Agar anak tidak bangun siang

Sudah beberapa hari yang lalu Kaina selalu bangun lebih siang dari biasanya, pasti sekitar pukul 8 pagi baru terbangun dari tidurnya. Memang sih Kaina belum sekolah tapi saya takut nanti jadi kebiasaan. Saya sudah membangunkannya tetapi dia belum mau bangun dan masih saja uring-uringan, leyeh-leyeh di kasurnya lalu melanjutkan tidurnya. Kalau dipaksa bangun pasti mengamuk dan terjadilah perang dunia di rumah, hehe maklum sudah semakin besar, apalagi sekarang ini kalau tidak didengar keinginannya bisa drama deh. Saya cuma bisa elus dada, sering juga melotot *upss haha..

Gimana ini yah caranya supaya anak ini ngga bangun siang melulu? Pasti ada yang salah dari jadwal kesehariannya. Mengatur waktu tidur dan kegiatan anak adalah tugas orang tua terutama ibu. Saya ngga mau ngebiarin Kaina bangun siang tapi tanpa membangunkannya. Paping Kaina bilang, harus tidur lebih cepat. Yaa kita coba tadi malam. 

Malam-malam sebelumnya Kaina jam 8 sudah bersiap-siap untuk tidur. Selepas dia menonton Hi 5, langsung gosok gigi, pipis, cuci tangan dan kaki. Tapi sudah 2 harian ini selalu minta nonton lagi sampai jam 9, molor dari biasanya. Inilah sebab Kaina bangun siang. Alhasil, untuk mengatasi anak bangun siang yang saya coba kemarin:

1. Mengatur waktu tidur malam, dengan cara memajukan jam tidurnya

2. Tapi poin 1 biasanya harus didukung dengan kegiatan yang cukup, supaya dia merasa lelah, biasanya banyak bergerak bisa bikin cepat tidur, aktifitas outdoor sangat perlu

3. Sarapan pasti mundur ketika anak bangun siang, siasati tanpa memundurkan jam mandinya, kalau saya kemarin sarapan nasi sedikit lalu beri susu dilanjutkan mandi pagi

4. Biasakan tidur siang tapi jangan sampai kesorean, paling lambat jam 13.30 lah harus sudah tdr siang. Biar kalau bangun tidur ada jeda juga untuk ngemil time sebelum mandi sore.

5. Membujuk agar membawa mainan ke kamar supaya mau masuk kamar terlebih dulu, nah pas di kamar ajak mendongeng. Meski kadang suka sampai capek mulutnya komat kamit ngedongeng (mamah apa mbah dukuuun sih koq komat kamit ciil). 

                    
   
Anak seusia Kaina yaitu 2 tahun 5 bulan katanya memerlukan waktu tidur dalam sehari itu kurang lebih 12 jam. Orang dewasa kalau kurang tidur pasti terasa lemas, mengantuk apalagi anak-anak yaa. Tidur adalah salah satu kegiatan mengistirahatkan otak, jadi pengaturannya juga harus baik di samping itu juga berpengaruh kepada sistem kekebalan tubuhnya lho mah. Jadi, ayo kita atur ulang jadwal tidur anak agar tidak bangun siang ^^.  Kalau para mamah gimana cara ampuhnya? 

16 comments:

  1. Alhamdulillah, si Alfi sudah agak normal jam tidur dan bangunnya, cuma dia gak mau tdur siang aja nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah,Alfi :)
      Mungkin kurang capek kali yah mba, klo tdr siang Kaina jarang absen...

      Delete
  2. hadeeehh, ahza juga udah seminggu ini bangun tidur siang terus.. takut keterusan..
    akhirnya hari ini dia ga bobo siang dan sukses tidur jam 8 hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah euy klo ngga tdr siang udah K.O dia yaah mbaaa, salam utk ahza :D

      Delete
  3. kalo aku suka bangun siang, gimana caranya say biar bangun pagi?hehhe ngak nyambung. anak-anak punya pola yang memang hrs disiasati agar terlatih disiplin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba sariii hahkhkhkkk, biar ngga suka bangun siang hrs suka bangun pagi :D.. Trueee terlatih disiplin

      Delete
  4. tidur itu penting buat anak-anak ya. kurang tidur juga gak baik bukan cuma untuk otak tapi anak suak rewel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba lid klo kurang tdr pd rewel yaaa, ngga jelas maunya pasti ujungnyaa

      Delete
  5. Mbaak.. tipsnya selama ini sama denganku, udah coba beberapa yg disebutin mbak di atas, tapi anakku tidurnya kebangetan.. Danu (2,5 y), tidurnya kalau malam jam 10 bangunnya pasti jam 10 pagi, kalau tidurnya jam 1 malem, bangunnya jam 1 siang..

    Udah tak bikim capek siangnya malah sorenya tidur dan abis magrib bangun.. hahaha.. pokonya tidurnya 12 jam sehari.. jadi pola makannya juga gak teratur, kalau dibangunin pagi dan dikasih kegiatan apa gitu dia gak suka, jalan2 sekalipun pasti jadinya rewel.. musti byk sabar krn beberapa bulan lg dia masuk playgroup..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas siang coba jgn yg capek bgt gitu mba uswah, apa ini udah kejadian berminggu2 mba? Wah nnti klo playgroup pasti hrs bangun pagi yaa.. Semangat yah mba moga cpt lewat masanyaa

      Delete
  6. Anak-anak paling susah di suruh tidur awal ketika ayahnya tidak bekerja. Kebetulan ayah anak-anak bekerjanya dari pagi sampai siang, pulang dulu dan abis magrib lanjut kerja lagi. Kalau ayahnya kerja tidur selalu di atas jam 8 malam, kalau ayahnya kerja pulang ngaji gitu (jam 7) udah leyeh-leyeh persiapan tidur. Kalau tidur telat otomatis bangunpun molor. Paling lambat jam 7 pagi anak-anak baru bangun. *lah malah curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheuu klo tidur telat iyah bener otomatis bangun telat euy.. Wah anak-anak udah pada pinter ituu, tidurnya liat jadwal ayaah hahaa

      Delete
  7. Kalau saya mak dari umur iioo 4 bulan udah di kamar dari jam 7 malam.. Tidur ga tidur main di kamar, alhamdulilah ternyata ngaruh, sekarang paling malam setengah 9 udah tidur jadi bangunnya subuh..
    Justru susah nyuruh tidur siang, bagi tips nya juga dong mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah betul mba.. Hehe klo tidur siang alhamdulillah masi rutin.. Bikin kenyang dan capek biasanya tidur siang koq :D

      Delete
  8. Anak2ku udah besar2, sekarang ada jam ke nol pula. Jam 5.45 sudah harus jalan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangen anak2 yah mba klo udah besar2 gituu. Mana brangkat sekolah pagi2 gitu :(

      Delete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena