Tidur siang untuk anak

Tidur Siang untuk anak ~ Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. Biasanya sudah terlupakan nih salam lengkapnya di jaman sekarang (ah itu mah kamu cil, hehe) kenapa harus lengkap? Biar do'anya juga sampai, ngga putus hanya salamnya aja. Beberapa hari ini saya ada pekerjaan secara tiba-tiba, freelancer katanya mah hehe tapi nanti saya coba dipostingan lain yah kalau kerjaan sudah finished. Mohon do'anya supaya lancar. Udahan sekilas infonya :)

                               
    
Nah kali ini mau bagi tips supaya anak tidur siang. Anak-anak usia 2.5 - 5 tahun biasanya sudah mulai sedikit susah diajak tidur siang yah moms. Mereka aktif banget lari sana sini tapi beda staminanya dengan orang dewasa, anak-anak perlu tidur siang untuk charger energy. Saya sempat membaca untuk anak yang tidur malam jam 8 misalnya dan bangun di jam 8 pagi tidak tidur siang tak apa, tapi lebih baik moms untuk tidur siang, penting supaya mengistirahatkan tubuhnya agar tidak rewel juga, selain itu kembali semangat saat bermain sore sambil menunggu jam makan malam tiba. 

Alhamdulillah Kaina masih rutin untuk tidur siang meski pernah sempat beberapa kali mengalami penolakan untuk tidur siang dan maunya main terus-terusan. Berikut cara agar anak mau tidur siang, bisa dicoba yaa:

  • Bermain dengan cukup, maksudnya adalah cukup lelah biasanya tubuh akan minta istirahat kan moms, atau lakukan aktivitas outdoor di pagi hari bisa sebelum mandi atau sesudah. Kaina biasanya sebelum mandi jalan di depan rumah kadang juga sambil lari kecil
  • Hindari bermain di ruangan ber AC
  • Luangkan waktu untuk snack time biasanya dilakukan sekitar pukul 9-10 pagi untuk mengganjal perutnya ketika bermain sebelum makan siang, bisa berupa biskuit
  • Pastikan si kecil makan siang dengan cukup kenyang terisi, biasanya kan kita juga lebih mudah tidur kalau perut sudah aman yaa
  • Beri pengertian pada si kecil bahwa mereka butuh tidur siang supaya badannya ngga capek, persiapan untuk main sore hari, insya Allah mereka paham
  • Bila menolak, coba ajak untuk membawa mainan atau benda yang disukai ke lokasi tidur. Kaina biasanya tidur siang di ruang tv, setelah duduk biasanya saya bilang "ngga capek? Kalau capek sini boboan di sini" moms bisa sambil memijat atau usap-usap dia
  • Biasakan untuk pipis, cuci tangan dan kaki terlebih dulu
  • Bila terbiasa minum susu, berikan susu
  • Lakukan secara konsisten juga sambil melatih anak untuk disiplin.

Memang ya menghadapi si cilik butuh cara kreatif masing-masing, moms pasti sudah punya cara andalan juga. Moga berhasil :D

23 comments:

  1. kenapa kok jangan di ruangan ber ac kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang keringet aja klo di AC

      Delete
  2. iya, si ken jg susah skrg susah diajak tidur siang, dikelonin, eee malah emaknye yg molor, si ken balek maen lagi, *mamakpayah, hehe, tengkiu tipsnya yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa... Emaknya yg kcapean yaq. Harus dikeukeuuup biar ngga ngaburrr

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. penting bgt bobo siang, iyas klo tdur siangnya kurang pasti rewel banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cape ngga jelas deh klo kurang tidur juga si kaina

      Delete
  5. Memang mba anak2 usia 2 th an mnrt penwlitian emg udh ga tlalu memerlukan tdr siang karena hormon pertumbuhn mereka lbh aktif saat malam, itu yg sy dapat di salah satu talkshow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu,baru tau mbaa.. Makasih yah infonya :)

      Delete
  6. tidur siang untuk anak emang penting ya

    ReplyDelete
  7. aak.. uchi thanks for the tips yaaa :)

    salam sayang buat kaina :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami2 bundoo :) salam sayang balik buat bun

      Delete
  8. Saya belom punya anak, semoga lekas punya momongan. Amin

    Terima kasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Hihi, anak2 kadang tergoda untuk maen. Apalagi kalo ada temen2nya main. Meski ngantuk tetep dipaksain main. Trus yg harusnya tidur siang jadi tidur sore :D

    ReplyDelete
  11. Tips nya boleh juga ni, tapi di praktekin nya nanti lah kalo udah punya anak..

    Salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
  12. Faraz klo cuma berdua ma saya di rumah, tidurnya bisa 2-3x (setelah bangun pagi), durasinya juga bs lama tidurnya tapi ooohh klo udh kumpul ma kakak2 (sepupunya),duuuhh minta ampun nyuruhnya..

    ReplyDelete
  13. Alvin mau 6 tahun umurnya juga masih tidur siang tiap hari

    ReplyDelete
  14. Buat anak-anak memang penting tidur siang. Kalo anak-anakku sekarang sudah gede, nggak pernah tidur siang lagi karena pulang sekolah sampe rumah sudah sore :)

    ReplyDelete
  15. Iyas juga sejak bayi sudah aku ajarkan untuk tidur siang, sampai sekarang rutin tidur siang tp kadang enggak mau tidur klo ada abinya :p

    ReplyDelete
  16. Anak-anak saya, duhhhh susahnya kalo disuruh bobo siang. Si kakak tuh yg sering bisikin adiknya supaya gak mau bobo siang, maunya diajak maen terusss :(
    Makasih ya Mbak sharingnya. Mungkin bisa saya coba :)

    ReplyDelete
  17. hahaha...aku paling susah tuuuh ngajak anak-anak tidur siaaang. adaaa aja alasannya ya mbaa

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena