Cerita kehamilan kedua

Waktu hamil anak pertama saya pernah posting tentang mengidam, biar adil dan maming pun lagi sambil cari ide terbesitlah cerita kehamilan kedua ini. Kehamilan kedua saya ngga semulus muka artis korea hehe, lumayan banyak rintangannya. Hamil pertama pun memang ada flek, kaki bengkak dan kekentalan darah plus bell palsy. Di kehamilam kedua ini saya merasa lebih koboy, makanan ngga dijaga dan bersepeda. Puncaknya terjadi di 3 bulan awal kehamilan yang mengalami pendarahan dan harus rawat inap. Di 3 bulan awal kehamilan ada masa seleksi alam yah katanya, pendarahan kemarin saya jadikan teguran, pelajaran supaya lebih hati-hati lagi.

Sensasinya hamil kedua adalah harus merawat anak pertama. Nah, para mamah yang mau atau berencana hamil kedua juga harus perhatikan jarak usia kehamilan tetapi buat saya balik lagi ke pribadi masing-masing. Ada yang mau sekalian repot katanya dengan jarak anak yang cukup dekat, ada juga yang jaga jarak banget (eh ini kaya tulisan di angkot yaa :D) pertimbangan masing-masing mah, yang pasti kesepakatan dengan pak suami. Kalau saya memang sudah lepas kb spiral dan alhamdulillah kalau Allah kasih kepercayaan lagi. Semoga bisa amanah :) amin

Kalau mau vbac biasanya jaraknya 2 tahun kata obsgyn saya. Di awal kehamilan kedua ini saya tak nafsu makan, males masak. Tapi alhamdulillah sekarang doyan makan dan doyan masak kembali. Ngga ada mengidam, semuanya dipengenin haha. Kalau sudah lewat 3 bulan awal kehamilan biasanya nafsu makan sudah kembali normal bahkan gerrrrrnya berantakan. Berat badan bisa melambung jauh terbang tinggi bersama mimpi. Oh ya ngga hanya harga kebutuhan pokok yang naik, harga kontrol ke obsgyn juga naik hehe, dulu sekitar 130 ribuan sekarang 140 ribuan di Rs. Hermina Tangerang.

Created via canva
                          
    
Menjaga kondisi tubuh sangat penting
Para mamah yang hamil dan tengah sakit, sungguh ini ngga enak banget. Apalagi kalau kita mau istirahat tapi si kakak mau main. Makanya harus berusaha menjaga kesehatan sebaik mungkin. Setelah menjadi ibu, ngga bisa lagi yang namanya sakit terus leyeh-leyeh lama di kamar kaya dulu hehe. Usahain banget selalu makan yang bergizi, bumil jangan sampai sakit ya. Saya mengalami sakit batuk dan flu di kehamilan kedua ini. Saya tunggu sampai seminggu tapi malah ada pusing kepala dan rahang sakit. Alhasil saya dan suami putuskan untuk sowan ke obsgyn. Sempat bergugling ria sebelum cek ke dokter. Saat bumil batuk dan flu disertai gejala seperti demam atau pusing yang mengganggu istirahat bumil, saya sarankan ke dokter. Dokter Hasta memberi saya obat silex untuk tenggorokan yang batuk ini dan terpaksa diberi antibiotik amoxsan untuk 5 hari saja dengan alasan saya demam. Kedua obat yang diberikan saya minum, insya Allah untuk kesembuhan. Mungkin ada beberapa orang yang anti obat-obatan apalagi saat hamil. Itu pilihan masing-masing...hanya ditakutkan ada bakteri/virus yang akan membahayakan janin kalau batuk pilek yang berlarut-larut. Jangan lupakan istirahat yang cukup yah mah. Kehamilan kedua saya lebih ringkih, sering pusing dan pegal di pinggang belakang.

Persiapkan mental si kakak
Untuk yang ini saya pun masih belajar, proses pemberitahuan sudah dan Kaina senang sekali ketika dengar mau punya teman alias adik. Ketika ada adik, si kakak harus memiliki perhatian lebih. Belajar dari pengalaman di sekitar dan baca buku, memang yang harus dapat perhatian lebih adalah si kakak. Kita harus libatkan kegiatan seperti minta tolong ambilkan popok adik dengan si kakak. Lalu kita juga bisa beri hadiah ke si kakak, selalu menghargai si kakak.

Yuk yang kangen masa-masa hamil, mengidam dan ada yang menendang di perut, kita hamil bareng yuk... 

6 comments:

  1. Sehat terus ya Cil ;)

    Pengen siih bisa hamil lagi, apalagi Pak Suami udh kode2 mulu..

    Tapi kasian klo hamil sekarang, Faraz masih trlalu kecil utk jd Kakak.. sayanya jg masih blm nambah stock extra sabar klo ngurus batita dgn jarak yg mepet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii iyah diii, ntar pas faraz 2 thn aja. Ekstra yaaa, benerrr

      Delete
  2. pengen jg sih hamil lg tapiii liat iyas enggak deh nyerah klo ngurus 2 kayak iyas :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaaa, biar rame mba riaaaa

      Delete
  3. Yang kedua VBAC ya, mbak? Aku rencana melahirkan ntar begitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beluum mba, aku masi blm lahiran,br 25w heheee.doakan bisa vbac yah :)

      Delete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena