Skip to main content

Kenapa harus ASI

ASI, siapa yang tak kenal minuman ini. Minuman yang dispensernya langsung dari sang Maha Besar. Kenapa sih bayi harus diberi ASI? Formulanya yang dahsyat, tak tertandingi oleh yang lainnya. Formula one deh ASI mah ^^. Kesadaran memberikan ASI selayaknya tertanam pada setiap ibu. Mungkin ada beberapa ibu yang ingin sekali memberikan ASI tapi katanya si ASI hanya sedikit, makan sayur udah, buah juga udah, semua booster dicobain, tapi tetap ngga lancar. 

Senin kemarin saya ngobrol sama seorang ibu di ruang menyusui, ya beliau udah banyak makan sayur dan semua itu tapi masih sedikit aja ASI nya. Saya jadi bertanya-tanya why? Hehe. Ada lagi masalah si bayi ngga mau nenen payudara ibu yang sebelah kanan, maunya yang kiri aja. Ini juga bikin saya mikir, kenapa ya? Sempat ikut konseling untuk perawatan bayi dari rumah sakit, meski udah anak kedua, tetap ikut biar kalau ada update info atau ilmu baru jadi nambah tau kan yaa mah, selain itu gratis juga koq. Refresh lagi jadinya. 

                            
    
Kenapa sih harus ASI
Anak itu kan terlahir dari seorang ibu, masa sih kita kasih air susu sapi, dan menyerah begitu aja karena merasa ASI sedikit. Baiknya ibu tau manfaat ASI, saya bukan seorang yang ahli di bidang ini ya tapi mencoba mencari tau manfaatnya. Mohon maaf sekali bukan bermaksud apa-apa karena ibu harus melek manfaat ASI, bukan hanya melek teknologi hehe.

Karena ASI
1. Perkembangan dan pertumbuhan bayi akan optimal

2. Antibodi yang paling bagus ketika bayi lahir yang akan berguna untuk ke depannya, lebih kuat. Saya pun udah merasakan hal ini, memang lebih kuat anak-anak yang diberi ASI, alhamdulillah ngga gampang sakit batuk atau pilek.

3. Membuat anak cerdas

4. Pemulihan pasca melahirkan lebih cepat

5. Ini penting, ikatan ibu dan anak yang kuat, waktu konseling di RS. Hermina, Sang konselor laktasi cerita pengalaman pribadinya. Anak pertama beliau tidak diberi ASI sedangkan 3 anak setelahnya ASI full, perbedaannya? Anak pertama kecerdasannya berbeda dan tidak terlalu nurut seperti adik-adiknya. Nah, jadi terasa bedanya. Mendengar cerita tersebut rasanya merinding.
Dan masih banyak lagi yaa mah, uncountable.

Supaya produksi ASI lancar
Gerbang untuk membuka jalan ASI adalah si Bayi, semakin sering dihisap bayi maka akan semakin banyak yang keluar. Makan-makanan yang bergizi tentunya, sayuran hijau, buah-buahan. Saya mencoba memakan sayuran seperti daun katuk, bayam, kacang hijau, pare, daun pepaya. Alhamdulillah ASI lancar. 

Ada yang ASI lancar tapi anaknya ngga mau nyusu, nah jangan lupa untuk selalu perhatikan kenyamanan bayi saat menyusui, apakah posisinya sudah benar atau belum. Kenyamanan bayi saat menyusui juga menjadi faktor si bayi mau nyusu atau ngga.

Oh ya, bayi baru lahir memiliki cadangan makanan mah selama 2x24 jam. Jadi jangan khawatir dia kehausan sementara ASI belum begitu lancar, tetap semangat ya mah ^^. Semoga ASI nya lancar dan anak-anak selalu sehat. Amin

Masih dalam rangka cuti melahirkan nih yang punya blog, terima kasih yaa untuk undangan eventnya, insya Allah kalau udah pulih si part time blogger ini akan hadir.

Comments

  1. semoga nanti aku bisa kasih asi buat anak-anakku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin saa, moga scptnya yaa ^^

      Delete
  2. kalau bisa kasih asi kenaa gak ya mbak. Semangat ya ngASInya. sampai 2 thn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yah mba li supportnya :)

      Delete
  3. semangat asinya mbaak :D

    ReplyDelete
  4. Betul ASI lebih sehat
    Banyak manfaat
    Juga bisa hemat
    Dan bikin anak cerdas walafiat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cerdas walafiat yaa mba ^^ mantep

      Delete
  5. beruntunglah mereka yang mnedapatkan asi
    dija kurang beruntung

    ReplyDelete
  6. Semangat ngASI mbak, ASI memang tak tergantikan ya :)

    ReplyDelete
  7. Dulu anak pertamaku minum ASI sampe 2 tahun. Sepertinya anak kedua juga mau aku kasih ASI sampe 2 tahun. Banyak banget manfaatnya, ya? ^^

    ReplyDelete
  8. Semangat ngeASI yah Ci sayang... peluuukk eraat

    Alhamdulillah Faraz sampe sekarang masih ASI. Klo libur itu hal yg ditunggu2 banget deh, biar bisa puas2in ngeASI, rasanya tiap saat pengen kasih ASI aja gak usah ada kerjaan lain, menebus 8jam sehari yg kelewat #oupscurcol

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

Popular posts from this blog

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil ~ Saya mau cerita pengalaman menghilangkan flek hitam sekaligus bekas jerawat pakai Bio Oil. Temans blogger juga sudah banyak yang review sementara saya belum nyobain dan penasaran. Apa iyasih Bio Oil ini bisa bikin pudar scars or stretch marks setelah lahiran? Ng, tapi saya tertarik nyobain Bio Oil untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan bekas jerawat dulu. Hasilnya setelah 3 minggu memang nampak sedikit memudar, ya orang baru pakai 3 minggu. So, wajar ya kan butuh proses nggak langsung simsalabim :)) Jadi lanjut cerita, Bio Oil ini tuh apa dan seperti apa sih? Apa bisa menghilangkan flek hitam di wajah? Karena testimoni orang-orang tentang Bio Oil ini bagus . Berapa sih harga Bio Oil ini? Yuk lanjut baca

Bio Oil Bio-Oil adalah spesialis produk perawatan kulit yang membantu menyamarkan bekas luka, stretch marks dan warna kulit yang tidak merata. Juga bermanfaat pada penuaan kulit dan kulit kering. Mantap ya!


Formulasi Bio-Oil merupa…

Curhat tentang dokter - RS. Hermina Tangerang

Tepatnya tanggal 09 Januari 2012 saya cek kehamilan di RS. Hermina Tangerang. Dengan dokter IS (inisial aja yah, mungkin kalau ada yang mau tau, bisa pm aja). Ini adalah kehamilan pertama saya, jadi yah kemarin milih dokternya liat dari jadwal yang sesuai dan si dokter ini cukup banyak jadwalnya di RS. Pikiran sih supaya gampang kalau mau ke dokter karena jadwal dia yang banyak di rs tersebut. Waktu itu saya booking via telepon dapat antrian nomor 1. Jadi jam 8 malam itu saya pasien pertama si dokter. 
Baca juga : Kontrol Kehamilan di RS. Melati Tangerang


Singkat cerita tanpa senyum dan si dokter langsung nanya 'kenapa'. Saya : 'mau cek kehamilan dok' Lalu suster menyuruh saya untuk duduk di kursi (mungkin yang udah pernah, tau kan diapain? :D) Kalo kata temen mah, kaya gagang sapu, LOL. Dokter langsung tau kalo saya sempet ada flek. Dan cuma periksa gitu aja, ngga dijelasin blas. Habis itu turun dari singgasana kursi obok obok. Saya duduk depan dokternya. Dokter bilang u…

Atasi sungsang dengan senam sujud

Atasi sungsang dengan senam sujud ~ Memasuki masa-masa akhir kehamilan, tepatnya pada 29 minggu, saya dan suami kontrol ke RS Hermina Tangerang, alhamdulillah baik-baik semua tapi si kaka posisinya masih belum masuk jalan lahir, kepala belum di bawah alias sungsang disebutnya, jadi harus banyak senam sujud :) dokter menyarankan supaya dalam sehari itu minimal 5x senam sujud selama 15 menit. Wow?? Perlu diinget supaya melakukannya di atas tempat tidur aja atau alas yang empuk, biar kalau si bumil oleng jatuh kecapean ngga kena dasar yang keras. Ngomong-ngomong masa akhir kehamilan, pas di RS kita diarahkan untuk registrasi untuk persalinan. Berhubung melihat search keywords yang terdampar ke blog ini, ada yang nyari nomor telepon Hermina, ada yang nyari biaya dokter kandungan di Hermina Tangerang. Kalau dokter kandungan untuk konsultasi dokter obsgyn Rp. 126.000. itu sudah termasuk USG. Nomor teleponnya bisa ke 021-55772525. Biasanya sebelum kontrol, melakukan booking lewa…