenyal mah. Yasudahlah nak..pandangin foto The Kolak Biji Salak ini aja ya Kaina.

                      
   

Ini resep kolak biji salak, gampang banget koq, hayu dicobain.

Bahan biji salak:
4 buah ubi jalar, kalau saya beli 1 kilo isi banyak kan, tapi saya ambil yang gede 
100 gr tepung kanji (saya pakai kurang lebih 100gr)



Bahan Saus santan
:
gula merah (saya pakai 3 buah bulatan gula merah)

3 sdm gula pasir

3 lembar daun pandan
1 bungkus kelapa parut (pakai yang 3 ribuan di pasar hehe)

Air matang

2 lembar Daun Jeruk (saya tambahkan daun jeruk mah, wangi segerrr)


Cara memasak:
1. Kupas ubi, cuci bersih lalu kukus
2. Setelah empuk, haluskan ubi 
3. Campur ubi halus dengan tepung kanji, lalu bentuk bulat dan cubit sedikit

                            


4. Didihkan air lalu masukan bulatan biji salak sebentar saja, angkat setelah mengapung.
5. Siapkan saus santan dengan didihkan santan, masukan air matang
6. Tambahkan gula pasir, gula merah, daun pandan terakhir daun jeruk. Boleh tambahkan garam ya mah.
7. Jadi deh kolak biji salak

Meski rencana kolak biji salak yang tadinya pengganti permen yupi ini gagal, tapi khasiatnya kaya serat banget. Buat yang kurang lancar pencernaannya, rutinin makan pepaya, kacang hijau, bisa juga ubi. Ganti-ganti aja tiap hari antara tiga itu, Insya Allah tiap hari keluar deh itu kotoran usus dari perutmu. Murah dan sehat ^^

Selamat Menunggu Buka Puasa..

14 comments:

  1. itu kelapa parutnya maksudnya buat santan ya, bukan utk disatukan dgn kolaknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba, dibuat santan terus di didihkan, campur smua mba pas udah jadi

      Delete
  2. lebih sehat dari premen ya

    ReplyDelete
  3. Emmm.... pengeeennn mbak... sejak awal ramadhan belum ketemu kolak sama sekali :(

    ReplyDelete
  4. Duh jadi kangen pengen makan biji salak juga... mau bikin sendiri tapi mager.. hehehe.. besok beli aja aahh.. thanks for sharing mba Uci ^__^

    ReplyDelete
  5. mbak chyy, sebelumnya daku sempat mengira biji salak ini masutnya beneran biji... salak.bukan sekadar bentuknya saja :/

    ReplyDelete
  6. Ini kesukaanku waktu kecil, sebenernya sampe skarang juga suka tapi jarang nemu yg jualan biji salak ini.
    Yeayy, aku mau bikin ... makasih resepnya ^^

    ReplyDelete
  7. Waktu kecil... aku pikir itu benar-benar pakai biji buah salak. Sampai-sampai waktu beli buah salak bijinya dikumpulkan biar bisa dibikin kolak. Hahaha konyol. Well, aku suka kolak biji salak, kenyalnya mantap :)

    ReplyDelete
  8. APAAAA BIJI SALAAAKK??

    #GapernahMakanBijiSalak

    Eh bukan biji salak beneran ternyata hihihi

    ReplyDelete
  9. Aihhhh... yu... pi... Anakku lagi demen2nya tuh... dan sama aja gak mau diganti dengan makanan kenyal kenyol apapun.

    ReplyDelete
  10. masih ada gak Ci?? saya suka koq, saya juga pernah buat ini? klo masih ada bisa buat bukaan ntar yakk, hihihih

    ReplyDelete
  11. Cocok sekali buat buka puasa...

    ReplyDelete
  12. Suka banget ma ini, tapi gak bisa cara bikinnya. Boleh contek resepnya kan?

    ReplyDelete
  13. kolaknya istimewa, ijin simpan resepnya ya sis

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena