Skip to main content

Cerita toilet training anak

Toilet Training Anak - Toilet training kali ini saya coba cerita setelah hampir satu minggu Kaina dilepas pampers malamnya. Alhamdulillah uang pampers bisa buat halan-halan beli sate buntel hihiii. Sebelumnya saya baca untuk memulai toilet training lepas pampers, tahap pagi-sore mulai lebih dulu lepas pampers, nah ketika pagi-sore sudah bisa, baru deh malam hari kita cobain. Saya mau di tiap bertambahnya usia anak, perkembangannya pun bertambah. Semua ibu pun ingin demikian pastinya yah. Menuju 2 tahun yang tepat tanggal 27 Agustus ini, Kaina bisa lepas pampers, dalam seminggu ini dia 1x ngompol, masya Allah.


Memang betul banget 'bisa karena terbiasa'. Untuk lepas pampers pagi-sore sudah mulai dari beberapa bulan yang lalu. Pernah baca juga, ketika usia 20 bulan masa matangnya baru bisa siap toilet training. Saya coba di 16 bulan Kaina waktu itu, nekat nian emak iniii. Berujung di 18 bulan, sudah terlatih bilang pipiiiys. Dan dari semua proses toilet training, ngga boleh bosen, ngga usah pantang mundur, apapun pasti bisa kalau terlatih. Saya mah ngga punya tips khusus buat toilet training, cuma perlu kita ketahui gimana sih sukses toilet training: 

1. Kuncinya adalah sabar ( bukan berarti saya orang yang sabar ye, saling mengingatkan). 

2. Percaya Diri, kalau ortu ngga pede, anak juga ragu bakalan bisa.

3. Menurut saya sudah bisa dimulai toilet training ketika anak sudah bisa jalan dan cukup berkata. Ingat, hasil tiap anak berbeda.

4. Kalau belum mau pipis juga di toilet, tidak usah dipaksa. Ulangi lagi dan beri semangat, "kalo mau pipis di kamar mandi nak" anak perempuan, biasakan jongkok, awalnya Kaina juga ngga langsung jongkok. Untuk awalan biasanya kita tahu setiap 2 - 3 jam pipis (16 bulan), kita harus bawa ke toilet ketika sudah waktunya pipis. Tahap ini Kaina sering pipislah di depan kamar mandi.

5. Kalau sudah mau pipis di toilet, ke tahap berikutnya, "kalo mau pipis bilang yah" coba kita kasih influence terus menerus, hehe "bilang pipis". Saya sempat pasang gambar hello kitty di kamar mandi, betul deh harus kocak mikirnya, menghadapi anak- anak.

6. Beri contoh (ndak usah dijelaskeun yah hahaa, pasti paham)

7. Balik lagi ke kunci 1.

Kalau pup agak lebih mudah, karena sudah bisa cepat terlihat dari bahasa tubuhnya. Biasanya sih cuma perlu belajar terbiasa duduk dengan bantuan soft potty supaya si anak nyaman. Nah buibu, semangat selalu demi tumbuh kembang anak. Moga bermanfaat 

Comments

  1. sabar dan konsisten yang utam aya, Insya Allah berhasil. kok mikirnya kita sama ya lepas diaper uangnya bisa dialihkan ke yang lain (belanjat hehehe)

    ReplyDelete
  2. Zaidan juga masih dilatih, nih :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

Popular posts from this blog

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil ~ Saya mau cerita pengalaman menghilangkan flek hitam sekaligus bekas jerawat pakai Bio Oil. Temans blogger juga sudah banyak yang review sementara saya belum nyobain dan penasaran. Apa iyasih Bio Oil ini bisa bikin pudar scars or stretch marks setelah lahiran? Ng, tapi saya tertarik nyobain Bio Oil untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan bekas jerawat dulu. Hasilnya setelah 3 minggu memang nampak sedikit memudar, ya orang baru pakai 3 minggu. So, wajar ya kan butuh proses nggak langsung simsalabim :)) Jadi lanjut cerita, Bio Oil ini tuh apa dan seperti apa sih? Apa bisa menghilangkan flek hitam di wajah? Karena testimoni orang-orang tentang Bio Oil ini bagus . Berapa sih harga Bio Oil ini? Yuk lanjut baca

Bio Oil Bio-Oil adalah spesialis produk perawatan kulit yang membantu menyamarkan bekas luka, stretch marks dan warna kulit yang tidak merata. Juga bermanfaat pada penuaan kulit dan kulit kering. Mantap ya!


Formulasi Bio-Oil merupa…

Curhat tentang dokter - RS. Hermina Tangerang

Tepatnya tanggal 09 Januari 2012 saya cek kehamilan di RS. Hermina Tangerang. Dengan dokter IS (inisial aja yah, mungkin kalau ada yang mau tau, bisa pm aja). Ini adalah kehamilan pertama saya, jadi yah kemarin milih dokternya liat dari jadwal yang sesuai dan si dokter ini cukup banyak jadwalnya di RS. Pikiran sih supaya gampang kalau mau ke dokter karena jadwal dia yang banyak di rs tersebut. Waktu itu saya booking via telepon dapat antrian nomor 1. Jadi jam 8 malam itu saya pasien pertama si dokter. 
Baca juga : Kontrol Kehamilan di RS. Melati Tangerang


Singkat cerita tanpa senyum dan si dokter langsung nanya 'kenapa'. Saya : 'mau cek kehamilan dok' Lalu suster menyuruh saya untuk duduk di kursi (mungkin yang udah pernah, tau kan diapain? :D) Kalo kata temen mah, kaya gagang sapu, LOL. Dokter langsung tau kalo saya sempet ada flek. Dan cuma periksa gitu aja, ngga dijelasin blas. Habis itu turun dari singgasana kursi obok obok. Saya duduk depan dokternya. Dokter bilang u…

Atasi sungsang dengan senam sujud

Atasi sungsang dengan senam sujud ~ Memasuki masa-masa akhir kehamilan, tepatnya pada 29 minggu, saya dan suami kontrol ke RS Hermina Tangerang, alhamdulillah baik-baik semua tapi si kaka posisinya masih belum masuk jalan lahir, kepala belum di bawah alias sungsang disebutnya, jadi harus banyak senam sujud :) dokter menyarankan supaya dalam sehari itu minimal 5x senam sujud selama 15 menit. Wow?? Perlu diinget supaya melakukannya di atas tempat tidur aja atau alas yang empuk, biar kalau si bumil oleng jatuh kecapean ngga kena dasar yang keras. Ngomong-ngomong masa akhir kehamilan, pas di RS kita diarahkan untuk registrasi untuk persalinan. Berhubung melihat search keywords yang terdampar ke blog ini, ada yang nyari nomor telepon Hermina, ada yang nyari biaya dokter kandungan di Hermina Tangerang. Kalau dokter kandungan untuk konsultasi dokter obsgyn Rp. 126.000. itu sudah termasuk USG. Nomor teleponnya bisa ke 021-55772525. Biasanya sebelum kontrol, melakukan booking lewa…