Rolade daging untuk anak


Menu makanan ketika radang tenggorokan sering membosankan yaa. Beberapa pekan ini perubahan cuaca yang kadang buat kondisi badan bisa menurun bahkan sakit. Saya mengalaminya beberapa minggu kemarin. Radang tenggorokan, batuk, flu apalagi di tengah hamil seperti ini sungguh ngga enak. Kaina juga sudah lebih dulu terkena batuk pilek. Begitulah emak, ketika sakit tetap harus bekerja melayani anak, harus mandiin, masakin, nyuapin, mengajak bermain, pasang muka ceria heuuhu yaa kalau apes si anak lagi suka ngadat alias tantrum ngga jelas sih yang paling menohok. Emak mau boboan ngga boleh, harus duduk rapih. Okee..


Kita tinggalkan cerita itu dengan lapang dada. Kali ini mau cerita sebetulnya masak apa sih yang enak kalau lagi radang tenggorokan ataupun batuk, kadang kita bosen kan ngga boleh makan goreng-gorengan. Saya yang tiap hari pasti ngga lepas dari goreng menggoreng karena suami suka, tapi sekarang mencoba ngurangin makanan yang digoreng terlalu sering. Menunya bisa ayam/daging teriyaki, pepes tahu & sayur asem, tahu tumis bawang, rolade mini untuk anak-anak. Saya kemarin bikin rolade mini untuk Kaina. Resep rolade mini ini gampang banget buatnya, saya yang belum punya teflon memanfaatkan pan seadanya, hehe. Kaina masih addicted saus tomat jadi yah si rolade saya cocol dengan saus tomat plus bawang bombay. Yuk kita buat..ini resep adaptasi dari blog mba Endang Jtt.

Bahan isi: 
- 100 gram daging ayam cincang
- 1 butir bawang bombay ukuran kecil, cincang. Saya skip penggunaan telur dan tepung.

Bumbu isi:
- 1/2 sendok teh merica bubuk (untuk anak-anak sedikit saja atau skip)
- 2 butir bawang putih, haluskan
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/4 sendok teh garam

Bahan & bumbu dadar:
1 butir telur untuk kulit dadarnya

bumbu saus:
- saus tomat
- 1 butir bawang bombay ukuran kecil
- 1 butir bawang putih cincang halus
- 1 sendok makan tepung terigu
- 1/2 sendok makan margarine untuk menumis atau minyak sayur biasa

Cara membuat:
1. Campur bahan isi dan bumbu isi, aduk sampai rata

2. Dadar telur untuk kulitnya, jangan sampai sobek. Masak dengan api kecil dan margarine atau minyak sedikit saja

3. Setelah dadar matang, lalu tuang daging ke atas dadar telur untuk digulung dengan alumunium foil (kemarin saya nyoba pakai plastik, hehe)

4. Kukus selama 20 menit
5. Masak bumbu saus
6. Buka pembungkus rolade yang telah matang dan potong sesuai selera.


Ini dia hasil rolade mini maming




4 comments:

  1. udah jago masak aja kamu mak, hihi.. benerbener lama gak kesini sayah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuu, blum mak caaaam. Iyanih uda lampau bgt yaa

      Delete
  2. menu yang mudah dibuat, tapi bikin anak seneng. Asik, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah gampang mba chi, lahap jg mknnya :)

      Delete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena