Mengalami Plasenta Lengket

Setelah Ashika lahir,  ketika itu rasanya lega sekali. Seisi ruangan bersalin pun seperti bernafas lega, akhirnya perjuangan mereka juga berujung manis. Apalagi saya, terasa brol, kosong perutnya saat Ashika ditarik keluar oleh dokter Hasta. Tapi, cobaan datang lagi, si plasenta belum juga bisa dikeluarkan. Saya mengalami plasenta lengket dalam rahim, normalnya maksimal setengah jam, sudah bisa keluar. Apa itu plasenta lengket ?? Kenapa bisa lengket si plasenta :'( Dokter Hasta segera ambil tindakan untuk manual plasenta. Jujur, baru tau namanya itu manual plasenta setelah suami tercinta beresin administrasi. Saat dokter Hasta bilang, minta izin ke suami untuk mengambil plasenta atau yang biasa kita kenal dengan ari-ari bayi, mengambil dengan cara memasukkan tangan ke dalam rahim, udah yaa ngga usah dipertegas lagi ceritanya, masih mengilu, masya Allah, sujud syukur masih bisa selamat, sehat. 

                     
   

Dokter bilang, nanti kalau masih ada yang ketinggalan di dalam, berarti harus dikuret. Alhamdulillah saat semua selesai, yaitu tindakan manual plasenta, dokter menjahit lalu yang terakhir adalah melakukan usg, dan bersih. Dokter Hasta keliatan syenaang banget, apalagi saya. Sekilas cerita setelah Ashika lahir. Hmm, ibu oh ibu. . Perjuangannya ya
Jadi manual plasenta itu dilakukan ketika terjadi pasca melahirkan tetapi plasenta belum bisa keluar karena lengket, plasenta lengket atau retensio plasenta, biasanya 15-30 menit sudah bisa keluar. Lalu saya gugling untuk cari tau, kenapa sih plasenta lengket. Apakah bisa terjadi lagi pada proses persalinan berikutnya ya? 

Retensio Plasenta adalah terlambatnya kelahiran plasenta selama setengah jam setelah kelahiran bayi, atau 1 -2 jam post partum tanpa perdarahan yang berlebihan, jika home birth Plasenta harus dikeluarkan karena dapat menimbulkan bahaya perdarahan dan infeksi (sumber bidankita.com). Prosedur untuk melakukan manual plasenta harus sesuai. Untuk itulah tenaga medis saat melahirkan harus diperhatikan juga, supaya penanganan cepat ketika terjadi hal yang urgent, karena menyangkut nyawa si ibu. Sebelum melahirkan, saya mendapat HB yang rendah, tidak sesuai batas normalnya, ini juga pengaruh terhadap bukaan jalan lahir katanya. Ya, sampe kaya pulkam deh nunggu bukaan waktu itu.

Penyebab plasenta lengket tidak begitu jelas, berikut beberapa kemungkinannya (sumber: alodokter.com) : Kontraksi rahim yang buruk, Posisi perlekatannya yang tidak baik, Ukuran plasenta terlalu kecil, Perlekatan plasenta yang terlalu dalam, misalnya sampai mencapai dasar endometrium (akreta), jaringan otot (inkreta), atau selaput luar rahim (perkreta). Hipertensi / tekanan darah tinggi dalam kehamilan, Riwayat kuret dan caesar, Usia lanjut, kehamilan multipel, Riwayat infeksi rahim
Riwayat retensio plasenta sebelumnya dan lain sebagainya.

Saya pernah caesar saat anak pertama dan di setiap kehamilan selalu menggunakan obat penguat karena mengalami flek. Apa itu ya penyebabnya? Di badan saya jadi seperti ini efek obat penguatnya. Saya juga ngga ngerti :) Resiko terjadi lagi memang pasti ada kemungkinan di persalinan berikutnya. Semoga ngga terjadi lagi ya, amin.

Apapun proses persalinannya, normal atau sesar yang terpenting ibu dan bayi sehat selamat bahagia wal afiat. Beberapa hari lalu ada yg melahirkan tapi sang ibu ngga selamat, suaminya pingsan melulu. Mrebes mili dengernya karena manual plasenta setelah lahiran, seperti yang saya alami. Mungkin kehabisan banyak darah. Wallahualam. .

Setiap proses persalinan memilki kenangan tersendiri tak terlupakan, yang bisa menguatkan hubungan antara suami istri. Bersyukurlah yg istrinya selamat~

23 comments:

  1. Wah... hampir sama dengan saat lahiran anak ke 2, Zianka. Proses lahirannya terbilang cepat 3-4 jam setelah ketuban rembes... tp setelah lahiran gak bisa pindah dulu dari ruang bersalin karena ada plasenta yg lengket... untung setengah jam kemudian keluar dng sendirinya... tp sayanya masih harus diobservasi... untung masih bisa sekamar ama si kecil dan ayahnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah non inge, aku mah uda ditungguin stengah jam masi lengket :'(

      Delete
  2. Ada yg kayak gtu ya Ci? Baru tahu.. Alhamdulillah semua udh terlewati yah Ci, selamat semuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah aku jg baru tau dii, makanya bener2 deh ngeri klo uda tau duluan mah yaa :D
      Alhamdulillah selamat

      Delete
  3. hmmm aku belum punya pengalaman terkait lahiran mbak, tapi seneng bacanya nambah pengetahuan

    ReplyDelete
  4. saya setiap hamil juga slalu ngeflek mbak, minum penguat kandungan, tapi alhamdulillah tdk mengalami perlengketan plasenta. Alhamdulillah juga buat mbak tertangani dgn baik oleh dokter ya. Memang pastinya wanita melahirkan itu sgt istimewa, luar biasa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba lia, mungkin beda2 yah di tubuh masing2, aku pun ngga tau mba karena apa. Dokter juga nanya, apa aku minum jamu...
      Bener mba, proses lahiran itu, huaaa :)

      Delete
  5. Alhamdulillah mba uci, sehat sehat ibu dan bayi nya.. Btw mba melahirkan normal kah? Maksudnya kalau sectio kan pasti bisa langsung kebawa ari ari nya benar begitu bukan ya? Aku pernah baca artikel tanya jawab dengan dokter di ayahbunda.com salah satunya tentang plasenta lengket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah makasih yah ti, waktu lahiran yg ini, aku normal ti..
      Nah aku blum nyari info klo yang itu ti, lahiran pertamaku sectio dan ngga ada masalah plasenta lengket..

      Delete
  6. hmmmpphh... walopun kurang paham, setidaknya saya akhirnya taauuu tentang plasenta loh, kak uci....>.<' semangattt yahh kakkkkk.... bersyukur bae bae ajaa yahh si kakak.... yeayyy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm, iip makasih lho. :D udah hinggap dimari

      Delete
    2. hahhahaha nemplok lagiii.. XD itu kejadiannya sudah lama kah? wuaaa sekarang sudah sehat kak? tak ada efek samping apa-apa kan?

      Delete
  7. wah... baru tau bisa seperti ini

    ReplyDelete
  8. saya juga pernah mem-posting masalah plasenta lengket ini ketika adik ipar saya mengalaminya. Saya sebagai kakak ipar saat itu sangat deg2an, apalagi saya saat itu kurang paham dgn plasenta lengket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba, saya mampir sblm posting ini :D saya ngga deg2an mba pas itu, tapi pas ada kejadian yg ngga selamat, saya pnasaran

      Delete
  9. Aku dua kali operasi semua. Gak paham soal placenta lengket. Ternyata ada juga .... Duuuh bayanginnya jadi gimana gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba nis, aku masi keinget,merinding

      Delete
  10. Alhamdulillah bisa dilalui yah Mba :)
    saya ajah ngebayanginnya ngilu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba,alhamdulillah...jgn dibayangin mba :|

      Delete
  11. iya yang penting sehat, dan lancar ya apapun prosesnya

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena