Kebiasaan masa kecil di bulan puasa

Ada yang buka-buka kulkas saat jalanin puasa jaman kecil dulu? Aduh, ngangenin banget yah masa itu. Tiba-tiba saya teringat ramadhan masa kecil. Waktu belajar puasa, lucu, rasanya nungguin maghrib lama sekali. Hmmm, semakin dekat kita dengan bulan penuh rahmat, penuh iklan sirop di televisi juga hehe. Ramadhan kini, saya udah punya anak 2, si cimit-cimit. Lagi mengangenin bulan puasa jaman sekolah dulu. Memang awalnya orang tua saya memberi reward kalau bisa berpuasa. Pertamanya belajar puasa setengah hari, dilanjut puasa seharian, kadang bolong kadang sukses. Semangat buat shalat soalnya wudhu bisa kumur, lumayan seger sedikit :)) Ah kangen, kangen berat masa kecil di bulan puasa. Sekarang udah jadi mamak mamak, yang harus setrong jalanin puasa dengan menghadapi cimit yang lagi petakilan, pecicilan, uweluwelan, ngga ketulungan. Ya Allah, berikan hamba kesabaran selalu, setiap detik.

                         
   
Ngomongin buka kulkas, ada beberapa lagi nih kebiasaan masa kecil di bulan puasa, kangen:

1. Buka kulkas
Suka bolak balik buka kulkas, ngerasain hawa dingin itu rasanya brrr, enak. Rumah kecil saya yang ngga ber AC, sepulang sekolah sering bukain kulkas, membantu banget menyegarkan.

2. Menghitung jam
Terasa semangat deh kalau lihat jam, tinggal berapa jam lagi puasanya yaa?! Ngitungin melulu. . Kalau ada pahala ibadah menghitung jam, menang banyak deh.

3. Kumur-kumur
Idih, kumuran siang bolong pas puasa, pas mau ambil wudhu ceritanya. Basahin mulut, eh tapi ngga di glek glek lhooo :))

4. Gonta ganti acara tv, cari yang bedugnya cepet
Ini sih masih dilakuin, gantinya kalau dulu kan program tv cuma itu aja, rcti, indosiar, sctv, tpi, antv, tvri.

5. Antri minta tanda tangan
Minta tanda tangan imam buat buku agenda ramadhan, terus nulis kuliah subuh atau kultum (kuliah tujuh menit) di buku agenda. Ini di jaman kekinian masih ada kan yaaa? Agenda Ramadhan.

6. Jalan pagi
Setelah sahur biasanya jalan menghirup udara subuh, entah kapan terakhir jalan subuh.

Terus apalagi yah yang ngangenin? Taraweh sama gebetan yaaa kamu? Hihi
Namanya anak-anak yang baru mulai berpuasa, belajar puasa, sebentar-sebentar jalan ke dapur atau nanyain jam melulu. Dan juga semangat nanyain menu buka puasa. Tapi lama kelamaan si anak ini memiliki kesadaran sendiri, yang awalnya menahan lapar haus, meningkat jadi belajar kejujuran. Puasa, ibadah yang memang hanya kita dan Allah yang persis tau. Lalu lanjut belajar sabar menahan hawa nafsu, semuanya berproses. Marhaban ya ramadhan. .

7 comments:

  1. aku jadi ikutan kangen puasa jaman kecil, mbak... :'(

    ReplyDelete
  2. Kalaun saya point nomor 5 Mba, saya biasanya antri untuk minta tanda tangan yang ceramah tiap malam di mesjid daerah saya...

    ReplyDelete
  3. kalau aku dlu suka tiduran di lantai mbk , hihihi

    ReplyDelete
  4. nomer 5 ituuu lhoo memorable banget mbak chy hahahaha :D

    ReplyDelete
  5. kalau aku pulang tarawih pasang lilin di batok kelapa terus di taruh di pagar hihi

    ReplyDelete
  6. aku inget jaman sekolah juga minta tanda tanga, tai anak-anak skr kayanya udah jarang ya yang antri. eh gak tau apa beda kebijakan di tiap sekolah ya

    ReplyDelete
  7. Hahah, Uci ngejar tandatangan juga yak? Kirain disini aja yg heboh gitu, xixixix.

    Lomba2an kan yah biar bukunya penuh. Shalat wajib harus dicentang semua, gak boleh bolong, kan puasa. Sayang klo puasa tp sholatnya bolong.

    Saya belajar puasanya itu kelas brapa yah? 5 SD klo gak salah, xixiix. Suka gak kuat sih :D

    Ada lagi Ciii, paling ditunggu tuh klo Mamak2 udah pada buat kue, semangat deh buat minta hahahah

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena