Skip to main content

Kebiasaan masa kecil di bulan puasa

Ada yang buka-buka kulkas saat jalanin puasa jaman kecil dulu? Aduh, ngangenin banget yah masa itu. Tiba-tiba saya teringat ramadhan masa kecil. Waktu belajar puasa, lucu, rasanya nungguin maghrib lama sekali. Hmmm, semakin dekat kita dengan bulan penuh rahmat, penuh iklan sirop di televisi juga hehe. Ramadhan kini, saya udah punya anak 2, si cimit-cimit. Lagi mengangenin bulan puasa jaman sekolah dulu. Memang awalnya orang tua saya memberi reward kalau bisa berpuasa. Pertamanya belajar puasa setengah hari, dilanjut puasa seharian, kadang bolong kadang sukses. Semangat buat shalat soalnya wudhu bisa kumur, lumayan seger sedikit :)) Ah kangen, kangen berat masa kecil di bulan puasa. Sekarang udah jadi mamak mamak, yang harus setrong jalanin puasa dengan menghadapi cimit yang lagi petakilan, pecicilan, uweluwelan, ngga ketulungan. Ya Allah, berikan hamba kesabaran selalu, setiap detik.

                         
   
Ngomongin buka kulkas, ada beberapa lagi nih kebiasaan masa kecil di bulan puasa, kangen:

1. Buka kulkas
Suka bolak balik buka kulkas, ngerasain hawa dingin itu rasanya brrr, enak. Rumah kecil saya yang ngga ber AC, sepulang sekolah sering bukain kulkas, membantu banget menyegarkan.

2. Menghitung jam
Terasa semangat deh kalau lihat jam, tinggal berapa jam lagi puasanya yaa?! Ngitungin melulu. . Kalau ada pahala ibadah menghitung jam, menang banyak deh.

3. Kumur-kumur
Idih, kumuran siang bolong pas puasa, pas mau ambil wudhu ceritanya. Basahin mulut, eh tapi ngga di glek glek lhooo :))

4. Gonta ganti acara tv, cari yang bedugnya cepet
Ini sih masih dilakuin, gantinya kalau dulu kan program tv cuma itu aja, rcti, indosiar, sctv, tpi, antv, tvri.

5. Antri minta tanda tangan
Minta tanda tangan imam buat buku agenda ramadhan, terus nulis kuliah subuh atau kultum (kuliah tujuh menit) di buku agenda. Ini di jaman kekinian masih ada kan yaaa? Agenda Ramadhan.

6. Jalan pagi
Setelah sahur biasanya jalan menghirup udara subuh, entah kapan terakhir jalan subuh.

Terus apalagi yah yang ngangenin? Taraweh sama gebetan yaaa kamu? Hihi
Namanya anak-anak yang baru mulai berpuasa, belajar puasa, sebentar-sebentar jalan ke dapur atau nanyain jam melulu. Dan juga semangat nanyain menu buka puasa. Tapi lama kelamaan si anak ini memiliki kesadaran sendiri, yang awalnya menahan lapar haus, meningkat jadi belajar kejujuran. Puasa, ibadah yang memang hanya kita dan Allah yang persis tau. Lalu lanjut belajar sabar menahan hawa nafsu, semuanya berproses. Marhaban ya ramadhan. .

Comments

  1. aku jadi ikutan kangen puasa jaman kecil, mbak... :'(

    ReplyDelete
  2. Kalaun saya point nomor 5 Mba, saya biasanya antri untuk minta tanda tangan yang ceramah tiap malam di mesjid daerah saya...

    ReplyDelete
  3. kalau aku dlu suka tiduran di lantai mbk , hihihi

    ReplyDelete
  4. nomer 5 ituuu lhoo memorable banget mbak chy hahahaha :D

    ReplyDelete
  5. kalau aku pulang tarawih pasang lilin di batok kelapa terus di taruh di pagar hihi

    ReplyDelete
  6. aku inget jaman sekolah juga minta tanda tanga, tai anak-anak skr kayanya udah jarang ya yang antri. eh gak tau apa beda kebijakan di tiap sekolah ya

    ReplyDelete
  7. Hahah, Uci ngejar tandatangan juga yak? Kirain disini aja yg heboh gitu, xixixix.

    Lomba2an kan yah biar bukunya penuh. Shalat wajib harus dicentang semua, gak boleh bolong, kan puasa. Sayang klo puasa tp sholatnya bolong.

    Saya belajar puasanya itu kelas brapa yah? 5 SD klo gak salah, xixiix. Suka gak kuat sih :D

    Ada lagi Ciii, paling ditunggu tuh klo Mamak2 udah pada buat kue, semangat deh buat minta hahahah

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

Popular posts from this blog

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil ~ Saya mau cerita pengalaman menghilangkan flek hitam sekaligus bekas jerawat pakai Bio Oil. Temans blogger juga sudah banyak yang review sementara saya belum nyobain dan penasaran. Apa iyasih Bio Oil ini bisa bikin pudar scars or stretch marks setelah lahiran? Ng, tapi saya tertarik nyobain Bio Oil untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan bekas jerawat dulu. Hasilnya setelah 3 minggu memang nampak sedikit memudar, ya orang baru pakai 3 minggu. So, wajar ya kan butuh proses nggak langsung simsalabim :)) Jadi lanjut cerita, Bio Oil ini tuh apa dan seperti apa sih? Apa bisa menghilangkan flek hitam di wajah? Karena testimoni orang-orang tentang Bio Oil ini bagus . Berapa sih harga Bio Oil ini? Yuk lanjut baca

Bio Oil Bio-Oil adalah spesialis produk perawatan kulit yang membantu menyamarkan bekas luka, stretch marks dan warna kulit yang tidak merata. Juga bermanfaat pada penuaan kulit dan kulit kering. Mantap ya!


Formulasi Bio-Oil merupa…

Curhat tentang dokter - RS. Hermina Tangerang

Tepatnya tanggal 09 Januari 2012 saya cek kehamilan di RS. Hermina Tangerang. Dengan dokter IS (inisial aja yah, mungkin kalau ada yang mau tau, bisa pm aja). Ini adalah kehamilan pertama saya, jadi yah kemarin milih dokternya liat dari jadwal yang sesuai dan si dokter ini cukup banyak jadwalnya di RS. Pikiran sih supaya gampang kalau mau ke dokter karena jadwal dia yang banyak di rs tersebut. Waktu itu saya booking via telepon dapat antrian nomor 1. Jadi jam 8 malam itu saya pasien pertama si dokter. 
Baca juga : Kontrol Kehamilan di RS. Melati Tangerang


Singkat cerita tanpa senyum dan si dokter langsung nanya 'kenapa'. Saya : 'mau cek kehamilan dok' Lalu suster menyuruh saya untuk duduk di kursi (mungkin yang udah pernah, tau kan diapain? :D) Kalo kata temen mah, kaya gagang sapu, LOL. Dokter langsung tau kalo saya sempet ada flek. Dan cuma periksa gitu aja, ngga dijelasin blas. Habis itu turun dari singgasana kursi obok obok. Saya duduk depan dokternya. Dokter bilang u…

Atasi sungsang dengan senam sujud

Atasi sungsang dengan senam sujud ~ Memasuki masa-masa akhir kehamilan, tepatnya pada 29 minggu, saya dan suami kontrol ke RS Hermina Tangerang, alhamdulillah baik-baik semua tapi si kaka posisinya masih belum masuk jalan lahir, kepala belum di bawah alias sungsang disebutnya, jadi harus banyak senam sujud :) dokter menyarankan supaya dalam sehari itu minimal 5x senam sujud selama 15 menit. Wow?? Perlu diinget supaya melakukannya di atas tempat tidur aja atau alas yang empuk, biar kalau si bumil oleng jatuh kecapean ngga kena dasar yang keras. Ngomong-ngomong masa akhir kehamilan, pas di RS kita diarahkan untuk registrasi untuk persalinan. Berhubung melihat search keywords yang terdampar ke blog ini, ada yang nyari nomor telepon Hermina, ada yang nyari biaya dokter kandungan di Hermina Tangerang. Kalau dokter kandungan untuk konsultasi dokter obsgyn Rp. 126.000. itu sudah termasuk USG. Nomor teleponnya bisa ke 021-55772525. Biasanya sebelum kontrol, melakukan booking lewa…